Biaya Overlimit dan Annual Fee yang Sangat Mencekik

Dear Bank Mega,

Saya ingin menyampaikan keluhan saya perihal biaya overlimit fee dan annual fee pada billing tagihan bulan September 2022. Tahun lalu saya kena biaya annual fee sebesar Rp450 ribu, tapi karena saya malas komplain ke call center, akhirnya saya urungkan niat saya.

Namun tahun ini saya sangat keberatan sekali dengan biayanya. Limit kartu kredit saya awalnya Rp5 juta, dan sejak awal pandemi diturunkan hanya Rp2 juta. Namun kenapa biaya iuran tahunannya besar sekali? Ditambah biaya overlimit yang saya tidak sadari dan tidak ada notifikasi via SMS atau apa pun. Padahal saya setiap bulan dikenai charge untuk biaya SMS setiap ada pemakaian. Ini seperti jebakan batman buat nasabah.

Saya sudah pakai kartu kredit ini sudah bertahun-tahun dan tidak pernah telat membayar, apalagi sampai melewati jatuh tempo. Saya selalu membayar di atas pembayaran minimal setiap bulan. Di tengah kondisi pandemi sekarang ini kenapa biaya ekstra di Bank Mega sangat mencekik kantong?

Kalau seperti ini rasanya mau saya tutup saja kartunya. Mohon tanggapan dan responsnya dari pihak terkait agar ada solusi yang paling baik bagi saya dan Bank Mega. Terima kasih.

Salam hangat,

Moh Fajar Irwansyah
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mega Atas Surat Bapak Moh Fajar Irwansyah

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Redaksi yang terhormat, Sehubungan dengan surat Bapak Moh Fajar Irwansyah di mediakonsumen.com yang disampaikan pada Hari...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ya elah bank Mega lagi, kok masih aja ada yang jadi nasabah ini bank. Limit 2 jt buat apa coba. Saran saya segera lunasi dan tutup itu kartu, jauhi ini bank.

    • Waduuh... Anda sudah kejebak RIBA begitu dalam ya.... Sampai-sampai tiap bulan hanya sanggup bayarin bunga RIBA nya.... Tapi dituliskan anda, sy gak ngeliat anda sudah kapok dengan RIBA, malah anda marah karena limitnya diturunin dari 4 juta ke 2 juta.

      Saran saya, bertaubatlah.... Lunasi hutangnya, tutup kartu kreditnya, dan jauhi riba agar rezeki anda menjadi berkah gak dikejar-kejar sama RIBA.

      Sy berkata begini karena keluarga saya merupakan korban RIBA. Istri saya sudah mencoba bunuh diri 2x gara-gara RIBA.

      Dulu saya terlalu sombong karena menganggap kartu kredit gak RIBA

  • Minimum payment 130rb, minimal bayarlah 300rb. Kalau hanya sesuai minimum aja perbulan, sampe kiamat juga ga akan lunas. Annual fee bisa diajukan penghapusan, tapi biasa ada syaratnya (belanja sekian selama satu bulan ke depan, yang bukan berupa cicilan... Atau kebijaksanaan laen tergantung bank nya). Saya juga punya CC dr Mega, dan selama pandemi malah naek limitnya ke 50jt. Kalau punya anda malah diturunin, mungkin hasil analisa nya agak menghawatirkan dr segi pembayaran, bank takut nanti macet mungkin. Jika ada dananya, usahakan bayar full, sambil ajukan penghapusan fee nya ke call center (danamon dan permata saya dalam 2 bulan ini juga kena fee, tapi sudah dihapus bulan berikutnya, caranya ikuti syarat belanja yg ditentukan). Tidak perlu ancam tutup, untuk apply lagi nanti makin sulit. Perbaiki pembayaran nya, nanti limit bisa naek dgn sendirinya.

