Surat Pembaca

Ancaman Sebar Data oleh DC Kredit Pintar

Nama saya Bambang Nurdiansyah. Saya nasabah Kredit Pintar dan mengalami macet pembayaran pada bulan November selama satu bulan, dikarenakan saat ini saya menganggur dan belum ada dana untuk membayar.

Namun cara penagihan oleh DC Kredit Pintar sangatlah tidak sopan. Mereka mengancam akan menyebarkan data diri saya, serta mengedit foto saya dengan mengganti hidung saya menjadi hidung babi.

Apakah ini prosedur yang dilakukan Kredit Pintar? Saya sudah coba melaporkan tindakan ini ke AFPI, tapi belum ada tanggapan. Saya sudah coba menghubungi CS Kredit Pintar via email, tapi tidak ada tanggapan. Apakah ini yang dilakukan oleh aplikasi yang katanya legal?

Bambang Nurdiansyah
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sedikit bahasan ya bukan tentang penghutang dan penagih, tapi lebih ke arah pembicaraanya, tolong jangan bawa kata, istilah agama dalam menagih, bukan apa tapi udah jadi DC berapa tahun, apa masih baru? yang namanya utang piutang dengan adanya bunga atau Riba jelas itu dilarang dosa, di haramkan, jadi jangan bawa" kata haram dan sebagainya karna harusnya udah tau dong ya kalau belum tau hukumnya ya cari di Google ya seenggaknya lu kerja lu tau hasil kerjamu bukan cuma gajinya aja ya.

    Share ulang aja itu tanpa di tutupi bhs kasarmu, perlihatkan juga bahasa penagihan mereka, hutang itu perdata, tapi ancaman dan intimidasi itu Pidana jadi Langsung aja kak, lapor.
    Pasal 29 UU ITE jo. Pasal 45B UU 19/2016.

  • Intinya sesuai SOP dari OJK dan AFPI, tidak bole menangih dengan kata kasar dan menyebar data. Mau Hutang atau tidak semua orang punya masalah dalam ekonomi masing-masing, dan itu hak mereka. Intinya Perilaku DC seperti tu pantas untuk di laporkan ke kepolisian jika sudah meresahkan dan ada unsur pidananya, LAPORKAN KE POLISI.

  • Maaf jangan tersinggung yah sodara ,,Yang salah yang berani ber HUTANG !!.kenapa ? Anda ber akal cari lah sendiri jawabannya...alhamdulilah hidup saya miskin tapi TIDAK dengan kata HUTANG, anak 3 ,hidup sederhana cukup cukup aja tuh tanpa HUTANG.!!,,karna HUTANG ITU menyesatkan yang menimbulkan ricuh,fitnah,dan RIBA.!!.

    • Maaf bukan hutangnya yg salah. Wajar hidup didunia kita berhutang nabi saja juga pernah. Yg g baik menurut Islam itu ribanya.

  • Ga usah di ambil pusing, cuma gertakan doang, JGN DI BAYAR PINJOL PINJOL SUPAYA PADA BANGKRUT, LENYAP DI NEGARA INI, JANGAN DI BAYAR INGET ITU

    • Pokok berbau PINJOK TINGGALIN SEMUA. Jangan terpengaruh dgn tawaran telp,sms, Wa atau pun dr iklan di aplikasi. Ga punya nasabah kan ga dapat keuntungan perusahaan. Lama2 tutup gulung tiker.

  • Kalo sekarng kondisi lg parah ga bisa bayar ya udah mau diapain lagi??
    Dia sebar data ya laporkan ke pihak berwajib, kena kok uu ite, dc ajak ketemuan ya suruh datang aja ke rumah, pasang cctv, emang tuh dc mau ngapain kalo uda ketemu?? Paling nanya kapan mau bayar, pertanyaan yg sama dgn di telpon kan?! kalo memang blom ada dananya ya ngomong aja terus terang, trus dia mau apa coba? Mau pukul?? Bagus kalo kena pukul tinggal visum trus lapor berwajib korban pemukulan, nah tuntut 10x utang anda biar mampus tuh dc, ingetya kalo ketemu dc selalu minta ktp n surat kerjanya, kalo mereka ga mau kasih cuekin aja, anggep aja preman, nah kalo urusan sama preman ga usah diajarin donk, tinggal teriak rampok kalo perlu ambil golok di dapur, itu namanya pembelaan diri, ga salah kok kalo tuh org anda bacok, karena mengganggu ketertiban umum apalagi sampe ngancem2 di lingkungan rumah anda, ga perlu takut sama dc, apalagi dc pinjol, sama2 makan nasi, sama2 punya keluarga, di tusuk pun darahnya sama merah

  • Bs di simpulkan Sii. Nasabah pinjol ini, pd saat mengajukan memang sedang tdk bekerja, cuma iseng2 aja aaah di aprove, pd saat jatuh tempo gak bisa bayar daaah...

