Surat Pembaca

Pelayanan Kurir SiCepat dan Customer Service-nya Kurang Memuaskan

Selamat sore Media Konsumen, terima kasih atas pemuatan artikel saya. Saya sedikit bercerita mengenai pelayanan SiCepat, dengan kronologinya seperti ini:

1. Saya membeli produk via Tokopedia di 2 toko yang berbeda yaitu BANABANAIN dan DIGISHOP dan paket barang tersebut dikirim dari Jakarta di 2 kota yang berbeda juga yaitu Jakarta Utara dan Jakarta Timur tujuan Sidoarjo.
2. Pihak SiCepat mengkonfirmasi penerimaan permintaan pick up dari Tokopedia pada tanggal 24 Juni 2019 pada waktu yang berbeda yaitu 12.48 dan 15.45.
3. Pada tanggal yang sama barang tersebut diambil oleh pihak kurir SiCepat yang dinamakan SiGesit (Bapak Syahrul Ra***** dan Bapak Alby Muh*****).
4. Paket tersebut di-input di waktu yang berbeda juga pada tanggal 24-25 Juni 2019 pukul 18.49 dan 00.12.
5. Pada keesokan harinya barang tersebut sampai di Surabaya pada tanggal 25 Juni 2019 pada pukul 18.30.
6. Pada tanggal 26 Juni 2019 di jam 16.15 paket tersebut di terima di Surabaya tepatnya di Krembung.
7. Pada tanggal dan jam yang sama paket dibawa Pihak Kurir SiGesit (Bapak Sudiyanto Sa*****).
8. Pada pukul 16.16 paket dikembalikan di Surabaya (Krembung) dengan Status NTH (Not at Home).

Yang saya keluhkan:

1. Kenapa barang tersebut bisa sampai di krembung?? Krembung/Kec. Krembung sudah berbeda sekali dengan Candi/Kec. Candi dan Jaraknya pun sudah terlampau jauh perbedaannya.
2. Kenapa pihak kurir langsung mengembalikan barangnya ke Surabaya (Krembung) dan Status Barangnya berubah jadi NTH (Not at Home). Pengertian Not at Home berarti Paket sudah diantar ke alamat tujuan tapi tidak ada orang yang menerima. Lah yang saya bingungkan disini paket barang tersebut diantar ke rumah siapa?? Dan alamatnya dimana?? Sudah jelas-jelas saya berada di daerah Candi bukan di Krembung.
3. Saya sudah komplain ke pihak SiCepat mulai dari Live Chat tapi tidak dibalas. Saya kirim via email tidak ada balasan sekalipun dan yang terakhir via Aplikasi Line malah jawaban dari pihak SiCepat katanya sudah melakukan pengiriman tetapi tidak ada orang di tempat.

Saran dari saya, untuk keterangan pengiriman harap diperjelas lagi. Dan untuk kantor cabang/warehouse yang menerima barang nama daerahnya harap dicantumkan di status tracking biar pihak konsumen tidak merasa dibingungkan.

Rizki Wahyu Ariyanto
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • pelayanan ancur parah, service center entah bagaimana cara menghubunginya.
    di twitter komplain, ga dibaca.
    di IG komen orang dihapus.

    bingung cara komplain sama si cepat bagaimana dah.. saya belanja lewat tokped, udah 3 minggu barang belum diterima, di aplikasi toped ditulis bahwa barang sudah diterima. ancuur lebuurr

    • Tanggal 31 Agustus pesen barang di Tokped blm saya trima sampe skarang, tp statusnya sudah diterima YBS tgl 3 sept setengah 12 malam! Logika nya dmn ada yg nerima pengantaran di daerah cluster, satpam nya aja uda langsung ga bolehin x, kalo ngarang2 uda diterima ga tengah malam jg, kunti x yg terima

  • Saya kecewa berat dengan pelayanan SI CEPAT, yg pantas menggunakan SI LAMBAT atau SI LELET.

    Saya mencoba pertama kali kirim menggunakan jasa di cepat yang janji 4 hari sampai namun sampai 10 hari belum pula sampai.
    Dan buruknya kordinasi pelayanan si cepat tanpa konfirmasi biaya langsung di todong dengan pemberian resi.

    Pertama kali langsung kecewa dan saya menyarankan jangan menggunakan si cepat karena pelayanan buruk sekali

  • SANGAT2 MENGECEWAKAN JASA PENGIRIMAN INI..SAYA KIRIM PAKET YG ESTIMASI 2 HRI PALING LAMBAT SAMPE TAPI SUDAH 4 HARI PAKET BLM SAMPE2 JUGA...UNTUK MANAGEMAN SI CEPAT YANG BAGI GWA PANGGIL SI LELET..COBA DI CROSCEK CARA KERJA KURIR2 ANDA..DI HARI KEDUA KURIR MNGYYBUNGI SAYA MNTA SHARE LOCK TAPI BARANG GX NYAMPE..TAPI MALAH DI KMBALIKAN KE GUDANG...KURIR NYA KAMPRET2..TOLONG DI PERHATIKAN CARA KERJA PEGAWAI ANDA...MENGECEWAKAN SX..KARWNA INI SUDAH BUKA KALI YG PERTAMA NYA....!!!!!!!

  • Selamat pagi Sicepat

    Saya Acep
    Yang sedang memantau pengiriman

    No Resi 000418869475

    Status pengiriman Retur pusat,

    Saya harap barang bisa di antar kembali ke alamat sipenerima sesuai alamat, no kontak dan nama sipenerima.

