Surat Pembaca

Penutupan Kartu Indosat Indosat Dipersulit, Tagihan Jalan Terus

Ini merupakan komplain saya yang kesekian kalinya ke Indosat. Saya sudah berkali-kali menghubungi CS Indosat untuk meminta kedua nomor pascabayar Indosat saya 62815194329** dan 62815194345** agar di-suspend karena saya sudah dijebak oleh sales yang menawarkan program bundling pada saat pembelian handphone di salah satu toko di Bogor pada bulan Oktober 2017 yang lalu. Saya mengira kontraknya berlaku hanya satu tahun karena informasi dari sales-nya kontraknya otomatis akan berakhir dengan sendirinya di bulan Oktober 2018 , tapi faktanya pada bulan November 2018 saya masih dikirimkan tagihan. Ini indosat memang parah banget tidak ada pemberitahuan apakah customer ingin meneruskan atau tetap lanjut dengan program tersebut.

Akhirnya saya menghubungi CS Indosat dan minta segera menutup kartu saya, namun CS nya infokan untuk penutupan kartu hanya bisa dilakukan melalui datang ke gerai, sangat merepotkan customer ya.

Oke saya datang ke gerai dan minta segera ditutup kedua kartu tersebut, syarat penutupan kartu saya harus melakukan pembayaran tagihan yang sudah berjalan untuk kedua kartu tersebut biar masalah cepat selesai saya pun melakukan pembayaran untuk kedua tagihan kartu tersebut sekitar Rp300 ribuan dan pada saat itu saya minta dipastikan tidak ada penagihan lagi.

Pada awal Januari 2019 saya menghubungi CS Indosat kembali untuk memastikan apakah kartu Indosat saya sudah di-suspend namun info dari CS nya kartu masih aktif, benar benar ed*n! Saya sudah datang ke gerai dan punya bukti untuk suspend kedua nomor tersebut tapi tak diproses.

Saya komplain ke CS-nya minta segera ditutup karena saya sudah melaporkan sebelumnya, tapi CS-nya memang tidak profesional dari data kedua nomor HP indosat yang sudah saya berikan tidak bisa melihat data saya di sistemnya kalau saya sudah komplain berkali-kali dan bahkan saya sudah bayar tagihan yang sebenarnya kuota internetnya tidak saya gunakan sama sekali. CS tetap menanyakan kapan datang ke gerai? Dengan CS siapa? Berapa tagihan yang dibayarkan..bul**t nih benar-benar bikin emosi jiwa. Dan akhirnya saya diminta untuk mengirimkan bukti permintaan suspend ke email cs@indosatooredoo.com, lagi-lagi saya penuhi tuh kata si CS saya kirimkan buktinya dan saya minta agar ini yang terakhir kalinya saya komplain.

Memang benar CS Indosat tak profesional saya mendapatkan jawaban email dari CS-nya kartu belum bisa ditutup karena masih ada tagihan dan saya harus ke gerai kembali untuk menyelesaikannya terlebih dahulu. Bukankah ini bisa dikatakan Indosat seperti “LINTAH DARAT?” Saya sudah bayar masih ditagih juga, dasar ed*n mungkin Indosat ini perlu diviralkan juga ke sosial media dan YLKI.

Satria Putra Tarigan
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • indosat menipu.

    sama saya di tagih 415.000 kartu gak di pakai,
    korban gerai e****e iming" potongan hp ada misi terselubung.

    • Sy jg alami hal serupa. Sy ubah nomor ke pascabayar krn katanya nomor sy sdh lama mati dan cm bisa aktif kembali dgn ubah ke pascabayar.

      Kemudian sy coba krn kata csnya bs ubah lg stlh aktif ke prabayar. Tapi sy tdk jd mengubah lg ke prabayar dan memilih melanjutkan kewajiban smpai akhir kontrak 1 Mei 2020, dr awal kontrak Februari sampai April tagihan sy lunasi.

      Nah setelah akhir kontrak Mei kemarin sy sdh tdk bayar lg tagihan. Lalu sy tenang ketika nomor sy sdh di nonaktifkan indosat, yg artinya kontrak sdh selesai dong.

      Tapi ternyata sampai bulan Juli ini, tagihan tetap berjalan walaupun sy sdh tidak memakai nomor dr setelah status nonaktif. Aneh sekali sistem indosat ini, nomor dimatikan tagihan tetap jalan melewati akhir kontrak..

  • Memang benar edan, baru saya rasakan. Saya memakai paket postpaid, karna harga makin naik maka saya dan 4 orang lainnya memutuskan untuk berhenti berlangganan. Kekesalan pertama karena proses penyetopan paket di bilang tidak bisa, karena sudah ganti bulan (tanggal reset paket itu tanggal 3 setiap bulan, saya datang tanggal 1), jadi mau tidak mau harus tuntaskan bulan terakhir ini. Oke, akhirnya kami lakukan, dan pada tanggal 28 bulan tersebut saya datang lagi ke gerai, dan sudah bisa diproses untuk penyetopan paket. Namun, ternyata kita harus membayar tagihan untuk bulan terakhir (bulan setelah penyetopan paket). Hah? tidak masuk akal, masa kita membayar paket yang bahkan kartunya saja sudah di non aktifkan (setelah penyetopan paket maka kartu otomatis non aktif). Sungguh mengecewakan.

