Tidak Bisa Menyalin Data dari HP ke Flashdisk

Mungkin ada yang sedikit bingung dengan judul yang saya beri, jadi sebelum membaca perlu diketahui dahulu perangkat yang saya gunakan adalah HP Realme GT Neo2 yang saya beli sekitar 1 tahun lalu lebih. Tepatnya HP sudah saya operasikan pada 16 Desember 2021 dan perangkat diterima dengan kondisi aman tidak ada kerusakan.

Berikut bukti pembelian di Shopee.

Kendala mulai saya sadari sejak 6 bulan perangkat saya gunakan tapi saya pikir penyebabnya adalah Flashdisk OTG (FD OTG) jadi saya tidak terlalu memikirkannya. Tapi setelah 1 tahun berlalu saya coba menyalin lagi dengan FD OTG yang lain ternyata hal serupa masih terjadi. Sampai-sampai saya menggunakan 3 FD OTG yang berbeda tetapi hasilnya nihil dan tetap sama saja file yang saya coba salin tetap rusak.

Tapi saya coba menyalin file yang sama ke 3 FD OTG yang sama pula ke HP lain file baik-baik saja tidak ada kerusakan sedikitpun.

Berbagai macam cara sudah dicoba untuk mengatasi masalah tersebut tidak ada satupun cara yang berhasil, jadi saya asumsikan bahwa HP saya yang bermasalah mungkin software/firmware di HP-nya ada yang rusak.

Saya putuskan untuk reset pabrik dengan beranggapan bahwa masalah tersebut akan selesai, ternyata tidak ada perubahan sama sekali dan file tetap rusak.

Bagi yang bertanya “kenapa tidak coba salin lewat Laptop/PC?” Sudah saya coba tidak terdapat kendala apapun, lalu “Kenapa tidak salin data lewat Laptop/PC saja?” Jawabannya simple saya tidak punya Laptop/PC dan waktu itu saya coba salin lewat Laptop kantor andai pun saya punya tetap saja tidak menyelesaikan masalah saya.

Mungkin ada yang berpikir kenapa masalah sepele begini perlu membuat surat di Media Konsumen. Benar masalah ini memang sepele saja menurut saya tapi karena masalah sepele ini membuat kegiatan saya terhambat, saya perlu melakukan copy data dari perangkat satu kemudian saya copy lagi ke perangkat tujuan, buang-buang waktu dan tidak efisien.

Di tempat saya tidak ada Service Center Realme waktu itu dan baru buka sekitar 3 minggu yang lalu per hari ini saya membuat surat (12/02/23). Saya coba datangi SC Realme mereka menyarankan untuk update firmware “katanya” mungkin masalahnya di situ. Saya turuti saja walaupun saya sudah dapat update official langsung dari HP sebelumnya.

Sudah update firmware dari SC Realme-nya langsung dan iya, benar tebakan kalian masalahnya tidak terselesaikan. Saya tanya lagi “Apa ada kemungkinan masalah hardware?” jawabnya “Ada, tapi kemungkinan kecil tapi bisa jadi” Itupun dia tidak yakin apa bisa menyelesaikan masalah dan harga hardware-nya mahal, bisa buat beli 1 HP baru.

Mungkin ada yang bisa memberi saran, masukkan atau ada yang mengalami hal serupa dengan saya bisa berbagi pengalaman di kolom komentar karena SC Realme sendiri saja tidak tahu masalahnya apa.

KESIMPULAN

Masalah yang saya alami sebenarnya sudah saya sadari 6 bulan sejak HP saya gunakan tapi saya beranggapan kalau Flashdisk saya yang rusak jadi saya tidak terlalu menghiraukannya tapi benar-benar baru saya sadari 1 tahun lebih setelah HP saya pakai yang mana garansi sudah tidak berlaku lagi.

Masalah seperti ini bukan masalah yang saya inginkan sejak awal. Berbagai macam cara saya coba untuk mengatasinya tapi tidak ada satupun yang berhasil bahkan SC Realme juga gak tahu apa-apa. Jadi apa yang harus saya lakukan?

Mohon bantuannya Service Center Realme menyelesaikan masalah saya. Terima kasih.

Muhammad Mas’ud
Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

51 komentar untuk “Tidak Bisa Menyalin Data dari HP ke Flashdisk

    • 13 Februari 2023 - (23:16 WIB)
      Permalink

      Bisa upload data ke google drive, one drive, mega.nz, dropbox dll yg gratis
      Share data hp nya via wifi ke hp lain, pc,/laptop lain jg bisa. Bisa pakai droid transfer. Kalau memang tujuan nya untuk pindahin isi dari android. jika realme service centre ga mau bantu terus siapa lagi jika hp nya memang error.? Bawa ke tukang servis di sana mungkin mereka bisa perbaiki.

