Surat Pembaca

Kebocoran Data Pribadi Setelah Pengkinian Data

Nama saya Harjo Basuki. Saya nasabah Bank Permata produk PERMATA ME dengan nomor rekening 0042 **** 5970. Beberapa minggu yang lalu aplikasi saya error muncul notif bahwa saya harus melakukan pengkinian data ke kantor cabang.

notifikasi

Setelah saya melakukan pengkinian data dari alamat domisili tempat tiggal sekarang, alamat email & alamat surat menyurat via kantor, saya mendapatkan surat keterangan dari Bank Permata bahwa saya telah melakukan proses pengkinian data.

Selang beberapa hari kemudian, saya mendapatkan telpon yang mengaku dari Bank Permata dengan nomor 021-22468418 dengan petugas bernama Indriana. Petugas tersebut menginfokan bahwa kartu kredit HERO PERMATA akan dikirim ke alamat rumah estimasi 14 hari kerja.

Saya tidak langsung percaya, saya langsung melakukan menanyakan ke sosmed resmi Bank Permata, apakah nomor tersebut milik Bank Permata. Ternyata nomor tersebut bukan milik Bank Permata. Memang sebelumnya saya pernah mengajukan kartu kredit Bank Permata secara online lewat aplikasi. Tapi statusnya DITOLAK.

 

Dari sini saya menyimpulkan, bahwa data saya memang bocor. Memang sih nomor di atas pada waktu telpon saya, tidak menanyakan data-data pribadi sih. Intinya masih aman secara nalar. Nomor tersebut langsung saya blokir. Setelah saya melaporkan hal ini melalui sosmed resmi Bank Permata, saya dibuatkan nomor pelaporan atas keluhan saya. Sampai surat ini saya buat, belum ada tanggapan dari Bank Permata.

Wajar dong sebagai nasabah, kita mesti hati-hati dalam memberikan data pribadi. Karena banyak mafia-mafia perbankan di luar sana yang menggunakan data-data pribadi untuk kepentingan pribadi yang tidak baik.

Terima Kasih untuk media konsumen yang telah memuat surat saya ini.

Salam

Harjo Basuki
Pekalongan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PermataBank atas Surat Bapak Harjo Basuki

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Bapak Harjo Basuki, berjudul “Kebocoran Data Pribadi Setelah Pengkinian Data” melalui Surat Pembaca...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Masalah bocor/ tidaknya kita kesampingkan dulu, nah sekarang lihat di aplikasi apakah ada pengajuan cc yg disetujui ? Kalo gak lihat di email apakah ada email statement cc ?

    • Bener, sekarang ini tidak ada jaminan data pribadi apapun tidak akan bocor. Yang harus diperhatikan adalah seberapa besar potensi kerugian akibat bocor data ini. Sekarang soal kartu kredit ini, harus dicek implikasinya, ada biaya-biaya yang melekat tentunya yang tentu saja sangat merugikan.