Surat Pembaca

Pelatihan Kartu PraKerja sekolahpintar.com Cukup Bermasalah

Saya ingin berbagi keluh kesah dan mungkin para pembaca ada yang memiliki cerita seperti saya. Saya adalah salah satu peserta pelatihan kartu PraKerja gelombang 6 dengan nomor 3506202*********. Saya memilih Kemnaker sebagai mitra pelatihan, karena sebelumnya saya sempat membaca banyak review kecewa dengan mitra Bukalapak atau Tokopedia. Setelah saya memilih Kemnaker, saya memutuskan mengikuti pelatihan new digital marketing dengan pemberi materi langsung dari Babastudio.

Saya mengakses materi cukup mudah untuk beberapa bab pertama. Ketika saya memutuskan untuk lanjut membaca materi di hari berikutnya, permasalahan baru muncul. Progres materi yang saya simak di hari sebelumnya tidak terhitung dan tidak tercentang hijau. Begitu pun dengan progres kuis saya masih 0, padahal saya sudah menjawab 3-4 kuis dengan benar.

Saya mencoba mengulangi video materi dari awal hingga pada bab terakhir yang saya simak, tapi tetap ada bab yang tidak tercentang hijau. Saya terus coba ulangi materi video. Butuh waktu satu minggu lebih untuk menyelesaikan materi tersebut. Di materi paling akhir, saya berhasil menyelesaikan 46 dari 46 materi dan kuis juga telah ter-update menjadi 20. Tetapi kadang ketika saya me-refresh halaman, progres ini acak lagi. Saya tidak tahu kenapa.

Permasalahan lain dari website ini adalah website kadang tidak bisa diakses karena terlalu banyak yang ingin masuk. Dari seminggu yang lalu selalu muncul bad gateway dan poster under maintenancewebsite baru bisa diakses 8 jam kemudian. Hal tersebut tidak hanya terjadi sehari tapi hampir setiap hari. Jika memang menjadi mitra pelatihan dengan Kemnaker harusnya sebelum kontrak dicek dulu apakah website yang ditawarkan untuk kerja sama sudah mumpuni untuk diakses ribuan orang dalam satu waktu. Sampai saya menulis artikel ini saya belum bisa masuk untuk mengakses halaman materi saya.

Problem lainnya yakni masalah webinar. Di kartuprakerja.sekolahpintar.com bagian webinar cuma terdapat bagan jadwal sesi webinar Senin – Jumat pukul 09.00, 10.00, dan 11.00 serta 2 button untuk mengklik downloading Zoom. Saya sudah menginstall Zoom sebelumnya jadi mengapa harus menginstall lagi? Tidak ada tombol untuk join room Zoom webinar. Tidak ada informasi untuk cara join room Zoom. Lalu bagaimana kita bisa ikut webinar? Untuk masuk room saya tidak bisa.

Saya coba untuk online sesuai jadwal sesi. Pernah sekali saya bisa masuk di halaman pukul 09.00. Tetap saja tidak bisa ikut webinar! Saya coba sesi berikutnya juga. Tetap tidak bisa! Hanya ada tombol download Zoom. Terus bagaimana agar saya atau peserta lain bisa akses webinar? Tidak ada link undangan untuk join di room Zoom juga. Customer service sudah saya hubungi beberapa (terdapat 8 nomor CS) tetapi tidak ada respon. Mohon konfirmasi dari pihak sekolahpintar.com bagaimana penyelesaian kasus seperti ini.

Mungkin teman-teman ada yang membaca dan memiliki masalah yang sama pada kartuprakerja.sekolahpintar.com bisa komentar juga atau bahkan mungkin sudah bisa lolos webinar bisa diceritakan pengalamannya. Satu hal yang cukup mengganggu saya pada kartu PraKerja ini adalah kita tidak bisa mengambil pelatihan lain sebelum menyelesaikan pelatihan pertama.

Bagaimana kita bisa menyelesaikan pelatihan pertama jika mitra pelatihan seperti pada kasus saya sekolahpintar ini zonk? Maju tidak bisa mundur tidak bisa. Mau ambil pelatihan lain tidak bisa, otomatis progress lanjutan lainnya tidak bisa. Saran saya kepada pemerintah untuk selalu melakukan cek mendalam pada calon vendor mitra pelatihan apakah mereka cukup layak dan mumpuni dalam menjadi mitra dan memberikan pelayanan. Terima kasih banyak.

