Penagihan DC Kredivo Tidak Sesuai SOP dan Sangat Tidak Beretika

Kepada Yth. Kredivo,

Saya meminjam uang dengan 6x angsuran, 4 angsuran saya lunasi tanpa masalah, sisa 2 angsuran saya telat 2 bulan lebih dikarenakan kehilangan pekerjaan. Telat 2 bulan, saya didatangi DC Kredivo 6 kali. Yang paling parah tanggal 29 Desember 2022, sehari didatangi 2 DC 2 kali (pukul 3 sore saya didatangi 2 orang DC Kredivo dan pukul 8 malam didatangi lagi 2 orang DC).

Bahkan saya sempat diancam mau diributkan kalau gak dibayar malam itu juga. Dia bilang ke saya, bahwa 2 orang teman DC-nya yang pernah datang ke tempat saya mau datang lagi rame-rame (total jadi 4 orang dong). Keren banget Kredivo, sisa 2 kali angsuran plus bunga total Rp1,5 juta, sampai saya mau dikeroyok DC Kredivo rame-rame.

Pengalaman saya didatangi DC Kredivo, Penagihan lapangan DC Kredivo tidak pernah sesuai SOP dan sangat tidak beretika. DC Kredivo tidak pernah menunjukkan identitas, surat tugas, dan sertifikasi debt collector.

DC Kredivo menagih dengan cara:

  • Mengancam tidak mau pulang sebelum dibayar.
  • Mengancam akan buat ribut kalo saya tidak bayar saat itu juga.
  • Menghina saya, membentak saya, dengan kata-kata sangat tidak pantas.
  • Mempermalukan saya dengan nada bicara yang keras dan membentak yang tentunya didengar oleh tetangga dan orang sekitar.

Saya tidak tahu apakah DC Kredivo berbuat seperti itu atas inisiatif mereka sendiri atau dikarenakan tekanan dari pihak internal Kredivo? Karena beberapa DC tersebut sebelum mereka menghina, membentak, dan mempermalukan saya. Mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka dapat tekanan dari bos (pihak internal Kredivo?) bahwa kalau gak tertagih DC-nya mau dipecat.

Pertanyaan saya apakah benar perusahaan legal sebesar Kredivo secara tidak langsung mendidik DC-nya untuk melakukan penagihan secara barbar karena adanya ancaman DC tersebut akan dipecat apabila tidak berhasil menagih???

Pada tanggal 30 Desember 2022, sudah saya lunasi semua tagihan Kredivo saya dan mengajukan penutupan akun secara permanen.

Untuk para DC, orang kalau ada uang juga bayar bang, jangan ditagih dengan cara tidak beretika, setiap orang akan ketemu masa susahnya. Untuk pihak Kredivo, tolong dibenahi cara penagihan DC lapangannya, karena kasus seperti ini sudah sering terjadi.

Untuk teman-teman semua, sampai bagaimanapun susahnya kita, usahakan jangan sampai terjerat aplikasi pinjol, sekalipun judulnya legal, karena banyak yang legal tapi rasa ilegal.

Akhir kata terima kasih untuk Media Konsumen.

Hadi
Tangerang, Banten


Catatan redaksi (diperbarui 1/16/2023): Surat ini mendapatkan tanggapan lanjutan dari pihak terkait sbb:

 

https://mediakonsumen.com/2023/01/16/tanggapan/tanggapan-kredivo-atas-surat-bapak-hadi-2

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Hadi

Terima kasih atas informasi yang Bapak Hadi sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 4 Januari 2023 pada kolom Surat Pembaca...
Baca Selengkapnya

148 komentar untuk “Penagihan DC Kredivo Tidak Sesuai SOP dan Sangat Tidak Beretika

  • 7 Januari 2023 - (10:07 WIB)
    Permalink

    Kalo tanpa indentitas perlu di pertimbangkan apakah dari kredivo atau ngaku ngaku,biasanya si menunjukan rekapan cicilan berikut tunggakan,persetujuan kedua pihak.kalo lapor pun pastikan dulu dari pihak kredivo apa bukan

  • 7 Januari 2023 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Kenapa gak “dijadi-in” aja sekalian?itu khan dirumah sendiri,kandang sendiri.
    Masa sih teman/tetangga diam saja?atau (maaf) apakah anda tdk bergaul dilingkungan?
    Tamu yg tdk punya adab,ya sikat saja sekalian !

  • 11 Januari 2023 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Besok2 kalau keluarga, teman atau tetangg saya ada yg didatangi DC sial seperti kredivo.
    Sumpah saya akan bantu hadapin sama org satu RT. gak masalah dengan hutangnya. tapi kalau caranya begini saya ikut geram.

    DC nakal sudah seperti sampah masyarakat, gak bisa cari kerja ambil jalan pintas jadi DC nakal.

  • 12 Januari 2023 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Selamat malam semuanya,,, mengenai masalah ini sudah diselesaikan dengan baik oleh pihak kredivo, dengan ini saya ucapkan terima kasih kepada media konsumen yg sudah membantu saya, dan pihak kredivo yg sudah menyelesaikan masalah ini dengan baik .
    Terima kasih

  • 9 Februari 2023 - (21:41 WIB)
    Permalink

    saya barusan di datengin DC kredivo, sumpah kasar dan ga manusiawi nagihnya..padahal tiap bulan dicicil walau ga sesuai tagihan, setidaknya saya ada niat bayar..pertama 1orang nagih ke saya kekurangan sisanya..saya bilang senin besok sisanya, eh tiba2 4orang ngerebutin saya dengan cara bentak2..nah baru dh temen2 saya pada dateng karena DC ny bikin ribut..akhirnya bubar dh, dan skrng malah ngancem2 lewat WA..

