Surat Pembaca

Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

Nama saya Inge Citra Tania, di sini saya ingin bercerita sedikit ya. Saya terjebak dengan pinjaman online 20 aplikasi. Kebayang donk dengan total berapa? Kalau ditanya gaji, gaji saya lumayan di kantor. Awalnya saya selalu bayar dan tarik lagi, begitu terus. Sampai pada awal Agustus saya memutuskan untuk berhenti. Saya sadar sepertinya ada yang salah nih dengan sistem bayar saya, karena sampai kapan pun hutang saya gak ketutup dan gaji saya tiap bulan habis hanya buat bayar bunga. Akhirnya saya stop bayar.

Saya terima semua resiko penagihan mereka, mulai dari teror ke teman-teman, ke orang tua sampe ke big boss saya. Jujur kalo ditanya tertekan, ya saya sangat tertekan, kalo ditanya kecewa, ya saya sangat kecewa, kenapa yang kaya gini bisa kelolosan dengan OJK? Korban sudah banyak, tapi seakan pemerintah tutup mata akan hal ini.

Keluarga saya berantakan karena ini, kakak-kakak saya ninggalin saya, orang tua saya jatuh sakit, suami saya ninggalin saya. Belum lagi para teman-teman yang mencela saya karena mereka juga diganggu oleh penagihan pinjol tersebut yang mengambil data kontak di hp saya. Terus saya bisa komplain ini ke mana? Minta tolong ke siapa?

Inilah resiko saya karena sudah pinjam di pinjaman online tsb. Oke saya terima dengan sangat menyesal. Dan sekarang pikiran saya cuma 1, gimana caranya saya bayar. Saya sudah email ke semua aplikasi yang saya pinjam, minta pembayaran cash bertahap dan berhenti bunga, tapi gak bisa. Seandainya semua pinjaman online mampu memberi keringanan ke pada para nasabah dengan cicilan tetap dan stop bunga, saya yakin banyak nasabah yang akan membayar.

Saya gak tau SOP mereka seperti apa? Dan saya juga gak tau harus memohon kepada siapa agar pinjaman online tersebut di hapuskan dari Indonesia. Kasihan orang-orang yang tertekan, kasihlah kelonggaran untuk orang orang yang niat membayar. Saya mohon OJK dan Pemerintah turun tangan akan hal ini. Korban pinjaman online sudah mencapai ratusan. Apa nunggu semua korban pinjaman online bunuh diri karena tertekan baru suara mereka didengar?

Inge Citra Tania
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • tolong saya mohon masukin grup wa ya 085722833108 saya ingin berbagi kisah prihal pinjol dan penipuan online

  • Benar sekali yg mbak tulis,,termasuk sy jg terjebak dlm pinjol ini,usaha hancur keluarga sy bun jdi brantkn,,blm lg di tmbh malu karna semua no kontak di tlpn,suda meminta byr berthp tp gk bisa.p lg dengn bunga berjln trus mkin hri kian membengkak,jdi bingung hrs bagai mn hdpin pinjol ini.

  • kisah mbak inge sama seperti saya pinjam di lebih dari 7 aplikasi. Setelah saya berhenti pinjam dan belum bisa mengembalikan hampir disemua aplikasi. Saya berniat membayar dengan cara bergantian dan mencicil. Itulah kemampuan saya tapi mereka tidak mau tau. Saya mendapat tlp setiap jam dan setiap hari sehingga saya tidak menggubris dan tidak pernah mengangkat tlp. Mereka lalu tlp kantor saya untuk menagih serta mengambil kontak dari hp dan meneror teman2 dan keluarga saya. Sehingga saya risih dan tidak fokus dengan kerjaan saya. Mohon tanggapan dari pihak OJK dan pihak terkait untuk memberantas pinjaman yang sangat meresahkan masyarakat. Apakah sampai sekarang tidak ada peraturan atau peringatan terhadap aplikasi ilegal dan legal terhadap cara penagihan yg tdk sesuai SOP,pengenaan denda dll..? Sampai kapan masalah ini akan dituntaskan dengan pihak terkait..?!

      • Saya punya kisah sama dengan mba nya. Lebih baik kita bikin group wa untuk cari solusi terbaik nya mba. Ini wa saya mohon di masukan ke group masalah pinjaman online. 081932961314

      • saya juga kejebak dalam pinjol saya selalu diteror membuat hati saya tidak tenang. saya ingin membayar tapi saya minta waktu tapi mereka tidak mau mengerti. tolong masukan saya dalam grup 082187376887

    • masukin nomor saya ke group WA ya....08118457008....saya juga mengalami hal yang sama......