  • 2022 limit 2 juta anual fee 450rb lunasin tutup, cabut ke sebelah instant approval limit lumayan gak bikin manyun. eh lagi pandemi ya 🙏

  • Kalau saya kartu kredit hanya dipakai untuk belanja barang yg nilainya >500rb dan saya ajukan untuk rubah ke cicilan by sistem atau manual dan bukan untuk belanja kebutuhan harian.
    Harus ada batasan maksimal biaya untuk bayar tagihan kartu kredit tiap bulan (disesuaikan dengan pendapatan bulanan).
    Saat tagihan keluar bayar sesuai jumlah tagihan (bukan minimal pembayaran).
    Alhamdulillah saya dapat kk yang bebas annual fee seumur hidup (bahkan langsung dibuatkan 3 kartu tambahan walaupun kartu tambahan akhirnya tidak pernah di pakai).
    Kalau untuk kk yang satunya ada annual fee tapi kadang saya telpon cs untuk minta penghapusannya (resiko sering di telpon telemarketing)
    Limit bertambah walaupun nggak banyak cuma 10jt.

    • Dapat dosa berlimpah kok bilang nya alhamdulillah.. Riba iitu dosa besar yg pelaku nya diumumkan perang dgn Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى‎,. Anda mampu?

  • Kalo rajin dan rutin bayar min payment, pasti limit CC di turunkan, sebab finance debitor di cap tidak sehat..

    Btw, tajir juga bayarin bunga ke bank..

    • Bukankah klw bayar minimum payment lebih menguntungkan bank karena dapat pendapatan bunga di banding full payment. Knapa alasan itu dijadikan pertmbangan penurunan limit. Gak logis juga. Kecuali sering telat dan nunggak. Dan mmg bank mega punya anual fee plng besar diantara bank lainnya

      • karena di khawatirkan gagal bayar, sebab bank juga ada rule NPL nya yg harus di jaga.
        NPL terlalu tinggi juga tidak baik buat perbankan.
        jadi ada 2 sisi yang di waspadai, makanya pagu kredit debitur di turunkan.

  • "Tahun lalu saya kena biaya annual fee sebesar Rp450 ribu, tapi karena saya malas komplain ke call center, akhirnya saya urungkan niat saya."
    kok bacanya jd kesel ya? aplg bawa2 pandemi segala....?
    sy yg kena iuran tahunan bca 250rb saja sy telponin call center biar dihapus..

    • Saran saya pinjem duit dulu dari temen /saudara (soft loan) buat lunasin full tagihannya..kedepannya rubah mindset kalau KK bukan untuk kredit/cicilan..tapi hanya sekedar pengganti uang cash di dompet..jadi pembayaran KK nya full payment sebelum jatuh tempo..sehingga anda terhindar dari masalah beginian, tidak kena bunga(riba), BI cheking aman...

  • SUKANYA BAYAR MINIMUM..... !! Bagaimana gak diturunkan limitnya. Dan gak pernah telat membayar tapi bayar minimum..... Entah maksudnya apa?? Anehh....!!! Bunganya aja sampai 850rb.... Ini komplen atau ngeluh. CC mega memang mencekik entah biaya tahunan, biaya sms, email, credit shield tiap bulan. Itu kenapa sy tutup walau limit sy 30jt. Mau tutup biar gak belet bilang aja lg di phk gak punya kerjaan nanti gak bisa bayar jd cepat tuh prosesnya telpon. Kalo gak gitu digantung telponnya. Dan yg penting lunasi semua tagihannya

  • Hindari kartu kredit. Bank itu mau enak sendiri. Punya tabungan ratusan juta. Bunganya gak ada. Sedangkan jika kita transaksi pakai kartu kredit dikenakan bunga 3,5%. Padahal uang kita sendiri yang diputar bank dan dikenakan bunga yang sangat tinggi. Belum lagi ada biaya annuel fee. Rubah pola pikir membeli barang secara kas. Kalau uang gak ada tahan dulu selera.