Surat Pembaca

Harga di Label dengan Kasir di Indomaret Tidak Sama

Selamat malam Indomaret dengan kode toko T1LN,

Saya mau tanya mengenai jumlah belanja saya pada hari Sabtu 15 Oktober 2022 jam 19.30. Seharusnya harga mangga di label tertera 24.900 tetapi di struk harganya menjadi 36.500, selisih harga 11.900.

Apakah ini terjadi kepada saya saja? Bagaimana bila itu terjadi kepada beberapa customer? Berapa kesalahan yang terjadi dan selisih harga untuk item barang yang sama?

Gambar di atas adalah bukti yang bisa saya berikan atas kejadian yang saya alami di Indomaret rest area KM 754

Tolong tindak lanjut permasalahan saya di Indomaret agar bisa jelas mengenai kasus saya dan bagaimana solusinya?
Apakah memang seperti ini sekarang pelayanan dari Indomaret khususnya di rest area?

Yudo Suhariyadi
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Indomaret atas Tulisan “Harga di Label dengan Kasir di Indomaret Tidak Sama”

Kepada, Yth Media Konsumen Sehubungan dengan keluhan yang ditayangkan Media Konsumen pada tanggal 18 Oktober 2022 dengan judul “Harga di...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dulu sempet ada program, beda harga bayar yg paling murah. Harusnya sih komplain ditempat, klo udh pergi ya agak susah

  • Btw klo sering belanja disana install klik Indomaret atau alfagift, lumayan buat cek harga sama promo. Harga di aplikasi selalu sama, bahkan yg ditoko ga promo di aplikasi promo barangnya tetep promo.

  • saya sebenernya juga mau laporin ke MK, karena ditempat saya daerah klapanunggal bogor Indomaret nya sering ga update pricetag. saya sudah tegur berulang kali tp tetep kejadian. kasian utk konsumen yg ga kritis, memang selisih ga banyak tp kalo dikali berapa orang dlm sehari juga lumayan. Dan bukannya update pricetag itu jobdesk mereka?

  • Betul. Kirain cuma saya aja yg ngalamin. Indomar*t sering pasang harga yg salah di brg yg mau dijual atau info harga sering juga ga dipasang shg pembeli hrs nanya dulu harganya ke staf toko dan ini sering banget. Aneh ini indomar*t.

  • Perbedaan harga jelas terjadi karena harga dari sistem ganti. Kalau dilihat dari berat yang diinput di pos kasir itu sama 1078 gram. Mungkin saat kiriman dari DC (Distribution Center) datang harganya belum naik, tapi selang beberapa saat harganya jadi naik. Misalnya saat ada kiriman dari DC harga buah A 10.000 per 1 kg, lalu buah tersebut diolah jadi buah potong dengan harga yang masih sama 10.000, dengan berat misalnya 500 gram jadi harganya 5.000. Setelah buah diolah harga di pos kasir ganti jadi 12.000 per 1 kg harga buah yang beratnya tadi 500 gram, dari 5.000 menjadi 6.000. Pergantian harga biasanya terjadi setelah lewat jam 12 malam, pos kasir harus dikeluarkan lalu diupdate datanya. Masalahnya item-item yang ganti harga ini tidak bisa langsung ketauan oleh store crew, taunya ya saat cetak price tag atau label harga. Jaman saya dulu update price tag setiap hari selasa, artinya 1 minggu sekali.

  • Indomaret sama Alfamart sama aja, contoh dari kedua minimarket itu. Harga mie per 1 pcs 2500 di rak, pas bayar jadi 2900. Pdhal di aplikasi mereka harganya 2500. Sempat bbrpa x komplain akhirnya pake harga yg di rak tapi dengan muka judesnya. Bayangin aja Alfa/Indo ini di dekat kampus yg notabenenya pas akhir bulan bisa aja banyak mahasiswa/i beli satuan mie. misal 100 orng/perhari x 30 hari brpa tuh keuntungannya. Nah solusinya beli aja lewat aplikasi alfagift/klik Indomaret pilih ambil di tempat, nah langsung pembayaran lewat aplikasi dan ke minimarket nya tinggal ambil aja. Harganya juga sama.

    • D manapun sama bahkan d grosir jga bisa terjadi, kita tidak bisa mengendalikan orang lain krena manusia sipatnya lupa tp kita bisa mengendalikan diri sendiri untuk lebih teliti dlam berbelanja

    • Gampang klw ngitung tp tidak semua terjadi d sengaja bahkan mereka jga ada nomboknya kita hanya mengadai andai saja

  • Mau itu indo atau alfa, sama2 sering beda harga saat bayar di kasir..
    Makanya saya selalu minta cek harga barang dulu ke kasir, sebelum benar2 membeli barang tersebut...
    Dan kenyataannya memang sering kali harga berbeda saat di kasir, alasannya lupa pasang harga baru, promo habis, dll..
    Saya melakukan itu semua karna belajar dari pengalaman, karna pernah jadi korban mereka..