Program Diskon Pelunasan 1 Kali Bayar Tunaiku Amar Bank Tidak ada Kejelasan

Saya nasabah Tunaiku Amar Bank dengan nomor pinjaman : 69305908. Nominal pinjaman saya adalah Rp20 juta dengan tenor 20 bulan. Saya melakukan pembayaran hingga 7x pembayaran dan menunggak 13x pembayaran. Cicilan per bulan saya Rp1.621.000.

Dalam kasus yang saya alami ini, awal mulanya saya mempunyai usaha. Namun akibat pandemi Covid-19, usaha saya terkena dampaknya, sehingga membuat usaha saya gulung tikar dan saya mengalami tunggakan di beberapa bank lain. Terutama di Amar Bank.

Saya memutuskan untuk menggunakan jasa LBH untuk proses negosiasi diskon pelunasan 1x bayar. Saya panik dan ketakutan, karena baru pertama kali saya terjebak dan terjatuh dalam tunggakan perbankan. Maka dari itu saya memutuskan untuk menggunakan jasa dari LBH, karena saya memiliki tunggakan di 7 bank, termasuk Amar Bank ini.

Awal mulanya, saya mendapat WA dari pihak Amar Bank atas nama Cintya:

Sudah ada itikad baik ingin pelunasan 1x bayar dengan meminta diskon. Namun tanggapannya kurang enak

Pada WA tersebut saya sudah menjelaskan bahwa saya gagal bayar di beberapa bank, khususnya Amar Bank, karena usaha yang saya jalankan ini terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini. Saya sudah jelaskan menggunakan LBH untuk membantu proses mendapatkan diskon 1x bayar. Karena saya panik dan ketakutan akan kasus saya ini sebab baru pertama kali saya mengalami hal ini.

Namun dari pihak Tunaiku belum menyetujui negosiasi diskon 1x bayar ini. Akhirnya saya mendapat email dari Amar Bank terkait status saya yang sudah masuk black list dengan total tagihan Rp25.750.563 sesuai dengan foto berikut ini.

Kejelasan program diskon 1x bayar

Tanggal 9 Maret saya WA kembali nomor yang tertera pada email, tapi ternyata itu masih nomor Cintya.

Pertanyaan dan pernyataan saya:

1. Pada email total tagihan saya adalah Rp25.750.563, tapi pada aplikasi Tunaiku total tunggakan saya Rp22.893.591. Lalu yang benar yang mana ya?

Di aplikasi Tunaiku Amar Bank tidak sesuai dengan yang di email

2. Saya sudah lakukan pembayaran selama 7 kali, yang mana Rp1.621.000 x 7 = Rp11.347.000 yang sudah saya bayarkan ke Amar Bank dan sisa 13 kali saya belum bayarkan. Jikalau demikian, mengapa besar sekali tunggakan saya?

3. Saya ada itikad baik untuk pelunasan dengan permohonan diskon 1x bayar dari awal Cintya WA saya, tapi ditolak. Awal mulanya, saya ajukan Rp7 juta diskon pelunasan pada bulan September 2021, tapi ditolak. Sampai saya buat surat pernyataan dengan nominal Rp10 juta pun ditolak. Bahkan saya sempat di tantang oleh Cintya “Bapak mau pakai pengacara sekelas Hotman Paris pun tetap tidak akan bisa lunas jika bayar hanya Rp10 juta”. Dalam batin saya, sombong betul ini Mbak Cintya ini. Hingga akhirnya diputuskan oleh Mbak Cintya, dari total OS disepakati jika ingin diskon 1x bayar adalah Rp21.089.590.

Nominal diskon dari Cintya

4. Saat ini tepat 9 Maret 2022, saya bermaksud untuk itikad baik pelunasan 1x bayar lagi. Saya chat Mbak Cintya kembali, saya nego diskon pelunasan 1x bayar dengan nominal Rp9 juta, tapi ditolak. Saya kirimkan bukti bahwa saya masih ada tunggakan bank lain lagi, dan saat ini saya sedang terjangkit Covid-19 varian omicron. Namun nominalnya masih sama dengan yang saya tanya di bulan September 2021, yaitu Rp21.089.590.

Di situ saya berpikir apa iya Amar Bank sekaku ini? Ada nasabah yang itikad baik ingin melunasi, tapi dipersulit? Atau mungkin target dari Mbak Cintya belum tercapai, maka ia keukeuh dengan nominal yang sama?

5. Metode pelunasan dengan program diskon di Amar Bank ini seperti apa ya? Karena saya dapat email ada program pelunasan diskon. Namun kalau seperti ini tidak membantu nasabah untuk mendapatkan diskon, sementara diskon yang dikasih nominalnya masih sama dengan September 2021. Sedangkan saya ada itikad baik pelunasan dan kesanggupan di angka 9 juta rupiah.

