Surat Pembaca

Tunaiku Meneror Terus ke Kantor, Membuat Saya Terancam Diskors

Saya pelanggan Tunaiku, dengan nomor pinjaman: 65177347. Saya ada pinjaman di Tunaiku senilai Rp12 juta, dengan cicilan 10 kali dan Rp1,7 juta per bulannya. Saya sudah menyelesaikan 7 kali cicilan dengan nominal Rp12 juta, dengan kata lain nominal pokok sudah saya bayar.

Memang saya masih ada 3 kali cicilan lagi. Saya tidak sanggup bayar dikarenakan imbas pandemi, suami saya di-PHK, sehingga saya single income. Mulailah Tunaiku menagih dengan melalui Whatsapp dan telepon saya. Ini masih saya toleransi. Namun pernah ada kata-kata tidak pantas dari DC Tunaiku, yang menagih dengan kata-kata: ib***, gila, dan membawa nama ibu saya (saya menyimpan rekaman teleponnya).

Kemudian mereka telepon ke kantor saya, mengancam akan mengobrak-abrik kantor, lapor ke HRD dan terus meneror (saya menyimpan rekamannya). Saya sudah pernah minta restrukturisasi dan isi survey link. Namun tidak ada tanggapan dan kelanjutannya.

Tolong jangan teror ke kantor saya, karena itu semua akan berimbas ke status kerja saya. Kenapa kalian tidak memberi saya solusi? Malah mengabaikan alasan saya.

Sheila Ning Thias
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Sheila Ning Thias

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih atas informasi yang Ibu Sheila Ning Thias sampaikan. Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Ibu...
Baca Selengkapnya

Komentar

      • Sya jg barusan di ancam dan di teror sama aplikasi Dana Go padahal jatuh tempo msh kurang 2 hari,mereka mau menyebarkan data sya tlong bpk presiden dan OJK serta kepolisian segera di tindak lanjuti DC yg suka mengancam biar TDK meresahkan masyarakat lainnya

    • Alhamdulilah gak pernah di tagih, ya karena saya gak pernah ngutang ke pinjol.. karena saya tau resikonya.. maksa pinjem ya terima resikonya setiap pilihan manusia pasti ada resikonya..

      • Alhamdulilah saya masih punya hati nurani dan otak. Ga pernah ngejudge atas musibah orang lain.

        • Saya sudah melakukan pengecekan di OJK. Tunaiku sudah tidak terdaftar lagi di OJK. Anda bisa melakukan laporan ke pihak berwajib.

          • Tunaiku masih terdaftar mbak, bisa di cek. Tapi coba laporkan aja mau ilegal ataupun legal kalo sudah mengancam seperti ini baiknya di proses aja dikepolisian, biar sekalian di grebek.

    • Emang iya.. pinjem 2jt balikin 3jt.. tenor 6bln perbulannya 505rb.. saya pernah.. udh kapok..

    • Ya emang DC tunaiku amar bank penagihnya kaya ilegal saja laporkan saja ke OJK biar di grebek tuh kantornya dan cara penagihnya GX ada aititudnya ..meresahkan masyarakat saja .

    • Ngeri sih pinjol,lebih parah dari rentenir yang di pasar,bunganya bisa berbunga lagi kalau ga di bayar.
      Saya pernah ngalamin juga pinjem 15 juta saya bayar 9 kali,trus stop,di telpon terus"an setiap 1 menit ?,trus tiba" DC dateng mau nagih,trus saya tanya sisa nya berapa masih harus bayar 21 juta ?,saya bilang saya kan ada opsi bunga 0%,eh dia bilang ga tau soal itu,akhirnya si DC sendiri yang nyuruh saya kabur,dan ga usah bayar lagi ?,sumpah itu DC ada baiknya juga.
      Saran saya ke mba yang kena musibah,kalau ada barang yang bisa dijual,mending itu dijual untuk bayar lunas yang di pinjol,jangan gadai barang juga,mikir panjang aja ke depan pandemi kita ga tau kapan berakhir,apalagi media sangat senang menyebar kabar tentang pandemi,yang mana masyarakat jadi panik,dan test PCR antigen dan blablabla akan laku,bagaimana supaya laku,ya sebar berita tentang pandemi yang semakin berbahaya ?
      Jual aja mba kalau ada barang yang bisa dijual,lunasin pinjolnya,jangan takut kehilangan barang,kedamaian lebih penting dari barang berharga ?tetap semangat ya mba

  • Apakah pinjol tersebut termasuk ilegal dan tdk terdaftar di ojk. Kalau ilegal tdk usah dibayar. Abaikan saja ancaman dari colektor. Kalau anda ancaman menjerumus ke nyawa laporkan saja ke polisi. Kalau termasuk pinjol yg legal, komunikasikan saja ke colektornya kalau belum bisa membayar, Dan jangan kasih kepastian yg tdk bisa anda tepati untuk membayar. Semoga utangnya bisa cepat lunas dan jgn pinjam ke pinjol lagi untuk tutup lubang gali lubang.

