Surat Pembaca

DC Pinjol yang Mengancam Akan Melakukan Penggalangan Dana

Di sini cuma mau berbagi cerita aja. Tanggal 1 November kemarin kepepet butuh dana dan tidak sengaja ketemu app Money Kilat yang katanya sudah sertifikasi OJK. Dan bodohnya saya juga gak cek dulu kebenarannya di OJK karena sanking butuhnya.

Dan setelah pengisian data dan pengajuan disetujui dan dana cair tapi ternyata dari berbagai aplikasi ilegal. Jadi misal pengajuan dana 10 juta, yang saya terima cuma 3.8 juta dengan banyaknya potongan dan itu dari berbagai aplikasi pinjaman ilegal.

Dan bukan cuma itu saja, tempo yang saya pilih 91 hari itu bisa jadi 7 hari. Dan ini belum jatuh tempo DC sudah nagih dan mengancam akan melakukan penggalangan dana.

Sudah melakukan pengaduan katanya jika mengganggu bisa mengadu ke waspadainvestasi@ojk.go.id atau cyber tapi dilempar terus. Bahkan kemarin juga melakukan pengaduan ke aduankonten yang Kominfo juga tidak ada tanggapan.

Sudah mengirimkan email juga dengan menyertakan berkas ke Polsek sekitar tapi tidak ada jawaban. Sedangkan DC makin menjadi bahkan ada aplikasi Pinjam Emas yang saya tidak melakukan peminjaman ke perusahaan mereka juga ikut-ikutan nagih dengan ancaman-ancaman yang gak enak banget didengar.

Jadi saya harus bagaimana?

Nelly
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pinjol ilegal ga akan berani datangi rumah,kalaupun nekat datang,teriaki saja biar di amuk masa,wkwkw,,biar aman dari teror,nomor di ganti aja mba

  • Jangan dibayar supaya mereka cepet bangkrut.
    Lapor ke kepolisian dulu bilang kena tipu ack atau apa di pinjol, abis gitu broadcast hasil laporan kepolisian tersebut ke kontak di hape anda, samapaikan anda kena hack pinjol penipuan. Dan minta block nomor whatsapp yang menamakan anda, karena nanti mereka bisa kena sadap dan ketipu seperti anda, abis gitu anda juga sampaikan kalau anda ganti nomor hape.
    Selesai deh mereka ga bisa hubungi anda.
    Kalau anda disamperin kerumah, langsung videoin dan kasih video ke polisi. Mereka bisa langsung ketangkep semua karena pinjol ilegal itu sama dengan penipu.
    Pinjem 10 jt terima hanya 8jt ajah sudah dinyatakan penipuan kalau kita ga dikasih info di awalnya. Apalagi terima cuma 4juta kurang.

    • Waaaah Montoong di Byarr Neng Nelly pokonya JANGAN DIBAYAR itu hanya si DC hanya menggertaak mentall kita bsa sunda na ngan saukur nggertak..mental pribdi jiwa kita sndiri ada apa2 ksih tau sya akn sya adukn saya punya bnyak knlan dibndung mau komandan Hadi yg ada di Bandung apa mau ke grup Preman pengsiun buat hdapi DC klu datang kerumh apa nerror itu data teror jngn di hapuss simpan trus musalkn mau ngncm datang kerumh suruh datang tangtang aja dia sudah g sopan itu udh ada surat aturan ojk..trus pinta surat2 perijinan bukti penagihan harus tau bukti penagihan ada tga.yg SAH.klu gelluttan tarung sklian DI KADEK SAKLIIAN BAWA pedang biar sapaattt tukpalanya..saya dri skian tman2 saya sman dritanya trjerat pinjol legal/ilegal pun gitu cukup (GALBAY) aja ga usah dipikirin klu nlpon trus jngn du angkat..mau chat mau apapun jgn di gubris biariinin aja..trus klu nlpon ke kontak darurat ksih tau dlu bila ada .....jgn di gubris gitu aja klu nangtangin suruh datang kerumah aja itu ga akan datang semua MODUSS BULSYIT hanya gertak dan uji mental kita biar kita kna dengan jiwa dan mntal kita jdi takut itu hanya PERDATA ingattt mba Nelly itu Hanya PERDATA ga ada sangkut pautnya dengan keplisian dan jerat hukum mlah mereka lah yg akan kena dngan jerat hukum dan terntimigasi dgn polisi hanya itu sja sran dri saya skian dan trimaksaih?

  • Menurut saya bila ternyata Pinjol itu Ilegal namanya rejeki ngak usah dibayar, sampean tinggal call aja keluarga/teman/kenalan yg di polsek atau polres, buat surat pengaduan atau pelaporan Pinjol yg Ilegal datang nagih padahal sampean korban penipuan, jadi jika setiap DC datang tlpon atau VC Pihak Berwajib.. Manusia mana yg ngak takut penjara krna uang 3-10jt????? ????
    Resiko mereka Mbak udah tau Ilegal masih mau beroperasi ????

  • Hapus data dari pengaturan, terus ganti nomor kontak di hp mba, entah tambahin nomor atw dikurangi nomor kontaknya. Tapi jgn nama kontak jgn dihapus. Gak usah dibayar.. mereka gak ada DC lapangan

  • Pinjol ilegal ga usah dibayar.. Emg resiko sebar data tp g akan seterusnya paling cm 1-2 mingguan.. Setelah itu aman.. Kirim broadcast message aja k semua kontak kl data disalahgunakan org g bertanggung jwb jd kl dpt pesan g usah digubris lgsg blokir.. Hrs kuatin mental kl ngadepin ancaman dr pinjol ilegal.. Mereka jg paling sebar data k bbrp kontak aja scr random g akan k smw nmr..

