Surat Pembaca

Saldo Rekening Terpotong Autodebit BNI Life Insurance Milik Orang Lain

Pada tanggal 15 September 2022 pukul 12:51 WIT, tiba-tiba ada SMS banking masuk dari rekening BNI saya adanya pembayaran autodebit BNI Life Insurance sebesar Rp1.155.600 untuk nomor polis asuransi 7010100995 atas nama Aln****, yang saya pribadi tidak mengenal orang tersebut dan bukan keluarga saya.

Padahal saya telah menutup polis asuransi saya dengan nomor polis 7010101111 atas nama Anggi Apriyanto dan saldo auto debit pada nomor polis saya telah kembali. Setelah saya cek ke customer care BNI Life Insurance, ternyata nomor polis tersebut milik orang lain, bahkan saya tidak mengenalnya.

Setelah berbicara dengan customer care via telepon, saya diminta untuk mengirim email bukti mutasi rekening saya. Namun balasan customer care via email, akan mengecek nomor polis 7010101111 yang sudah saya tutup, bukan mengecek nomor polis 7010100995 yang bukan atas nama saya.

Saya hari ini berkali-kali menghubungi customer care BNI Life. Namun tidak mendapatkan hasil. Bagaimana bisa asuransi atas nama orang lain tapi melakukan autodebit pada rekening BNI saya? Saya menyayangkan sikap BNI Life yang tidak sigap menangani masalah ini.

Saya harap pihak BNI Life segera menangani masalah ini dengan segera. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Anggi Apriyanto
Cilacap, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BNI Life atas surat Bapak Anggi Apriyanto

Yth. Bapak Anggi Apriyanto, Sehubungan dengan pemberitaan Bapak Anggi Apriyanto di mediakonsumen.com pada tanggal 16 September 2022, dapat kami sampaikan...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • entah kesalahan sistem atau bagaimana saya juga tidak tahu, tapi kejadian ini sangat merugikan saya sebagai nasabah bank BNI karena autodebit pembayaran premi milik orang lain namun memotong saldo rekening saya.
      Hari ini masalah tersebut sedang di tangani oleh pihak BNI, semoga saja masalah ini cepat tertangani.

    • bisalah, bni, mandiri, itu bank yg udah lama gw blacklist. banyak kasus uang nasabah hilang, ada yg di debit untuk bayar asuransi tanpa persetujuan, ada jg yg di rampok karyawan bank.

  • mending lu blacklist bank bni, di situ banyak kasus uang nasabah hilang. ada yg debit untuk bayar asuransi tanpa persetujuan, ada jg yg di rampok oknum karyawan bank.

    • berhubung dari perusahaan merekomendasikan memakai rekening BNI jadi saya tidak bisa mengganti rekening menggunakan bank lain.
      hari ini pihak BNI sedang menangani masalah ini, semoga saja cepat selesai karena saya orang rantau jd cukup di sulitkan oleh masalah ini.

      • Saya sarankan lebih baik memiliki rekening lain di bank yang anda bisa percayakan kalo sudah menerima gaji langsung transfer ke rekening itu jngn di tahan di rekening payroll

        • benar kak, jangan taruh di bni. hati2 jg sama bank yg punya anak usaha asuransi, di situ banyak kecurangan. hati2 jg sama bank yg bekerjasama dgn perusahaan asuransi di bagian pembayaran autodebit, itu jg banyak kecurangan karna mereka bisa melakukan autodebit tanpa persetujuan nasabah.

  • kok mengerikan bgini ya, mudah sekali data nasabah di manipulasi, ketika nasabah ngeluh ga ada solusi, malah takutnya dikriminalisasi

    • saya juga heran kak, kok bisa premi asuransi milik orang lain tp memotong saldo rekening saya yg bahkan tidak mengenal individu tersebut.
      hari ini BNI telah menangani masalah ini, semoga saja cepat terselesaikan dan saldo saya kembali, karena masalah ini saya cukup kesulitan karena posisi saya orang rantau.