  • 9 Februari 2023 - (21:57 WIB)
    Permalink

    satu lagi yang saya bingung apakah DC KREDIVO nagih bisa diluar alamat pengajuan/KTP, masa DC nagih saya ke kantor, dan ngancam mau bilang ke atasan saya kalo ga bayar sisa angsurannya..saya sudah pernah minta solusi lewat email ke kredivo, agar bisa di skejul ulang hutang saya, dengan maksud gak apa2 hutang dan bunga saya tetap ada, asal cicilan saya tidak terlalu besar, dan gpp harus nambah bulan cicilannya, tapi jawabannya gak bisa dan tetap harus bayar sesuai nominal…

    • 11 Februari 2023 - (20:36 WIB)
      Permalink

      @bro Inonkkramotak sekalian share ke yg lain.
      1. Pertama sampai ketiga kali dc kredivo biasa datang sendiri, ke 4 x dan seterusnya berdua / bisa ber 4, tujuannya nakutin debitur dgn cara keroyokan, itu salah satu kemampuan dc selain mempermalukan debitur.
      Jadi saran saya ketika terjadi didatangi lbh dr 1 dc, layani hanya dc yg ada surat tugas dan identitasnya, karena seberapa byk dc yg datang hanya 1 dc yg mengantongi surat tugas dan identitas, dc itu merasa datangi debitur ber 4 udah hebat, mereka ga mikir ketika mereka datang ber 4 itu dikandang siapa?, saya yakin mau datang ber 4 atau 10 org pun ga ada keberanian mereka buat main fisik.
      2. Ngancam lewat WA susah susah gampang, sekalipun di ss untuk bukti, pada akhirnya pihak kredivo lepas tangan dgn cara hati hati penipuan ( dalam arti pihak kredivo juga tidak akan mengakui bahwa nya dc itu dr pihak kredivo) karena dc yg chat di WA itu nomornya random, jd mudah buat pihak kredivo ngeles.
      3. Sepengalaman saya dc kredivo cukup bar bar jd kalo sangat memungkinkan mereka datang kekantor, karena byk yg sudah mengeluh dimedia konsumen mengenai hal tersebut.
      4. Saran saya ketika didatangi dc kredivo siapin HP, dan santai aja, selama dc dc tsb melakukan penagihan sesuai sop jgn direkam, tp kl udah kelewat batas lsg rekam dan viralkan.
      # kasus saya diatas saya selesai gitu aja karena kurangnya bukti dalam bentuk rekaman video dan suara

      • 12 Februari 2023 - (11:08 WIB)
        Permalink

        Kemarin juga baru aja ada yg datang ke kontrakan saya padahal yg mengontrak sebelumnya sudha pindah. Padahal hutang sudah hampir 1 tahun tp masih di datangi oleh dc kredivo, awalnya dc yg datang baik2 semua sampe saya jelaskan bahwa org tersebut tidak ada lg, smpe kmrn bapak2 berteriak2 bayar hutang lu jgn mau pinjam saja. Pdahal orang yg punya hutang sudah tidak tinggal dikontrakan saya tp saya yg di terror trus. Dan mereka tidak percaya -_- sampe tetangga2 saya sudah mulai tidak nyaman. Saya jd tidak enak dengan mereka yg berhutang padahal bukan saya. Namun alamat kontrakan sy masih tertera di kredivo orang tersebut.

  • 28 Februari 2023 - (13:18 WIB)
    Permalink

    saya juga baru kemarin di datangin dc kredivo daerah banjarmasin , dia datang ke tempat kerja sampai ngancam2 ke mau mempermalukan saya , padahal saya posisi lagi kerja itu , saya bilang lagi ngak punya uang tapi dia malah ngomong kasar dan keras ngak mau tau katanya , saya gugup dan bingung malu juga

  • 29 April 2024 - (16:24 WIB)
    Permalink

    Sama nih hari ini didatengin padahal udah bilang diusahain minggu ini DC nya malah ngotot harus hari ini dibayar kalo gak dia gak pulang… Ohhh yaudah terserah saya tinggal masuk aja ke dalem rumah

  • 4 Mei 2024 - (14:42 WIB)
    Permalink

    Saya jg baru galbay… Di banyak pinjol. Tp yg baru galbay, kredivo, julo, indodana ma Ammana fintek syariah. Msh ada LG pinjol2 Laen, macam home credit, jenius,Fin plus, gopinjam, spinjam dan spaylater dan tunaiku hanya menunggu waktu galbay. Saya skrg berkerjasama dgn Amalan international untuk membantu Maslah keuangan saya. Tp tetep ajjh DC 2 itu menagih.. luar biasa, mereka jg blg ga berkerjasama dgn Amalan. Amalan jg ga bs proteck kita. Threp DC 2 trsbt… Bingung mo terus dgn Amalan atau DC memberi solusi korting harga ?

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 148 komentar sampai saat ini..

Penagihan DC Kredivo Tidak Sesuai SOP dan Sangat Tidak Beretika

oleh Hadi dibaca dalam: 1 menit
148