    • Diemin aja..itu DC cuma brani di wa..saya rasa itu DC pinjol k*nt*l nya dah dipotong ganti kelamin semua..

  • Ga usah dibayar gak apa apa.. ga ada resiko hukumnya, apalagi SLIK.. pinjol ilegal kayak gini mana bs rubah SLIK, orang ga terdaftar di OJK.. cuma ya itu.. data anda disebar dan dipermalukan aja. Emang begitu modusnya.. klo anda ga masalah ya udah blok aja atau buang nomornya. Selesai

    • Atau bisa juga sblm kontak anda di blast. Anda blast duluan kontak, ngmg dengan jujur anda kejebak pinjol ilegal bla bla bla... Jd klo nanti data disebar pinjol, org di kontak anda sudah paham tinggal abaikan aja. Itu sih menurut sy solusinya

      • Ini bearti kurang lebih seperti dana abadi yang didalam nya terdapat berbagai pilihan pinjol ilegal... Tapi se ilegal ilegalnya pinjol tersebut rasa saya sudah ada keterangannya terlebih dahulu mengenai besaran biaya admin dan tenornya.. Sebelum kita konfirmasi, dan ngerinya lagi biaya perpanjangan pinjaman nya 7 hari saja 700 rebu... Kalo pinjaman emas jangan di respon mbk.. Karna kalo kita pinjam di aplikasi pinjol ilegal.. Pinjaman emas pasti ikut nimbrung terus.. Pas dimaki maki baru dia jawab.. Maaf mas nomor saya di sadaf

      • Baca SS penagihannya, kog aneh banget ada capture tagihan dari kode negara +91 pas di cek di google adalah negara India. Udh ketahuan sih, kalau niatnya emang meras dengan modus nagih. Bisa2nya pengajuan 10 juta cuma 7.8 aja yg cair trus waktunya juga singkat banget.

        Pernah di posisi nolongin teman yg datang ke rumah nangis2 minta tolong dan stress berat karena kena puluhan pinjol. Pelan2 skrg masalahnya selesai, karena gali lubang tutup lubang. Setelahnya kapok banget dan ga akan pakai apk2 apapun katanya. Sama sih, merasa ga minjam tahu2 ada yg nagih dr Apk lain. Apa karena mereka ini saling bersinggungan ya. Jadi 1 data dipakai rame2 huhuhu. Sabar mbak, semoga jadi pelajaran bersama ya dan cepet selesai. Kuatkan mental, jangan sampai kalah sama mereka. Coba digertak aja

    • Kakak pernah ngalamin gak masalah pinjol ini...
      Dia akan terus2an gak teror semua kontak ketika kita gak bayar?

  • Sebar data itu sudah pasti..
    Dikirim random ke kontak yg ada di hp anda. Dipasang foto dan biasanya dikasi embel2 penipu investasi dll.
    Udah sampai tahap ini, saran saya ya ajukan lagi yg banyak sampai ketolak otomatis
    Jgn lupa, kalau mmg laporan polisi, update aja tiap hari di story wa kalau lagi ada teror dari DC pinjol, sertakan foto laporannya
    Ada wa masuk jgn dibaca, langsung blokir dan laporkan
    Ngga usah kepikiran, paling 1-2 Minggu aja rame chat, lama2 jg ilang sendiri

    • Kakak pernah mengalami nya,?
      Soalnya saya sedang ngalami sekarang, niat nya mau cari pinjaman close aplikasi, tapi sebagian sudah ada yg sebar data?

      • Ini saran saja kepada mrk yg kdg kepepet minjam online. Sebelum download aplikasi, pastikan HP yg digunakan adalah HP jadul yg sdh tdk terpakai dan masukkan nomer HP saudara atau teman AWUR2AN. Jd jhn pake HP sehari2 kita. Jd klu terjadi hal2 gila spt ini yg merugikan kita yg punya niat baik, dan mrk mengancam, matikan saja nomer HPnya dan biarkan mrk sibuk menghubungi nomer siluman dlm HP jadul kita. YA PINTAR DIKIT HADAPI PELAKU KEJAHATAN PINJOL SPT MRK.

  • Mau tanya mbak, blast email ke semua kontak di hari keberapa? Ini saya juga ngalamin kasus yang sama. Pinjaman emas juga ikutan neror.

    Jatuh tempo saya masih 2 hari lagi, udah dikejar suruh bayar, terus data disebar ke kontak darurat saya

    • Malah kadang2 sebelum jatuh tempo udah sebar data.
      Mulai dari SMS random ke kontak kita, sampai bikin grup penggalangan dana.
      Saran saya, private aja semua sosmed yg ada. Jgn bisa di tag/mention dr semua orang.
      Untuk wa, di setting supaya kalo dimasukkan ke grup, ga bisa otomatis.
      Tahan malu, paling 2-3 hari kita udah terbiasa.

  • Bagaimana dengan data yang sudah tersebar, mulai foto dan ktp
    Saya sedang ngalamin sekarang mohon bantuannya harus gimana

    • Sebar data itu sudah pasti
      Foto pada saat pengajuan, biasanya dikasi embel2 penipu investasi,maling, dll.
      Kalau mmg ngga mampu bayar, sudah biarkan aja
      Itu resiko kalo mmg ga mampu bayar, pasti mereka sebar data.
      Kuatkan mental, ga usah kepikiran orang mau mikir apa, paling sebulan juga udah tenang

  • Legal / tidak, sebaiknya tidak usah dibayar. Jika terjadi tindakan yg tidak mengenakan, maka anggap saja lunas. Itu resiko minjol.