    • paket freedom postpaid sudah tidak bisa di gunakan dari akhir juni 2020 krn sdh di blokir. dan tagihan terus berjalan.

      di tgl 1juli saya datang ke gerai indosat depok. klo mau menonaktifkan pascabayar ke prabayar harus lunas semua tagihan. dan saya sudah bayar lunas tagihan.

      setelah saya sudah bayar tagihan bulan mei 2020 dan juni 2020 dibayarkan tgl 1 juli karna jatuh tempo terakhir nya tgl 17 juli.
      dan saya tdk menggunakan paketan nya lagi.

      tiba2 saya mendaptkan info tagihan bulan Juli 2020 sebesar Rp..... Lakukan pembayaran sebelum jatuh tempo tanggal 17 Agustus 2020.

      dan saya juga pernah isi pulsa habis padahl sebelumnya masih ada saldo.

      saya email cs membalas email keluhan
      1. baik dalam pengecekan dan tidak ada balasan
      2. datang ke gerai nya lagi
      3. migrasi pascabayar ke prabayar
      (tapi gerai , ketika pembayaran saya tidak di kasih migrasi.) waktu itu minta lampiran pascabayar ke prabayar tdk di dikasih dan hanya bill pembayaran)

      hati2 dalam program yg di tawarkan.

  • kondisi yang sama dengan yang saya alami... kapok dengan indosat sungguh2 jebakan batman program bundling pembelian dengan HP... bagi kawan2 mohon untuk tidak terkecoh dengan program ini krn sangat2 merugikan.

  • Parah banget, saya juga kejadian dibohongi, 1 bulan lalu saya ganti kartu prabayar yg rusak, si penjaga bilang KENA BIAYA 150RB DAN AKAN DIGANTI DALAM PAKET INTERNET YANG DIBERIKAN DALAM KARTU BARU BEDA NOMOR, belakangan ternyata saya didaftarkan diPASCABAYAR di nomor 0816xxxx41, di Form yg saya tandatangani jelas tertulis "Replacement Card" bukan Pendaftaran Pasca, menurut anda apakah ini sebagai bentuk penipuan..????

  • Saya juga mengalami kasus mirip yang pada intinya Indosat sangat mempersulit saya dalam permintaan perubahan layanan.

    Pertama saya ambil nomor indosat dengan pake bundling hp. Kontrak selama 1 tahun dengan tagihan bulanan sebesar 150rb (+ppn 10% jadi 165rb). Setelah kontrak habis saya ditagih terus dengan besaran yang sama. Karena saya merasa tidak membutuhkan paket data yang besar seperti itu saya memutuskan untuk ganti paket. Awalnya dengan app myIM3, berhenti berlangganan paket, ternyata saya masih ditagih terus dengan besaran yang sama, bedanya karena paket saya mati jadi dana 150rb dikreditkan ke saya. Saya pikir terus dapat ditabung dan digunakan suatu saat, ternyata bulan depannya dana tersebut hilang dan digantikan 150rb baru dengan tagihan yang baru bulan berikutnya. Ini sudah tidak beres, akhirnya saya telepon CS, minta berhenti. Kata nya bisa diproses didekat akhir billing cycle, karena tidak ada system prorata. Saya sudah merasa aneh karena pada nomor saya yang lain Telkomsel sistem pro rata adalah sudah biasa. Oke saya tunggu sampai 2 hari sebelum tanggal billing cycle. Ternyata masih tidak bisa dengan alasan nomor saya belum permanen dan perlu proses verifikasi. Ini aneh juga karena nomor Telkomsel saya adalah kartu halo pasca bayar juga, kalo sudah terdaftar pascabayar pasti permanen dong makanya dibuat pasca bayar. Yasudah saya terima alasannya dan minta diproses. Sampai akhirnya tanggal bill cycle, tagihan saya muncul lagi dan masih belum ada tanda2 selesai verifikasi, saya telepon lagi CS nya Indosat, katanya nanti dibantu percepatan proses. Saya sempat marah karena saya sudah ditagih dan tidak ada diinfokan prosesnya lama, kalau gt harusnya dari awal bulan (telepon yg pertama) diproses. Itu juga diinfokan bisa prorata, lah lalu CS sebelumnya bohong? Apapun itu telepon saya sudahi, dan siangnya saya dapat sms kalau proses verifikasi gagal, dan saya diminta untuk ke gerai indosat. Tolong yah ini proses sederhana dibuat berbelit2 begini.. Masa PSBB saya diminta untuk ke Mall demi ngurusin nomor sampah begini? Oke saya minta ditutup saja nomornya. Ternyata prosesnya juga sama ribetnya, diminta buat surat pernyataan dan lain2 dan kirim ke email CS. Ini akan saya lakukan besok karena tidak sempat. Semoga prosesnya tidak berbelit2 juga. Saya sungguh kecewa dengan Indosat.