Mohon keringanannya dari tim Amar Bank, mohon dibantu terkait kasus saya ini, sebab saya ingin itikad baik pelunasan dengan diskon 1x bayar. Jangan mempersulit orang yang ada itikad baik pelunasan seperti saya. Mohon untuk direspons dan ditindaklanjuti pelaporan saya ini.

Terima kasih. Salam.

Rahmat Septiansyah
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai permohonan ini:
[Total:80    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan Tunaiku atas surat Bapak Rahmat Septiansyah

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Bapak Rahmat Septiansyah sampaikan. Menanggapi pengaduan Bapak Rahmat Septiansyah pada Media Konsumen...
Baca Selengkapnya

37 komentar untuk “Program Diskon Pelunasan 1 Kali Bayar Tunaiku Amar Bank Tidak ada Kejelasan

      • 12 Maret 2022 - (06:56 WIB)
        Permalink

        Sudah tidak boleh saling memojokkan. Saya juga ada debt di tunaiku tapi memang bunga mereka sangat sangat mencekik gak mikir di masa pandemi seperti ini.

        6
        5
  • 11 Maret 2022 - (18:48 WIB)
    Permalink

    13 x 1.621.000 = 21.073.000

    pak rahmat sanggup bayar 9 JT, artinya diskon lebih dari 50% .
    sepertinya sulit dapat diskon lebih dari 50%.
    “Bapak mau pakai pengacara sekelas Hotman Paris pun tetap tidak akan bisa lunas jika bayar hanya Rp10 juta”

    11
    2
      • 12 Maret 2022 - (00:38 WIB)
        Permalink

        Bayar saja perbulan lebih baik,karena setiap bank mempunyai kebijakan yg berbeda.setau saya bank amar tidak mengenal diskon pembayaran.

        3
        1
    • 11 Maret 2022 - (21:52 WIB)
      Permalink

      Saya pinjaman 20jt.

      Saya perbulan bayar 1.621.000 selama 7 bulan. Bearti total bayar saya sudah 11jutaan.

      Masa total utang saya masih lebih dri 20jt. Toh logikanya gmana gtu coba?.

      Mnrt anda ada sarankah atau langkah apa yg mesti saya tempuh?

      1
      12
      • 11 Maret 2022 - (22:29 WIB)
        Permalink

        logikanya ? ada kewajiban yg harus di laksanakan oleh penghutang pas awal minjam dan itu anda setujui..udah simpel gitu aja.lucu kaum nguntanger..nunggak lama masih ngomongin logika.mmg tuh yg kerja di amar bank ga usah digaji?minjam 20 jt nunggak lama minta cuma membayar segitu.

        13
        6
      • 11 Maret 2022 - (23:42 WIB)
        Permalink

        Pa anda pinjam 20 jt, tenor 20 bulan dengan angsuran Rp. 1.621.000/bulan jadi total Hutang anda Rp. 32.420.000.
        Sudah bayar 7x 1.621.000 = 11.347.000
        Sisa yg belum terbayarkan/tertunggak 13x 1.621.000 = 21.073.000.
        Memang masih besar ternyata nominalnya,anda lupa mengitung Bunganya pa.

        16
        2
      • 12 Maret 2022 - (00:25 WIB)
        Permalink

        Gausah bayar pak. Nonton chanel youtube solusi utang atau bang medy.
        Biar tenang.
        Itu yg coment debcol semua wkwkk

        13
        7
        • 12 Maret 2022 - (13:42 WIB)
          Permalink

          Ini customer pura2 bodoh tapi pemain kelas kakap di pinjaman online dari kata katanya aja udah jelas “Saya panik dan ketakutan, karena baru pertama kali saya terjebak dan terjatuh dalam tunggakan perbankan. Maka dari itu saya memutuskan untuk menggunakan jasa dari LBH, karena saya memiliki tunggakan di 7 bank, termasuk Amar Bank ini. aduh udah ngerti juga dia LBH hahahaah baru pertama kali jatuh tungakan bank tapi yg ditulis si 7 bank tugakan ga tau dah yg bener hahaha….. Pak namanya utang tetap harus dibayar itu hukum dasarnya. Mengelak pakai ini itu masuk ke media konsumen masuk ke LBH tetap dibayar utang ingat dasar hukumnya hutang uang tetap harus dibayar dengan uang. Apalagi sudah berapa bulan tuh ga bayar hahahahaah kenakan ya pak ga bayar bisa pinjaman sna sini trus mau diskon sampai bayar kurang dari principel yg dipinjam … Hahahaha jangan membodohi masyarakat pak. Nanti karma uangnya akan balik kebapak

          8
          1
      • 12 Maret 2022 - (00:39 WIB)
        Permalink

        Yang benar pihak amar bank,anda pinjam kan pasti sudah baca aturan kontraknya,emang pinjam tidak ada bunga dan denda?