Audia Putri Narayani
Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Masalah yang saya hadapi juga sama. Untuk akses ke web pelatihan pra kerja sekolah pintar sangat lama. Kalaupun sudah masuk web pelatihan, tampilan web pelatihan pra kerja sekolah pintar kacau. Tidak muncul materi pelatihannya, sehingga saya tidak bisa melanjutkan untuk video selanjutnya.
    Mohon perhatian serius dari pelatihan pra kerja sekolah pintar dan segera diperbaiki system di web. Sudah banyak keluhan terkait hal ini.

  • assalamualaikum wr wb
    saya pun permasalahannya seperti begitu sahabat ,dan memutuskan saya memilih Kemnaker, saya memutuskan mengikuti pelatihan new digital marketing dengan pemberi materi langsung dari Babastudio. Saya mengakses materi cukup mudah untuk beberapa bab pertama. Ketika saya memutuskan untuk lanjut membaca materi di hari berikutnya, permasalahan baru muncul. Progres materi yang saya simak di hari sebelumnya tidak terhitung dan tidak tercentang hijau. Begitu pun dengan progres kuis saya masih 0, padahal saya sudah menjawab 3-4 kuis dengan benar.

    Saya mencoba mengulangi video materi dari awal hingga pada bab terakhir yang saya simak, tapi tetap ada bab yang tidak tercentang hijau. Saya terus coba ulangi materi video. Butuh waktu satu minggu lebih untuk menyelesaikan materi tersebut. Di materi paling akhir, saya berhasil menyelesaikan 37,. Tetapi kadang ketika saya me-refresh halaman, progres ini acak lagi.dan terulang dari awal materi lagi tidak tahu kenapa.mohon pemerintah solusinya

    • Saya udah 11 hari beli pelatihan dari kemnaker sekolah pintar tapi selalu gak bisa melanjutkan ke materi karna voucher. Udah ada respin dan saya udah ikutin semua tp tetep tidak ada kelanjutannya.

  • Saya juga mengalami masalah juga di sekolah pintar. Saya sudah memasukkan kode voucher sesuai no. kupon dari kemnaker. Tapi tetap nggak bisa masuk. Ini gimana ya solusinya?
    Kadang juga error harus menunggu 8 jam lagi. Sudah seminggu lebih seperti ini tapi tidak ada tanggapan dari CS sampai sekarang

  • Dari tgl 12 september istri saya sudah menyelesaikan 22 video dan 5 Quiz dari pelatihan yg diambil, tinggal webinar karna jadwal hanya senin sampai jum'at maka istri saya menunggu hingga hari senin, dan masalah muncul ketika hari senin buka web harus login lagi, ketika login jumlah video dan quiz semua 0 padahal semua sudah selesai, dan ini bukan kejadian pertama kalinya sudah lebih dari 5x dan sudah komplain ke cs sekolah pintar tapi tidak menyelesaikan masalah.
    Saya sangat menyayangkan bahwa di aplikasi sisnaker menggandengnya menjadi mitra, bukannya mempermudah malah mempersulit seperti ini!!!

  • Sama punyaku juga gitu selesai 21 sesi pelatihan tinggal tunggu webinar,jangan kan masuk webinar besok log in lagi hilang cek list 21 materi ulang dari awal 3 kali sampe hari ini ulang 21 materi. Yang 22 selalu gagal log in ulang.payah nih.mana 400/500 ribu buang sia2 sertifikat gak di dapat mau pelatihan Laen gak bisa buang2 uang negara.kira2 bisa di balekan kagak duit itu keburu habis masa sisa saldo boskuuu mending ikut pelatihan tempat laen

