Surat Pembaca

Baru Telat Sehari, Debt Collector Indodana Menagih ke Kantor Tempat Saya Bekerja

Dear INDODANA,

Dalam kesempatan ini saya sebagai debitur Indodana ingin menyampaikan keluhan berkenaan dengan penagihan yang menurut saya sangat berlebihan.

Indodana menggunakan media telepon dan WA untuk mengingatkan debiturnya mengenai tanggal jatuh tempo pembayaran (walaupun sebenarnya semua info tersebut dapat diakses oleh debitur melalui aplikasi Indodana). Yang membuat saya geram, mengapa baru telat bayar sehari saja sudah menghubungi kantor tempat saya bekerja? Seharusnya pihak Indodana yang katanya sudah “OJK” hanya menghubungi kontak darurat saja.

Bagaimana jika saya dipecat dikarenakan debt collector Indodana menagih dengan cara telepon terus menerus ke kantor saya? Saya jadi tidak bisa membayar hutang saya ke depannya kalau nanti saya sampai dipecat oleh perusahaan.

Tolong perbaiki sistem penagihan Indodana. Jangan telepon ke perusahaan tempat debitur bekerja, karena itu merupakan masalah pribadi, perusahaan tidak perlu tahu urusan pribadi saya. Demikian keluhan saya.

Terima kasih Media Konsumen yang telah menayangkan keluhan saya ini. Dan untuk INDODANA, saya tunggu tanggapan Anda ya.

Salam,

Hilman R.
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan INDODANA atas keluhan Bapak Hilman Rizaldi

Terima kasih atas surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Hilman Rizaldi di Media Konsumen tanggal 7 Februari 2022 dengan keluhan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Menurut saya, hal itu sdh berlebihan, biasanya akan ada pemberitahuan sangsi keterlambatan sampai batas batas waktu tertentu , dan itu biasa didunia usaha apalagi usaha bidang jasa keuangan spt pinjol, ada aturan aturan yg jelas dari OJK, dalam kasus ini pinjol sdh melakukan tindakan penekanan melalui teror atau bully atau tindakan mempermalukan seseorang, yg seharusnya ada delik hukum pidananya , makanya cukup di sreen shot atau di mintai bukti dr temen atau saudara bukti itu lapor polisi krn ini sdh melanggar undang undang IT..

  • Bpk dihubungi ke kantor karena bapak sendiri mencantumkan nomor kantor dan bpk sudah telat pembayaran 1 hari. Untuk menghindari hal seperti itu sebelum jatuh tempo sudah dibayarkan

    • Baru telat sehari kalee boss...gak harus juga tlp ke kantor..kecuali udh telat betahun tahun dan ybs tdk bisa dihubungi baru tuh...

      • betul...baru sehari. blm berbulan2 blm juga recovery....ud ngejarnya kaya gitu. lebay amat. dendanya kan dibayarkan jg.

    • nomor dia ambil dari kontak kita sendiri semua kontak yg ada dalam hp langsung di kirim ktika kita setuju bahwa kontak kita dapat di akses oleh indodana dan
      m semua app pinjol juga gitu..

  • mending pake kre**vo pernah telat smpe 8 jam dari jatuh tempo gk ada sms ataupun telp apa2., bunga jg 2,6% / bulan cmn ya tteplah lbh baik gk ush minjem2 ke pinjol krn susah keluar dr situ klo udh kejerumus

    • emang...bismillah nih lg berusaha lepas dr jeratan pinjol. dan kapok lg berurusan sama pinjol

  • Intinya buat pelajaran aja sih . Lain kali klw memang ingin meminjam uang usahakan k orang terdekat atau bank , itu resikonya klw di pinjol , harus siap sama konsekwensinya.

    • setuju jgn pernah terpikir deh ajuin di pinjol. ga ada untungnya. padahal kira telat pun kan bayar dendanya.

      • Yg namanya penjol sih semua sama aja, mau legal mau ilegal, mau ojk non ojk sama aja...malah percuma aja terdaftar di ojk kalau kelakuan dc nya sama seperti yang ilegal...

