Surat Pembaca

Minta Pindah Kabel PLN, Malah Disuruh Beli Tiang Baru dengan Biaya Rp5,8 Juta

Saya menyampaikan keluhan ke PLN melalui aplikasi PLN mobile sebanyak 2 kali. Keluhan kami adalah minta supaya kabel yang melintang di sebelah kanan dan kiri depan rumah kami dipindahkan. Karena rumah sebelah kanan (tetangga saya) akan ditingkatkan menjadi 2 lantai. Sehingga kabel yang melintang di kiri depan rumah saya akan terganggu bangunan baru, yang saat ini sedang berjalan pembangunannya.

Laporan di aplikasi PLN mobile tertanggal 21 Februari 2022. Kemudian besok siangnya tanggal 22 Februari 2022 datang petugas survey. Hasil surveynya menyatakan bahwa untuk pemindahan kabel harus membuat tiang baru dengan biaya Rp5.837.169.

Saya merasa sangat keberatan. Permintaan kami hanya memindahkan kabel, tapi kenapa malah disarankan pasang tiang baru? Harapan saya hanya memindahkan kabel saja.

Ata Rifma Firdausa
Kab Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalau di wilayah paling ujung timur sih malah gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun untuk pemindahan tiang milik BUMN jika ada warganya yg meminta

  • Saya juga ada pengalaman buruk dgn rekanan PLN waktu bangun rumah, pindah kabel di atas tanah kena 900rb, pasang listrik baru daya 2200 dipasang 900v 2 minggu kemudian baru diganti yg 2200 (kemungkinan dimainin rekanan karena ada promo tambah daya cuma bayar 150rb, saya ga dikasih kuitansi pemasangan sampai sekarang). Saya sih ga rugi, listrik tetap terpasang 2200 dan kabel tetangga juga sudah dipindah. Tapi menurut saya PLN yg rugi, harus bisa dapat penerimaan lebih banyak tapi malah ditipu sama rekanannya sendiri. Ga tau sih ditipu atau dipelihara rekanan yg kaya gini. Semoga PLN bisa jadi lebih baik.

  • Lah itu di jalan fatmawati bnyk yg pakai tiang bambu. ...pln sendiri aja bingung..pakai bambu azaaaa

  • Bang ata ini tetangga yg baik loh, coba yg bakal rempong kan tetangganya yg lg pembangunan rumah, tp bang ata langsung sigap kontak pln supaya tetangganya ngga rempong. Inisiatip yg solutip walo berujung senewen sendiri tp yg penting tetangganya bang ata hepi dan ngga perlu rempong ngurus kabel pln, langka ini tetangga model begini, awkawkawkawk...

  • Perusahaan BUMN memang seperti ini, selama ini bayar abudemen bertahun tahun uangnya kemana ya? Terlebih telkom yang kalau dikomplain puluhan komentar yang masuk tapi petugasnya jawab seadanya seolah olah sudah menjalankan tugas darma bhaktinya.. Miris pejabat BUMN yg kerja di zona aman..

  • memindahkan kabel listrik ngga sesimpel itu saudara.
    ada hitungan dari enjinering (bukan materi yah!!).

  • Saya ga kaget sih sama pelayanan PLN yg begini. Itu mitra yg kerja sama dengan PLN harus di kroscek lagi prosedur kerja di lapangan. Enak aja mentang2 sepi asal pasang kabel aja diatas rumah orang, naikin talang rumah saya. Akhirnya saya teriakin kayak teriakin maling! Di paksa tunjukan spk nya alesan macem2. Ketakutan gak lapor RT or RW. Talang kanopi rmh saya jadi bengkok gara2 diinjak + ngolor kabel gede gitu! Masa BUMN ga bonafit, mitra kok ecek2 ga jelas?

    • Izin menambahkan, kebetulan sy warga asli bogor yg tugas di PLN di timur indonesia. Menurut sy sebagai pelanggan juga saran ke konsumen Up terus di PLN mobile, terus diskusi boleh sampai manager ULP nya, karena setahuku biaya material itu tiang dan kabel sampe meteran adalah kewajiban PLN seuai UU no 30 tahun 2009 pasal 11 ayat 1, namun untuk jasanya memang blm ada aturan khususnya tarif pemindahan tiang listrik tersebut tergantung kebijakan pimpinan PLN setempat. Semoga membantu.

    • Maaf ikut komen sesuai pengalaman, itu namanya PFK pak, permintaan fihak ketiga, PLN tidak mungkin membebaskan biaya tersebut karena biaya tersebut diluar operasional PLN, biaya itu bisa lebih tinggi bahkan bisa nencapai diatas ratusan jt kalau yang dipindahkan GARDU PLN atau jaringan TM PLN, harga disesuaikan dengan survey di lapangan, mungkin dari survey yang awalnya lurus jadi belok jadi perlu penambahan tiang, besarnya biaya yg dibayarkan konsumen sesuai dengan material dan jasa yg dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut sesuai HS standard PLN, terima kasih mohon klarifikasi kalau ada salah jawaban