Surat Pembaca

Tidak Pernah Pakai PayLater Gojek, tapi Dapat Tagihan

Sejak tanggal 29 November 2019, saya mendapat tagihan PayLater via SMS ke nomor saya yang terkoneksi dengan akun Gojek. Nomor saya 082226927*** atas nama Anggi. Saya berkali-kali mendapat SMS penagihan. Karena merasa tidak pernah menggunakan PayLater, SMS tersebut saya abaikan. Namun saya tetap melakukan pengaduan terkait hal tersebut ke pihak Customer Service Findaya via email di support@findaya.com.

Lalu mulai Desember 2019, saya mendapat telepon dari nomor asing yang mengaku dari pihak Findaya yang menagih saya untuk membayar tagihan PayLater. Findaya adalah pihak yang menangani masalah PayLater Gojek. Saya sampai ditelepon berkali-kali dan diancam oleh pihak Findaya diminta segera melunasi. Padahal saya tidak pernah menggunakan fitur PayLater, dan akun Gojek saya tidak terhubung dengan fitur PayLater. Untuk dapat terhubung dengan PayLater, kita harus memfoto KTP kita dan melakukan selfie dengan KTP. Padahal saya tidak pernah melakukan keduanya. Kok bisa-bisanya saya mendapat tagihan?

jumlah tagihan Paylater

Saya sudah berkali-kali melakukan pengaduan ke pihak Gojek dan Findaya. Via telepon dan juga email. Pihak Gojek menyarankan saya untuk mengadukan keluhan saya ke pihak Findaya. Lalu saya kirim email pengaduan lagi ke Findaya. Pihak Findaya membalas email saya bahwa akun saya disalahkangunakan oleh pihak lain dan saya tetap diminta membayar tagihan. Kok bisa seperti itu penyelesaiannya? Saat saya ditagih via telepon, saya jelaskan kronologinya dan diminta tetap membayar.

Lalu saya kirim email lagi. Tetap disuruh membayar dan menjaga keamanan akun saya sendiri. Padahal akun saya tidak pernah digunakan pihak lain dan saya tidak pernah memberikan kode OTP ke pihak lain. Sangat disayangkan.

Apakah sebegitu mudahnya akun Gojek saya diretas dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab? Padahal akun tersebut berisi informasi pribadi pengguna. Apakah tidak ada proteksi terhadap informasi pribadi pengguna? Bagaimana tanggung jawab dari pihak Gojek? Saya merasa dirugikan. Saya tidak menggunakan Paylater tetapi tetap diminta membayar. Apalagi dengan diteror telepon berkali-kali dari nomor asing pihak Findaya.

Akun saya yang tidak terhubung dengan Paylater

Saya hanya ingin minta tolong dengan sangat dan segala hormat untuk pihak Gojek segera menangani keluhan saya, karena sepengetahuan saya bahwa Gojek adalah perusahaan besar dan ternama di Indonesia, jadi saya mohon pihak Gojek untuk peduli terhadap keluhan dari pengguna Gojek.

Begitupun dengan pihak Findaya, saya sudah email dan dan menjelaskan via telepon tetapi keluhan saya tidak diurus juga. Sedangkan dari pihak Findaya sendiri selalu menagih saya melalui telepon dan berulang kali pula saya jelaskan kronologi, secara lengkap dan mengirimkan bukti melalui email, tetapi sampai sekarang masih ditagih juga.

Saya mohon dengan sangat untuk pihak Gojek dan Findaya segera mengurus keluhan saya dan bertanggung jawab atas kinerjanya.

Terima kasih banyak!

Annastasia Lita Anggi Utami
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Iy sama mb, entah ada berapa orang ya yang jd korban gojek paylater. Ditagih bayar padahal tidak berutang. Saya juga demikian.

  • Kejadian yang sama terjadi juga pada saya akhir maret saya menerima email tagihan findaya. Padahal saya belum pernah daftar findaya apalagi juga tidak pernah kirim foto dengan ktp, dan email yg dikirim tagihan gojeknya sudah inaktif tidak saya gunakan gojek dari 2017. Lah gimana bisa bayarnya coba kan aneh nih findaya/paylater.