      • 14 Februari 2023 - (19:51 WIB)
        Permalink

        @Henryh sarannya sudah saya coba Kak, dan itu emng solusi yg bagus. Tapi tetap saja itu gk efisien waktu Kak. Sebenarnya saya cuman perlu biar file nya gk error atau tiap kali pindahin data ke flashdisk.

    • 14 Februari 2023 - (21:41 WIB)
      Permalink

      @Riovaldy Sudah coba pakek manager bawaan, trus pakek Google File sama WinRAR (Achieve). Hasilnya sama, file tetap rusak.

  • 14 Februari 2023 - (01:07 WIB)
    Permalink

    Saya ragu ini kerusakan atau bug firmware karena jika demikian maka efeknya akan masif, terdampak ke banyak pengguna dan cepat terekspos di forum Realme. Dugaan saya masalahnya entah itu di konektor USB-C atau di rangkaian dalam.

    Tebakan awal, mungkin ada pin USB jalur data yang defect atau kotor. Untuk mengetahuinya, gunakan konektor USB untuk fitur lain seperti dihubungkan ke headphone USB atau gamepad dengan mengaktifkan OTG (gunakan dongle USB-A female to USB-C male). Jika fitur yang disebut tidak berfungsi normal, maka kerusakan ada di pin USB.

    • 14 Februari 2023 - (11:36 WIB)
      Permalink

      Dia transfer data ke komputer gak ada masalah kalau dilihat tulisan ts. Masalah hanya ketika buka file dari flashdiak stlah ditransfer. Jd bukan salah pinnya

      • 15 Februari 2023 - (11:26 WIB)
        Permalink

        Format FDD nya apa sudah FAT ?
        Saya pernah mengalaminya, gagal transfer ke FDD. Usut punya usut eh ga tahunya pakai FDD yg formatnya NTFS.
        Bisa dibaca tapi ga mau ditulis.

  • 14 Februari 2023 - (05:52 WIB)
    Permalink

    Oh bisa ya konsultasi apapun disini, termasuk sakit gigi obat yg manjur apa, konsultasi motor biker, konsultasi kos kosan murah, dan konsultasi tutorial ini itu . . Dll.

    2
    2
        • 14 Februari 2023 - (12:54 WIB)
          Permalink

          https://c.realme.com/in/post-details/1516429335811174400
          Ada masalah firmware bug di android 12 di hp realme neo gt2 dimana otg connection selalu nyala atau tidak bisa mati walau sdh safely remove /safely eject. Jika di paksa cabut usb fdd nya akan menyebabkan data corrupt.
          Solusi. Jangan langsung cabut fdd otg, tapi matikan /shut down hp terlebih dahulu. Baru aman cabut usb fdd otg nya.

          • 14 Februari 2023 - (20:56 WIB)
            Permalink

            @Henryh saya juga sudah cek2 beberapa pengaturan di HP. Memang gak bisa.

      • 14 Februari 2023 - (12:43 WIB)
        Permalink

        cantengan mah gr2 kuku nya offside, keluar jalur, sehingga menabrak daging. solusinya ya pake gunting kuku dibelek sedemikian rupa biar intinya kuku yg offside bs digunting & tak menabrak daging lg. kebetulan 2 jempol kaki sy seperti itu, dan secara rutin sy selalu memotongnya

        • 14 Februari 2023 - (13:07 WIB)
          Permalink

          @herwin herwin, betul. Kuku bagian samping kiri maupun kanan tumbuh menancap tembus masuk daging. Infeksi jadi cantengan. Kalau sdh bengkak ga bisa otak atik sendiri, harus ke dokter/rumah sakit di bius lokal, di bedah, bersihkan nanah, potong sedikit kuku nya di perban, kasih antibiotik salep dll.

          • 14 Februari 2023 - (13:29 WIB)
            Permalink

            begitu merasakan sakit dikit harus buru2 gunting kukunya yg tumbuh menyamping. kl didiemin aja, atau cuma dikasi betadine, ga ngefek, bakal makin parah, lalu infeksi, bisa demam juga gara2 itu

  • 14 Februari 2023 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Sudah dinyalakan di pengaturan untuk mengaktifkan mode USB otg nya, karena OS milik Oppo dan realme ni mode USB otg nya gak auto plug & play Krn jika sudah di aktif gak lama mati sendiri mode USB otg nya beda dg brand milik Samsung xiaomi yg mode USB otg nya auto on terus, jika mode USB otg di pengaturan nya realme sudah di nyalakan coba format flashdisk disk nya dg format fat32/exfat/ Krn ada beberapa flashdisk yg gak mau terbaca di android klu format flashdisk Drive gak di dukung.
    Sama coba klu flashdisk nya di colok ke windows OS ada tulisan minta repair gak kalau ada repair dl soalnya kalau muncul repair seperti itu biasa nya flashdisk asal main cabut2 aja dan system’ android gak bisa mengenali

    • 14 Februari 2023 - (21:46 WIB)
      Permalink

      Saya selalu melepas pasang dengan aman Kak, gk asal cabut. Selalu saya eject sebelum melepas. Untuk pengaturan OTG sudah saya setting juga. Yaa begitulah, hasilnya tetap rusak file nya.

