Surat Pembaca

Terlambat Bayar di Investree, Status Tidak Jelas dan Dibiarkan Mengambang

Yth. Investree,

Saya merupakan salah satu lender di Investree akhir-akhir ini investasi saya di Investree ada yang terlambat bayar. Dua yang paling parah antara lain adalah:

  • INV-200309-187766-12 / PT SDMR
  • INV-200127-190588-5 / PT SAG

Kedua invoice tersebut dikategorikan A+ (grade paling baik di Investree) tapi keterlambatannya sudah lebih dari 90 hari. Menurut OJK, kedua invoice tersebut telah masuk dalam kategori gagal bayar/ default. Total kerugian yang saya alami adalah 5 juta. Ketika ditanya mengenai update mengenai penagihan/recovery , customer service selalu tidak dapat dihubungi.

Saya pun secara inisitaif menanyakan tentang issue yang sama terhadap rekan-rekan yang juga investasi. Hasilnya semua opini menyatakan bahwa Investree sangat susah untuk dihubungi dan timbul kesan lari dari tanggung jawab. Chat di website pun sering kali error (bisa dibuktikan sendiri, dialami oleh banyak member).

Tolong untuk Investree berikan kejelasan untuk lender, kami berani menaruh uang di Investree tandanya kami ada kepercayaan. Kami harapkan untuk tidak mengecewakan konsumen.

Calvin
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Investree atas Surat Bapak Calvin

Kepada Yth. Bapak Calvin di Surabaya Terima kasih atas informasi yang Bapak sampaikan di atas. Melalui balasan ini, kami pastikan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Selamat siang,
    saya ingin menambahkan juga selaku korban gagal bayar dari produk p2p investree
    di PT. LNBP terlambat 90 hari lebih.
    bukannya jika terlambat lebih dari 90 hari maka akan dialihkan ke asuransi sebagai penjamin modal pokok kita (yang besarnnya maximal 90% modal pokok tanpa bunga), dalam hal ini investree bekerjasama dengan asuransi Simas Insurtech.
    Namun CS investree selalu informasi kalau masih banyak antrian di asuransi tersebut.
    pertanyaannya
    1. apakah memang benar-benar ada PT yg tertera dalam daftar borrower investree
    2. apakah memang benar-benar dijaminkan di asuransi tersebut uang simpanan kita

    • 1. Meragukan
      2. Tidak

      https://finansial.bisnis.com/read/20230515/563/1655949/penjelasan-detail-bos-investree-soal-asuransi-bagi-kreditur-yang-pinjamannya-macet

      Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi mengklaim asuransi bagi investor pinjol tidak termasuk sebagai jaminan. Asuransi hanya mitigasi risiko yang disiapkan oleh pengelola. Dia mengklaim jaminan atas kredit adalah kepercayaan kreditur (lander) terhadap peminjam yang ditunjukkan dengan giro hingga personal guarantee yang diberikan peminjam (borrower).

      “Tidak ada asuransi sebagai jaminan. Asuransi itu sebagai tambahan mitigasi risiko, bukan dalam jaminan, karena balik lagi ini kontrak antara lender dengan borrower, Investree hanya sebagai kuasa dari lender,” kata Adrian kepada Bisnis di Pidari Lounge, Jakarta, Jumat (12/5/2023).

      • alah klise pak, mau ngebela investree bodong ya? pernyataan bapak ini menyalahkan korban saja. kenapa Anda tidak berusaha untuk menutup platform ini dan tidak membiarkan investree berkembang dan menjebak banyak orang

  • Salam kakak kakak sekalian

    mungkin sharing saja kak saya juga tersangkut di lnbp cuma memang itu lah investasi di p2p landing kak. saya di investri pernah untung beberapa kali dan kali ini tersangkut. begitu juga di platform lain (amartha, dana syariah dll) investasi tidak selalu menguntungkan karena setahu saya p2p memberikan imbal hasil yang besar nah paling balik lagi prinsip investasi high risk high return. mungkin untuk next nya lebih berhati hati saja kak dalam memilih investasi atau dari 100% uang kakak bisa di plot ke beberapa investasi :)

    Terima kasih

  • Halo semuanya,

    dari tahun 2020 postingan teman-teman, sudah 10 PT gagal bayar. saya berharap tidak ada korban yang lebih banyak. p2p paling bodong dan dan sbg penyedia platform, dia harusnya bertanggung jawab sudah saatnya investree ini ditutup supaya tidak banyak korban. apa memang benar semuanya PT-PT ini siluman alias fiktif ??

    PT SDMR
    PT SAG
    PT HYPR
    PT IXEW
    PT UIUZ
    PT BDZV
    PT JTL
    PT TAP
    PT CPMP
    PT LNBP