    Sudah saya jelaskan berkali2 ke cs findaya kalau saya tidak pernah daftar layanan itu atau pinjol apapun. Tapi seminggu sekali email tagihan tetap dikirim. Sangat mengganggu sekali pinjol pinjol ini.

  • Saya jg baru dapet tagihan serupa sebesar 500k dan d berikan rincian tagian go pulsa Pakai paylater dalam hari yg sama tagihan tanggal 22 april sebesar 350k 150k 25k dan 15k, semuanya d pakai dalam 1 hari dan ditagihkan ke saya yg sangat jelas nomor yg dipakai di aplikasi gojekny 6281273496021, itu bukan nmr hp sya dan setelah sy coba telpon ke nmr tersebut malah nomor yg anda tekan blm lengkap kan aneh, pake nomor yg g lengkap bisa d gunakan d aplikasi gojek, apa ada solusi buat sya, mohon solusinya

  • Wah mengerikan juga ini, harusnya di aplikasi ada pilihan utk hapus paylater.

  • Mbk Anggi,
    saya Milla mahasiswa hukum ekonomi syariah apakah kasus mbk Anggi ini boleh saya jadikan studi kasus proposal skripsi saya, mungkin setelah saya analisis dapat membantu agar kasus ini tidak terulang kembali
    Terimakasih

  • Ini hanya opini saya aja ya. Saya bukannya senang dapat paylater gopay 750000, mungkin sebagian orang senang tapi segitu g ada apa apanya. Jujur saya emosi dan bertanya-tanya, kenapa saya dapat pinjaman tanpa persetujuan? Katanya findaya di awasi dan terdaftar OJK tapi nyatanya kita sebagai konsumen tidak pernah tandatangan diatas materai. Jangan itu tanda tangan dan nama terang aja kita ga d kasih klausulnya. Seenak jidatnya itu bukain akun pinjaman orang tanpa persetujuan. Saya udah hubungi findaya abal abal itu buat blokir ato tutup fasilitas paylater gopay. Mereka berkelit kalo itu fitur, kalo g dipake d biarin aja. Biar apa? Supaya orang tua kyak saya ini ga sengaja mencet 'tombol utang'. Niat mau bayar cash malah kepencet paylater. Btw ini pihak findaya belum ada tanggapan?

  • Ya sama saya juga.. Ada tagihan voucher go food yg gak pernah saya ajukan.. Karna saya pakai akun gojek hanya sesekali dan gak pernah pakai paylater kecuali pertama kali. Saya kaget dapat email tagihan dari paylater yg gak pernah aku gunakan.. Akhirnya saya telpon gojek dan hubungi email findaya aneh juga findaya gak ada call center nya.. Saya tanya klo sudah bayar saya bisa tutup paylater sama langganan go foodnya gak? Kata mereka gak bisa.. Dan saya belom bayar tagihan2nya.. Serem ternyata banyak korbannya..

  • Kejadian nya sama yg Sekarang saya alami saat ini tidak menggunakan gopay later tetap di suruh membayar.sampe saya datengin ke kantor Gojek yg berlokasi di blok m kantornya tutup smpe akhir tahun kata security yg sedang bertugas sudah kesal sekali hati ini ingin marah atas sikap Gojek dan findaya yg tidak ada pertanggung jawaban nya

  • Saya juga sekarang lagi ngalami ngga pernah makai paylater tiba2 dapat tagihan plus bunga2,setiap hari ditelp sama menagih makanya terganggu sekali....aku telp gojegnya buat matikan akunnya malah psbb ....anehnya pemakain pada tanggal yang sama 20 agustus 2020,50rb pemakaian pembayaran etoll pdhl aku sama sekali ngga pernah masuk toll dijawab sama pihak penagih kemungkinan dipakainsaudara kan aneh masa akun privasi bisa orang lain yang makan,200rb aku ngga sempet nanya pemakaian apa,gopay saya juga pernah ketarik gara2 buat pembayaran bunga....ada yg tahu harus gimana ya

