Gagal Pasang Indihome karena ODP Penuh, Untuk Pasang Harus Ajak 10 Orang

Yth. Telkom Indonesia

Pada tanggal 3 januari saya mengajukan pemasangan indihome melalui aplikasi my Indihome dengan melakukan cek ketersediaan jaringan terlebih dahulu yang menunjukan bahwa lokasi rumah saya sudah ter-cover oleh layanan Indihome.

Beberapa hari kemudian teknisi Indihome datang, akan tetapi layanan Indihome tetap tidak dapat terpasang karena ODP (Optical Distribution Point) penuh dan jarak rumah dari ODP terdekat lebih dari 50 m. bagaimana bisa setelah mengecek ketersediaan jaringan via aplikasi namun ketika teknisi datang mengatakan bahwa tidak bisa terpasang?

Untuk dapat menikmati layanan Indihome saya diharuskan mengajak minimal 10 orang agar ODP bisa terpasang, padahal bukankah itu pekerjaan marketing untuk menawarkan layanan Indihome? Selain itu bagaimana bisa menawarkan sesuatu yang fasilitasnya saja tidak tersedia? Mohon bantuannya agar fasilitas Indihome dapat dinikmati di perumahan saya.

Terima kasih.

Faiz Masykuri
Taman Semesta Mas
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang baru Indihome:
[Total:162    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Faiz Masykuri terkait Pasang Baru Indihome

Kepada Yth Redak Mediakonsumen.com, Terimakasih kepada Mediakonsumen.com yang telah menayangkan keluhan pembaca dari Bapak Faiz Masykuri pada tanggal 13 Februari 2018...
Baca Selengkapnya

Loading...

22 komentar untuk “Gagal Pasang Indihome karena ODP Penuh, Untuk Pasang Harus Ajak 10 Orang

  • 13 Februari 2018 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Boleh saja cari 10 calon pelanggan asal nanti dapat fasilitas gratis biaya bulanan seumur hidup. Anggap saja bisnis referral ?

  • 13 Februari 2018 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Mereka benar mas. Harus nyari 10 ktp untuk menambah jaringan. Kemungkinan odp terdekat dan terjauh sudah penuh pelnggan.

  • 13 Februari 2018 - (21:46 WIB)
    Permalink

    Lucu jg ya klo customer disuruh nyari customer, padahal kan mereka punya tenaga marketing. padahal odp itu bagian dr sarana yg menunjang penjualan/ recrut customer baru.

    • 2 Mei 2018 - (20:12 WIB)
      Permalink

      Di Bogor memang di beberapa tempat ODP full, tapi masih banyak juga yang “nganggur”, karena nggak ada yang pasang internet. Kalau ODP sudah penuh artinya target penjualan mereka sudah terpenuhi.

      Ini bisa jadi alasan mereka untuk memfokuskan di wilayah lain yang masih belum banyak pelanggannya, ketimbang harus menambah ODP di wilayah yang sudah full kapasitasnya.

      Dibandingkan jaringan ISP kabel lainnya, cuma Telkom aja yang paling luas coveragenya. Ini salah satu yang menjadi faktor soal penentuan harga yang relatif lebih mahal ketimbang pesaingnya.

      Kenapa First Media, MyRepublik, MNC, Biznet bisa lebih murah? Alasannya simpel: Coverage jaringannya terbatas. Kenapa jaringannya terbatas? Karena mereka hanya ekspansi di wilayah-wilayah yang potensial saja. Itu salah satu rahasia yang bisa menekan harga jual.

      Karena dengan luasan coverage jaringan yang lebih sedikit maka biaya maintenance juga bisa ditekan seefisien mungkin.

