Surat Pembaca

Apakah Buka Rekening BNI Harus Punya HP Android?

Hari ini tanggal 2 Maret 2023 saya datang ke kantor cabang BNI Subang Jawa Barat. Perlu diketahui jarak dari rumah ke kantor cabang saya tempuh 2 jam menggunakan sepeda motor.

Sampai di kantor cabang saya ditanya security, saya jawab kalau saya ingin buka rekening BNI. Kata security kalau mau buka rekening harus punya hp Android. Saya gak punya, ini juga pakai hp anak. Saya kira kalau mau buka rekening BNI sama kayak bank lain, bisa tanpa hp Android. Security malah menyuruh saya buka rekening di BRI atau BCA yang bisa tanpa punya hp.

Apakah peraturan BNI seribet itu sekarang? Saya cuma petani, boro-boro buat beli hp Android, buat makan saja sulit.

Mohon penjelasan dari pihak BNI bagaimana cara saya buka rekening BNI, saya gak punya hp Android. Aneh, BCA aja bisa buka rekening cuma dapet ATM, kok BNI ga bisa?

Aris Juniantoro
Kp Mekarlaksana, Kabupaten Subang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Bukan hal yang aneh. Pernah ke remote area? Jangan jauh2 deh, masuk aja ke kampung di daerah Bogor. Masih banyak koq.

      Jadi bukan hal yang aneh. Lain kali mainnya agak jauh lah biar tahu keadaan Indonesia sebenernya.

  • Emang security bank sekarang kayak barrier utk menemui cs.. Kadang malah dia yg nglayani customer... ?

    • Di jakarta aja, bahkan di Jakarta Selatan pun, saya pernah ke Bank dan "ditahan" oleh satpam, ditanya ina inu, dan akhirnya saya terpaksa berbahasa inggris untuk membuat dia menyerah dan mengijinkan saya bertemu dengan CS.

  • Sama kemarin saya mau buka rekening di BNI. Begitu masuk langsung ditanya Satpam ada keperluan apa? Aku jawab mau buka rekening. Terus di tanya ada hp android tidak. Begitu aku lihatin hpnya aku disuruh download app bank BNI. Terus disuruh ke mesin kayak ATM yang ada didalam kantor. Aku disuruh tempelkan sidik jari tapi gagal terus. Kemudian aku bilang lewat CS saja gak bisa ya,? Malah satpamnya bilang kalo di CS cuma buat ambil kartu ATMnya saja. Udah aku pulang terus mampir buka di bank swasta. dari situ aku mikir ini bank pemerintah kenapa ribet banget..

    • Alhamdulillah masalah saya sudah clear, pihak BNI mau datang kerumah, sudah menyampaikan secara lisan dan tertulis, dan yg terpenting saya sudah dibuatkan rekening, sudah jadi, tinggal ngambil buku dan atm ke kantor cabang.
      Terimakasih saya ucapkan untuk cs BNI cabang subang yg telah bersusahpayah jauh2 datang ke rumah saya yg berada didaerah pelosok.

      • Well, pasti ada lah sesuatu yang tidak bisa dijelaskan disini yang membuat semua ini menjadi selesai.

  • Saya sudah black list bank BNI. Saya mau perpanjang kartu ATM yang mau expired tidak bisa, karena e-KTP nya tidak terbaca di mesin mereka. CSnya bilang saya harus ke Disdukcapil untuk ganti e-KTP ke yang baru.

    Padahal, di hari yang sama saya ganti kartu ATM di bank BCA bisa aja, tanpa harus ganti e-KTP.

  • Sebenarnya masalah saya sudah tuntas, bisa dibaca di komentar diatas.
    Sayangnya saya tidak bisa melampirkan foto di komentar, tidak bisa edit postingan, dan tidak bisa dihapus.
    Saya tegaskan sekali lagi, pihak BNI Cabang subang sudah menyelesaikan masalah saya dengan cara mendatangi rumah saya secara langsung tidak sampai 1x24 jam.

  • Saran Saya untuk kedepannya, jangan terlalu nurut/percaya satpam.
    Pengalaman saya dulu waktu buka rekening bca di jogja, sedangkan saya asalnya dari ngawi. Katanya satpamnya gak bisa, harus ktp jogja. Lalu saya gak jadi buka rekening hari itu.
    Karena gak yakin sama satpamnya, besok datang lagi, langsung ke CS nya.
    Dan kata CS nya bisa rekening di jogja gak perlu ktp jogja, cuma ditanya SIM dan dicocokan data ktp & sim.
    Urusan beres....

  • Ya begitulah kalau satpam bank yang hampir semuanya merasa paling pintar sedunia. Pendidikan juga masih setingkat sma sudah merasa paling pintar.