  • Selama pinjem atau cicilan akulaku sih pinjem dana hanya mengingat 3 hari jatuh tempo, tadinya kurang 2 hari tlp2 trus tapi pas sy angkat komputer otomatis kyanya yg mengingatkan 3 hari jatuh tempo stlh angkat sih smpe skrng ngda tlp2 pling inbox dipalikasi, bgtu shope jga sama malah q bayar mepet2 trus

    • Kalau saya malah sudah tidak pernah lagi di teleepon, karena biasanya pelunasan 3 hari sblm jatuh tempo

  • 7 tahun berkutat di pekerjaan ribawi ( kredit ) alhamdulillah hasilnya habis.. bgitu bniat utk lepas alhamdulillah , walo terseok,aset dicuci habis,namun ketenangan lebih menjadi kebahagiaan. Kuatkan diri kita utk menghindari jerat riba. Yang bahkan dosa terkecilnya seperti menzinahi ibu kandung kt sendiri. Bahkan para pelakunya ( kreditur/debitur) termasuk orang2 yang diperangi Allah dan rasul Nya

    • Ngutang nya gede bgt dan baru cicilan ke 2 dr 6 bln
      , jd takut Galbay mungkin ??
      utk mastiin doank orang nya masih kerja atau sdh d pecat...

    • Subhanallah, semoga tahun ini saya terbebas dari jeratan riba pinjol. dan buang jauh2 aplikasi berbau pinjol. rugi besar berurusan dengan merek

  • saran saya sih kalau sudah jatuh tempo itu di bayarkan tagihannya agar ga ribet dan tidak mengganggu aktifitas keseharian nya juga

  • Teman sekantor saya juga ada pinjaman di indodana. Cicilan 1,2 jt tenor 6 kali. Dia telat bayar cicilan ke-4 yang jatuh tempo di September 2022. Dia msh upaya bayar sebagian tiap ada rezeki lebih, kalo nggak salah sudah 3x nyoba bayar tagihan yg September 2022 tapi msh kurang bayar dendanya hingga akhirnya tibalah waktunya jatuh tempo cicilan ke-5 di Oktober 2022, lagi-lagi belum bisa bayar. Total pinjamannya kalo sampe cicilan terakhir sekitar 2,9jt.

    Kenapa sy bisa tahu detail banget??
    Karena DC Indodana telp setiap hari ke kantor, pagi dan siang hari. Pernah, sekali saya yg kebetulan jawab telepon DC tsb dan DC tsb menyebutkan secara rinci bahwa teman sy itu ada pinjaman di Indodana yg sudah telat bayar (disebut juga tuh angkanya berapa, telat berapa lama). Bahkan DC tsb bilang teman saya nggak merespon sama sekali ketika dihubungi oleh DC baik wa ataupun telp.
    Kantor jelas merasa terganggu. Akhirnya Ybs dikenakan sanksi SP.
    Namun telp DC ke kantor tetap lanjut.
    Saya dan teman lain yg di bagian operator telp jelas merasa sebal dan sangat terganggu. Akhirnya HRD yg hubungi teman saya itu.

    Ternyata keluarganya lagi sakit dan butuh perawatan cuci darah setiap beberapa hari sekali, dia juga sudah izin dari kantor untuk WFH (hampir sebulan pengajuan WFH).
    Dan ternyata dia merespon setiap chat DC Indodana. Bahkan dia sempet share screenshoot chat wa nya serta rekaman telp nya dengan DC Indodana.
    Tetap aja DC Indodana setiap hari telp ke kantor dengan alasan Ybs nggak bisa dihubungi dan tdk ada respon sama sekali, padahal kantor sudah infokan bahwa Ybs nggak ngantor.

    Saya yg kemaren sempat sebel ke teman saya itu karena harus berurusan sama telp DC Indodana, sekarang jadi lebih paham setelah baca surat2 di MK bahwasanya memang pada dasarnya DC Indodana ini penagihannya tidak sesuai SOP. Kenapa rincian hutang disampaikan ke kantor? Bukannya itu privacy? Kalo sekedar mengingatkan masih wajar, apalagi kalo debitur nggak bis adihubungi. Lhah ini masih bisa dihubungi, masih merespon, bahkan ada upaya bayar sebagian beberapa kali.

    Dua hari lalu bahkan saya denger info DC Indodana tsb menagih ke HRD dan sekarang teman saya itu terancam dipecat.

    • itulah MENJIJIKANYA DC pihak ke 3 indodana, easycash, adakami, dan kredit pintar,, juga pinjol" berkedok OJK tapi seperti rentenir BIADAB!

      • Dan baru saja teman saya cerita dia di teror dengan memberikan ulasan buruk di kantor perusahaan yg bukan perusahaan dia tp perusahaan adiknya, di bilang hutang berbulan bulan. Pdhl telat sehari dan langsung diberikan ulasan google buruk memnerikan nama dan hutangnya. Saya cari2 di ulasannya tidak ada tp temen saya udah takut deluan. Itu bisa gitu ya? DC apapun legal tp berasa Ilegal ya mana kata2nya kasar sekali!