  • Saya juga mengalami masalah yang sama, sudah berminggu-minggu mengikuti Pelatihan di Sekolah Pintar ini :
    1. Saat LOGIN suka sulit dan terdapat tulisan Maintenance "Mohon maaf kami sedang meningkatkan server, 8 jam dari sekarang website sudah dapat diakses kembali".
    2. Setelah Maintenance, Dashboard Sekolah Pintar terlihat baru dan sudah ada jadwal Webinar hingga sore. Dan harus mengulang video dari awal, nonton video harus via incognito (saran Customer service), karena suka balik lagi ke awal login.
    3. Untuk MATERI Modul, ada 46 video. Ketika server jaringan mulai padat, video yg tadinya sudah ditonton 35 video, akan kembali lagi ke login & video awal (0), dan akan seperti itu lagi seterusnya.
    4. Untuk MATERI Modul, video yang telah ditonton seharusnya terceklis hijau. Namun ceklis tidak terupdate, sehingga ceklis hijau berubah jadi abu-abu (nol) lagi.
    5. Untuk QUIZ Modul, yang tadinya sebelum maintenance, Quiz ada di setiap video. Namun setelah Maintenance, dan tampilan Dashboard Sekolah Pintar terlihat baru, Quiz tidak muncul di video modul, sehingga jika ada 47 quiz akan tetap 47 (0/47), seharusnya kalau 47 quiz sudah terjawab benar sebanyak 47, akan ada tampilan seperti ini: 47/47.
    6. Untuk MATERI Modul tidak ada Prosentase Proggress berapa persen-nya (%).
    7. Customer Service ketika ditanya sering menjawab "Mohon maaf Ka, server kami sedang ada perbaikan, dicoba beberapa jam kemudian", "Harap sabar Ka, server kami sedang penuh".
    8. Untuk WEBINAR juga sulit masuk kelas Webinar dan sekarang jika mau masuk kelas webinar harus absen.
    9. Hari Sabtu-Minggu offline/maintenance, Customer Service libur.
    Mohon maaf, Untuk Tim Sekolah Pintar yang sudah bekerjasama dengan Kemenaker, agar memperbaiki server jaringannya dan kualitas pelayanannya serta cepat tanggap dalam merespon segala bentuk keluhan pengguna layanan Sekolah Pintar dan memberi solusi yang terbaik, agar Sekolah Pintar menjadi lembaga terbaik dalam pemberian pelatihan online ke depannya dan kami semua dapat segera menyelesaikan Pelatihan Pra Kerja serta dapat sertifikat dan insentifnya.
    Terima Kasih.

  • Sepertinya semua permasalahannya sama.. terkait Video, Kuis, & juga Webinar. Terkhusus Webinar seharusnya mereka menjelaskan jikalau via phone/android TOMBOL JOIN tidak dapat terlihat disarankan via PC/LAPTOP. Ini Sangat Jauh dari kata SIAP Aplikasinya. SAMPAH

    • Saya juga mengambil Pelatihan Bahasa Inggris di Sekolah Pintar, dan hampir 2 Minggu saya mencoba tapi tidak berhasil.
      Setelah saya mencari solusi dibeberapa artikel maupun YouTube, dan mengikuti saran dari mereka akhirnya saya bisa menyelesaikan pelatihan ini.
      Untuk teman-teman yang masih mencoba kalian bisa mencoba akses sekolah pintar melalui PC/Laptop tapi sebelumnya pastikan Firefox atau Chrome sudah di-update dan history/cache semua dihapus.
      Jika sudah selesai menonton pelatihan dan quiz, kalian langsung ketik ikut webinar dan download zoom. Jika zoom sudah terinstal akan ada pilihan mulai ikut webinar, disini saya tidak diminta memasukkan ID, secara otomatis saya sudah mengikuti zoom, dan bisa lanjut ketahap selanjutnya yaitu Rating & Download Sertifikat dari sekolah pintar.
      Mohon maaf sebelumnya untuk penggunaan android, saya masih belum mengerti apa bisa melalui proses seperti di PC, tapi mungkin bisa dicoba menghapus History/cache sebelum memulai webinar di android ..
      Semoga bisa membantu teman-teman semua.

  • Buat temen2 yang belum bisa webinar, bisa coba isi form di link ini, nanti kita akan dapat email dari sekolah pintar berupa link webinar di zoom, nanti cek email sesuai jadwal webinarnya, nah nanti kita bakalan langsung tersambung ke webinarnya, tapi la harus absen juga, nanti bakalan di kasih link absennya teman. Tapi jangan kaget ya karena isi webinarnya malah membahas masalah yang ada di sekolah pintar, bukan bahas materi, hahahahaa semangat

    https://forms.gle/45mwuAKM2wdxn2iu9