17 Juta Rupiah Limit Kredivo Dikuras Habis oleh Hacker

Tanggal 19 November 2019 pagi sekitar pukul 7-an, akun Kredivo ayah saya diretas, limit sebanyak Rp17 juta dikuras habis oleh hacker. Dia membeli voucher di JuraganCash sebanyak Rp15 juta dan membeli HP Samsung seharga Rp2 juta di JD.id. Akun ayah saya atas nama: Thomas, email: thomas.a***@gmail.com, nomor HP: 0812106033** (alamat email dan nomor hp ada pada redaksi). Nomor hp yang ada di akun sekarang sudah diganti hacker.

Ayah saya lemas ketika mendapatkan pemberitahuan bahwa transaksi berhasil. Padahal ayah saya tidak melakukan transaksi apapun. Ketika mendapat notifikasi tersebut ayah saya langsung menelepon pihak Kredivo karena ada tulisan “jika anda tidak merasa melakukan transaksi harap hubungi cs kami”. Namun, pihak Kredivo hanya membantu dengan menutup akun, dan ayah saya tetap harus membayar tagihan dengan tenor 12 bulan.

Padahal tujuan awal ayah saya membuat akun di Kredivo hanya untuk membeli laptop untuk anaknya, tapi 17 juta malah terkuras habis untuk transaksi hacker itu. Bagaimana ini? Ayah saya harus membayar total Rp21 jutaan, padahal ayah saya tidak melakukan transaksi apapun.

Tolong pihak Kredivo ditindaklanjuti lagi masalah ayah saya ini. Angka Rp21 jutaan itu tidak sedikit, sangat berarti untuk keluarga kami, dan kami pun tidak sanggup apabila harus tetap membayarnya.

Dara Nimas Ananda
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Thomas

Pada kesempatan ini, kami ingin menanggapi surat konsumen yang telah dibuat oleh Bapak Thomas pada Media Konsumen tanggal 20 November...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hi Dara Nimas Ananda,

    Maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami. Terkait kendala yang Ibu Dara Nimas Ananda alami dan untuk pengecekan lebih lanjut oleh tim kami, mohon bantuanya untuk informasikan nomer ponsel yang terdaftar dan dapat di kirimkan ke email kami di support@kredivo.com dengan subjek “Konfirmasi Media Konsumen” agar kami dapat menjelaskan terkait kendala akun Kredivo yang kamu alami.

    Salam Hangat 🙂
    Tim Kredivo

  • Ketika mau mengganti nomor ponsel di Kredivo, ada verifikasi dua langkah harus dicantumkan oleh pemilik akun, yaitu mencantumkan nomor id dan menjawab sebuah pertanyaan rahasia yang sebelumnya sudah dibuat oleh pemilik akun sendiri.

    Apakah pemilik akun tidak melakukan langkah keamanan dan pengamanan
    akun sebelumnya sehingga begitu mudah pembobol mengganti nomor ponsel soun Kredivo? Disamping itu, biasanya ketika mengganti nomor ponsel ada notifikasi keamanan dari Kredivo lewat email dan SMS ke nomor Ponsel lama.

    Sejatinya keamanan akun Kredivo sudah cukup bagus, apalagi dengan sistem keamanan berlapis, setara bank, sehingga untuk mengganti nomor ponsel tidak mudah dilakukan tanpa mengetahui nomor ID dan menjawab pertanyaan rahasia.

    Sebaik apapun keamanan sebuah sistem tetap dibutuhkan sikap kehati-hatian, mengamankan akun digital sebagaimana menjaga sebuah rekening bank. Mudah-mudahan masalah pembobolan akun diatas dapat terselesaikan dengan baik.

  • Sering banget peretasan akun kredit, atau akun2 virtual lainnya, bener2 menjadi pelajaran, kalau udah terjadi ribet penyelesaiannya, bahkan lewat aja, logikanya bisa dilacak tapi perusahaan enggan melaksanakanny