Surat Pembaca

Kecewa dengan Pelayanan Nasabah Home Credit Indonesia

Yth. Home Credit Indonesia,

Hari ini saya memutuskan untuk menyampaikan keluhan saya melalui Media Konsumen agar pihak Home Credit mau menanggapi keluhan saya dan memberikan solusi yang logis.

Nama saya Marry Shirliani dengan Nomor Kontrak Aktif: 3902678470 untuk Produk Dana Tunai sebesar Rp40.000.000, dengan cicilan sebesar Rp2.640.000 per bulan selama 25 kali cicilan. Sampai dengan saat ini saya sudah membayar sebanyak 16 kali dan tersisa 9 kali lagi.

Sejak awal bulan ini, saya sudah berusaha melakukan kontak dengan CS melalui WA dan Email dan menyampaikan kendala keuangan yang saya alami saat ini. Dikarenakan Program Kerja saya dihentikan sementara saat ini akibat Pandemi, mengakibatkan saya mengalami Pemutusan Hubungan Kerja Sementara atas Pekerjaan Saya sebagai Konsultan di salah satu Kementerian.

Mengingat tanggal jatuh tempo cicilan saya adalah di tanggal 8, kemarin saya sudah berusaha sebelum tanggal jatuh tempo tersebut untuk meminta relaksasi pembayaran. Namun tidak ada satupun jawaban yang bisa menjadi solusi masalah saya.

Untuk membayar kewajiban saya di Home Credit pada tanggal 8 Desember 2020, saya terpaksa berhutang kepada kawan saya, agar Home Credit mengetahui bahwa saya sebagai nasabah berusaha tetap membayar kewajiban saya, dan saya hanya meminta penundaan pembayaran sampai dengan saya bekerja kembali seperti biasa dan mendapatkan gaji. Namun akibat saya membayar dan berusaha menjadi nasabah yang baik dengan menunjukkan itikad baik saya, saya malah dianggap tidak layak mendapat keringanan. Aneh sekali Home Credit ini.

Jawaban yang saya terima secara berulang adalah bahwa saya tidak berhak mendapatkan keringanan dan saya tetap diminta membayar kewajiban saya secara utuh. Saya tanyakan dengan apa saya harus membayar tagihan saya sementara saya tidak bekerja? Apakah saya harus merampok bank demi bisa membayar tagihan saya kepada Home Credit?

Tidakkah bisa dimengerti bahwa pemutusan hubungan kerja sementara sebagai konsultan membuat saya tidak mendapat gaji dan tidak ada pesangon karena saya bukan PNS? Saya hanya sebagai Konsultan yang bekerja berdasarkan program yang ada.

Saya mengajukan Permohonan Relaksasi Penundaan Pembayaran selama 3-4 bulan sampai dengan Program Kerja saya diaktifkan kembali. Karena semua Program ini terhenti karena adanya Pandemi. Saya memang bukan terkena dampak medis karena Pandemi, tapi saya termasuk yang terkena dampak Keuangan akibat Pandemi ini. Mohon dimengerti. Atau apakah saya harus menderita Covid-19 dahulu baru kemudian Home Credit mempertimbangkan permohonan saya ini?

Mohon tanggapannya dari Home Credit dan terima kasih kepada Media Konsumen atas tempat yang diberikan kepada saya.

Salam,

Marry Shirliani
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Marry Shirliani

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Marry Shirliani di MediaKonsumen.com pada 11 Desember 2020 di kolom...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • home credit lebih parah dari rentenir. kapok saya. sumpah g bakalan saya oake lagi. mending city bank cuman 1% /bulan atau permata 2,8% sementara HC diatas 9% /bulan. cuman orang bego aja yg pilih HC

    • Hci tidak berprikemanusiaan...gak usah bayar mbak sisanya... Bilang saja gagal bayar...ganti nomor dan hp nya juga mbak.. Biar aman dari gangguan telp dc hci..

  • Itu ada oknum dr HCi jgn d dengerin....sy juga pernah berurusan dengan HCI tp untung setiap sy d telp sy slalu rekam smua pembicaraannya dan bs sy jdkan bukti utk mengajukan gugatan....tp stelah sy cr tau sumber HCI d mn dan ketemu sy langsung dtgi sumber pembiayaan tersebut dan sy critakan smua sampe sy dengarkan smua bukti telp dr HCI yg bnr2 amat sangat manusiawi org2nya....dan alhamdulilah selang 1minggu pihak HCI telp dan memberitahu klo tagihan sy sdh lunas dan nm sy sdh bersih dr BI checking tp jujur sy blm check lagi...utk mbak Mary sampean langsung aja k BTPN utk menyampaikan smua permasalahan sampean dan bilang aja minta tlg d bantu....insya'allah pasti d beri jln mbak....klo langsung SM HCI sampe kpnpun gk mungkin ada jwban....