  • Hampir sama dengan kejadian itu. Saya sdh tutup polis bni life saya 1 tahunan yang lalu. Tiba2 belum lama ini saldo saya kepotong juga sebesar premi yg biasa kedebet waktu polis saya masih aktif.
    Akhirnya saldo saya minimkan dan tidak lagi pake tabungan bank tersebut. Buka rek di bank yg tidak ada produk2 asuransinya karena trauma. Semoga ke depan bni bisa lebih baik lagi dalam mengelola dana nasabahnya...aamiin

    • terus bagaimana mas kelanjutannya? kemarin BNI telah mengembalikan dana yg terpotong tsb.
      semoga saja tidak terulang kembali dan tidak ada orang yg mengalami masalah seperti saya lg

  • Case yg menarik.. Sy juga pernah tiba2 ada pendaftaran BNI life tanpa persetujuan tanpa telpon pula.. Via email dg biaya polis setahun sekian rupiah.. Langsung sy balas email sy ancam lapor k kepolisian krn tidak ada angin tidak ada hujan tiba2 nama sy kepake terdaftar polis asuransi.. Untung udah gk punya rek. BNI udah sy close kapok punya BNI. Ntarr tiba-tiba dipotong via rek.

    • BNI life memang parah Mas, case Mas ini harus ekstra waspada Mas jika uang telah dikembalikan oleh BNI life sebaiknya langsung tutup norek BNI tsb dan buat rek BNI baru yg lain. Takutnya tahun depan akan terpotong lagi buat capek, buang waktu n emosian tiap tahun.

      Pelayanan pengaduan di BNI life sangat mengecewakan, capek kita laporan sampe mulut berbusa dan nulis form laporan setumpuk di perwakilan kantor BNI life, tapi BNI life di pusat itu tetap budeg, gak ngefek kayaknya laporan kita.

      Saya py asuransi BNI life utk 2 anak saya, laporan pergantian norek aja 2 tahun dak kelar kelar. Sebelumnya pake BNI Syariah tp krn merger ke BSI terpaksa buat rek BNI baru.
      Setelah laporan Alhamdulillah bisa autodebit dr rek BNI baru..,... Tapi saat BNI life punya saya cair dia gak transfer ke rek BNI baru saya dan notif SMS dr BNI life pembayaran gagal ke rek yg lama, hebat kan.... Ya pasti gagal lah norek BNI Syariah lama dan BSI pasti udah beda, apa gunanya saya laporan bekali2 Bambang........ Capek waktu, tenaga buat emosi aja selama 2 tahun setiap BNI life cair kejadian terulang terus.
      BNI life kalian perbaikilah sistem laporan konsumen, konsumen laporan, terima dan tanggapilah segera......

      • Wah bener, terjadi juga sama anuitas bni life ibu saya. Sudah minta ganti rekening pencairan dari btpn ke bni. Status dalam proses. Eh bulan depan masih masuk ke rekening btpn yg mana ambil uang nya harus dateng ke bank yg jauh dari rumah. Sampe berbulan2.
        Emang lama nih bni life proses perubahan data.
        Untung nya asuransi saya yg bukan bni life dlm hitungan seminggu hari kerja udah beres rubah data

    • kalo saya malah atas nama pemegang polis itu orang lain, tapi kemarin BNI telah mengembalikan dana yg terpotong tersebut.
      semoga kejadian ini tidak terulang kembali

  • autodebit pembayaran asuransi tanpa persetujuan itu sering terjadi di bank bni dan bank mandiri, gw udah blacklist tuh 2 bank itu. bahaya tahu nabung di bank bni dan bank mandiri, mental maling, bumn kok maling. gw yakin ada yg gak dapat ganti rugi walaupun ada jg yg dapat ganti rugi.

  • sebenarnya kasus uang di rekening di debit untuk bayar asuransi tanpa persetujuan, itu sudah ada dari dulu, tp biasanya polisnya atas nama sendiri, ini atas nama orang lain

  • kasus uang di rekening di debit untuk bayar asuransi tanpa persetujuan sudah ada dari jaman gw sekolah dan sekarang masih ada jg. intinya hati2 nabung di bank, uang bisa hilang. entah di rampok orang dalam bank, entah di debit untuk bayar asuransi tanpa persetujuan, entah di rampok hacker.

  • ojk oh ojk, beranikah kalian memberikan sanksi pada bni life dan bank bni yg sudah merampok uang orang?