        6
        2
        • 12 Maret 2022 - (07:27 WIB)
          Permalink

          Tetep semngat pak, tuhan pasti bantu bapak..ikhtiar ini cobaan ,. Datang ke alamat kantor nya biar gak kepikiran pak..hati2 yg komen disini rata2 orang debcolektor yg tangannya belum mandi kembang dengan koment sembarangan..jangan hiraukan mereka yg koment tanpa mandi kembang dengan ngomong seenaknya..ati2 omongan adalah doa..

          15
          6
          • 12 Maret 2022 - (08:57 WIB)
            Permalink

            Tidak semua kasih komentar itu deb colector.pikiran kok negatif

            6
            3
      • 12 Maret 2022 - (10:35 WIB)
        Permalink

        Jokes bapack bapack… 😄😄😄
        itungannya ga masuk bngt.. minjem di bang sama kyak minjem di sodara aja

        5
        2
      • 12 Maret 2022 - (21:15 WIB)
        Permalink

        Betul pak… Baiknya bapak pinjam 20jt.. total bayar 11jt.. yasudah anggap lunas aja pak.. beres kan pak, ga usah curhat dimari, curhat nanti ma kolektor krmh aja

    • 12 Maret 2022 - (10:00 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai eks field collector akan bantu jawab, yg dimaksud nasabah tsb.adalah beliau ingin bayar pokoknya saja, sebab kalau dilanjutkan ke ranah perdata, yg rugi bakal pihak aplikasinya …dia bisa ngeluarin 50’an JT bahkan lebih… Langkah nasabah itu sdh bagus dengan melakukan Galbay daripada harus galob-Tulob, akan lebih parah nantinya. Masalah pelunasan gampang banget kok…tungguhin aja field coll nya nyamperin mereka bakal rela dibayar berapapun, Krn sistem yg dilakukan debt coll Ama field coll beda y gess….

      28
      • 13 Maret 2022 - (18:15 WIB)
        Permalink

        Iyaaaaa mantab duitnya ga disetor ke bank dipake disimpan sama field colector hahahaha ahhhh udah ga jaman field colector pura2 baik malah bikin nasabah repot cari duitnya ga masuk ke bank. Itu kan bisa itung ga mas…. Pricipel atau pokoknya aja ga cukup dibayar sama dia…. Hahahaha mau gimana juga tetap aja bayar lah yg sesuai aplikasi itu jangan yg diemail karena bunganya sudah berhenti itu yg diaplikasi. Pasti dibulan depan pun sama tagihannya tidak bertambah.

        1
        1
  • 11 Maret 2022 - (21:19 WIB)
    Permalink

    SEMOGA BERMANFAAT DAN MENJADI PELAJARAN BUAT KITA SEMUA BAHWA HUTANG ITU MEMBUAT NIKMAT MAKANYA AYO KITA HUTANG SEBANYAK-BANYAKNYA.

    10
    3
    • 11 Maret 2022 - (23:30 WIB)
      Permalink

      Mau pinjam di Bank atau pinjol manapun juga kalau pembayaran kredit Macet pasti bunganya semakin menumpuk pula,apalagi anda bermasalah kredit macet dengan 7 Perbankan.
      LBH pun tidak akan terlalu membantu untuk urusan utang piutang ini.

      4
      1
  • 11 Maret 2022 - (23:40 WIB)
    Permalink

    Sungguh terlalu. Bayar baru 7 X menunggak 13 X . Utang di 7 Bank. Kebangetan…Bapak yg terhormat pake logika…Klw sdh tau pandemi begini jangan bnyak2 utang. Mau bayar pake apa. Usaha gulung tikar

    6
    3
    • 12 Maret 2022 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Pinjam 20 jt jangka 20 bln,angsuran perbulan 1,621,000 buset bunga gede nemen, bunga 621 perbulanya 621×20=12,420, 000 . Itu satu bank blm 6 bank lagi.ya Tuhan q bayangin aja pusing ya sampe mbun2an ya semoga cepat nemu solusinya, bang.
      Hati2 kena dc yang nakal apa lagi diimingi2i diskon jgn percaya banyak kasusnya msuk kantong pribadi, pinjem dipalikasi bayar lewat aplikasi jgn lewat orang ketiga nanti diprank alias zonk, banyak yang kena prnak diimingi diskon transaki diluar aplikasi ya THE NMBHpikiran lagi

  • 12 Maret 2022 - (01:12 WIB)
    Permalink

    @Rahmat,
    Pak, solusinya ada di youtube. Cari channel Secret Financial, cari videonya yg kata kunci “KTA”.
    Semoga membantu.
    p.s: Kalau urusannya sudah kelar, jangan ngutang-ngutang lagi ke bank ya pak..

