Penagihan DC Kredivo Tidak Sesuai SOP dan Sangat Tidak Beretika

Kepada Yth. Kredivo,

Saya meminjam uang dengan 6x angsuran, 4 angsuran saya lunasi tanpa masalah, sisa 2 angsuran saya telat 2 bulan lebih dikarenakan kehilangan pekerjaan. Telat 2 bulan, saya didatangi DC Kredivo 6 kali. Yang paling parah tanggal 29 Desember 2022, sehari didatangi 2 DC 2 kali (pukul 3 sore saya didatangi 2 orang DC Kredivo dan pukul 8 malam didatangi lagi 2 orang DC).

Bahkan saya sempat diancam mau diributkan kalau gak dibayar malam itu juga. Dia bilang ke saya, bahwa 2 orang teman DC-nya yang pernah datang ke tempat saya mau datang lagi rame-rame (total jadi 4 orang dong). Keren banget Kredivo, sisa 2 kali angsuran plus bunga total Rp1,5 juta, sampai saya mau dikeroyok DC Kredivo rame-rame.

Pengalaman saya didatangi DC Kredivo, Penagihan lapangan DC Kredivo tidak pernah sesuai SOP dan sangat tidak beretika. DC Kredivo tidak pernah menunjukkan identitas, surat tugas, dan sertifikasi debt collector.

DC Kredivo menagih dengan cara:

  • Mengancam tidak mau pulang sebelum dibayar.
  • Mengancam akan buat ribut kalo saya tidak bayar saat itu juga.
  • Menghina saya, membentak saya, dengan kata-kata sangat tidak pantas.
  • Mempermalukan saya dengan nada bicara yang keras dan membentak yang tentunya didengar oleh tetangga dan orang sekitar.

Saya tidak tahu apakah DC Kredivo berbuat seperti itu atas inisiatif mereka sendiri atau dikarenakan tekanan dari pihak internal Kredivo? Karena beberapa DC tersebut sebelum mereka menghina, membentak, dan mempermalukan saya. Mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka dapat tekanan dari bos (pihak internal Kredivo?) bahwa kalau gak tertagih DC-nya mau dipecat.

Pertanyaan saya apakah benar perusahaan legal sebesar Kredivo secara tidak langsung mendidik DC-nya untuk melakukan penagihan secara barbar karena adanya ancaman DC tersebut akan dipecat apabila tidak berhasil menagih???

Pada tanggal 30 Desember 2022, sudah saya lunasi semua tagihan Kredivo saya dan mengajukan penutupan akun secara permanen.

Untuk para DC, orang kalau ada uang juga bayar bang, jangan ditagih dengan cara tidak beretika, setiap orang akan ketemu masa susahnya. Untuk pihak Kredivo, tolong dibenahi cara penagihan DC lapangannya, karena kasus seperti ini sudah sering terjadi.

Untuk teman-teman semua, sampai bagaimanapun susahnya kita, usahakan jangan sampai terjerat aplikasi pinjol, sekalipun judulnya legal, karena banyak yang legal tapi rasa ilegal.

Akhir kata terima kasih untuk Media Konsumen.

Hadi
Tangerang, Banten


Catatan redaksi (diperbarui 1/16/2023): Surat ini mendapatkan tanggapan lanjutan dari pihak terkait sbb:

 

https://mediakonsumen.com/2023/01/16/tanggapan/tanggapan-kredivo-atas-surat-bapak-hadi-2

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Hadi

Terima kasih atas informasi yang Bapak Hadi sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 4 Januari 2023 pada kolom Surat Pembaca...
Baca Selengkapnya

148 komentar untuk “Penagihan DC Kredivo Tidak Sesuai SOP dan Sangat Tidak Beretika

    • 4 Januari 2023 - (18:36 WIB)
      Permalink

      Media konsumen lebih kena drpd lapor polisi yg butuh banyak ketek bengek lagi,, ga semudah itu lapor polisi

      36
      2
      • 4 Januari 2023 - (21:04 WIB)
        Permalink

        Hahaha saya juga pernah laporkan DC KREDIVO ke Media Konsumen ini dan atasan DC nya datang menemui saya ke rumah untuk minta maaf. Jangan mau kalau hanya dapat permintaan maaf Pak, suruh kasih punishment ke DC nya atau setidaknya di cut/pecat aja biar sekalian ga punya kerjaan dan merasakan gimana rasanya ga punya kerjaan!

        Padahal kebutuhan orang beda2, setidaknya cari solusi bukan malah bertindak layaknya preman.

        69
        1
        • 4 Januari 2023 - (21:08 WIB)
          Permalink

          Betul, org blum ada uang bayar malah dipermalukan,diancam segala,,, malah tidak sedikit yg samperin ketempat kerja,, padahal yg dibuat itu malah bikin org susah cari uang buat bayar karena udah dipermalukan atau bahkan ada yg dipecat,,, kl udah gitu mau bayar pakai apa… memang kadang DC ini pinpinbo, ga tau apa yg ada diotaknya

          28
          1
          • 5 Januari 2023 - (15:18 WIB)
            Permalink

            Lebih baik Pak Hadi berani ancam balik DC tersebut, dasarnya mereka Bentak-bentak, tapi ketika kita berani melawan dengan bentakan lebih kasar, nyali mereka menciut, kalaupun benar ngajak ribut dengan membawa nama perusahaan mereka gak akan berani, itu hanya bentakan saja

            17
          • 6 Januari 2023 - (06:59 WIB)
            Permalink

            DC pinjol ga ada otak. Berani kroyokan mending jd banci aja lo. Colletion/collector tujuan utamanya menagih, kalau nasabah baik bisa ketemu atau bisa dihubungi baik telp atau wa cari tau alasan nasabah galbay, kemudian beri solusi yang tepat disini lah pakai otaknya. Jangan dipermalukan, maaf org yg sudah dipermalukan hati2 buat DC nanti suatu saat ketemu nasabah yg kalap anda sendiri yg rugi.

