Surat Pembaca

Program Diskon Pelunasan 1 Kali Bayar Tunaiku Amar Bank Tidak ada Kejelasan

Saya nasabah Tunaiku Amar Bank dengan nomor pinjaman : 69305908. Nominal pinjaman saya adalah Rp20 juta dengan tenor 20 bulan. Saya melakukan pembayaran hingga 7x pembayaran dan menunggak 13x pembayaran. Cicilan per bulan saya Rp1.621.000.

Dalam kasus yang saya alami ini, awal mulanya saya mempunyai usaha. Namun akibat pandemi Covid-19, usaha saya terkena dampaknya, sehingga membuat usaha saya gulung tikar dan saya mengalami tunggakan di beberapa bank lain. Terutama di Amar Bank.

Saya memutuskan untuk menggunakan jasa LBH untuk proses negosiasi diskon pelunasan 1x bayar. Saya panik dan ketakutan, karena baru pertama kali saya terjebak dan terjatuh dalam tunggakan perbankan. Maka dari itu saya memutuskan untuk menggunakan jasa dari LBH, karena saya memiliki tunggakan di 7 bank, termasuk Amar Bank ini.

Awal mulanya, saya mendapat WA dari pihak Amar Bank atas nama Cintya:

Sudah ada itikad baik ingin pelunasan 1x bayar dengan meminta diskon. Namun tanggapannya kurang enak

Pada WA tersebut saya sudah menjelaskan bahwa saya gagal bayar di beberapa bank, khususnya Amar Bank, karena usaha yang saya jalankan ini terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini. Saya sudah jelaskan menggunakan LBH untuk membantu proses mendapatkan diskon 1x bayar. Karena saya panik dan ketakutan akan kasus saya ini sebab baru pertama kali saya mengalami hal ini.

Namun dari pihak Tunaiku belum menyetujui negosiasi diskon 1x bayar ini. Akhirnya saya mendapat email dari Amar Bank terkait status saya yang sudah masuk black list dengan total tagihan Rp25.750.563 sesuai dengan foto berikut ini.

Kejelasan program diskon 1x bayar

Tanggal 9 Maret saya WA kembali nomor yang tertera pada email, tapi ternyata itu masih nomor Cintya.

Pertanyaan dan pernyataan saya:

1. Pada email total tagihan saya adalah Rp25.750.563, tapi pada aplikasi Tunaiku total tunggakan saya Rp22.893.591. Lalu yang benar yang mana ya?

Di aplikasi Tunaiku Amar Bank tidak sesuai dengan yang di email

2. Saya sudah lakukan pembayaran selama 7 kali, yang mana Rp1.621.000 x 7 = Rp11.347.000 yang sudah saya bayarkan ke Amar Bank dan sisa 13 kali saya belum bayarkan. Jikalau demikian, mengapa besar sekali tunggakan saya?

3. Saya ada itikad baik untuk pelunasan dengan permohonan diskon 1x bayar dari awal Cintya WA saya, tapi ditolak. Awal mulanya, saya ajukan Rp7 juta diskon pelunasan pada bulan September 2021, tapi ditolak. Sampai saya buat surat pernyataan dengan nominal Rp10 juta pun ditolak. Bahkan saya sempat di tantang oleh Cintya “Bapak mau pakai pengacara sekelas Hotman Paris pun tetap tidak akan bisa lunas jika bayar hanya Rp10 juta”. Dalam batin saya, sombong betul ini Mbak Cintya ini. Hingga akhirnya diputuskan oleh Mbak Cintya, dari total OS disepakati jika ingin diskon 1x bayar adalah Rp21.089.590.

Nominal diskon dari Cintya

4. Saat ini tepat 9 Maret 2022, saya bermaksud untuk itikad baik pelunasan 1x bayar lagi. Saya chat Mbak Cintya kembali, saya nego diskon pelunasan 1x bayar dengan nominal Rp9 juta, tapi ditolak. Saya kirimkan bukti bahwa saya masih ada tunggakan bank lain lagi, dan saat ini saya sedang terjangkit Covid-19 varian omicron. Namun nominalnya masih sama dengan yang saya tanya di bulan September 2021, yaitu Rp21.089.590.

Pas di 9 Maret saya WA kembali nomor yang tertera pada email, namun ternyata itu masih nomor Cintya
Saya lampirkan bukti hasil PCR saya yang positif
Saya meminta keringanan di angka 9 juta. Namun belum bisa dikasih. Hingga akhirnya Cintya menginfokan nominal pelunasan yg sama dgn September 2021

Di situ saya berpikir apa iya Amar Bank sekaku ini? Ada nasabah yang itikad baik ingin melunasi, tapi dipersulit? Atau mungkin target dari Mbak Cintya belum tercapai, maka ia keukeuh dengan nominal yang sama?

5. Metode pelunasan dengan program diskon di Amar Bank ini seperti apa ya? Karena saya dapat email ada program pelunasan diskon. Namun kalau seperti ini tidak membantu nasabah untuk mendapatkan diskon, sementara diskon yang dikasih nominalnya masih sama dengan September 2021. Sedangkan saya ada itikad baik pelunasan dan kesanggupan di angka 9 juta rupiah.

Mohon keringanannya dari tim Amar Bank, mohon dibantu terkait kasus saya ini, sebab saya ingin itikad baik pelunasan dengan diskon 1x bayar. Jangan mempersulit orang yang ada itikad baik pelunasan seperti saya. Mohon untuk direspons dan ditindaklanjuti pelaporan saya ini.

Terima kasih. Salam.

Rahmat Septiansyah
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Tunaiku atas surat Bapak Rahmat Septiansyah

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Bapak Rahmat Septiansyah sampaikan. Menanggapi pengaduan Bapak Rahmat Septiansyah pada Media Konsumen...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Minjem duit di bank 20 jt. Diterima 20 jt. Baru dibayar 11 jutaan. Terus nunggak. Cuma sanggup bayar 9 juta. 11 + 9 = 20 juta. Logikanya sudah pakai duit bank 20 juta selama 20 bulan tapi gak mau kena bunga. Terlalu....

  • NGAPAIN TAKUT SAMA BANK2 GINI... MEREKA CUMAN BERANI ANCAM2 COCOT AJA... GAK BERANI LAPORIN PIDANA..KALO IYA LOE NANTI DI SIDAN ELO BIALNG SANGGUP BAYAR SEBULAN 100RB..KETOK PALU MAKIN PUSING DIA.... LOE BERSIHKUKUH AJA DI 9JT ..YES OR NO.. KALO TIDAK YA UDAH DIAMIN AJA.. NANTI JG GERAH SENDIRI DI TERIMA 9JT KOK.