Surat Pembaca

Tidak Bisa Menyalin Data dari HP ke Flashdisk

Mungkin ada yang sedikit bingung dengan judul yang saya beri, jadi sebelum membaca perlu diketahui dahulu perangkat yang saya gunakan adalah HP Realme GT Neo2 yang saya beli sekitar 1 tahun lalu lebih. Tepatnya HP sudah saya operasikan pada 16 Desember 2021 dan perangkat diterima dengan kondisi aman tidak ada kerusakan.

Berikut bukti pembelian di Shopee.

Kendala mulai saya sadari sejak 6 bulan perangkat saya gunakan tapi saya pikir penyebabnya adalah Flashdisk OTG (FD OTG) jadi saya tidak terlalu memikirkannya. Tapi setelah 1 tahun berlalu saya coba menyalin lagi dengan FD OTG yang lain ternyata hal serupa masih terjadi. Sampai-sampai saya menggunakan 3 FD OTG yang berbeda tetapi hasilnya nihil dan tetap sama saja file yang saya coba salin tetap rusak.

Tapi saya coba menyalin file yang sama ke 3 FD OTG yang sama pula ke HP lain file baik-baik saja tidak ada kerusakan sedikitpun.

Berbagai macam cara sudah dicoba untuk mengatasi masalah tersebut tidak ada satupun cara yang berhasil, jadi saya asumsikan bahwa HP saya yang bermasalah mungkin software/firmware di HP-nya ada yang rusak.

Saya putuskan untuk reset pabrik dengan beranggapan bahwa masalah tersebut akan selesai, ternyata tidak ada perubahan sama sekali dan file tetap rusak.

Bagi yang bertanya “kenapa tidak coba salin lewat Laptop/PC?” Sudah saya coba tidak terdapat kendala apapun, lalu “Kenapa tidak salin data lewat Laptop/PC saja?” Jawabannya simple saya tidak punya Laptop/PC dan waktu itu saya coba salin lewat Laptop kantor andai pun saya punya tetap saja tidak menyelesaikan masalah saya.

Mungkin ada yang berpikir kenapa masalah sepele begini perlu membuat surat di Media Konsumen. Benar masalah ini memang sepele saja menurut saya tapi karena masalah sepele ini membuat kegiatan saya terhambat, saya perlu melakukan copy data dari perangkat satu kemudian saya copy lagi ke perangkat tujuan, buang-buang waktu dan tidak efisien.

Di tempat saya tidak ada Service Center Realme waktu itu dan baru buka sekitar 3 minggu yang lalu per hari ini saya membuat surat (12/02/23). Saya coba datangi SC Realme mereka menyarankan untuk update firmware “katanya” mungkin masalahnya di situ. Saya turuti saja walaupun saya sudah dapat update official langsung dari HP sebelumnya.

Sudah update firmware dari SC Realme-nya langsung dan iya, benar tebakan kalian masalahnya tidak terselesaikan. Saya tanya lagi “Apa ada kemungkinan masalah hardware?” jawabnya “Ada, tapi kemungkinan kecil tapi bisa jadi” Itupun dia tidak yakin apa bisa menyelesaikan masalah dan harga hardware-nya mahal, bisa buat beli 1 HP baru.

Mungkin ada yang bisa memberi saran, masukkan atau ada yang mengalami hal serupa dengan saya bisa berbagi pengalaman di kolom komentar karena SC Realme sendiri saja tidak tahu masalahnya apa.

KESIMPULAN

Masalah yang saya alami sebenarnya sudah saya sadari 6 bulan sejak HP saya gunakan tapi saya beranggapan kalau Flashdisk saya yang rusak jadi saya tidak terlalu menghiraukannya tapi benar-benar baru saya sadari 1 tahun lebih setelah HP saya pakai yang mana garansi sudah tidak berlaku lagi.

Masalah seperti ini bukan masalah yang saya inginkan sejak awal. Berbagai macam cara saya coba untuk mengatasinya tapi tidak ada satupun yang berhasil bahkan SC Realme juga gak tahu apa-apa. Jadi apa yang harus saya lakukan?

Mohon bantuannya Service Center Realme menyelesaikan masalah saya. Terima kasih.

Muhammad Mas’ud
Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Bisa upload data ke google drive, one drive, mega.nz, dropbox dll yg gratis
      Share data hp nya via wifi ke hp lain, pc,/laptop lain jg bisa. Bisa pakai droid transfer. Kalau memang tujuan nya untuk pindahin isi dari android. jika realme service centre ga mau bantu terus siapa lagi jika hp nya memang error.? Bawa ke tukang servis di sana mungkin mereka bisa perbaiki.

      • @Henryh sarannya sudah saya coba Kak, dan itu emng solusi yg bagus. Tapi tetap saja itu gk efisien waktu Kak. Sebenarnya saya cuman perlu biar file nya gk error atau tiap kali pindahin data ke flashdisk.

