Surat Pembaca

Penipuan oleh Aplikasi Pinjaman Online

Saya pernah meminjam di aplikasi pinjol di Aplikasi CashCashNow, Dompet Super, dan Pinjaman Kredit dan sudah melunasi semuanya. Kemudian saya sudah meng-uninstall aplikasi pinjol tersebut.

Pada tanggal 14 juni 2022 saya dengan sengaja menginstal kembali aplikasi CashCashNow tersebut untuk mengecek apakah data diri saya sudah terhapus atau tidak, ternyata masih aktif. Dan kagetnya saya ada 2 produk dalam tagihan itu mengatasnamakan saya sedangkan saya tidak pernah mengajukan pinjaman apapun.

Kemudian saya menelpon pihak yang mengatasnamakan aplikasi CashCashNow di email saya untuk mengkonfirmasi persoalan tagihan tersebut, dia siap membantu menghapus tagihan itu. Saya mengikuti alur sesuai perintah dia, kemudian dia menyuruh saya untuk menginstal juga aplikasi Dompet Super DAN Pinjaman Kredit yang alasannya untuk mempermudah penghapusan tagihan.

Saat saya membuka aplikasi Dompet Super saya kaget langsung masuk pencairan dana sebesar 5.525.000 ke rekening saya, karena panik saya melihat menjadi tagihan atas nama saya sedangkan saya sama sekali tidak meminjam. Tapi dia masih menenangkan saya dengan berdalih itu prosesnya.

Lalu saya dialihkan lagi ke aplikasi Pinjaman Kredit untuk melakukan hal yang sama untung saja di aplikasi Pinjaman Kredit menolak. Kemudian dia meminta saya untuk mengembalikan dana yang masuk ke rek saya ke rek Dompet Super yang dia kirimkan maka otomatis seluruh tagihan yang mengatasnamakan sy di CashCashNow DAN Dompet Super terhapus secara otomatis dan data diri saya akan terhapus juga.

Saya pun mengirimkan semua limit yang masuk ke rekening saya, namun setelah saya mengirimkan uang tersebut masih saja saya melihat ada tagihan itu.

Selang 2 hari pasca kejadian, saya kaget ada SMS dari beberapa produk Pinjaman Kredit yang mengatakan pengajuan pinjaman anda tidak disetujui dan ada yang disetujui tetapi harus mengisi data kembali. Dengan sigap saya pun membalas sms tersebut mengatakan untuk tidak menyetujui pinjaman yang mengatasnamakan saya karena bukan saya yang mengajukan dan saya sudah tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut.

Rumit memang masalah yang sedang saya hadapi ini. Sedangkan tagihan atas nama saya jatuh tempo tanggal 18 Juni dan 20 Juni.

Dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak bertanggung jawab atas semua pinjaman tersebut karena saya tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut lagi. Jika terjadi penagihan kepada saya akan saya laporkan kepada pihak kepolisian dan akan saya usut untuk diangkat ke siaran berita METRO TV karena saudara saya bekerja sebagai wartawan untuk stasiun televisi tersebut.

Terima kasih.

St Nurhasnah
Sumbawa, NTB

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Fokus saja kepermasalahan penipuan ini dengan pihak kepolisian. Gk perlu anda bawa bawa nama METROTV. Tidak semudah itu anda memanfaatkan keberadaan saudara anda di METROTV. Semua proses wawancara memiliki prosedurnya. Jangan sampai karena ulah anda, saudara anda jadi kena getahnya. Jangan egois & berpikirlah secara cerdas.

  • Terimakasih atas saran anda. Maksud saya ingin mengangkat ke metro tv untuk berita pinjol ilegal agar tidak ada masyarakat yg terkena penipuan seperti saya lagi dan juga tujuan saya agar pihak aplikasi tersebut bisa membaca berita ini karena mereka berpikir saya takut terhadap ancaman mereka. Tujuan saya hanya ingin masyarakat bisa mengetahui seperti apa kejahatan pinjol ilegal dan juga agar aplikasi pinjol tersebut menjadi takut karena kejahatannya masuk berita nasional

  • Alhamdulillah anda jujur...semoga laporan ke polisi segera ditindak lanjuti.

  • Ini nasihat saya, jangan pernah berhubungan dengan Pinjol Ilegal.

    Nomor CS mereka Palsu, alamat kantor mereka Palsu, Contact person yang berhasil anda hubungi adalah penipu, jangan berinterkasi dengan mereka, meraka akan membuat anda sudah jatuh ketimpa rumah lagi, bukan hanya Tangga.

    Jika anda mengalami masalah, screencapture semua bukti dan hubungi tweeter atau IG Cybercrime Polri, percuma melapor ke OJK, karena OJK hanya mengirusi Pinjol Legal.

    Jangan pernah transfer uang kembali ke Pinjol Ilegal, jika anda menerima transferan dari Apk mereka, anggap saja itu berkat anda.

    • Alhamdulillah saya sudah melapor ke CCI cyber polri, KOMINFO, OJK, SATGAS WASPADA INVESTASI OJK, SERTA BANTUAN HUKUM ADVOKAT

      • Laporin ajaa kalo gk gitu pinjol merajalela.. Lama2 republik ini milik pinjol krn bunga berbunga yg mencekik.. Bayangin 200 jt orang Indonesia dipinjamin 1 jt suruh balikin 1jt 500 rb ajaa udah dpt brp duit tuh pinjol kalo gk kena denda bunga teror dll..

