Surat Pembaca

Penagihan DC Kredivo Tidak Sesuai SOP dan Sangat Tidak Beretika

Kepada Yth. Kredivo,

Saya meminjam uang dengan 6x angsuran, 4 angsuran saya lunasi tanpa masalah, sisa 2 angsuran saya telat 2 bulan lebih dikarenakan kehilangan pekerjaan. Telat 2 bulan, saya didatangi DC Kredivo 6 kali. Yang paling parah tanggal 29 Desember 2022, sehari didatangi 2 DC 2 kali (pukul 3 sore saya didatangi 2 orang DC Kredivo dan pukul 8 malam didatangi lagi 2 orang DC).

Bahkan saya sempat diancam mau diributkan kalau gak dibayar malam itu juga. Dia bilang ke saya, bahwa 2 orang teman DC-nya yang pernah datang ke tempat saya mau datang lagi rame-rame (total jadi 4 orang dong). Keren banget Kredivo, sisa 2 kali angsuran plus bunga total Rp1,5 juta, sampai saya mau dikeroyok DC Kredivo rame-rame.

Pengalaman saya didatangi DC Kredivo, Penagihan lapangan DC Kredivo tidak pernah sesuai SOP dan sangat tidak beretika. DC Kredivo tidak pernah menunjukkan identitas, surat tugas, dan sertifikasi debt collector.

DC Kredivo menagih dengan cara:

  • Mengancam tidak mau pulang sebelum dibayar.
  • Mengancam akan buat ribut kalo saya tidak bayar saat itu juga.
  • Menghina saya, membentak saya, dengan kata-kata sangat tidak pantas.
  • Mempermalukan saya dengan nada bicara yang keras dan membentak yang tentunya didengar oleh tetangga dan orang sekitar.

Saya tidak tahu apakah DC Kredivo berbuat seperti itu atas inisiatif mereka sendiri atau dikarenakan tekanan dari pihak internal Kredivo? Karena beberapa DC tersebut sebelum mereka menghina, membentak, dan mempermalukan saya. Mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka dapat tekanan dari bos (pihak internal Kredivo?) bahwa kalau gak tertagih DC-nya mau dipecat.

Pertanyaan saya apakah benar perusahaan legal sebesar Kredivo secara tidak langsung mendidik DC-nya untuk melakukan penagihan secara barbar karena adanya ancaman DC tersebut akan dipecat apabila tidak berhasil menagih???

Pada tanggal 30 Desember 2022, sudah saya lunasi semua tagihan Kredivo saya dan mengajukan penutupan akun secara permanen.

Untuk para DC, orang kalau ada uang juga bayar bang, jangan ditagih dengan cara tidak beretika, setiap orang akan ketemu masa susahnya. Untuk pihak Kredivo, tolong dibenahi cara penagihan DC lapangannya, karena kasus seperti ini sudah sering terjadi.

Untuk teman-teman semua, sampai bagaimanapun susahnya kita, usahakan jangan sampai terjerat aplikasi pinjol, sekalipun judulnya legal, karena banyak yang legal tapi rasa ilegal.

Akhir kata terima kasih untuk Media Konsumen.

Hadi
Tangerang, Banten


Catatan redaksi (diperbarui 1/16/2023): Surat ini mendapatkan tanggapan lanjutan dari pihak terkait sbb:

 

https://mediakonsumen.com/2023/01/16/tanggapan/tanggapan-kredivo-atas-surat-bapak-hadi-2

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Hadi

Terima kasih atas informasi yang Bapak Hadi sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 4 Januari 2023 pada kolom Surat Pembaca...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Krediv krediv. Makin takut buat pertahanin kredivo. Yowes dah dlm wktu dekat gw tutup juga dah ni akun krediv. Bye bye krediv

  • DC pinjol yg legal2 itu justru lbh gila dari yg ilegal, apalagi BANK, lebih edan lagi. Tapi Bank ga pernah di ekspos kan DC nya yg gila gilaan?

    Yang di ekspos cm pinjol ilegal, padahal pinjol ilegal itu cupu, cuma berani di telp atau WA, ya wajar yg ilegal ga punya cukup modal buat sewa pihak ke 3 yg sangar2. Kalo bank dan pinjol legal kan punya dana buat sewa pihak ke 3, dan karena mereka modal nya kuat ya "kebal hukum" laaah hahaha

    • Setuju banget,,,, harusnya pinjol legal lebih aman sekalipun ada keterlambatan bayar,, pengalaman saya koq malah dampak galbay pinjol legal lebih parah drpd galbay pinjol ilegal...