  • Ya kejadiannya sama. Bulan kemarin masa cicilan hp bundling sudah berakhir. Eh bulan ini tiba2 spt tagihan 165rb. Dl marketing nya blg klo cicilan selesai nomor terhenti otomatis. Ternyata DIBOHONGI! AJG BENER!! Parahnya lg uda tlp disuru kirim surat pernyataan bermaterai dan bukti pembayaran. Eh muncul email masuk yang isinya kurangnya informasi tambahan. Lucunya informasi tambahan apa yang dimaksud tidak dijelaskan. Lucu kan indosat ini. NIPU KOK TERANG2AN. ORG LG NGIRIT2 SKR JAMAN SUSAH GINI EH TBH DITIPU SM INDOSAT!!!!!!!!!

  • Ya kejadiannya sama. Bulan Okt 2020 kemarin masa cicilan hp bundling sudah berakhir di Okt 2020, ini juga awalnya gara2 di tawarin sales erafone di Okt 2019 katanya paket post paid 150-12 Jumbo pas beli HP paket bundling hanya 65 rb sebulan x 12...yauda saya ambil karena lumayan 65 rb murah... bulan Nov 2020 ini tiba2 ada tagihan 165rb. dan tiba2 di call 02130003000 di suruh bayar tagihan, saya bilang sudah ga pakai lagi karena sudah habis kontrak post paid jumbo -12 sesuai contract agreement dan service level agreement nya (pelayanan antara user dengan penyedia layanan), kan ada bacaaan nya POST PAID Jumbo -12 (artinya 12 bulan) ini parah indosat malah saya di suruh ke gerai terdekat untuk deactivate kartu dan bayar dan itu merepotkan user, harus dateng ke gerai, kan aneh untuk deactivate cukup verifikasi dari telp juga bisa, harusnya di stop pada bulan ke 12 , udah tau bundling dan ada kata2 12 bulan dan hati2 jangan ke buy omongan untuk semua sales2 indosat yang di taruh di erafone, itu cuma kaya buat jualan obat, modal speak tapi ga ngasi tau dampak nya sesuai kontrak yaitu 12 bulan stop dan ga ada tagihan2 kaya gini....sales nya blg klo cicilan selesai nomor terhenti otomatis. Ternyata DIBOHONGI!.. udah masa covid19 gaji di potong, tunjangan di potong, malah di suruh bayar sesuatu yg ga sesuai agreement di awal bundling sementara INDOSAT harusnya liat situasi dunia, orang banyak yg susah, di potong gaji nya, dan ekonomi minus, harusnya kalo kaya gini masuk dalil perkara pidana, dan kalau memang yang di rugikan banyak masyarakat , ajukan gugatan Indosat Pailit dan kalau memang terbukti nanti akan di bekukan oleh Bursa efek indonesia dan FOREX karena perusahaan tidak mampu dan menipu, ga bisa melihat aspirasi masyarakat yg terkena dampak jualan bundling yang bohong ini... indosat parah... indosat tumpul ke bawah dan tumpul ke atas... pak Jokowi tolong bantu masyarakat yang terkena tipu oleh indosat

  • Saya juga mengalami... pembelian indosat paket bundling dengan hape di bulan desember 2018 dan selesai kontrak desember 2019. Sudah saya nonaktifkan nomer itu di desember 2019 dengan dateng ke gerai tegal kala itu semuanya lancar lancar saja karena saya nonaktifkan sebelum masa kontraknya selesai.
    Eh ternyata setelah 1 tahun... desember 2020 saya mau beli lagi paket bundling indosat dan hape.. saya tidak bisa verifikasi... katanya saya masih nunggak tagihan 150ribu di bulan desember 2019. Ada apa dengan sistem indosat... ?? Kenapa seperti ini ?? Banyak sekali custumer yg di rugikan....

  • Kepada Indosat, ternyata nasib saya sama sudah saya tutup 6 atau 7 tahun yang lalu tiba2 di Maret 2021 muncul tagihan lagi 220 ribu. Saya sudah balas by email CS tetapi yg balas gantian CS nya dan tetap harus bayar aneh bukan ????? dan minta bukti penutupan yang sudah 6 atu 7 tahun bagiamana saya menyimpas bukti penutupannya ya yg sudah 6 atau 7 thaun lalu, dulu saya masih Indosat sekarang sampai ganti Ooredoo. Saya jadi curiga cari dutinya nomor yg sudah ditutup dibuka lagi dan tagihan lagi sama salesnya kayaknya dengan alasan diopen lagi padahal pakai itu nomor juga gak dan sdh gak tahu nomornya berapa benar2 gak jelas bin ajaib.

    • Kasus sm dg sy alami saat ini, sy sdh mengikuti prosedur utk berhenti kontrak postpaid krn ikut pnwran bundling sampai saat ini tdk kbrnya, malah tagihan jalan trus.
      Temen2 kita bersm2 hrs datang ke YLKI. Ayo join via twitter @cecep_suhana

  • Yg udah di datengin dept colector dan di tlp2. Dept colector nya tebar teror ke semua kontak engga?
    Korban indosat new bie nih?

Penulis
Satria Poetra Tarigan