Surat Pembaca

Susah dan Ribetnya Ajukan Kenaikan Limit Citibank Kartu Kredit

Terima kasih Media Konsumen yang telah memuat surat pembaca saya. Izin posting dan sedikit curhat mengenai kekecewaan saya selaku nasabah lama Kartu Kredit Citibank

Saya Nasabah Citibank Garuda Platinum sejak tahun 2019 dan tidak memiliki riwayat macet dalam pembayaran tagihan Kartu saya. Sebelum sebelumnya Citibank menyediakan fasilitas kenaikan limit sementara dan bisa langsung approved tanpa ada syarat berbelit.

Hingga pada akhirnya, Saya mengajukan Kartu Kredit kedua yaitu Kartu Citi Reward. Saya memahami jika Kartu ini limitnya adalah gabungan, dengan biaya tahunan yang ditanggungkan tetap ditagihkan untuk setiap Kartu.

Yang mengejutkan adalah, ketika saya mengajukan kenaikan limit baik sementara maupun permanen. Pengajuan saya otomatis ditolak dengan reason kartu masih baru dan belum ada 9 (sembilan) bulan usia kartunya, meskipun yang saya ajukan adalah kenaikan limit untuk Kartu Garuda Platinum pun tetap ditolak.

Saya mengajukan sanggah ke CS dan setelah sedikit berdebat, pada akhirnya kenaikan limit sementara di kartu Garuda saya disetujui untuk jangka waktu 2 bulan. Dikarenakan merasa cukup merugikan dengan adanya kartu kedua, saya inisiatif untuk mengajukan penutupan kartu kedua (Citi Reward).

Pihak Retention Officer atas nama Olivia menghubungi saya pada 18 Januari 2023 untuk follow up terkait pengajuan penutupan kartu serta menanyakan alasan penutupan Kartu Citi Rewardnya. Saya sampaikan 2 poin alasan penutupan:

1. Dengan kartu kedua ini justru mempersulit saya dalam pengajuan limit sementara, walaupun limit permanen pun dari Citibank tidak pernah berikan sejak awal pengaktifan untuk kedua kartu.

2. Pihak marketing sangat mengganggu, karena setiap harinya beberapa kali menghubungi saya dengan nomor telepon yang berbeda beda hanya sekedar untuk menawarkan konversi transaksi ke cicilan (FYI, saya sudah bilang tidak bersedia namun masih ada beberapa marketing lain tetap menghubungi untuk menawarkan fasilitas ubah ke cicilan tersebut), sampai saya bosan memblokir nomor telepon marketing Citibank.

Pihak retention officer berusaha membujuk rayu saya agar tidak menutup kartu kredit saya dengan janji akan menghapus kontak saya di daftar target marketing serta akan diajukan ulang kenaikan limit kartu kredit secara permanen menggunakan data saya yang sudah ada sebelumnya.

Hari ini, 20 Januari 2023 saya mendapatkan notifikasi SMS dari Citibank jika pengajuan kenaikan limit Kartu Kredit Citibank saya tetap ditolak dengan alasan dokumen tidak lengkap, serta masih ada beberapa nomor telepon marketing yang masuk menghubungi saya tapi tidak saya hiraukan.

Di sini saya ingin tekankan memang kenaikan limit sepenuhnya hak dari pihak bank penerbit untuk menyetujui atau menolaknya, namun dengan adanya aturan jika terdapat Kartu Utama baru lalu pengajuan auto ditolak dengan reason usia kartu kurang dari 9 bulan hal tersebut seperti tidak masuk akal. Padahal saya sendiri awalnya juga mengajukan kenaikan limit untuk kartu yang pertama (dalam hal ini kartu pertama dan kedua dipukul rata dan dianggap tidak bisa ajukan kenaikan limit karena adanya kartu baru).

Sebagai nasabah yang sudah lumayan lama, tidak pernah ada kenaikan limit yang diberikan Citibank, padahal untuk kartu kredit lain seperti Mandiri, BRI sudah berkali kali berikan kenaikan limit bahkan tanpa saya ajukan. Saat ini saya hanya ingin tutup kartu tanpa dibujuk rayu oleh citibank dan tidak perlu berbelit-belit.

Terima kasih Mediakonsumen.

Wahyudi
Kebumen, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kan mau naik limit.. Dikasih 1 kartu lagi kan kayak naik limit.. Kalo baru dikasih kartu baru yah pasti bank akan tinjau lagi 9-12bln sejak kartu baru dikasih pak.. Seandainya bapak tutup kartu yg 1 juga gak ngaruh akan dinaikan limit pak... Karna dihitung 9-12bln sejak kartu terahkir lahir.. Saran saya pas ditagih iuran tahunan bilang aja tutup kartu.. Alasan limit ngak naik2.. Nah saat itu biasa sih langsung dinaikkan limitnya?

    • Gak juga sih kak, dikasih kartu baru limit tetap sama. Kan gabungan. Ya itu cuma dianggap jadi baru lagi sama citibank

  • Saya sendiri jg pengguna CC Citibank, sudh 5 thn. Sya jg prnah mengajukan kenaikan limit, pernah jg smpe pemakaian dket limit & pembayaran jg lancar, tpi ttep juga d tolak pengajuannya, tp memng pengajuanny melalui aplikasinya & tdk prnah kirim2 dokumen pndukung. Tp giliran pengajuan jenis lain, lgsung d approve.
    Betul marketingnya nawarin ubah cicilan mlebihi minum obat, smpai d luar jam 17.00 pun msih menelpon, saran sya instal aplikasi true caller aja pak, biar ketahuan itu dr Citibank, biar kita bisa lgsung reject.
    Dan betul jga, tmen sya ktika mau nutup CC Citibank mlah d persulit, hrus debat dulu, tp akhirnya d perpanjang dgn iuran tahunan dihapuskan. Tp anehnya tmen sya ini mlah limitnya bsa naik sndiri tnpa mengajukan pdhal awalnya limit sya lbh besar drpd punya dia, jenis CC nya pun lbih tinggi sya d banding dia dan pengajuan CC awalnya pun bersamaan, d tmpat yg sama, d marketing yg sama tp skrng limit dia lbih tinggi.
    Intinya memang sistem CC tiap bank itu sulit ditebak pak, kita juga tdk bsa maksa mreka hrus menuruti kita. Saran sya, jika memng sudh tdk nyaman, tutup slah satu or bahkan kduanya, dtang lgsung ke cabangnya sja, biar tdk debat2 lagi.