  • 13 Februari 2018 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Saya setuju sama mas satya, asal ada reward berlangganan gratis utk bberapa bulan

  • 13 Februari 2018 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Internet untuk negri rasanya masih jauh panggang dr api, jangankan di daerah yg jauh dr ibu kota,di bogor aja gigit jari utk menikmati akses internet

  • 12 April 2018 - (22:24 WIB)
    Permalink

    ass, kebelutan ini terjadi hari ini pada saya tanggal 12-04-2018, beberapa waktu setelah saya datang ke kantor indiehome tidak lebih dari 2 hari teknisi datang dan mengatakan rumah bapak terlalu jauh dengan kertersediaan ODP, untuk itu perlu penambahan ODP, sebelumnya saya sudah kroscek ketersediaan jaringan di situs resminya dan di sana tertera jelas jika rumah saya juga sudah tercover layanan indiehome. langkah selanjutnya saya langsung menelpon ke layanan 147 customer service untuk menanyakan kelanjutanya. setelah saya tanyakan kepada customer servicenya untuk kejelasan pemasangan ODP tidak dapat kami pastikan. loh jadi kesimpulanya cancell? lahhh saya langsung terdiam dan sedikit kecewa lalu saya tutup telvon dan mengucapkan terima kasih. di tahun 2018 dan di kota besar kebutuhan akan internet sudah seperti kebutuhan primernya sehari – hari namun masih saja seperti ini. 2018 masih aj yah internet susah, saya seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta. terimakasih.

  • 18 Juli 2018 - (21:49 WIB)
    Permalink

    Tiang ODP persis di samping rumah saya, tapi tdk bisa daftar dengan alasan jaringan penuh dan saya diminta untuk nyari 8 orang supaya jaringan baru ditarik.
    Hari gini masih ada seperti ini ya??

  • 21 Oktober 2018 - (02:59 WIB)
    Permalink

    hmmm sepertinya saya cukup beruntung sih gan…
    saya hanya ingin berbagi pengalaman saja..

    kasusnya saya di pedesaan bukan di kota
    saya Bulan 2 Februari 2018 rencananya ingin pasang indihome, sudah daftar online juga via aplikasi dan lalu di telfon pihak telkom untuk konfirmasi, besoknya tanggal 3 datang teknisi. dan ya yang mengecewakan internet tidak dapat di pasang karna tiang ODP jauh dan musti ada penarikan jaringan baru.. teknisinya bilang nanti akan mereka sampaikan ke PT 2 untuk proses pemasangan jaringan baru
    ya saya percaya ga percaya aja sih gan… soalnya saya berpikir kalo ada penambahan jaringan kan ada juga biaya, pikir saya permohonan saya tidak akan di kabulkan berhubung yang pasang hanya saya seorang..

    tapi 1 minggu kemudian datang lagi orang2 non telkom (proyek) mereka menanyakan sekaligus konfirmasi apakah benar ingin berlangganan indihome, saya iyakan saja disitu, lalu mereka meminta izin untuk memasang tiang di dekat rumah saya,
    selang seminggu kemudian lagi. datanglah para pekerja proyek penarikan jaringan, disitu saya senang sekali ternyata permohonan indihome saya di proses juga, tapi belum selesai sampai disitu, karna ODP belum terpasang pada kabel FO
    lalu 1 minggu berikutnya di pasanglah ODP pada tiang tsb ..
    hingga 3 hari berikutnya teknisi indihome datang ke rumah saya untuk memasang dan aktifasi indihome nya..
    alhamdulilah sejak pemasangan bulan maret hingga saat ini belum ada kendala..
    mungkin di tiap daerah berbeda ya gan .. saya hanya beruntung saja tidak di suruh mengajak 10 orang agar dapat pasang indihome

    • 23 Mei 2020 - (03:34 WIB)
      Permalink

      Kalau ada keluhan costumer soal ODP FULL tanyakan ke tehnisi untuk selalu memvalidasi data costumer di dlm ODP tersebut… Kalau seumpama ada kosong anda berhak menggunakan port orang yg sudah tidak berlangganan itu… Dan kalaupun memang full usahakan cari odp lain yg jaraknya tidak jauh max 300 meter dr tempat tinggal anda… Suruh si tehnisi untuk merequeskan material DC roll anda ke kantor krna setiap costumer yg sudah membayar deposit itu sdh berhak mandapat fasilitas kabel dc roll sebanyak maksimal 300 meter… semua di berikan secara gratis ke costumer yg ingin memasang indihome
      Kalau ada pertanyaan lain silahkan inbox ke email sy…