  • Yg coment nyinyir .....DC pinjol ya ,slooww ajh mba kalau Mbak benar pasti akan terselesaikan masalahnya

    • Terimakasih komen nya pak. Saya melihat banyak komentar menyinyir disini karena saya menyebutkan media METRO TV. Semua itu sebagai usaha saya untuk mengungkap kejahatan pinjol ilegal. Tidak ada salahnya diangkat ke berita nasional, bukan karena saya nya tetapi untuk kewaspadaan masyarakat terkait ini

    • Sebodoh-bodohnya saya lebih bodoh orang yang menyinyir dan secara langsung anda berpihak pada kejahatan pinjol ilegal

  • Hadeh2 sudah jelas ilegal masih bawa2 saudara yang kerja di metro tv emangnya kenapa kalo kerja di metro tv mau di viralkan kebodohan anda?
    situ yang bodoh situ yang meras paling benar

    • Kalau saya bodoh pasti saya akan menyembunyikan kejahatan pinjol ilegal. Memang paling enak kalau nyinyir, setidaknya saya sebagai korban mengupayakan agar kasus penyalahgunaan data diri saya bisa diangkat ke media guna sebagai peringatan bagi masyarakat tentang maraknya kejahatan pinjol ilegal.

  • wkkw bawa bawa metro, gimana kalau ada yang jadi TNI/polisi/kementrian/ wkwkw pasti dibawa bawa, doyan main pangkat nih

    • Sebagai korban penipuan saya berhak membawa media sebagai sarana informasi kepada masyarakat atas maraknya kejahatan pinjol ilegal. Terimakasih komentar nyinyir nya semoga anda jauh dari masalah

  • itu yang lagi aku alamin sekarang kak.
    kirain saya ajah yang tertipu seperti itu.
    terus yang tagihan itu diabaikan saja atau gimana yaa??
    takutnya nanti dc nya dateng kerumah.
    minta solusinya kak
    hati2 sama dompet excellent , karena aku kenanya di dompet excellent

    • Dari arahan advokat yg membantu permasalahan sy, DC aplikasi pinjol ilegal tidak berani datang ke rumah karena mereka takut akan dibekuk polisi serta mereka tidak memiliki surat ijin penagihan. Kalau memang mbak merasa punya pinjaman di aplikasi tersebut sebaiknya selesaikan saja mbak karena itu kewajiban yg hrs diselesaikan

      • kasusnya sama persis kaya kakak, udah saya kembalikan tapi diaplikasi masih ada tagihan atas nama saya kak.
        itu yang saya takutin , karna di aplikasinya masih ada tagihan sedangkan saya udah kembalikan

        • Diabaikan saja. Ganti langsung nomor hape nya, sekarang kebih fokus saja sama keseharian kita. Karena semakin kita ladeni mereka akan membuat mental kita down hingga depresi. Mereka hanya berani menggertak via chat sms, telpon dan whatsapp saja.

          • makasih kak, infonya ??
            terbantu banget aku, kalo aku gak baca artikel kakak ini gak tau lagi harus kaya gimana

          • Mdhn cpt beres masalah nya y mba..
            Dengan mba menulis di MK ini mdhn bisa jd pelajaran buat semua nya.. Semangatt mba!

    • @dian
      sepertinya itu pinjol ilegal ya. Soalnya daftarnya ga ada tuh.
      updatenya ada di kontan, atau cari aja googling 'daftar pinjol legal mei 2022'

      Kalau itu bener ilegal , jangan dibayar. ngerugiin negara juga itu.
      reset hp nya, install aja standar dan pasangin aplikasi truecaller, nanti ketauan bandit-bandit yang suka neror.

      • Kalo menurut saya kamu yang salah, kenapa? Karna kamu isenh iseng download pinjol yang ga tau legal atau ilegal nya. Sudah tau itu pinjol masih aja iseng iseng, kalo uda ke download dan uda di isi ya wasalam data kamu uda sama dia uda, trus di aplikasi nya pasti juga bisa akses kontak biar bisa baca semua kontak yang ada jadu bisa tahu nomer telpon kerabat atau teman atau lainnya. Lainkali kalo iseng itu jngn download pinjol, kan bisa iseng iseng hal lain contoh nya isengin tetangga yang lagi siram tanemam di depan teras ruma

    • Ajak gelud mbak kalau DC berani datang ke rumah,mereka cuma kerja nagih duit bos nya. Macam² sikat aja kalau kita gak salah,jangan takut. Ada keluarga laki² kan di rumah

    • Mbak sama aku juga hari ini kena? padahal aku ga ada pinjam apapun tapi dana masuk dan ada admin yg minta pulangin, jadi aku pulangin mba tapi tagihan masih ada?

      • abaikan aja kak, aku juga kaya gitu
        ditagihnya pake kata2 kotor , aku langsung blokir2in

          • Alhamdulillah tidak ada, krn saya sudah hapus semua data chace dr aplikasi nya dan menolak semua izin akses apk nya di pengaturan hp, jd secara otomatis semua data kita yg kita beri izin akses saat menggunakan apk nya terhapus disana kecuali data diri kita yg kita pakai daftar di apk tetap ada

        • Sy juga ditagih mbak sama DC.. dengan alasan bisa dibantu dengan dana seadanya.. setelah saya TF kenapa di blokir.. sy harus gmna ya..???

    • Aku kenanya di Dompet super mbak.. udh di tranfer malah sy di blokir . Mbak TF nya ke VA siapa..??

      • Sy tf ke nomor VA luar apk yg dikirim oleh org yg ngaku nya sebagai cs apk. Sepertinya penipu sih