          • 9 Januari 2023 - (09:10 WIB)
            Permalink

            Iya bener
            Saya mengalami, tp bukan DC Kredivo pinjol lain yg katanya legal. Dia sampai wa ke kantor saya, dengan kata kata kasar. Wa nya dia ss ke saya.
            Saya balas, terimakasih anda sudah menghilangkan rezeki saya untuk bayar pinjol ini, saya jadi makin sulit melunasinya.. silahkan tanggung jawab cicilan saya. Habis itu dia ga wa lagi (pakai no itu), wa pakai no lain hadeh…
            Bener kata pak Hadi, kita kan ga selalu rezeki itu lancar, yg penting bayar walau telat. Boleh minta link atau kontak pelajaran DC yg lewat batas/sampai mengancam pak?

        • 5 Januari 2023 - (09:13 WIB)
          Permalink

          Bukan hanya kredivo, sekarang finance FIF multifinance juga sudah seperti rasa pinjol cara penagihannya, menagih secara maksa dengan nada tinggi,padahal baru jatuh tempo belum telat sehari atau satu Minggu cara penagihannya memaksa sekali padahal motor tinggal 3 kali bayar lunas sudah.

          19
          • 5 Januari 2023 - (19:52 WIB)
            Permalink

            Bener tuh FIF juga sama… Arogan penagihan nya…. Wktu itu tlp berulang” x …saya angkat tlp bentak”saya… Pdahal saya udah bayar… Saya bentak balik tuh org FIF … Lgsg d matiin tlp nya… Dtlp balik, g bisa.. Emg dasar FIF

          • 5 Januari 2023 - (20:53 WIB)
            Permalink

            Fif mana mas ?

          • 5 Januari 2023 - (23:19 WIB)
            Permalink

            Ga usah bayar sekalian…..!!!Gitu aja kok repot.

        • 5 Januari 2023 - (10:54 WIB)
          Permalink

          Hrsnya rekam omongan mrk br viralkan dan lapor ke pihak polisi,ojk br ajuin somasi lngsng cipirit tuh pemberi kerja & DC

          12
        • 6 Januari 2023 - (08:02 WIB)
          Permalink

          Seperti yg di alami rekan saya. Jam 9 malam pun mereka datang dgn bertiga. Seperti mau merampok saja. Padahal secara UU dan peraturan maksimal sd jam 8 malam. Walau sdh ada pembayaran tetap saja ,di hari yg beda datang lg DC yg lain. Yg katanya beda boss. Dan lucunya saling menyalahkan. Dgn demikian sedikit bs di simpulkan kalau kredivo tidak profesional merekrut DC (orang2 di lapangan.)

          • 6 Januari 2023 - (08:07 WIB)
            Permalink

            Kalo pemikiran saya blum tentu kredivo salah merekrut org,,, karena banyakan dari DC DC tsb blg kesaya terancam dipecat apabila tidak tertagih..
            Bisa jadi ancaman mau dipecat itu yg buat DC DC kredivo jd tidak beretika saat penagihan

            1
            6
        • 6 Januari 2023 - (08:18 WIB)
          Permalink

          @mei sebenarnya saya ga harap permintaan maaf ,,, basi udah…
          Abis mempermalukan orang, trus minta maaf selesai,, ENAK BANGET….
          Saya hutang walau telat bayar juga masih saya lunasin berikut bunga bunga keterlambatannya .
          Tujuan saya masukin media konsumen kasih pelajaran aja bukan berharap permintaan maaf

        • 30 September 2023 - (12:27 WIB)
          Permalink

          cara lapor ke media konsumen gimana ya ka? saya juga mau lapor karena penagihan tim fc kredivo

          • 30 September 2023 - (12:41 WIB)
            Permalink

            Setelah kita melapor ke media konsumen, tindakan dari kredivo nya seperti apa ya? saya sudah pernah komplain ke csnya kredivo tp tidak ada tindakan apapun

          • 30 September 2023 - (12:37 WIB)
            Permalink

            Kan atas kiri ada 3 strip, diklik trus kirim surat, kalo baru pertama nanti diminta identitas KTP oleh pihak media konsumen, ikutin aja arahnnya

          • 30 September 2023 - (13:21 WIB)
            Permalink

            Kl cuma lapor ke cs nya aja ga ada gunanya, org org dia juga. kalo mau lapor ke cs nya minimal kirim bukti dan bilang mau viralin dimedia konsumen, biasanya dc nya dapat teguran.
            Kl masuk media konsumen paling nanti pihak kredivonya telpon kita trus menanggapi dimedia konsumen minta maaf, dan minta kita klarifikasi dimedia konsumen bahwanya permasalahan sudah diselesaikan

          • 30 September 2023 - (13:27 WIB)
            Permalink

            Kalau kasus saya mas, saya hampir setiap hari didatangi, padahal saya udah sempet melakukan pencicilan pas dia dateng di hari pertama. Terus tadi pagi sekitar jam 9 dia datang lagi, lalu di jam 12 dateng lagi tp dengan orang yang berbeda. Memangnya bisa ya orang lain yang menagih sedangkan data kita saja ada di orang yang pertama? Bahkan saat kakek saya sedang meninggal pun didatangi.

          • 1 Oktober 2023 - (11:43 WIB)
            Permalink

            Prosedurnya hanya org yg megang data kita dan memiliki surat tugas yg boleh menagih, kl dc kredivo banyakan anak kemarin sore, sok sok an, ga ada etikanya, wajar aja kelakuannya gitu

      • 5 Januari 2023 - (08:35 WIB)
        Permalink

        ya Allah yg sabar y mas..lapor balik aj mas..itu sdh melanggar penagihannya..semoga urusannya cpt selesai y امين

        10
      • 4 April 2023 - (04:39 WIB)
        Permalink

        Eh bener loh bang, dc kredivo tidak sesuai SOP, saya ditagih kerumah dan disuruh untuk menjual barang² dirumah, bahkan ketika saya beri tahu klo ngomong gausah kenceng2 karna ibu saya sedang sakit jantung, si dc ini malah sengaja ngomong nya lebih keras lg dan maksa masuk ke dalam teras rumah… Dia bahkan mengancam untuk membuat keributan bahkan tindakan kekerasan.. tolong ditindak lanjutilahh DC lapangan kaya bgtu

        • 3 Oktober 2023 - (11:16 WIB)
          Permalink

          Maaf yaa…saya mau tanya cara melaporkan DC kredivo yg gak sopan itu kemana yaa ? Suami saya pinjam di kredivo malah saya yg jd pelampiasan emosi DC… Saya udh jelasin suami saya jarang pulang dan gak bisa diprediksi pulangnya.. 2x DTG kerumah saya slalu baik2 tp jawaban DC itu hak sopan sampe matanya melototin saya

    • 5 Januari 2023 - (05:43 WIB)
      Permalink

      Semua sudah tertuang dlm UU pd saat penagihan jg harus menyertakan SOP serta id dan surat izin. Jika ada hal² diluar batas bisa dipidanakan itu DC !! Jelas harus punya Bukti² direkam, ingat Tidak ada Orang yang dipenjara gara² tidak bisa bayar hutang!! Kalau masalah hutang piutang ingin selesai pasti bisa di omongin restruktturisasi (byr pokoknya saja dan ditambah program diskon) itu!!