  • 19 November 2018 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Kasus saya , saya ditolak karena alasan tidak ada jalur kabel ke rumah saya / belum ada tiang , sayapun meminta solusi , petugas telkom hanya menjawab tidak ada solusi .. padahal kami disini berniat memasang dan mau menikmati fasilitas dari indihome

  • 7 Februari 2019 - (23:39 WIB)
    Permalink

    Reg indihome hr senin 31 Jan 2019, lsg dihubungi Indihome jkt, Cek Coverage di Gang Arkeologi Komp. PTS, Tg Selamat Medan, Sudah ok. Selasa Tgl 1 Feb 2019 dihubungi lagi indihome medan konfirmasi mengenai kedatangan teknisi, Jam 11.00 Teknisi datang. Ternyata Jaringan indihome Di kompleks saya Penuh, jadi tidak bisa dipasang. Padahal ada 3 tetangga kompleks yg langsung antusias mau Reg Indihome & Tanya2 sama teknisinya. Tanya solusinya sama sales indihome, ” Bisa Dibantu, Asal ada 8 orang lagi yg ikutan barengan daftar, Coba call Ke 147, dikasih solusi Vote indihome , Dicoba juga vote, ternyata sudah ada 22 di lokasi yg sama. Selebihnya cuma ngelus dada, Mau Langganan Fiber optic Aja susah banget. Iya kalau bagus, kalu ntar ternyata jelek jaringannya ? Gimana ngadunya ya ? Padahal indihome satu2 nya yg ada di kompleks saya. Nyesel juga dulu pindah dari Coverage MyRepublic yg emang TOP Speed dan layanannya.

  • 24 Juni 2019 - (08:30 WIB)
    Permalink

    Kayaknya saya juga mengalami hal yang sama walaupun saya sudah ‘berjuang’ dengan melakukan pendaftaran offline hingga minta tolong teman terdekat yang kenal dengan orang Telkom tapi tidak bisa, alasannya ODP sudah penuh. Saya coba lagi mendaftar di https://indihome.co.id hingga mereka sendiri yang berjanji untuk melakukan pemasangan besoknya. Ternyata memang besoknya teknisi telkom turun ke tempat saya tapi lagi lagi…. ODP FULL. Akhirnya hanya bisa pasrah.
    Lucunya, saat saya menceritakan kejadian ini kepada teman kantor saya yang sudah menikmati layanan Indihome di rumahkanya katanya, “Saya juga waktu daftar kata petugasnya ODP nya sudah penuh”. Lalu saya tanyakan caranya bagaimana sampai bisa indihome bisa terpasang di rumahnya, padahal ODP katanya sudah penuh”.
    Jawabnya ringan: “Saya kasih bagian ‘oknum’ administrasi sekian ratus ribu dan ‘oknum’ teknisi yang turun untuk pesangan sekian ratus ribu. Kelar deh.
    Yang jadi pertanyaan saya, apakah benar ODP di tempat teman saya tadi sudah penuh atau…. ada pelanggan lain yang oknum teknisi tersebut korbankan?
    Ternyata……

    • 25 Juli 2019 - (07:26 WIB)
      Permalink

      sayapun cuma bisa ngelus dada,saya sudah daftar online via aplikasi pada 19 juli 2019 ,besoknya datang sales untuk survey lokasi dan katanya bisa dipasang,tetapi ke esokan harinya datang teknisi untuk cek lokasi katanya odp terlalu jauh,dan tidak ada tiang dari telkom jadi harus minta izin dulu ke kantor.
      tapi sampai sekarang tidak ada kabar kaburnya…
      kemudian saya tanya beberapa salesnya katanya tidak bisa dipasang karna jarak odp ke rumah saya sekitar 400 meter,padahal kalo di liahat dari maps hanya sekitar 220 meter,kan jadinya aneh.
      setelah itu saya coba tanya via cs di twitter,saya dapat jawaban yang agak masuk akal,katanya ada odp dekat sekitaran rumah saya kurang lebih 159 meter tetapi belum aktif odp nya,dan daya di suruh menunggu untuk aktif dulu.
      yang jadi pertanyaan saya itu,kenapa tetangga saya bisa pasang dan dari mana penarikan kabelnya?padahal jarak rumah tetangga saya hanya kisaran 50 meter dari rumah saya…