    Sebelumnya saya tidak konfirmasi ke sipenerima bahwa akan ada kiriman.
    ada kiriman.

    Hari ini juga ada kiriman ke alamat yang sama dengan

    No Resi 000419456522 (sudah diterima )

    Saya harap barang bisa sampai ke tangan si penerima , karena kondisi seperti ini layanan pengiriman normal seperti biasanya.

    Terimakasih
    Atas kerjasamanya

  • Dimohon kepada pihak kurir sicepat kalau mau pickup barang kenapa harus malam2..
    tidak semua toko buka sampai larut itu.. contohnya pukul 21:00 jdnya kadang pengiriman terlambat sampai karena gagal pickup dari pihak ekpedisi sicepat.. mohon diperbaiki.

  • Saya Agakk kecewaa sama si cepat sih kalau aku bukan karna si tokonya karna sih kurirnya si cepat nih harus pintar pintar lagi mantau tuh anak buahnyaa .. masakk yaa saya di suruh COD an yg agak jauh dari rumah saya sama kurirnya padahal saya sudah sharelok rumah saya udah saya kasih tau rumah saya ancer” nya juga .. di pikir ini saya belinya face to face apa .. tolong donk baru si cepat diperbaiki lagi .. nyesel juga baru pertama kali pakek nih jasa antar ini .. yg lain gak pernah kek gini seumur” gua barang di anter sampai rumah kadang kurirnya gak tau rumah saya barang nyampek kok ini aneh si cepat ..udah cukup sekali ini aja saya pakek jasa antar ini .. wkwkw agak konyol kurirnya ..

    • Saya pikir cuma kebetulan doang barang saya lama nyampenya, ternyata banyak komplain dari orang lain. Barang katanya nyampe 3-4 hari, betul sih cepat nyampe di magelangnya, cuma 1 hari, TAPI nihh.. Stuck di magelang SAMPE 4 hari dan sampe sekarang masih belum di apa apain. Mungkin yang dimaksud SICEPAT itu kitanya HARUS CEPAT CEPAT jemput barang sebelum barang kembali ke kandang. First time and last time. Kapok dehh?

  • Saya beli sprocket di shopee jasa kirim sicepat tapi lama masih di pic up trus
    Udah dari tgl 11/7/2020 sampai skrang blum dikirim.
    Resi 000761923687
    Tolong dicek lah, udah kayak barang dari kuar negeri lamanya minta ampun

  • saya sering belanja online menggunakan sicepat. karena menurut saya si cepat ini emang paling cepat kirim barang. sekitar jam 10-11 pagi sudah sampai kekantor saya di daerah kembangan-jakbar. TAPI pada akhirnya saya dapet apesnya juga.

    kali ini saya ngalamin sudah 3x24 jam lebih status paket saya telah di pick up sigesit - ****. stuck disitu terus. sampe bosen saya cek resi berkali-kali, statusnya tetap saja seperti itu tidak berubah.
    yg saya heran setelah itu kurir pick up paketan di seller yg beralamat di jl. ampera buntu kec: pasar minggu. jaksel, terus itu kurir pick upnya kemana? apakah dia tidak menyetor paketnya untuk diinput (manifested)???
    seller sendiri juga tidak mengetahui ini sicepat bagian mana? apakah kurir pick upnya dari kantor si cepat pasar minggu / mampang / atau pancoran (hub).

    dan seller mengatakan setelah kurir pick upnya ambil paketan di rumah dia, kurirnya maen jalan aja tidak kasih bukti/kwitansi/tanda terima apa-apa
    pertanyaan saya apakah benar kurir pick up sicepat tidak kasih bukti apa-apa setelah pick up paketan???

    saya sudah telepon dan WA CS sicepat agar paketan saya bisa terlacak dan segera sampai tapi jawaban dari CS tidak memuaskan. WA saja dia menanyakan pertanyaan berulang-ulang yg sudah saya jelaskan. Entah CSnya tidak mengerti detail permasalahan. atau malas scroll keatas baca keluhan saya. atau chat saya sebelumnya dihapus sama CSnya. entahlah.

    tolong dong sicepat daerah jakarta selatan agar dibenahi lagi. kurir pick up seperti itu harus dikasih teguran!!!

    • Biasanya saya menggunakan J&T, selalu cepat dari Tangerang-Semarang 3 hari sampai. Salah klik aja kali ini saya menggunakan Sicepat. Tapi tidak seperti namanya, paketan saya dari tanggal 4-9 September belum sampai juga.
      Bahkan ketika saya cek resi di websitenya, status paket masih pick up terus.
      Dan statusnya gak berubah-berubah. Paket gak jalan-jalan. Sudah coba hubungi sicepat,tidak ada tanggapan.
      Buat kalian yang menggunakan sicepat dan tepat waktu, berarti anda sedang beruntung. Oke? Karena banyak ulasan buruk untuk sicepat

  • Udah cukup terakhir ini sja, Kapok aku pake sicepat baru pertama kali pake udah kayak gini, resi 000436062092 sudah 4 hari status masih belum berubah (gagal pickup)

  • Ini kenapa dikasi nama si cepat. Padahal dtangnya lama.. Udah dtungguin gk datang2 tau2 nya status not at home.. Bagaimana ini.. Beda dengan kurir lazada. Yang selalu hubungi kita via telpon. Ini si cepat malah gk hubungin dan bilang tidak ada yang menerima.. Parahh