      Laporkan DC photo lansung dijerat UU !!

      23
      1
      • 6 Januari 2023 - (07:04 WIB)
        Permalink

        setuju dengan anda. DC yg bertindak seperti ini jgn kasi bebas tidak ada permintaan maaf, kita masalahin balik. kalau perusahaan tidak bisa menindak ambil jalur lain. Dibiarin makin menjamu DC seperti ini

    • 5 Januari 2023 - (10:06 WIB)
      Permalink

      Klw DC brani kroyok teriakin saja bikin gaduh dirumah rekam dan vdioin lapor kepolisi. Dripda nnti dimassa warga

    • 5 Januari 2023 - (11:34 WIB)
      Permalink

      Sudah lama pihak aplikasi atau leasing gak mau tahu, mungkin itu intinya, benar gak sih? Urusan SOP sesuai atau tidak spt urusan belakangan yg paling penting bagaimana penagihan spy dapat hasil, kalau misal kena batunya ya minta maaf, selesai. Gila memang, bahkan ada leasing baru pengajuan lalu dipending dulu krn suatu hal dr orang yg mengajukan, itu di tlp, di WA setiap hari kek sdh jadi ngutang. Gila memang apalagi sdh jadi ngutang dan telat bayar, gak ada yg peduli kita sakit, kena phk, nganggur, gak makan, dll. Intinya harus dibayar tepat waktu, semoga semua yg punya hutang dilunaskan dan mendapatkan rezeki cukup spy tdk terjerumus kembali pinjam bank atau aplikasi. Aamiin… Untuk saat ini saya kira pinjam aplikasi atau lainnya bukan utk hura2 atau senang2 tp memang sdh darurat dan pinjam sodara atau teman sulit.

      12
      • 3 Januari 2024 - (15:33 WIB)
        Permalink

        Laporkan semua perusahaan yg menghubungi dg nomor telpon yg berganti ganti karena itu ilegal.krn tdk menggunakan nomor telpon tetap yg terdaftar di setiap perusahaan.perusahaan yg ilegal akan segera ditutup krn melanggar aturan yg ada

    • 10 Januari 2023 - (14:31 WIB)
      Permalink

      Saya sudah 3 x datang DC kredivo nya.
      -Pertama dtg sendiri pakai motor BEAT WARNA HITAM PINK org nya baik sopan kata istri saya saya TDK berada di rumah (kerja) selang 2 Minggu kurLeb dtg lg
      -Kedua Org yang pertama datang LAGIdengan Teman nya pakai mobil MOBILIO PUTIH badan tmn nya besar tinggi, suara nya agak keras tapi tetap sopan.
      -Dan ketiga dtg lagi pakai motor beat street warna hitam… Awal nya serius dia ngomong nya, dan singkat cerita dia lihat PROFIL saya PAKAI BAJU ORMAS (PP) LENGKAP eh dia nya tiba2 baik banget ramah awal nya nanya2 Kenal org ini kenal org itu di ormas, saya jawab aja kenaL semua kebetulan yg di tanyain nya agak sanger jadi dia bersikap santai & kalo yg ini rajin bet ngapel kerumah sekali seminggu, yaa karena dia kawan dari kawan saya, saya anggap aja tamu, kasih kopi ??

      • 11 Januari 2023 - (10:45 WIB)
        Permalink

        maaf sebeluumnya bang, klo boleh tau sudah telat lebih dari berapa bulan sampe didatenginnya 3 kli bahkan tiap minggu? dan apakah mereka datang karna abang tidak merespon wa/telp yg mereka kirim??

      • 5 Januari 2023 - (09:44 WIB)
        Permalink

        Jangnkan kan penagihan langsung datang kermh ada penagihan lewat wa pun kata”nya tdk beretika dan tidak sopan mana sop kredivo ko ga dipake katanya legal ko terasa ilegal ….

        13
      • 4 Januari 2023 - (21:08 WIB)
        Permalink

        Dc kredivo memang ilegal semua, ga pernah ada yg resmi, itu preman pasar semua yg direkrut, makanya mereka ga punya identitas apapun seperti yg di sarankan ojk

        28
        3
        • 5 Januari 2023 - (17:42 WIB)
          Permalink

          Betul mas…kek temen ogut..doi preman pasar yg di rekrut jdi dc lapangan…yg penting asal punya tampang sangar aje bsa jdi dc mas. Kga jelas identitas nya asal disuruh ikut nagih dia ikut aja yg penting klo tagihan nya cair dia dapat komisi.

      • 5 Januari 2023 - (02:26 WIB)
        Permalink

        Kredivo
        Selalu WA, email penawaran buanga rendah,limit besar. Selalu saya abaikan, bukannya berhenti tapi malah makin terus menerus penawarannya. Kesel sendiri saya download isi data, ealah cuma diksh limit Rp. 150.000 ?????, auto detele dan non aktifkan semua izin lokasi dll.

        11
    • 6 Januari 2023 - (07:11 WIB)
      Permalink

      woii…lo tau ga alasan tuh nasabah ga bayar krn apa? orangnya skip ga?…sampe lo ambil sikap ky ga punya pelatihan diperusahaan lo. bukan cara gitu solusi biar orang bayar. lo ada kasi solusi ga?