  • Saya juga mengalami hal yang sama. 27 Nov 2020 membayar 2 tagihan paylater yaitu Biaya paylater + Biaya Akhir bulan. Sesudah payment, ternyata saya cek tidak ada transaksi apapun karena tidak menggunakan paylater di bulan & tgl tersebut. Tgl 10 Des akhirnya sya kirim email ke Findaya dengan bukti screenschoot. tgl 13 Des biaya paylater saya direfund, tetapi tidak dengan biaya akhir bulan!
    jumlahnya memang kecil, tetapi kenyataannya tidak pakai paylater kenapa harus bayar! Saya kirim chat kembali tgl 13 & 14 des ke aplikasi gojek, tapi selalu diinfo ada transaksi di halodoc tgl 27 Nov 2020. Kenyataannya tgl 27 nov teman saya pakai hpnya sendiri untuk halodoc dan bayarnya dg Kartu Credit Card saya, trus kenapa saya diinfo pakai paylater di halodoc?? Saya cek telp telp ke halodoc, dan tdk ada transaksi apapun dari gojek saya. Dari semua cs findaya diinfo bahwa saya ada transaksi halodoc di tgl 27 Nov dan versi gojek terbaru 2.0. Apa hubungannya dengan versi aplikasi dan saya membayar biaya akhir bulan (dijadikan biaya halodoc – padahal tidak ada transaksi halodoc)??? Simple nya, saya tdk pakai paylater halodoc, dan semua paylater apapun!! seharusnya langsung dikembalikan full saja dari biaya paylater dan biaya akhir bulan. Tetapi trus saja berputar-putar kalau saya bayar halodoc dg paylater, padahal tidak!!

    • untuk bisa mengakses paylater ,pengguna harus upgrade Gopay Plus
      apakah kakak pernah mengupgrade Gopay plus ?
      untuk mengupgradenya pun harus mengupload foto KTP terlebih dahulu

      • iyah saya bisa akses paylater dan sudah ter upgrade ke gopayplus juga (upload ktp sudah pernah dulu saat di minta upload), apakah ini akan ada kaitannya dengan masalah yang saya alami dengan pembayaran halodoc saya yang menggunakan CC (kartu kredit) di aplikasi gojek?
        jika tidak ada transaksi pembayaran menggunakan gopay/gopaylater, seharus nya tidak ada tagihan kan?
        saya sudah melakukan pembayaran menggunakan CC di aplikasi gojek karenaaaa, halodoc arahkan payment ke situ.
        jadi pembayaran mana yang harus di lakukan sementara transaksi menggunakan gopay/gopaylater tidak ada sama sekali?
        mohon bantuannya.
        thanks.

        • Intinya apakah tagihan tersebut atas nama mba Anggi? Jika ia berarti kemungkinan ada orang terdekat mba Anggi yang telah menggunakan data dan nomor hp mba Anggi membuat akun gojek.

        • Saya tidak tau menau soal gojek paylater. Bagaimana bisa saya terdaftar dan melakukan transaksi?

          Betapa buruknya keamanan dalam teknologi transaksi keuangan. Terutama dalam hal ini Gojek. Bayangkan, customer hanya diberikan jawaban oleh Gojek agar menjaga kerahasian akunnya. Lalu melempar kesalahan pada customer.

          Pertanyaanya, yang daftarkan dan melakukan transaksi menggunakan akun customer tanpa sepengetahuan dan persetujuan customer siapa?

          Bagaimana bisa terdaftar tanpa ada data pribadi yang valid?

          Saya tidak pernah melakukan upload data pribadi untuk gojek.

          Dan kalau saya baca komentar, sepertinya Findaya juga seenaknya sendiri bertingkah kepada customer. Gelap mata.

          #gojek
          #findaya