  • 14 Februari 2023 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Coba tes dulu dengan mengganti konektor charger, tapi kalau tetap tidak bisa, anda rugi ratusan ribu. Karena sudah terlanjur membeli modul charger itu dan pemasangannya membutuhkan alat2 khusus dan keahlian.

    Saran saya anda datang saja ke tempat service hape di ITC/mall (bukan service center), cari dan lihat tempat service hape (bukan toko sparepart hape) yang ramai orang2 sedang menunggu atau konsultasi hape (biasanya ini orang toko juga). Tempat service hape ini akan terlihat dari luar ada komputer, blower heat gun, solder, kaca pembesar dan hape2 servisan berjejer di etalase toko. Anda bisa konsultasi “langsung” dengan tehnisinya tanpa biaya, biasanya mereka sudah memiliki gambaran dari keterangan anda, berdasarkan pengalaman mereka.

    Jika anda di Jakarta saya bisa sarankan untuk ke ITC Roxy Mas atau ITC Cempaka Mas di lantai 4.

    • 14 Februari 2023 - (21:43 WIB)
      Permalink

      @Tukang Cilok lokasi saya di Sampit, Kalimantan Tengah Kak. Dari sarannya sepertinya perlu keahlian. Dan saya gk punya itu. Nanti saya coba bawa ke tukang service aja.

  • 14 Februari 2023 - (16:27 WIB)
    Permalink

    Hp Realme memang seperti itu,diusahakan setelah menyalin data selesai,fd jangan langsung dicabut,diam kan 2-5 menit,baru di cabut,..kalau slesai lngsung dicabut,pasti data rusak,..

    • 14 Februari 2023 - (21:08 WIB)
      Permalink

      Fd mu ori atau ga ??
      Kejadian kaya km pernah saya alami sampai 2x..
      Ternyata penyebabnya fd saya ga ori, karna saya belinya pun harga murah..
      Waktu itu saya beli fd 32 gb cuma hrga 30 ribuan..
      Lalu saya beli lagi fd 16 gb yg harga 100an, langsung bisa di hp saya..

      Yg kedua, coba 3 fd mu di coba ke hp lain, bis konek atau ga..

      • 14 Februari 2023 - (21:33 WIB)
        Permalink

        @Roberto ori Kak, 2 Flashdisk Sandisk 64GB (110rb) & 128GB (225rb) dan 1 flashdisk kantor lupa merk nya 128GB (250rb)

        • 14 Februari 2023 - (22:37 WIB)
          Permalink

          @yandi. Menurut saya hp anda ga rusak. Cuma masalah firmware. Semoga ada update ke android versi berikut nya.
          Opsi lain adalah :
          Beli usb sandisk wireless flash drive, di tokped banyak. Namanya ” Sandisk Connect Wireless Stick Flash disk 64 gb tapi harga nya mahal sktr 500rb ke atas karena dia wireless. Sdh built in baterai, bisa di cas pakai charger HP.

          https://www.sandisk.com/goto/connect
          Atau seagate wirelesa plus hardisk diatas 2jt
          Atau Flash disk wireless merk china 64gb kotak merk DM WDF015 harga sktr @300

        • 15 Februari 2023 - (09:53 WIB)
          Permalink

          Saran terakhir saya, coba cek kabel otg km…
          Tes ke hp lain..
          Sapa tau kabel otg nya yg bermasalah

      • 14 Februari 2023 - (21:35 WIB)
        Permalink

        @Roberto seperti yg aku tulis diatas, semua flashdisk sudah saya coba di perangkat lain (HP dan Laptop) gk ada kendala apa2 waktu copy file.