    • Saya satuju dengan bpk..lapo dibayar pinjol ilegal..dan jgn tepati janji kesanggupan bayar..mereka depcolektor cuma gertak sambel waninya diomongan..coba dtng mereka mana berani pasti depcolektor mengancamnya pura2 tlp keteman2nya bilang klu nasabah ini mengancam kepolisi??? tapi itu cuma gertkaan anak tk aja..toh bsknya mana berani nagih lg.saya berani bilang bgini karena saya sendiri ngalaminyan..jgb pernh takut sama siapapun klu kita tdk salah

      • Ini jawaban bodoh sih tunaiku itu pinjol legal dan terdaftar di ojk, dan di support dengan bank amar yg merupakan salah satu bank legal di indonesia, ngak bayar konyol malahan yang ada pinjaman makin besar dikarenakan denda dan nama di black list di ojk yg dimana kedepanya anda pasti akan kesusahan melakukan pinjaman di bank ataupun dealer yang di support ojk, lebih baik segera lunasi hutang anda lain x pinjam uang dimana pun maksimal cicilan hanya 30% dari gaji anda biar tidak kesusahan membayarnya

        • blacklist bukan di OJK boskuh, tapi BI Checking. OJK bagian mantau seluruh kegiatan instansi keuangan yang dahulunya di handle BPK, keterangan ente bener, susah akan kredit di kemudian hari kalau tidak di selesaikan, tapi instansinya aja yang salah ??

        • Emang terdaftar.. tp sepertinya blm dapat ijin.. krna melihat dri bunganya ga sesuai dengan aturan dri OJK..

      • semua pinjol itu ilegal duduga ada permainan dengan OJK dan Bank Indonesia...lebih baik dilarang beroperasi di Indonesia selamanya dan dibuatkan undang undangnya.dari suku bunga yg tinggi dan cara penagihannya.. berlaku pula utk leasing 11-12..semoga saja dilarang....amin

      • Yang sabar , lebih baik gak usah bayar klo nagih nya maksa . Dahulukan kebutuhan keluarga. Drpd bayar hutang terus gak makan.

      • Udah dua bulan gagal bayar di tunaiku ,teror tempat kerja dan ngancam ngancam ,pinjol legal sadis nya kayak ilegal ,dan jangan lapor OJK karena mereka akan melindungi,lebih baik lapor kepolisi mbak,tetangga saya lapor kepolisi dan dah gak pernah diteror lagi sejak lapor polisi dengan laporan pengancaman dan perbuatan tidak menyenangkan,jadi masih didalam lidik atau bukti bukti katanya buat tambahan

  • Pinjol legal saja bunganya mencekik apalagi yg ilegal. Harusnya pemerintah buat pinjol tandingan dgn bunga setara kur, dgn jaminan ktp dan kk serta verifikasi manual. Warga yg masih menerima bantuan pemerintah tdk bisa pinjam. Kl seandainya macet, ndableg tidak mau bayar, ketika mengurus keperluan menggunakan ktp atau kk maka tidak bisa diproses kl belum dilunasi.

    • Legal ini, tapi kesohor kelakuan ilegal. Jahat dan udah sering bgt yg dipecat gara2 pinjol ini, saran saya jgn ikut restrukturisasi mbak. Pinjol ini kl restrukturisasi makin memberatkan, bkn meringankan. Pinjam saudara atau gadai barang, kl pinjol ini terbilang ganas jadi mau ga mau hrus dibayar kl ga mau kantor diteror.
      Di China yg asal pinjol , sudah dilarang total pinjol karena lebih bnyk meresahkan daripada membantunya. Ya pada lari kesini semua rentenir China ,cari untung dari kesusahan warga Indonesia.

      • Bener banget gk jauh beda ama ilegal
        Pake twitter gan kalau mau viral d medsos
        Biasa nya para petinggi spt tv,dan pemerintah lbh cepet action kl kita curhat di twitter

    • Ktp dan kk itu jarang dipakai untuk keperluan.. Kalo pemerintah buka pinjaman cuma modal ktp dan kk saya yakin lebih dari 50% akan galbay, dan yg ada banyak bank bangkrut..
      Semua tergantung kita, ada pinjol kalo kita tidak ambil tidak masalah juga.. Orang rata2 ambil tanpa mikir cara bayarnya gimana.. Kalo udah di teror baru deh curhat sana sini.. Udah tau bunga mencekik masih aja di ambil, alasannya saat itu gak ada jalan lagi, kalo udah gtu ya terima aja resikonya sekarang.. Apalagi kasus TS ngambil sampai 12 juta, itu udah termasuk pinjaman tinggi, apalagi jika pinjam untuk konsumtif, hbis sdah pasti kedepannya..