      Galbay pinjol legal vs galbay pinjol ilegal.

      Galbay pinjol legal
      1. Masuk bi checking / slik
      2. Bisa sebar data
      3. Bisa ada DC, yg rata ratanya tidak sesuai SOP
      Kalo lagi sial kena semua nya dr masuk bi checking / slik, sebar data sampai diapelin DC.

      Galbay pinjol ilegal cuma sebar data, ga ada DC, ga ada bi checking /slik.

      Melihat dampaknya dari galbay pinjol legal dan ilegal, otak saya jd rusak,,, mana yg legal mana yg ilegal jadinya???? ?????

  • Gini saja, dc dc itu kan freelance, orang jalanan yg butuh makan, secara derajat kita lbh tinggi dari mereka, jangan biarkan mereka masuk rumah kita, karena itu adalah property kita, kita berhak usir mereka, gunakan alat utk mengusir mereka bs golok, kunci inggris, stik golf, kl gak keluar juga , hajar saja, ******. Mereka itu sampah.

    • Jgn gitu juga bossku,,, saya selama DC datang tidak pernah saya hindari dan saya selalu saya terima dgn baik, karena saya sadar ada hutang, bahkan ketika DC tsb bilang kesaya terancam dipecat kalo ga ketagih, saya jg bingung mau bayar ketika itu blum ada dananya. Cuma mereka ga mau tau malah makin keras, itu sebabnya setelah saya lunasi saya masukin ke media konsumen, dgn harapan pihak kredivo dan DC nya merubah cara penagihan yg tidak sesuai peraturan OJK, diluar sana masih byk org yg punya hutang dan blum mampu bayar, kalo dipermalukan dan dibuat sampai dipecat dr kerjaan gimana org mau bayar,,,, harusnya kan bisa ajukan keringanan ataupun ajukan perpanjangan waktu, karena org yg kehilangan pekerjaan bukan 1 hari atau 1 bulan lsg dpt kerjaan apalagi diakhir tahun jarang sekali ada lowongan pekerjaan

      • Dc itu sampah masyarakat, sama dgi lintah darat, kaki tangan rentenir, kl dlm dunia fauna semacam burung pemakan bangkai, sy gak pernah takut sama dc makin kasar sy lbh kasar. Sy gak hutang sm mereka koq. Kl dia yg mgutangin msh pantes lah, ini dia cuma hidup dari cari komisi

  • Kalo tanpa indentitas perlu di pertimbangkan apakah dari kredivo atau ngaku ngaku,biasanya si menunjukan rekapan cicilan berikut tunggakan,persetujuan kedua pihak.kalo lapor pun pastikan dulu dari pihak kredivo apa bukan

  • Kenapa gak "dijadi-in" aja sekalian?itu khan dirumah sendiri,kandang sendiri.
    Masa sih teman/tetangga diam saja?atau (maaf) apakah anda tdk bergaul dilingkungan?
    Tamu yg tdk punya adab,ya sikat saja sekalian !

  • Besok2 kalau keluarga, teman atau tetangg saya ada yg didatangi DC sial seperti kredivo.
    Sumpah saya akan bantu hadapin sama org satu RT. gak masalah dengan hutangnya. tapi kalau caranya begini saya ikut geram.

    DC nakal sudah seperti sampah masyarakat, gak bisa cari kerja ambil jalan pintas jadi DC nakal.

  • Selamat malam semuanya,,, mengenai masalah ini sudah diselesaikan dengan baik oleh pihak kredivo, dengan ini saya ucapkan terima kasih kepada media konsumen yg sudah membantu saya, dan pihak kredivo yg sudah menyelesaikan masalah ini dengan baik .
    Terima kasih

  • saya barusan di datengin DC kredivo, sumpah kasar dan ga manusiawi nagihnya..padahal tiap bulan dicicil walau ga sesuai tagihan, setidaknya saya ada niat bayar..pertama 1orang nagih ke saya kekurangan sisanya..saya bilang senin besok sisanya, eh tiba2 4orang ngerebutin saya dengan cara bentak2..nah baru dh temen2 saya pada dateng karena DC ny bikin ribut..akhirnya bubar dh, dan skrng malah ngancem2 lewat WA..