  • 14 Februari 2023 - (19:36 WIB)
    Permalink

    saran saya, coba pindahin data anda dari hp anda ke hp punya keluarga atau kawan sementara dahulu alias pinjam, pindahin datanya pakai Apk Shareiit donload di playstore, setelah berhasil di pindahin ke hp yg anda pinjam, maka coba ambil lagi data anda dari hp yg anda pinjam masukin OTG ke FD anda, dan kalo bisa hp anda kalo ga bisa di service coba ganti hp yg baru saja. itu saja solusinya

    • 14 Februari 2023 - (21:27 WIB)
      Permalink

      Terimakasih sarannya kak, udh saya lakukan kok sarannya. Tpi gk efisien waktu. Dan masalah saya tetap tidak terselesaikan

  • 14 Februari 2023 - (21:28 WIB)
    Permalink

    @ Yandy, apakah anda sudah coba copy data ke usb otg. Setelah Selesai copy jangan cabut dulu usb fdd otg nya. Tapi hp neo gt2 nya di klik tombol power – terus power off. Tunggu mati hp nya.
    Baru cabut usb nya pasang ke hp lain, cek data nya apakah korup?

    Kalau masih korup datanya anda harus mau tdk mau coba cara lain yaitu, beli 1 laptop baru/second, pindah kan data dgn kabel usb type c. Melihat hp gt neo 2 harga 6,5 jt, saya yakin laptop harga di bawah 5 masih kebeli.
    Terus terang hingga sekarang saya sendiri belum pernah pakai usb otg ke hp. Saya selalu colok hp ke laptop pakai kabel micro usb /type c untuk pindah data ke laptop. Dari laptop saya baru simpan data data besar ke usb flash, usb ext hdd, dll

    • 14 Februari 2023 - (21:37 WIB)
      Permalink

      @Henryh saya coba saranya nanti Kak. Tpi untuk beli laptop kayanya saya gk perlu deh Kak hehe. Kalau memang kendala masih saja. Nnti saya coba bawa ke tukang service biasa aja.

    • 15 Februari 2023 - (06:39 WIB)
      Permalink

      Kok saya liatnya masalah settingan ya? Entah ada bug atau gimana gitu. Tapi memang kudu dicoba dengan laptop dulu, entah pinjam punya kawan atau gimana, cuma buat ngetes. Kalau bisa dan normal, berarti bukan hardware melainkan software karena kalau laptop, beda system dan penanganan dengan otg.

      Kalau dugaan ini bener, service center kudu raise issue ini ke prinsipal agar ada troubleshoot dengan baik. Saran aja, coba tanyakan ke gsmarena ada xda-developer.

      Tapi kalau pakai laptop sama saja, ya kudu bawa ke Service Center secara fisik. Kalau tidak ada, harus dikirim mau ga mau.

      Solusi alternatif, kirim pakai cloud for temporary.

  • 15 Februari 2023 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Maaf, FD nya sudah ada colokan hp, atau menggunakan OTG? Bila menggunakan OTG, mungkin masalahnya di alat OTG nya. Sudah coba diganti alat OTGnya?

    • 25 Februari 2023 - (14:55 WIB)
      Permalink

      Hello
      Coba di bantu, dengan pertanyaan dan kamu bisa men-testnya.
      1. apakah sudah dicoba untuk install apk driver yang ada tersedia di dalam OTG FD ?

      2. Apakah sudah di enable antivirus/antimalware, yang ada di hp ?

      3. Apakah semua file transferan rusak jika di transfer dari HP ke OTG FD?

      4. Apakah semua files transferab rusak jika di transfer dari OTG FD ke HP ?

      5. File ber-extension apa yang rusak jika di transfer dari hp ke otg ?
      6. Apakah file itu terproteksi ?
      7. Apakah Transfer JPG images bisa dari hp ke OTG ?

      8. Coba di kirim gambar Capture screen tulisan pop up ketika file itu dibuka rusak. Ada tulisan apa ?

      9. Sudahkah di coba, untuk cek RAM di hp itu. Apakah ada hasil korupted?

      • 25 Februari 2023 - (14:57 WIB)
        Permalink

        Koreksi poin 2.
        2. Apakah sudah di disable antivirus/antimalware, yang ada di hp ? Coba copy lagi dari hp ke otg.

        • 25 Februari 2023 - (15:17 WIB)
          Permalink

          Maaf, ini pertanyaan untuk saya?

          Karena saya gak perlu pakai apk apapun, tinggal colok langsung bisa akses. Asal ga tergoyangkan saja, file tidak corrupt karena ada konslet/putus arus kalau tergeser

  • 15 Februari 2023 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Sudah pernah coba pakai aplikasi? Saya biasanya buka HD Ext, dll dr android pakai USB Media Explorer (UME) by Homesoft tp harus beli aplikasinya di play store. Sejauh ini aman sih bisa langsung buka dan copy dr HD Ext ke HP atau sebaliknya.

  • 26 Februari 2023 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Sudah di coba pakai wd40?, semprot di bagian c connectornya. Moga moga aja berhasil, kadang kadang connectornya kotor jadi nggak connect..

 Apa Komentar Anda?

Ada 51 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Menyalin Data dari HP ke Flashdisk

oleh Yandi dibaca dalam: 2 menit
51