  • Mending nurunin dana kur drpd minjem pinjol. Memang lbh mudah accnya kalau pinjol. Tapi jika lagi susah bayar memang seperti itu

    • Tunaiku rampok . OJK bantu tindak tunaiku.. tutup kantornya.. di masa pandemi jg gak ada kebijakannya udah tau bnyk yg di phk . Masih aja nagih neror terus..

          • Bukan pegawai tapi orang yg ngak sebodoh anda pinjam di pinjol dan kesusahan bayar akhirnya curhat dimedia konsumen lain x jangan pinjem hutangan kalau ngak mampu bayar

        • Waduhhhh......T*****U adalah produk Legal dari Bank Legal Kalau ngk salah BANK A**R sudah terdaftar di OJK dan tercatat Di Bursa Efek Indonesia dan mengumpulkan dana dari masyarakat dengan cara menjual saham sahamnya ke publik. Mengapa Bank seperti ini memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggi dan melakukan tagihan dengan melakukan ancaman. Waduh BEI Kok Ngumpulin perusahaan yang merugikan orang banyak. Bentar lagi bank mau rihgt issue ternyata perusahaan ngk bener. Harus diobral SAHAM dari Emiten ini.

        • Komentar bodoh.
          Di bilang td ny lancar krn gara2 phk jd gk bs bayar
          Mmg dia tau bakal phk??
          Kalau tau dia jg gk akan minjem

  • Mumpung saat ini lg aktif2 nya pemberantasan pinjol.. smua yg mengancam dan apalah gitu.. jgn takut utk lapor ke polisi... Biar di grebek kantor tunaiku ...

      • Klo mau lapor gampang.. lewat online aja.. email ke cybercrimepolri trus lampirkan foto2 pengancaman daa bubga yg tinggi itu.. yakin aja bakal d proses.. krna saya pernah ngelaporin pinjol krna nagih berganti2 no.poselnya.. setiap wa masuk sya SS dan sya kirim ke cybercrime.. alhamdulillah hilang dgn sndrinya tuh peneror..

  • Perasaan tunaiku sdh tdk terdaftar lagi diojk..krna byk laporan penagihan yg tdk wajar.. itu bnr apa tdk

  • Jgn mau di restruktur, krn saya mengalami, saat di restruktur tdk di konfirmasi ke nasabah hitungannya bagaimana, malah tagihan tambah besar saya gak mau bayar krn tdk ada hitungannya bagaimana ? Sdh berkali kali kirim surat tdk di tanggapi, eh....malah di restruktur 2 kali, katanya otomatis dari bank, pinjaman saya jadi 2 x lipat, setiap ditelp debt collector tidak ada solusi dan kesepakatan hanya tetap suruh bayar dan transfer malah di suruh transfer di bawah nilai cicilan saya perbulan, bukan tdk mau bayar saya tapi saya minta kejelasan tertulis seperti restruktur bank lain, kalau tdk ada kesepakatan jgn transfer dulu...di bank lain khan begitu.....tapi di Tunaiku kok lain sistemnya yach.....itu membuat saya tdk mau transfer krn blm ada kejelasan dan penyelesaiannya. Kita minta keringanan malah pinjaman di buat 2 x lipat pinjaman awal.
    Jd ibu coba kirim surat ke tunaiku dulu....dan minta kejelasannya kalau bisa tertulis jangan lisan.

  • Laporin saja ka, itu di luar etika penagihan legal biar di tindak lanjuti pihak yang berwenang

    • Ngeri tu, bunganya,saya hanya berharap, pada kantor tempat nya bekerja,serta kerabat ,teman,..lindungi korban teror pinjol,mereka itu semakin berani,.karena jalan teror mereka lewat sangsi dari kantor tempatnya bekerja,..sebenarnya kan bisa beri ancaman balik,dengan gangguan itu,ingat karyawan juga aset, dan punya jasa.seandainya kantor, kerabat,teman ,bisa kasih pinjaman gak akan terjebak pinjol,.kalau saya malah ketipu dg persyaratan transfer uang,..mungkin terlihat bodoh,tapi itu karena gak ada yang mau pinjami,(saya sangat sedih pada yang bahas riba, tapi gak mau kasih pinjaman.dalillnya benar,tapi dakwamu seperti kentut).