    8
    4
  • 12 Maret 2022 - (04:07 WIB)
    Permalink

    Riba is crime, tinggalkan riba sekarang juga!!!! Dosa paling ringan dari riba adalah sama dengan bersetubuh dengan ibu kandung sendiri. Sabda rosululoh saw.

    7
    3
    • 12 Maret 2022 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Biar tidak kena riba tolong dibantu dong,jangan hanya koar koar riba riba,beri solusi

      6
      2
      • 12 Maret 2022 - (09:44 WIB)
        Permalink

        solusinya ya dibayar untuk riba nya, kalau sudah lunas jangan riba lagi

        kalau tanya uang nya darimana untuk bayar, lagi susah
        ya itu harus dipikirkan sebelum riba

        kalo kadung ya jual aset buat bisa bayar utang, jangan jual diri aja pokok nya

        5
        2
  • 12 Maret 2022 - (05:03 WIB)
    Permalink

    MAKANYA PUNYA HUTANG DIBAYAR, TERUS KALO MAU BERHUTANG, PIKIRIN MATENG2 MAMPU BAYAR ENGGA…? ENAK PAS NERIMA HUTANG, GILIRAN BAYAR IYA GITU DEEEHHH…JADI BERPIKIRLAH MATANG2 SEBELUM MENGAJUKAN HUTANG.

    4
    2
  • 12 Maret 2022 - (07:02 WIB)
    Permalink

    Pak, saya juga punya tunggakan di amar bank dgn ttl yg sama sebesar 20 juta, dgn cicilan 20 x rp1.621.000,-. Tidak mampu bayar saat cicilan ke 18, ketika dc amar bank membuat saya harus mengundurkan diri dari pekerjaan saya krn penagihan biadab di kantor. Tinggal 3 x cicilan lagi, dgn total kurang lebih 5 juta. Itu saja saya masih dikejar dc amar bank dan susah dapat keringanan, padahal pihak mereka yang membuat saya kehilangan pekerjaan. Apalagi Bpk yg nunggak 13x cicilan.

    7
    2
    • 12 Maret 2022 - (07:06 WIB)
      Permalink

      Kok bisa mba gimana sampe kehilangan pekerjaan mba? Saya juga ada tunggakan dan sudah menjelaskan saya tdk bekerja lagi tapi amar bank tidak mau tau dan tidak kasih keringanan

      • 12 Maret 2022 - (13:04 WIB)
        Permalink

        Dc amar bank telpon terus ke kantor pak. Nagih ke atasan n teman2 kantor. Padahal saya sdh jelaskan ke cs nya via email karena isoman, saya telat bayar 18 hari setiap bulannya. Itu kejadian pas cicilan ke 17, saya hanya mampu bayar 1 juta, kurang 621.000+150.000 denda. Gak mau tahu dc nya. Dalam satu jam, telpon berkali-kali ke kantor, nagih dengan kata-kata kasar. Tengkar dengan atasan saya, alhasil saya diminta mengundurkan diri dari pekerjaan saya, dengan alasan penagihan amar bank sudah mengganggu kegiatan kerja di kantor. Sadis banget tuh dc.

  • 12 Maret 2022 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Minjem duit di bank 20 jt. Diterima 20 jt. Baru dibayar 11 jutaan. Terus nunggak. Cuma sanggup bayar 9 juta. 11 + 9 = 20 juta. Logikanya sudah pakai duit bank 20 juta selama 20 bulan tapi gak mau kena bunga. Terlalu….

    4
    4
  • 19 Maret 2022 - (10:38 WIB)
    Permalink

    NGAPAIN TAKUT SAMA BANK2 GINI… MEREKA CUMAN BERANI ANCAM2 COCOT AJA… GAK BERANI LAPORIN PIDANA..KALO IYA LOE NANTI DI SIDAN ELO BIALNG SANGGUP BAYAR SEBULAN 100RB..KETOK PALU MAKIN PUSING DIA…. LOE BERSIHKUKUH AJA DI 9JT ..YES OR NO.. KALO TIDAK YA UDAH DIAMIN AJA.. NANTI JG GERAH SENDIRI DI TERIMA 9JT KOK.

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Program Diskon Pelunasan 1 Kali Bayar Tunaiku Amar Bank Tidak ada Keje…

oleh Rahmat dibaca dalam: 3 menit
37