      • 6 Januari 2023 - (07:24 WIB)
        Permalink

        @bro firman
        Betul sekali,,, solusinya ga ada
        Solusi mereka maksa orang janji kapan bayar dgn tempo rata rata harus 2 hari,,,
        Ga mau pulang sebelum dibayar…
        Yakin saya semua yg pernah jd korban DC DC kredivo betul ga gitu omongannya

  • 4 Januari 2023 - (18:26 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah di datangi DC kredivo 2x
    Yg pertama pas saya gk di rumah,karena saya lgi kerja, yg ke dua kbtulan saya lgi di rumah
    Saat itu saya betul” lgi gk pegang uang samsek ya, saya bilang aja ke DC nya klo saya akan bayarkn di awal bulan, tapi mereka baik, mereka cuma bilang baik Bu tpi tolong di tepati janji nya ya Bu untuk di bayarkan di awal bulan berikutnya.
    Dan awal bulan berikutnya sudah saya bayarkn, skrng sisa 1x cicilan lagi sekitar 314 RB
    Setelah itu ingin saya menutup acount kredivo secara permanen

    19
    1
    • 11 Januari 2023 - (11:07 WIB)
      Permalink

      maaf sebeluumnya mba, klo boleh tau sudah telat lebih dari berapa bulan sampe didatengin 2 kli dan itu tiap bulan atau beberapa minggu mereka sudah datang kembali? dan apakah mereka datang karna amba tidak merespon wa/telp yg mereka kirim??

      • 11 Januari 2023 - (11:31 WIB)
        Permalink

        Di datengin 2x itu krna yg prtama mereka gk ktmu syaa
        Dan sblmnya saya sudah konfirmasikan kepada mereka kalau saya akan bayarkn di awal bulan stlah gajian, nah DC yg pertama ini setuju, trus gak lama ada wa baru klo mereka mau dtng kerumah, itu DC yg kedua, sblmnya saya gk tau klo DC yg dtng itu orng yg berbeda dengan DC yg pertama, trnyta data saya sudah di pindah ke DC yg kedua itu, tpi mereka baik serius gk sprti yg di katakan ts di atas, mungkin bbrp ada yg arogan kali ya.
        Saya sampaikan aja se adanya klo saya hari ini beneran gk pegng uang
        Klo untuk awal bulan pasti syaa pegang uang dan bisa saya bayarkn kembali cicilannya dn ya mereka setuju gtu gk ada ancaman dsb. Knpa saya bisa di datengin DC karena saya telat bayar 3 bulan, karena qadarullah saat itu ibu saya msuk RS dan bnyk pengeluaran sampai akhirnya ibu syaa meninggal, saya msih memperbaiki ke uangan wktu itu jdi bnrn gk ada uang yg cukup buat bayar cicilan kredivo, sbnrnya klo ada DC hubungin kita, ya kita respon aja dngn baik,pasti mereka jga baik,kita jngn takut gtu, klo kita jelaskan kendala kita insyaallah mereka ngerti

      • 8 Oktober 2023 - (03:37 WIB)
        Permalink

        Saya juga telat bayar kredivo 3 bulan soalnya suami saya abis kena PHK di tmpt kerja nya lalu saya bingung gimana cara bayar nya. Pas udh 3 bln lebih ada DC internal kredivo wa ke saya menagih utang nya awalnya memang sopan lalu mengajak ketemu katanya mau ngobrol lgsg biar ada laporan ke kantor namun setelah saya blg saya bisa ketemu tapi saya mengajak 2 anak saya abis itu dia blg tidak jd mau ketemu, trs dia nanya² LG gmn pembayaran nya, saya blg akhir Bulan saya cicil pembayaran nya karena saya jg LG usaha kecil²an karena suami LG nganggur, eh tiba tiba dia wa, dia blg mau bayarin pinjaman saya dengan cara dia mengajak saya begituan. Kurang ajar bukan? Saya ingin melaporkan hal ini kepada pihak kredivo tapi tidak di tanggapi.

  • 4 Januari 2023 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Setahu saya perusahaan2 finance seperti pinjol legal dan perbankan untuk urusan external collector seperti itu tidak pakai orang dalam atau pegawai mereka sndiri tp kerjasama dengan perusahaan atau jasa penagihan. Mmg kl tdk mau repot ya jangan berurusan dengan pinjol.

    11
    2
    • 4 Januari 2023 - (18:41 WIB)
      Permalink

      Fintech legal pasti ada DC internal ya boss,, keterlambatan dibawah 90 hari masih ditangani DC internal,,, keterlambatan lewat diatas 90 hari baru DC external,, LAGIAN mau itu DC internal atau external selama itu kerjasama dgn kredivo, tetap harus sesuai SOP

      21
      5
      • 4 Januari 2023 - (19:19 WIB)
        Permalink

        You mau dc sesuai sop? Ya you karena utang ya harus bayar sesuai sop juga, gmn? Mendem kowe sajake 😀

        10
        32
        • 4 Januari 2023 - (19:52 WIB)
          Permalink

          Tangerang nya mana bang, saya juga pernah digituin.. DC nya masih muda.. tinggi putih.. songong

          2
          2
          • 4 Januari 2023 - (20:24 WIB)
            Permalink

            Itu saya tau,, biasa kalo ga ketagih pas pulang bawa motornya geber geber gitu ya,, pakai motor matic

        • 5 Januari 2023 - (09:26 WIB)
          Permalink

          Sing komen roto2 ga paham aturan ojk dan BI, onok seng mbelo DC onok seng mbelo nasabahe, kabeh iku wes onok aturane, bayar ataupun ga bayar kabeh iku onok aturane..

          Banyak dc yg cerita jika gagal menagih ga dpt gaji, itu udah resiko pekerjaan sama seperti sales yg gagal jualan ga dpt komisi, malah tindakan penagihan diluar ketentuan malah ujung2nya bisa pidana / nyawa jika si nasabah tidak terima..

          Hukuman ga bayar adalah blacklist BI, tugas dc adalah menjadi penengah untuk melakukan penagihan/ penyitaan (sesuai aturan) titik, mau dibayar ataupun ngga ketika ditagih si nasabah udah kena hukuman blacklist BI, jadi dc yg edukatif yang memiliki dan membawa wibawa perusahaan, belajar aturan dan ketentuan biar ngga terjadi hal hal yg tidak di inginkan di lapangan.. Itulah kenapa sertifikasi DC juga diperlukan..

          14
          • 5 Januari 2023 - (09:30 WIB)
            Permalink

            Yg bela belain penagihan barbar DC DC juga bro, biasa kebakaran jenggot DC DC nya, waktu nagihnya gaya preman, kelihatan hebat, kl udah masuk media konsumen atau masuk penjara baru mewek

          • 5 Januari 2023 - (09:36 WIB)
            Permalink

            Saya suka dengan komen “onok seng mbelo” ini… 🙂
            semoga menjadi pencerah buat pemirsa lainnya 🙂

          • 6 Januari 2023 - (07:22 WIB)
            Permalink

            ya gitu deh DC yg ga punya skill tapi maksa mau kerja, mau dapat insentif atau gaji tapi ga punya apa2 ya kaya gini ..di otaknya cuma nagih doang. bayar bayar dan bayar. tp ga punya kemampuan komunikasi yg baik, rasa empati, kemampuan negosiasi. modal bacot dan nyali secuil mau dapat gaji/insentif.

        • 5 Januari 2023 - (21:55 WIB)
          Permalink

          coba kau tagih saya dengan cara kaya gitu ,?
          w matiin sekalian,wong w ga ada utang ?

      • 4 Januari 2023 - (23:17 WIB)
        Permalink

        Anda sepertinya sudah paham sekali terus apa yg anda cari nama baik atau sudah malu ketauan ada hutang , simple aja bro kalau tidak telat anda tidak dicari…. Kecuali anda pinjam ke bank ada jaminan aset… Paling juga disita kalau tidak dibayar…
        Kalau mau malu sekalian tidak perlu dibayar minta dipukul sama DC biar dapat duit…

        6
        12
        • 5 Januari 2023 - (07:54 WIB)
          Permalink

          Budidayakan dl membaca dan memahaminya baru komen,,,,,
          Ga nyambung banget

          Kena mental DC 1 ini

          8
          2
          • 6 Januari 2023 - (07:28 WIB)
            Permalink

            tenang aja pak. org gitu ga ada bersyukurnya…sdh dikasi kerjaan nagih krn ada yg ga bayar. malah minta kita ada utang bayar biar ga dikejar…mudah2 semua orang yg punya utang bisa bayar dengan lancar tanpa telat…biar DC semua ga punya pekerjaan, akhirnya ga digaji atau ga dpt insentif. akhirnya berujung pemecatan krn perusahaan merasa tidak membutuhkan lagi.

        • 5 Januari 2023 - (09:22 WIB)
          Permalink

          Kalo ga tau cari tau sendiri buka GOOGLE, atau cukup diam aja, udah ga tau komen lagi ????

    • 4 Januari 2023 - (18:47 WIB)
      Permalink

      Biasakan budidayakan membaca dulu dan memahami dlp, baru komen boss, ga nyambung komen lu.
      Pertama ga ada saya bahas masalah DC internal atau external, bahkan pengetahuan kamu tentang ini aja rendah.
      Kedua apa urusannya ga mau repot jgn berurusan dgn pinjol,, bukan soal repot ga repot bosss, ini saya bahas soal cara penagihan nya…

      15
      5
  • 4 Januari 2023 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Kenapa 4 kepala DCnya ndak diseret di jalan?

    Klo ketemu gw pasti habis itu dept collector, minimalnya kepalanya gw injek !!!

    29
    5
    • 4 Januari 2023 - (19:14 WIB)
      Permalink

      Udah sempat panas juga, cuma berusaha bersabar aja,,, memang sekali kali mesti digituin jadikan pelajaran untuk DC DC yg lain,,, agar tau cara penagihan sesuai sop karena mereka bekerja diperusahaan Fintech legal, bukan diperusahaan Fintech preman

      14
      4
  • 4 Januari 2023 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Betul sekali….kredivo harus membenahi semua DC mereka semuanya….penagihanya tidak sesuai SOP sama sekali….di tunggu aja dan di rekam aja semuanya ancaman dari DC kredivo…benar2 tidak sopan laporkan aja ke dan bikin rame aja sekalian

    13
      • 5 Januari 2023 - (14:17 WIB)
        Permalink

        Sebisa mungkin jangan pernah pinjam online. Saya jga pengalaman banget, lagi masa pandemik pertama di telepon terus, ga siang ga malem,hingga mengancam mau ke rumah ?

        • 5 Januari 2023 - (17:12 WIB)
          Permalink

          Betul bro, makanya pas lunasin lsg minta penutupan akun,,, ketemu legal rasa ilegal lebih parah drpd ketemu yg ilegal,, legal bisa sebar data, bisa ada DC,,, ilegal mentok disebar data.

        • 6 Januari 2023 - (04:44 WIB)
          Permalink

          Sebisa dan sepandai mungkin pinjam di pinjol ilegal maupun legal. Saya pernah pinjam di 20 pinjol, ketika saya galyar hampir frustasi.berbagai cara dilakukan hanya 10 pinjol yang bisa lunas. Sampai sekarang aman tidak ada DC yang datang. Jadilah debitur yang cerdas. Lain kali kalau mau pinjam di pinjol pakai strategi kaum millenial

          3
          1
  • 4 Januari 2023 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Lhu pernah kerja di perusahaan sebagai marketing gak ??
    Pasti lhu ditekan gimana caranya barang perusahaan yg dijual itu bisa terjual.
    Nah begitulah DC.

    2
    16
    • 4 Januari 2023 - (19:46 WIB)
      Permalink

      Hahahaha… Iya iya betul betul,,, lanjutkan cara penagihannya yg tidak sesuai sop dan bar bar,,, ????,,

      5
      4
      • 4 Januari 2023 - (20:37 WIB)
        Permalink

        Kalau marketing lhu kayak DC…gua pecat lhu.
        Pantesan perusahaan gua bangkrut,marketing nya macam lhu

        13
        • 4 Januari 2023 - (22:04 WIB)
          Permalink

          Sayang sekali org seperti lu bisa jd boss aneh banget,, mimpi jangan ketinggian,, wkkwkwkwkwkkw

          6
          4
          • 5 Januari 2023 - (07:39 WIB)
            Permalink

            Dari dulu DC keridivo cari masalh tetapi dari OJK ga ada tanggapan keras atau pun melapor ke polisi jg ga ada tindak lanjutin pinjol pinjol DC yg lain jg begitu kasar,pengacaman,sampe pencemaran nama baik

  • 4 Januari 2023 - (19:47 WIB)
    Permalink

    Waduh.. agak berlebihan ya ini..
    Saya tau DC emang perlu membentak dll untuk memotivasi supaya orang segera bayar, tp klo sampe ngajak ribut/maen fisik mah udah laen cerita.. emang ada ya jumlah hutang yg membuat layak untuk memukuli orang lain?
    Padahal klo diancem ribut pancing aja biar dipukul gan, trus lgs ke polsek terdekat minta visum.. abis itu bikin laporan. Bubar itu DC dijamin

    16
      • 5 Januari 2023 - (04:09 WIB)
        Permalink

        DC begitu karena kamu bagi mrk terlihat buta hukum, jadi kalau diapain saja hanya akan ketakutan, panik dan hanya mengeluh. dc itu pilih pilih orng untuk diperlakukan orang begitu, mrk akan menilai anda saat penagihan di wa, saat ditagih di wa DC mulai mengertak dan jika kamu terlihat gk ngerti hukum dan langsung panik serta ketakutan mohon” pada mrk, pasti akan ditagih dgn cara begitu / lebih keras lagi, perusahan itu membaca psikologi orang.

      • 5 Januari 2023 - (07:39 WIB)
        Permalink

        Kalo takut kan biasanya panik dan usaha maksimal jual ini itu supaya bayar.. logika DC begitu.. makanya biarpun aturannya mengancam dll dilarang, DC selalu begitu.. karena itu efektif secara psikologis. Perusahaan pinjol melihat respon kita juga, klo kitanya ciut diteken ampe memble ga berbentuk, klo kita bs balance, dlm artian kita punya itikad baik membayar, tp bkn berarti kita mau diperlakukan semena mena.. pasti ga berani DC juga, karena aturannya jelas..
        Makanya ane bilang, klo diancem ribut.. pancing aja biar dipukul, trus agan lari keliling komplek teriak minta tolong, abis itu lapor polisi minta visum.. kabur itu DC, setelah itu kita bakal liat tanggapan kredivo dan permintaan maaf di media konsumen.. ga bakal muncul lagi itu DC

        • 5 Januari 2023 - (07:58 WIB)
          Permalink

          Masukin ke media konsumen lebih asik, kan kelihatan beberapa para DC udah kebakaran jenggot disini,,, kwkwkwkw

          8
          1
  • 4 Januari 2023 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Betul sekali, teman kerja saya juga dapat perlakuan seperti itu , bahkan DC datang sampai ke tempat kerja, padahal sudah datang ke alamat rumah domisili, dan kontrakan teman saya, teman saya sudah ada itikat baik membayar 1x cicilan dulu karena belum ada uang, itupun pinjam ke saya, sisa 2 cicilan dan sudah di bilangi si DC akhir bulan di lunasin dan di tutup, tapi masih saja DC nya ga mau tau, ganggu teman saya kerja, akhirnya terpaksa tim security kami mengusir DC tersebut, agar tidak mengganggu di tempat kerja saya, padahal aturan OJK tidak memperbolehkan menagih ditempat kerja, evaluasi harusnya management kredivo untuk hal hal seperti ini agar tdk terulang terus.

    11
  • 4 Januari 2023 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Gw heran byk bgt org yg pd telat byr trs disamperin DC pada complain dimedsos , kl mau hidup tenang jgn minjem bro , apalagi sm pinjol… udah bunganya gede , kl loh mau sekalian ga usah loh byr , loh siapin aja tuh golok , pusing2 amat bro

    8
    7
    • 4 Januari 2023 - (20:42 WIB)
      Permalink

      Betul bro kl mau hidup tenang jgn minjam,,, tp kl masalah org komplain karena merasa dirugikan dgn cara penagihan yg tidak sesuai sop dan tidak beretika.
      Kalo cerita bawa golok apa bedanya lu sama DC itu, sama sama bar bar, media konsumen ini kita cari solusi terbaik dan kasih saran… Bukan barbar main golok segala macam

      11
      5
    • 4 Januari 2023 - (21:27 WIB)
      Permalink

      Semoga aja hidup lu kecukupan terus ya bro ,jgn sampe ngerasain di bawah sampe hutang ya,

      9
      1
    • 4 Januari 2023 - (22:18 WIB)
      Permalink

      Gw lebih heran lagi, kok masih banyak aja DC gaya preman pasar padahal sudah banyak yang komplain di medsos 🙂

      Pinjol itukan perlu debitur, kayak Supermarket perlu pembeli, kayak restoran perlu orang laper yang mampir makan.. 🙂

      Hubungan Pinjol dengan Debitur adalah bisnis yang diatur melalui kesepakatan kedua belah pihak.
      Pinjol dapet untung dari bunga, debitur dapet dana segar.

      Kalo debitur telat bayar, resiko pinjol yang sudah diatur juga dalam perjanjian..
      Potensi telat bayar kan sudah diperhitungkan juga oleh si Pinjol, bahkan tingkat persentase gagal bayar juga sudah diperhitungkan (alokasi budget biaya).
      Namanya aja Pinjol (salah satu produknya ya pemberian kredit) …
      kalo tu perusahaan nggak memperhitungkan hal2 ini berarti perusahaan itu
      bukan PINJOL tapi BENJOL 🙂

      Yang jadi masalah kan debitur telat bayar, turun pasukan preman.
      Sebetulnya ini yang memang seharusnya di blow-up melalui medsos…
      Supaya aturan bisnis pinjol-debitur berada di jalan yang benar…
      bukan di jalan yang sesat.. 🙂

      15
      1
      • 4 Januari 2023 - (22:25 WIB)
        Permalink

        Betul bro,,, makanya byk org yg galbay, pas ada uang pun sekalian ga mau dibayar,karena sudah dipermalukan, sudah diancam ancam, bahkan tidak sedikit yg disamperin ketempat kerjaan hingga debiturnya kehilangan pekerjaan.
        Jadi ketika debitur juga udah kena sanksi masuk bi checking / slik ketika galbay, DC mau nagih juga harus sesuai SOP, jgn gaya preman pasar

        10
        1
        • 5 Januari 2023 - (01:19 WIB)
          Permalink

          Di lihat dari komen balasan anda sih pintar, tp aslinya nol.
          DC pinjol lo tanyain SOP???
          Ngakak, wkwkwkwkwk

          4
          5
          • 5 Januari 2023 - (01:25 WIB)
            Permalink

            Kamu NANYE Muhamad?? Sehat muhamad?? ngomong ngomong lu tau gak sop itu apa???? Jgn jgn ga tau tp sok tau,,,

            8
            3
          • 5 Januari 2023 - (05:49 WIB)
            Permalink

            Sudah banyak berita kalau cara penagihan pinjol seperti preman…
            Tapi masih mau pinjam duit juga di pinjol ?….

            3
            2
          • 5 Januari 2023 - (10:57 WIB)
            Permalink

            Kasian kasian dc DC ga terima nih wkkwkwkwkkwk?????, mewek ga tuh

          • 11 Januari 2023 - (08:38 WIB)
            Permalink

            Woi DC sialan kamu, kalau sampe saudara, teman atau tetangga saya didatangi DC sialan seperti kredivo. saya ramaikan kamu ya DC, satu RT keluar semua. gak peduli yg hutang siapa.

        • 5 Januari 2023 - (11:34 WIB)
          Permalink

          @hadi, Komen org tholoool kalo ga bs berkata kata lagi ya nyebut org yg kontra dgn DC.
          Kalo sy mah malu nyebar aib punya hutang sendiri di media sosial, apalagi itu kesalahan sendiri. Kalo anda sih mgkn udah ga punya malu ya. Wajar sih

          1
          3
          • 5 Januari 2023 - (11:36 WIB)
            Permalink

            Kalo menurut anda saya sebar aib saya sendiri, kenapa anda yg kebakaran jenggot ?????

        • 6 Januari 2023 - (01:05 WIB)
          Permalink

          Sy kebakaran jenggot? Wkwkwkwk, ngakak.
          Yg sy lucu di tulisan anda, menanyakan SOP pinjol?
          Sdh puluhan keluhan terkait DC dsni dan mgkn anda jg sdh membacanya. Tp kemudian itu terjadi sama anda dan dgn belagak seolah olah tdk tau menanyakan SOP penagihan DC.
          Ga bs nyari tema baru ya tuk keluhan anda?

  • 5 Januari 2023 - (01:15 WIB)
    Permalink

    Kalau d datangi dc teriak2 nantang2 tantang balik pasti juga diam intinya klo dc baik kita baik kalo dc keras kita juga keras gtu aja sih hrus ada nyali aja jgn kendor lagian dc rata2 juga gk mau cari musuh baru

    • 6 Januari 2023 - (07:40 WIB)
      Permalink

      setuju…disini lah keliatan DC ga punya skill,otak ga dipake. nagih dan bacot doang yg dia tau. strategi, komunikasi yg baik sama negosiasi yg baik diperluin buat jd seorang DC.Biar ga ky preman pasar

    • 5 Januari 2023 - (10:41 WIB)
      Permalink

      Semua DC emang begitu, semua teman saya banyak yang jadi DC, mereka cuma cari uang untuk kehidupan mereka, inti nya kalau tidak berani sama DC jangan ada urusan sama pihak kredit apapun, kalau mereka sudah kelawat batas, tidak sesuai SOP, mengganggu atau sudah membuat kita tidak nyaman, tidak ada salah bikin mereka jadi koma. Ingat jangan di matikan, patah tulang tidak masalah.

        • 6 Januari 2023 - (07:43 WIB)
          Permalink

          patah tulang gpp klo kehilangan pekerjaan. Banyak juga kan tindakan DC yg menyebabkan nasabahnya kehilangan pekerjaan…Biar impas lah

          • 6 Januari 2023 - (07:48 WIB)
            Permalink

            @bro firman
            Kalo pribadi saya doakan DC DC nya semoga mereka dan keluarganya tidak sampai mengalami kesusahan apalagi sampai hutang.
            Pemikiran mereka sempit takut kehilangan pekerjaan apabila tidak tertagih tapi tidak mikir perbuatan mereka bisa masuk pidana, masuk penjara, mereka ga mikir kalo sampai kena pidana memang perusahaan mereka mau nanggung,,, yakin saya perusahaan pasti lepas tangan.

  • 5 Januari 2023 - (03:51 WIB)
    Permalink

    semoga gak ada netizen yg komen penulis gagal paham dan miskomunikasi dgn penjelasan dc kredivo.

    • 5 Januari 2023 - (10:25 WIB)
      Permalink

      videokan rekam buat laporan ke polda biar cpt ditindak sklian kredivo nya biar dicabut ijinnya,dc mental tempe mana brani nagih sendiri,??

  • 5 Januari 2023 - (04:04 WIB)
    Permalink

    sop buntut sop ayam enak tuh,
    dari pada diskusi gk jelas hehehe,
    anda baru digertak dimaki dibuat malu ke tetangga, yang pura pura mati pun sudah ada. Sebelum meminjam anda sudah paham betul syarat dan resiko pinjam uang pinjol / rentenir, Lebih baik pinjam ke keluarga atau ke bank.
    Memang DC mulut besar kayak TOA gaya nya preman pertanyaan nya apakah mereka berani berbuat pidana ke nasabah nya….?? Saya rasa tidak? kalau ada pun gk ada otak itu DC…
    Karena nasabah nya telat bayar datang tuh silahturahmi pak / ibu kapan dibayar pinjaman nya , saya belum ada uang nanti kalau sudah ada uang saya bayar, berapa lama sebulan, dua bulan , setahun memang kagak cape mereka coba dibalik aja posisinya , ada juga yg ngutang lebih galak..
    Main set nya dirubah dulu musibah nya kehilangan pekerjaan kenapa gk langsung ke kantor nya menjelaskan atau minta keringanan / tambahan waktu sebelum jatuh tempo.
    yg penting ada kejelasan pasti lebih baik dari pada diam saja..

    4
    1
    • 5 Januari 2023 - (11:09 WIB)
      Permalink

      @roni kamu yg ga paham
      1. Perjanjian hutang piutang dikredivo tidak pernah tercantum penagihan yg tidak sesuai SOP dan yg tidak beretika.
      2. Saya ga pernah nulis DC buat pidana ke saya atau nasabahnya ( itu lu sendiri yg nambah nambahin ).
      3. Main set kamu yg dirubah dl,kamu tau drmn saya tidak pernah minta tambahan waktu??
      Ga nyambung semua yg kamu komen,,,mending kamu bikin surat pembaca sendiri biar nyambung,

    • 5 Januari 2023 - (08:04 WIB)
      Permalink

      Ajukan chat di cs kredivo, mereka akan blg akun sudah aktiv ga bisa ditutup permanent, ss aja buat bukti bahwanya sudah mengajukan penutupan akun,

  • 5 Januari 2023 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah anda sudah insaf,skrg anda tahu bukan pinjol sprti apa legal atu ilegal,semoga ini menjadi pelajaran yg berharga buat anda kedepan.

  • 5 Januari 2023 - (10:03 WIB)
    Permalink

    Lari keluar terus teriakin maling atau rampok aja….tar warga dateng….dia kabur….paling digebukin se RT gapp org kayak gitu layak dapet bogem rame2.

  • 5 Januari 2023 - (11:43 WIB)
    Permalink

    ehmm hampir rata2 semua DC memang seperti itu. mana ada penagihan yg pake sopan santun? dikira mau lamar pekerjaan kali?
    jd sebelum meminjam, pikir masak2 ribuan kali, dimulai dari “Yakin bisa lunas tanpa telat 1 hari pun?” “Seberapa pentingkah pinjaman ini harus dilakukan?” “Pinjam teman / kerabat / sodara dekat dulu apa bisa?”

    • 5 Januari 2023 - (19:52 WIB)
      Permalink

      @herwin ente udah kayak dukun aja bisa meramal masa depan .
      1. namanya org minjam pasti berusaha bayar tepat waktu,,,
      2. Hidup ga ada jaminan,,, org yg minjam dan tiba tiba galbay itu kebanyakan org yg kehilangan pekerjaan,,, memang kehilangan pekerjaan bisa diprediksi???

      • 6 Januari 2023 - (09:47 WIB)
        Permalink

        kehilangan pekerjaan memang diluar prediksi, tp setidaknya dlm setiap planning harus ada plan A, plan B, bahkan plan C. Anyway kehilangan pekerjaan atau dipecat istilahnya, tentu ada pesangon dong. ga serta merta hilang begitu saja

        • 6 Januari 2023 - (09:53 WIB)
          Permalink

          Org yg kehilangan pekerjaan, sisa uang ga seberapa digunakan untuk makan dan utamakan keluarga dulu boss,,, bukan bayar hutang dulu, hutang tetap harus dibayar, dan telat bayar pun ada konsekuensi denda bunga keterlambatan,,,
          Kalo hanya dgn plan a, b, c bisa beres,, semua orang hidup senang,,, ga ada lagi pinjol, ataupun DC,,, makanya saya bilang udah kyk dukun aja ramalannya canggih,,,, kalo ikut kontes catur bisa juara dunia bro, karena bro udah bisa ramal terlalu detail dan akurat

  • 6 Januari 2023 - (10:01 WIB)
    Permalink

    Krediv krediv. Makin takut buat pertahanin kredivo. Yowes dah dlm wktu dekat gw tutup juga dah ni akun krediv. Bye bye krediv

  • 6 Januari 2023 - (12:03 WIB)
    Permalink

    DC pinjol yg legal2 itu justru lbh gila dari yg ilegal, apalagi BANK, lebih edan lagi. Tapi Bank ga pernah di ekspos kan DC nya yg gila gilaan?

    Yang di ekspos cm pinjol ilegal, padahal pinjol ilegal itu cupu, cuma berani di telp atau WA, ya wajar yg ilegal ga punya cukup modal buat sewa pihak ke 3 yg sangar2. Kalo bank dan pinjol legal kan punya dana buat sewa pihak ke 3, dan karena mereka modal nya kuat ya “kebal hukum” laaah hahaha

    • 6 Januari 2023 - (12:12 WIB)
      Permalink

      Setuju banget,,,, harusnya pinjol legal lebih aman sekalipun ada keterlambatan bayar,, pengalaman saya koq malah dampak galbay pinjol legal lebih parah drpd galbay pinjol ilegal…

      Galbay pinjol legal vs galbay pinjol ilegal.

      Galbay pinjol legal
      1. Masuk bi checking / slik
      2. Bisa sebar data
      3. Bisa ada DC, yg rata ratanya tidak sesuai SOP
      Kalo lagi sial kena semua nya dr masuk bi checking / slik, sebar data sampai diapelin DC.

      Galbay pinjol ilegal cuma sebar data, ga ada DC, ga ada bi checking /slik.

      Melihat dampaknya dari galbay pinjol legal dan ilegal, otak saya jd rusak,,, mana yg legal mana yg ilegal jadinya???? ?????

  • 6 Januari 2023 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Gini saja, dc dc itu kan freelance, orang jalanan yg butuh makan, secara derajat kita lbh tinggi dari mereka, jangan biarkan mereka masuk rumah kita, karena itu adalah property kita, kita berhak usir mereka, gunakan alat utk mengusir mereka bs golok, kunci inggris, stik golf, kl gak keluar juga , hajar saja, ******. Mereka itu sampah.

    • 6 Januari 2023 - (15:20 WIB)
      Permalink

      Jgn gitu juga bossku,,, saya selama DC datang tidak pernah saya hindari dan saya selalu saya terima dgn baik, karena saya sadar ada hutang, bahkan ketika DC tsb bilang kesaya terancam dipecat kalo ga ketagih, saya jg bingung mau bayar ketika itu blum ada dananya. Cuma mereka ga mau tau malah makin keras, itu sebabnya setelah saya lunasi saya masukin ke media konsumen, dgn harapan pihak kredivo dan DC nya merubah cara penagihan yg tidak sesuai peraturan OJK, diluar sana masih byk org yg punya hutang dan blum mampu bayar, kalo dipermalukan dan dibuat sampai dipecat dr kerjaan gimana org mau bayar,,,, harusnya kan bisa ajukan keringanan ataupun ajukan perpanjangan waktu, karena org yg kehilangan pekerjaan bukan 1 hari atau 1 bulan lsg dpt kerjaan apalagi diakhir tahun jarang sekali ada lowongan pekerjaan

      • 6 Januari 2023 - (19:19 WIB)
        Permalink

        Dc itu sampah masyarakat, sama dgi lintah darat, kaki tangan rentenir, kl dlm dunia fauna semacam burung pemakan bangkai, sy gak pernah takut sama dc makin kasar sy lbh kasar. Sy gak hutang sm mereka koq. Kl dia yg mgutangin msh pantes lah, ini dia cuma hidup dari cari komisi

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 148 komentar sampai saat ini..

Penagihan DC Kredivo Tidak Sesuai SOP dan Sangat Tidak Beretika

oleh Hadi dibaca dalam: 1 menit
148