    • @Riovaldy Sudah coba pakek manager bawaan, trus pakek Google File sama WinRAR (Achieve). Hasilnya sama, file tetap rusak.

  • Saya ragu ini kerusakan atau bug firmware karena jika demikian maka efeknya akan masif, terdampak ke banyak pengguna dan cepat terekspos di forum Realme. Dugaan saya masalahnya entah itu di konektor USB-C atau di rangkaian dalam.

    Tebakan awal, mungkin ada pin USB jalur data yang defect atau kotor. Untuk mengetahuinya, gunakan konektor USB untuk fitur lain seperti dihubungkan ke headphone USB atau gamepad dengan mengaktifkan OTG (gunakan dongle USB-A female to USB-C male). Jika fitur yang disebut tidak berfungsi normal, maka kerusakan ada di pin USB.

    • Dia transfer data ke komputer gak ada masalah kalau dilihat tulisan ts. Masalah hanya ketika buka file dari flashdiak stlah ditransfer. Jd bukan salah pinnya

  • Bisa aja itu hp gk bisa fitur OTG. HP skrg kan fokusnya kamera bagus & bisa lancar main game doang.

      • Format FDD nya apa sudah FAT ?
        Saya pernah mengalaminya, gagal transfer ke FDD. Usut punya usut eh ga tahunya pakai FDD yg formatnya NTFS.
        Bisa dibaca tapi ga mau ditulis.

  • Oh bisa ya konsultasi apapun disini, termasuk sakit gigi obat yg manjur apa, konsultasi motor biker, konsultasi kos kosan murah, dan konsultasi tutorial ini itu . . Dll.

      • cantengan mah gr2 kuku nya offside, keluar jalur, sehingga menabrak daging. solusinya ya pake gunting kuku dibelek sedemikian rupa biar intinya kuku yg offside bs digunting & tak menabrak daging lg. kebetulan 2 jempol kaki sy seperti itu, dan secara rutin sy selalu memotongnya

        • @herwin herwin, betul. Kuku bagian samping kiri maupun kanan tumbuh menancap tembus masuk daging. Infeksi jadi cantengan. Kalau sdh bengkak ga bisa otak atik sendiri, harus ke dokter/rumah sakit di bius lokal, di bedah, bersihkan nanah, potong sedikit kuku nya di perban, kasih antibiotik salep dll.

          • begitu merasakan sakit dikit harus buru2 gunting kukunya yg tumbuh menyamping. kl didiemin aja, atau cuma dikasi betadine, ga ngefek, bakal makin parah, lalu infeksi, bisa demam juga gara2 itu

  • Sudah dinyalakan di pengaturan untuk mengaktifkan mode USB otg nya, karena OS milik Oppo dan realme ni mode USB otg nya gak auto plug & play Krn jika sudah di aktif gak lama mati sendiri mode USB otg nya beda dg brand milik Samsung xiaomi yg mode USB otg nya auto on terus, jika mode USB otg di pengaturan nya realme sudah di nyalakan coba format flashdisk disk nya dg format fat32/exfat/ Krn ada beberapa flashdisk yg gak mau terbaca di android klu format flashdisk Drive gak di dukung.
    Sama coba klu flashdisk nya di colok ke windows OS ada tulisan minta repair gak kalau ada repair dl soalnya kalau muncul repair seperti itu biasa nya flashdisk asal main cabut2 aja dan system' android gak bisa mengenali

    • Saya selalu melepas pasang dengan aman Kak, gk asal cabut. Selalu saya eject sebelum melepas. Untuk pengaturan OTG sudah saya setting juga. Yaa begitulah, hasilnya tetap rusak file nya.

  • Coba tes dulu dengan mengganti konektor charger, tapi kalau tetap tidak bisa, anda rugi ratusan ribu. Karena sudah terlanjur membeli modul charger itu dan pemasangannya membutuhkan alat2 khusus dan keahlian.

    Saran saya anda datang saja ke tempat service hape di ITC/mall (bukan service center), cari dan lihat tempat service hape (bukan toko sparepart hape) yang ramai orang2 sedang menunggu atau konsultasi hape (biasanya ini orang toko juga). Tempat service hape ini akan terlihat dari luar ada komputer, blower heat gun, solder, kaca pembesar dan hape2 servisan berjejer di etalase toko. Anda bisa konsultasi "langsung" dengan tehnisinya tanpa biaya, biasanya mereka sudah memiliki gambaran dari keterangan anda, berdasarkan pengalaman mereka.

    Jika anda di Jakarta saya bisa sarankan untuk ke ITC Roxy Mas atau ITC Cempaka Mas di lantai 4.

    • @Tukang Cilok lokasi saya di Sampit, Kalimantan Tengah Kak. Dari sarannya sepertinya perlu keahlian. Dan saya gk punya itu. Nanti saya coba bawa ke tukang service aja.

Penulis
Yandi