Surat Pembaca

Barang Belanja di Shopee Belum Diterima, Tetapi Status Sudah Diterima

No. Pesanan: 18092515034K75U
Barang: Case for Xiaomi 3S
Total: Rp 89.100
No. Resi. 94781373908137 (tapi tidak ada nama perusahaan kurirnya seperti JNE, POS, atau lainnya, sehingga tidak bisa dilacak).

Terlihat pada notifikasi laman Shopee:

  • 25 September, setelah konfirmasi pembayaran, saya menunggu barang.
  • 26 September, barang dikirim. Note dari Shopee barang sudah diterima sebelum tanggal 1 Oktober. Bisa dibatalkan atau minta diperpanjang 3 hari.
  • 1 Oktober, minta diperpanjang hingga tanggal 4 Oktober.
  • 2 Oktober, chat kepada penjual

Saya: ” kenapa barang belum juga sampai gan?!”
Penjual: ” Iya kak, paling lama 60 hari”

  • 4 Oktober, barang belum juga datang.
  • 5 Oktober, status barang sudah diterima (selesai) – tercatat pukul 02: 12 (tengah malam/subuh).

Karena belum diterima maka:

  • 5 Oktober, lapor (via telepon) kepada CS Shopee – dengan menceritakan semua kejadian di atas.

Jawaban CS Shopee: Karena sudah melewati batas waktu garansi pengembalian uang . Kami hanya bisa coba hubungi pihak penjual, untuk menanyakan kasus pembelian bapak. Dan nanti kami hubungi via telepon atau email.

Catatan/Keterangan: Masih tidak puas dengan jawaban pihak Shopee saya hubungi pihak penjual (chat):

  • 5 Oktober, chatting dengan penjual:

Saya: “Saya belum terima barang dari Anda, koq ada pemberitahuan SUDAH DITERIMA??? Siapa yang terima ?”
Penjual: “Gini kak , pengiriman otomatis selesai dari Shopee karena Shopee hanya menjamin dana 15 hari saja, sedangkan kan estimasinya 20-45 harian, untuk itu mohon tunggu yah kak kami jamin barang pasti sampai ke alamat kakak” (copy/paste).
Saya: “Baiklah kalau begitu… saya tunggu. Mudah-mudahan barangnya bisa sampai gan. Thanks ”
Penjual : “Ok kakk ..terima kasih”

Masalahnya adalah, Barang tsb dari China, yang dalam laman penjual disebutkan bahwa waktu pengiriman 25-40 hari. Sementara Shopee hanya menjamin (garansi uang kembali) hanya untuk 15 hari.

Artinya, kalau memang Shopee HANYA menjamin proses pengiriman 15 hari saja, kenapa Shopee menerima proses penjualan (+pengiriman) barang yang memakan waktu lebih dari itu (terutama dari LN).

Shopee tidak mau tahu bila proses pengiriman lebih dari 15 hari, tapi tetap “terima” atau mau memproses penjualan yang lebih dari 15 hari.

Harusnya TEGAS, dalam aturan Shopee kepada pihak penjual – bahwa barang yang pengirimannya lebih dari 15 hari TIDAK BOLEH dijajakan dalam laman Shopee.

Atau Shopee buat pemberitahuan (reminder) di awal: Bahwa proses pembelian + pengiriman yang lebih 15 hari di luar tanggungjawab kami. Sehingga para pembeli tidak terjebak seperti saya. Dan penjualpun tidak akan menjajakan barangnya di Shopee (mungkin di tempat lain).

Seharusnya Shopee juga memberikan kenyamanan baik kepada pembeli dan penjual, agar dapat ketemu dan bertransaksi dengan AMAN dan TERPERCAYA.

Jangan enaknya saja menyebut : “Itu sudah diluar masa garansi kami”. Tapi tetap MENERIMA atau MEMPROSES transaksinya.

Saya ketahui bahwa Shopee adalah salah satu perusahaan e-commerce yang besar di negeri ini. Ternyata tidak se-qualified yang saya bayangkan. Hanya iklan Anda di pelbagai media yang luar biasa getolnya, seolah-olah “pantas/layak” untuk dipercaya.

Saudin P.
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • JANGAN SETUJU KALAU ADA WHATSAPP DARI KURIR YG MEMINTA STATUS PESANAN TELAH DELIVERY PADAHAL BARANG BELUM DITERIMA.

    HAL TSB TERJADI PADA SAYA BARUSAN,SAYA LANGSUNG KOMPLAIN VIA CS SHOPEE AGAR PIHAK SHOPEE MENGEVALUASI DIVISI KURIR (SHOPEE EXPRESS)

    SAYA BALAS WA KURIR NYA DGN MENGATAKAN TIDAK SETUJU DENGAN STATUS PENGIRIMAN PALSU YG KURIR INGINKAN, ALASAN NYA KARENA BILA ITU DILAKUKAN,DAN BARANG TIDAK SAMPAI, SAYA TIDAK AKAN BISA KOMPLAIN/ KLAIM PENGEMBALIAN DANA KARENA STATUS SUDAH SAMPAI.

    JADI YA ITU AJA SIH YG MAU SAYA SHARE, PIHAK CS SHOPEE PUN SETUJU DGN KEPUTUSAN SAYA UNTUK MENOLAK KEINGINAN KURIR,DAN BERKATA ABAIKAN SAJA.

    YG BIKIN SAYA KESAL, SAAT SAYA BILANG GA SETUJU KE KURIR, DIA LANGSUNG BILANG STATUS NYA AKAN DIA RUBAH JADI ON HOLD YG ESTIMASI SAMPAI NYA 3 HARI, SAYA MERASA TERANCAM, KASARNYA KLO SAYA GA SETUJU DGN STATUS PENGIRIMAN PALSU, MAKA BARANG SAYA AKAN BERPOTENSI DIKIRIM LEBIH LAMA. PADAHAL BARANGNYA UDH JELAS2 DI TANGAN KURIR KARENA DIA KIRIM FOTONYA JUGA.

    SAYA GA NYANGKA AJA KLO ADA KURIR SHOPEE YG MINTA STATUS PENGIRIMAN PALSU (STATUS DELIVERY TP BARANG BELUM SAYA TERIMA)

    SEMOGA JADI WARNING & PEMBELAJARAN. TERIMA KASIH

Penulis
Bambusa Sp