    • Saya juga mempunyai pengalaman yang sama di pinjol. Awalnya saya mencoba Pinjam uang di pinjol karena suami saya pengangguran. Tidak cukup hanya mengandalkan pendapatan dari saya untuk kebutuhan sehari-hari dan bayar tagihan lainnya. Saya mempunyai Hutang di pinjol total hingga ada 20 aplikasi karena hutang saya gali lubang tutup lubang hingga sampai menumpuk dan tidak bisa bayar, bisa kebayang berapa banyak hutang saya totalnya mencapai puluhan juta karena bunga yang terus berjalan. Sampai2 saya meminjam uang pada atasan saya dengan sistem dicuci tiap bulan potong gaji dan sepeda motorpun terjual untuk membayar hutang orion sampai sekarang saya belum bisa menutup hutang saya. Saya2 benar menyesal dan menganggap diri saya bodoh karena mudah percaya pada aplikasi pinjam polimer yang sesungguhnya mereka tidak ada bedanya dengan lintah darat. Setiap hari saya ditelepon, sms menagih hutang bahkan mengancam meng-acak2 data kontak saya di HP dan menelepon semua kontak yang sudah tersimpan di HP saya. Hingga saya blokir no telepon orang2 yang menagih hutang dan merekapun tidak bisa menghubungi saya. Tapi hidup saya dan sampai kapan akan begini terus. Mohon pencerahan dan solusinya. Terimakasih

      • Mohon maaf ada kesalahan penulisan pinjam polimer harusnya pinjaman online. Dicuci harusnya dicicil

        • Masukin aq k grup wa jg dong ka...
          Nasib qta sana mbak.. bingung saya harus gmn menghadapi kolektor yg telponin tiap hari,ngancrm mau ada tim penjemput k rumah yg entah bner atau tidak.tp saya takut.... bukan nya ga niat byar,tp emg sya blm ada uangnya untuk melunasinya.... bingung hrs gmna

      • mbak nya di datengin ke rmh gag? soalnya saya juga sama nasibnya... cma yg saya takutkan klo dteng ke rmh

  • fintech itu tidak bisa dipercaya,karna awalnya pmbyrn baik2 lancar2 sistem galih tutup,tetapi disaat ada satu fintech yg tidak bisa digalih lagi,meskipun pmbyrn baik,dsitulah awal petaka seseorang dimulai sehingga pmbyrn untuk fintech yg lainnya jadi macet,petaka macetnya saya dimulai dari situ,sehingga carut marut.

    • Bener mas..disitulah petaka saya jg dimulai..awalnya cm 1 2 aplikasi berharap setelah bayar sblm jatuh tempo bs buka lagi dgn limit yg dinaikkan eh ternyata malah diblok tdk bs lagi nah dr situ sy mulai kalang kabut cari beberapa pinjol lgi untuk melanjutkan perputaran pinjaman..smp gak kerasa 22 pinjol dgn total 23 jtaan wkt itu..hampir smua tdk ada masalah sih..tp setelah sy baca dimedia konsumen begitu banyak keluahan sy jd ketakutan disitulah sy milai menyerah..sy mulai mengumpulkan keluarga besar saya utk meminta bantuan dan apa yg terjadi?suami,kakak adik bahkan org tua sy skrng menjauhi sy krn kecewa..tp alhamdulillah smua hutang pinjol sy ditutup rapat sm mereka tp sy smp disumpah tdk akn membuka pinjaman lagi dipinjol manapun..

  • Hai, saya mau share pengalaman sy mengenai penyelesaian pinjaman online..
    Kira2 pertengahan desember 2017 sy mulai pinjam online di satu aplikasi. Karena tenornya yg pendek otomatis saat jatuh tempo sy blm bs byr, terpaksa sy pinjam di app lain utk membayarnya. Dan itu terjadi trs menerus hingga bulan juni kmrin. Krna bunga pinjol sgt bsr, otomatis bkn nya mslh selesai nmun utang sy mlh tambah byk dan sy stuck macet gagal byr.
    Sy ditagih via tlp tiap hari, mlh kdg 1 hari 3x. Kontak darurat sy diteror tiap hr. Mereka mengancam akan memblacklist lah, didatengin krmh lah, jalur hukum lah, dll.
    Sy sy lakukan adalah,
    Kuatkan mental, jgn lari, jgn lost contact. tiap mrka tlp selalu sy angkat, bhkan sblm mreka tlp pun sy hubungi duluan utk minta solusi. Awalnya mereka gapeduli, krn sy selalu mnta dan mnta solusi akhirnya mrka pun memberi solusi dgn cara dicicil. Dan alhamdulillah masalah selesai.
    Jgn takut, mereka cmn menggertak. Kita pny itikad baik buat byr, so jgn lari, hadepin aja.

    • Aplikasi apa yg bisa ksh solusi di cicil, dan apa benar sampe tlp ke semua kontak dari hp? Karna yg aku takuti mereka nekat hib no teman kantor

    • Masalah saya pun sama.. Niat bayar tapi lemes liat bunga nya.. Di satu aplikasi dana rupiah limit 5200000 telat 3hari aja udh jadi 5500000 lebih.. Kapan beres nya.. Niat nya mau beresin aplikasi yg pinjaman kecil2 dulu.. Tolong buat dana rupiah bunga nya jgn nyekik bener...ini akibat terlena pinjaman online..

  • kisah saya sama percis kaya mbak ingr,,,saya juga bingung nyari uang kmna buat bayar,,,apalagi akun akulaku saya di curi dan nipu ngambil barang total 3500ribu,,,saya harus tanggung smua ini,orang lain yang ngambil barang saya yang hrus bayar...saya harus gmna ya

  • sama saya jg pnya masalah dg pinjol .gmn yaaa caranya spaya bunganya ga brjalan trus . .saya ingin bayar tp tlong dendanya jgn terus terusan brtmbh ...
    ikut gabung grup wa 089692276660

Penulis
inge citra tania38