  • Kan sudah lihat di t.v mereka cuman duduk manis di meja...lagian itu yg dengan huruf besar kan chatbot... nih cara kerjain mereka
    Langkah pertama, kontak dan log panggilan harap diamankan SEBELUM instal apk pinjol ilegal tersebut.
    Caranya ? Termudah dengan ganti angka terakhir semua kontak anda, yg paling aman sih hapus kontak dan isi kontak baru dengan nomer para DC dan penipu yg banyak tersedia tinggal google aja. Kontak minimal 100 ya, untuk log panggilan juga begitu. Hapus bersih dan siapkan 2 nomer, entah nomer sendiri atau punya teman Anda.
    Disarankan punya 2 hp jika mau jebol pinjol ilegal, jika tidak ajak teman anda untuk jadi emergency contact. Jika ada 2 hp, isi hp yg akan jadi emergency contact dengan 2 nomer baru. Hubungi hp yg akan digunakan minta duit ke pinjol ilegal dengan 2 no itu. Intinya yakinkan pinjol bahwa Anda dan emergency kontak itu berhubungan dekat. SMS juga yg banyak antara no yg buat minta dengan no emergency kontak. Gallery juga diamankan ,jika ada file yg sekiranya sensitif harap dihapus. Pinjol bisa retas semua isi gallery kita, tapi jangan biarkan kosong ya gallery. Isi dengan foto2 pribadi kita yg wajar dan aman.
    Udah dengan begitu sudah bisa mulai minta duit ke pinjol ilegal. Bedain ilegal dengan yg legal gimana ? Cek website OJK ya. Atau yg paling mudah jika pinjol tersebut minta akses ke kontak dan log panggilan serta gallery, bisa dipastikan itu ilegal. Ketik aja di PlayStore "KSP" , ratusan tuh yg muncul pinjol ilegal.
    Niatkan untuk minta dan bantu saudara kita yg sudah dihancurkan pinjol, bukan utang secara mereka tidak ada ijin untuk memberikan utang.
    Apply sebanyak2 nya, catet dan hapus dari hp segera setelah apply, entah itu acc atau ditolak segera hapus sebelum instal pinjol yg lain.
    Kalau beruntung bisa dpt puluhan juta, sekarang saya mah udah pensiun. Data sudah busuk, mau apply di pinjol ilegal langsung dilepeh. Udah galbay di 50an apk ?
    Untuk jawab yg dibawah, pinjol tidak bisa retas WA ya. Saya dulu lupa hapus WA , banyak chat dengan teman d WA tersebut tapi tidak ada satupun teman yg dihubungi. Kontak, gallery dan history panggilan serta SMS yg bisa diretas pinjol ilegal, kalau WA tidak bisa.
    Yg kurang jelas silakan komen dibawah ya.
    : setidaknya gunakan nomer yg sudah lebih dari 3 bulan untuk pinjol, kalau yg emergency contact tidak masalah ya nomer baru. Hp juga jgn yg baru atau baru reset pabrik, setidaknya persiapkan waktu seminggu 2 minggu. Gunakan hp yg untuk minta duit itu senormal mungkin dan hubungi emergency cobtact sesering mungkin.
    Kalau saya dulu pakai sistem borongan, jadi saya apply sebanyak2 nya dalam waktu 2 minggu saja. Yang paling enak kl dapet aplikasi beranak, yang didalam aplikasi itu terdapat lagi puluhan aplikasi ilegal. Sekali cair bisa 4 sekaligus, dan kalau kita mau tombok untuk bayarin 2-3 X ntr malah dikasih lebih, ada yg 1 aplikasi yg acc 8 sekaligus setelah dibayar 2-3. Istilahnya mancing gitu..
    Semoga sukses.....

    • Dear konsumen pinjol saya juga sama nasabah pinjol baru kmaren saya bermasalah dengan salah satu pinjol saya laporkan ke AFPI OJK mereka respon kok ada bukti saya mereka respon dan sangat memerhatikan konsumen pinjol maaf sebelumnya anda tidak melampirkan bukti kali makanya nga respon dan ada bukti pinjol trsebut mengirim surat permohonan maaf k saya udah baik kali pemerintah sudah bantu konsumen pinjol bersikaplah kooperatif prosedur nya kirim dulu pengaduan ke AFPI DAN OJK lalu k cyber polri jika ada indikasi perbuatan tidak menyenangkan sekarang udah ada pasalnya lohh jd jgn salahkan OJK dan AFPI yaa para konsumen yg bijak menurut saya prosedur mereka sudah cukup mantapppp dan intinya kalo mampu bayar ya bayar kalo nga yaa kooperatif saja saya yakin mereka juga akan mengerti

  • Semua bermula dari peminjam bermental buruk yg nga sanggup menepati janji yg sdah disepakati,jadi jangan cari alasan.

    • Kondisi org tidak ada yg tau. Bisa saja hari ini berkelebihan bisa saja tiba2 besok tidak punya apapun contoh org2 yg diphk siapa juga yg mau dan kapan mereka tau. Jadi jangan anda sama kan setiap nasabah bermental buruk. Ada juga yg berniat baik cuma kondisi tidak memungkinkan. Coba bisa dianalisa dikit lah klo kategori nasabah yg dr awal tidak ada pembayaran dan tidak ada respon pun boleh anda kejar. Tapi klo dr record dulunya lancar tiba2 tersendat jgn anda samakan dan anggap itu cuma alasan. Cari tau dan berusaha pahami kondisi nasabah jgn main lgs gas boss....