  • 30 November 2019 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Sekarangpun terjadi di saya , padahal saya udah minta tolong sama RT untuk pemasangan tiang listrik pas di samping rumah , pihak Indihome udh konfirmasi pemasangan , dan besoknya teknisi datang alih alih beralasan mengecheck Tiang ODP tapi gak balik ke lokasi rumah saya lg ( gak ada sopan santunnya ) , gak ada itikad buat kasih solusi dll , padahal udah usaha untuk pemasangan tiang di samping rumah cuma dari pihak marketing bilang bantu carikan 10 orang untuk pemasangan ODP baru ” HELLO BRO SITU MARKETINGNYA KENAPA KONSUMEN YANG DISURUH , DAN APA YANG SAYA DAPATKAN NANTI KETIKA SAYA DAPET 10 ORANG ? GRATIS INTERNET SEUMUR HIDUP ? ”
    moga aja pihak indihome membaca ini
    LOKASI DI JL.H.BASIR PD KACANG BINTARO ….

  • 2 Desember 2019 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Saya mau pasang indiehome di bekasi timur mutiara gading timur cluster palazo nya. Saya sudah menghubungi ke sales 2x dan ke aplikasi myindiehome juga. Namun tidak langsung di pasang. Selalu bilang tidak bisa dikarenakan terlalu panjang narik kabel dan tidak ada spot nya. Namun di cek di aplikasi untuk wilayah tsb tercover jaringan indiehome. 2x tehnisi datang survey tidak kunjung2 dipercepat pemasangan nya. Padahal di tempat saya banyak yang mau menggunakan indiehome. Tolong di fu kembali. Dikarenakan saya sebelumnya menggunakan indiehome. Cuma karena pindah rumah jadi susah untuk memasang kembali.

  • 9 Januari 2020 - (15:06 WIB)
    Permalink

    Hello telkom indonesia.. Semua yg kita keluhkan sama.. Saya sudah sering mendaftar indihome untuk menambah jaringan di tempat saya. Padahal jarak kabel sma rmh saya hanya 1km. Saya pun menuruti kata cs untuk megajak 5org dan bawa ktp mereka yg mau ikut pasang. Namun hingga gini tak ada toleransi dari telkom indonesia.. Saya dari tuban desa saya kowang selatan semanding tuban.. Semoga telkom tidak hanya diam dan cuma parkir teknisi

  • 8 Mei 2020 - (21:59 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum slmt malam.
    Saya arif di desa keben rt 4 rw 2 turi lamongan..
    Mau tanya.. Kalau untuk pemasangan terminal baru memang harus menunggu berbulan² ya.
    Saya sudah mencari 10 org buat syarat pemasangan terminal baru. Tp ditunggu sampai 1 bln belum terpasang juga. pdhl rumah saya dan terminal indihom yg sudah ada jaraknya tdk sampai 1km..
    Mohon perhatianya.

  • 23 Mei 2020 - (03:22 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum

    Saya sebagai salah seorang tehnisi indihome sangat menyayangkan pemberitaan ini… Kami di indihome selalu bekerja maksimal untuk memberikan layanan terbaik buat costumer kami… Kalaupun ada kendala soal odp itu ada dua mekanisme yg di ambil yg pertama di lakukan adalah memvalidasi data costumer yg masih berlangganan di ODP tersebut jika memang sudah di validasi ODP itu ternyata semua masih berlangganan maka kita cari ODP lain yg kosong, setelah mendapatkan ODP kosong kita sebagai tehnisi menghitung jarak rumah costumer tersebut ke ODP dan kita bisa me reques kabel DC roll dgn maksimal pemakaian 300 meter dr rumah costumer tersebut.. tehnisi kemudian merakit kedua ujung Kabel dengan alat splesing setelah semua selesai tehnisi itu wajib untuk memasang dan menyelesaikan problem costumer.. semua kabel tersebut tanpa ada di pungut biyaya sepeserpun kepada costumer.. semua di berikan free

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang baru Indihome?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Gagal Pasang Indihome karena ODP Penuh, Untuk Pasang Harus Ajak 10 Ora…

oleh Faiz Masykuri dibaca dalam: 1 min
22