Surat Pembaca

Komplain Pelunasan Awal Home Credit Indonesia yang Tidak Sesuai Penjelasan Awal

Yang terhormat Media Konsumen dan HCI,

Saya adalah salah satu penerima dana Multiguna dari Home Credit Indonesia dengan nomor kontrak: 3901267776, jumlah pembiayaan sebesar Rp17,8 juta dan tenor 36 bulan. Angsuran untuk setiap bulannya sebesar Rp1.104.600.

Saya telah melakukan pembayaran sebanyak 23 bulan atau sekitar Rp25.405.800. Saya ingat waktu awalnya sales marketing HCI dengan semangat, menjelaskan bahwa kalau mau pelunasan awal hanya cukup membayarkan sisa hutang pokok saja, dengan contoh kasus hutang pokok 10 juta, sudah dibayarkan 9 juta maka apabila ingin lunas di awal, tinggal bayar sisa 1 juta saja.

Betapa kagetnya saya, setelah menelepon Home Credit untuk pelunasan awal, ternyata masih harus membayar kurang lebih Rp11 jutaan lagi! Lalu yang saya bayarkan selama ini apa? Apakah sales marketing-nya menipu?

Seandainya dari awal pihak Home Credit menjelaskan kalau skema pembayaran yang mereka tawarkan adalah skema piramid, saya jamin pasti semua orang tidak akan mau menerima pembiayaan ini, karena bunga yang mereka tawarkan lebih dari 100%.

Bayangkan saja, hutang awal Rp17,8 juta, sudah dilunasi hingga Rp25,4 juta, tapi masih juga tidak bisa ditutup lunas dan ditagih terus sisa 13 bulannya. Jujur saya sudah tidak sanggup untuk membayar lagi HCI ini.

Semoga pihak Home Credit dapat memberi solusi terkait masalah seperti ini. Apalagi di masa pandemi, dimana pendapatan kami tidak seperti dulu.

Antania Hanjani
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Antania Hanjani

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Antania di MediaKonsumen.com pada 6 Juli 2021 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar