Apakah Buka Rekening BNI Harus Punya HP Android?

Hari ini tanggal 2 Maret 2023 saya datang ke kantor cabang BNI Subang Jawa Barat. Perlu diketahui jarak dari rumah ke kantor cabang saya tempuh 2 jam menggunakan sepeda motor.

Sampai di kantor cabang saya ditanya security, saya jawab kalau saya ingin buka rekening BNI. Kata security kalau mau buka rekening harus punya hp Android. Saya gak punya, ini juga pakai hp anak. Saya kira kalau mau buka rekening BNI sama kayak bank lain, bisa tanpa hp Android. Security malah menyuruh saya buka rekening di BRI atau BCA yang bisa tanpa punya hp.

Apakah peraturan BNI seribet itu sekarang? Saya cuma petani, boro-boro buat beli hp Android, buat makan saja sulit.

Mohon penjelasan dari pihak BNI bagaimana cara saya buka rekening BNI, saya gak punya hp Android. Aneh, BCA aja bisa buka rekening cuma dapet ATM, kok BNI ga bisa?

Aris Juniantoro
Kp Mekarlaksana, Kabupaten Subang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:9    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

33 komentar untuk “Apakah Buka Rekening BNI Harus Punya HP Android?

  • 2 Maret 2023 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Gimana ini BNI, justru harusnya melayani dan memberi solusi, masa iya sdh effort dtg 2 jam perjalanan d suruh pulang krn ga pny hp android? Kan kalian bukan bank digital jg, bukannya buka rekening bisa di bantu dr CS ya?

    • 3 Maret 2023 - (10:53 WIB)
      Permalink

      BNI skrg emang begitu pak.pengalaman saya pertama kali buka tabungan BNI itu disuruh daftar online di aplikasi mrk.setelah daftar di aplikasi, kita disuruh ke bank setor tunai serta ambil buku dan atm dan jg pengaktifan m banking

  • 2 Maret 2023 - (19:27 WIB)
    Permalink

    MEMALUKAN itu bank pelat merah. Demi mengejar supaya aplikasinya banyak di donwload masyarakat sampai segitunya buat peraturan. Memang sdh full digital kah? Tutup saja sdh itu semua kantor cabang biar hemat biaya operasional.

    4
    2
    • 3 Maret 2023 - (05:45 WIB)
      Permalink

      Gak full digital. Masih ada yang gagal buka online tetap disuruh ke cabang. Dan kartu debit tidak dikirim melainkan harus diambil di cabang terdekat. Itupun terkadang bisa beralasan stok kartu habis.

  • 2 Maret 2023 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Ha kok ndagel sekali itu BNI. Saya pikir ini bank plat merah yang jarang dikomplain, eh ternyata sama bae. Wkwkwkwk … Satpam mengarahkan buka rekening BRI, padahal BRI juga sekarang suruh pake BRIMO, kartu ATM aja langka, wkwkwkwk. Dah pak, simpen duit di bawah bantal aja.

  • 2 Maret 2023 - (19:37 WIB)
    Permalink

    PARAHHHHH SIIII..

    DULU PERNAH AKU BUKA TAPLUS MUDA, TERUS KATA CS GINI

    MAAF PAK KALO TAPLUS MUFA WAJID TRIAL MBANKING

    PDHL GAMAU MAKE MBANKING AKHIRNYA GAJDI BUKA BNI

  • 3 Maret 2023 - (03:10 WIB)
    Permalink

    situ buka rek bni jenis apa ? ayah saya tahun lalu buka BNI rekening jenis tabunganku 30 menit selesai, gak perlu ada hp android segala.

    mungkin SOP cabang yg km datangi seperti itu kali ya.m

    atau satpamnya ada sampingan kerja di bank lain juga seperti BRI atau BCA. jadi kalo nyuruh kesana dia dapat fee šŸ™‚

    keputusan buka rek tersebut bisa atau tidak kan seharusnya urusan cs & supervisor ya, kok jadi satpam lebih berkuasa gitu ? masa iya SOP dari atasannya ?

    kalo iya wah brati bener bener borok ini, gak bener ini….

    4
    1
  • 3 Maret 2023 - (04:02 WIB)
    Permalink

    Mungkin maksudnya buka rekening secara online melalui handphone,kalo di BRI walaupun Ndak punya hp bisa di layani pembukaan rekeningnya,satpam biasanya mengarahkan buka rekening secara online,kalo Ndak ada hp baru di arahkan ke Customer Service.di BCA juga sama,di arahkan secara online dulu

  • 3 Maret 2023 - (05:43 WIB)
    Permalink

    Ini harus diedukasi lagi security kok bertindak macam pegawai bank yang tahu segalanya. Maaf bukan merendahkan profesi. Tapi tugas security itu ya sejatinya sebagai satuan pengamanan. Walaupun mereka mengerti sistem perbankan tapi mereka tidak punya kuasa untuk menolak.

    Contoh lah security Bank Swasta yang bekerja sesuai pada porsinya.

    1
    1
    • 3 Maret 2023 - (08:55 WIB)
      Permalink

      Hahaha kalo saya lihat sepertinya ts baper dech gak mungkin satpam bni nyuruh bikin rek lain bank lain, ibarat kucing di kasih ikan asin gak doyan di buang saja. Sepertinya anda miss kom dan baper. Buka rek itu jika berhasil satpam dan cs akan dapat poin ,justru satpam akan welcome sekali .huhu

    • 3 Maret 2023 - (10:50 WIB)
      Permalink

      Terimakasih kepada pihak BNI cabang subang yang sudah mau klarifikasi kerumah saya. Sementara saya sedang kena musibah jadi belum bisa melanjutkan proses pembukaan rekening. Semoga semua ini jadi pelajaran kita semua.
      Sekali lagi terimakasih kepada pihak BNI yg langsung fast respon langsung kerumah saya.

      • 3 Maret 2023 - (12:10 WIB)
        Permalink

        Bagus lah pak kalau begitu ada tindak lanjut dari pihak bank. Pelajaran dari pihak bank juga agar tidak ada diskriminasi terhadap nasabah yang belum memiliki smartphone.

    • 3 Maret 2023 - (22:03 WIB)
      Permalink

      Setuju sih kalo sekuriti bank sekarang ini harus banget dikembalikan ke marwahnya : jaga keamanan di bank
      Ga usah deh ditambahĀ²in kerjaan bantuin nasabah / calon nasabah

      • 3 Maret 2023 - (22:07 WIB)
        Permalink

        Kemungkinan besar security dijanjikan oleh pegawai bank kalau dapat nasabah dibagi komisi atau fee. Makanya berlomba-lomba mereka jadi CS bank. Security bank paling ok cuma BCA. Selalu kerja on point. Gak pernah ikut campur urusan nasabahnya.

        • 3 Maret 2023 - (22:17 WIB)
          Permalink

          Iya bener, sekuriti bca bantu nasabah masih bisa dibilang sesuai porsinya, hanya mengarahkan untuk kemana, ga cosplay jadi cs

  • 3 Maret 2023 - (07:56 WIB)
    Permalink

    ditunggu klarifikasinya bank BNI. apakah memang kebijakannya aneh seperti itu atau ada hal lain yang mungkin ada miskomunikasi…

    • 3 Maret 2023 - (13:15 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah, tadi pagi tanggal 3 maret 2023, sudah ada dari pihak bank BNI Cabang Subang datang langsung ke rumah saya yang lumayan jauh dipelosok, menyampaikan permintaan maaf secara langsung dan juga tertulis. Semoga kedepannya tidak ada kejadian serupa.

  • 3 Maret 2023 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Kok bisa ya security-nya malah mengarahkan buka rekening dibank lain…ada peraturan baru kah?

    • 3 Maret 2023 - (10:33 WIB)
      Permalink

      Bukan hal yang aneh. Pernah ke remote area? Jangan jauh2 deh, masuk aja ke kampung di daerah Bogor. Masih banyak koq.

      Jadi bukan hal yang aneh. Lain kali mainnya agak jauh lah biar tahu keadaan Indonesia sebenernya.

  • 3 Maret 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Emang security bank sekarang kayak barrier utk menemui cs.. Kadang malah dia yg nglayani customer… šŸ˜…

    • 16 Maret 2023 - (15:59 WIB)
      Permalink

      Di jakarta aja, bahkan di Jakarta Selatan pun, saya pernah ke Bank dan “ditahan” oleh satpam, ditanya ina inu, dan akhirnya saya terpaksa berbahasa inggris untuk membuat dia menyerah dan mengijinkan saya bertemu dengan CS.

  • 3 Maret 2023 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Sama kemarin saya mau buka rekening di BNI. Begitu masuk langsung ditanya Satpam ada keperluan apa? Aku jawab mau buka rekening. Terus di tanya ada hp android tidak. Begitu aku lihatin hpnya aku disuruh download app bank BNI. Terus disuruh ke mesin kayak ATM yang ada didalam kantor. Aku disuruh tempelkan sidik jari tapi gagal terus. Kemudian aku bilang lewat CS saja gak bisa ya,? Malah satpamnya bilang kalo di CS cuma buat ambil kartu ATMnya saja. Udah aku pulang terus mampir buka di bank swasta. dari situ aku mikir ini bank pemerintah kenapa ribet banget..

    • 3 Maret 2023 - (20:08 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah masalah saya sudah clear, pihak BNI mau datang kerumah, sudah menyampaikan secara lisan dan tertulis, dan yg terpenting saya sudah dibuatkan rekening, sudah jadi, tinggal ngambil buku dan atm ke kantor cabang.
      Terimakasih saya ucapkan untuk cs BNI cabang subang yg telah bersusahpayah jauh2 datang ke rumah saya yg berada didaerah pelosok.

      • 16 Maret 2023 - (16:02 WIB)
        Permalink

        Well, pasti ada lah sesuatu yang tidak bisa dijelaskan disini yang membuat semua ini menjadi selesai.

  • 3 Maret 2023 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Saya sudah black list bank BNI. Saya mau perpanjang kartu ATM yang mau expired tidak bisa, karena e-KTP nya tidak terbaca di mesin mereka. CSnya bilang saya harus ke Disdukcapil untuk ganti e-KTP ke yang baru.

    Padahal, di hari yang sama saya ganti kartu ATM di bank BCA bisa aja, tanpa harus ganti e-KTP.

  • 3 Maret 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya masalah saya sudah tuntas, bisa dibaca di komentar diatas.
    Sayangnya saya tidak bisa melampirkan foto di komentar, tidak bisa edit postingan, dan tidak bisa dihapus.
    Saya tegaskan sekali lagi, pihak BNI Cabang subang sudah menyelesaikan masalah saya dengan cara mendatangi rumah saya secara langsung tidak sampai 1×24 jam.

  • 3 Maret 2023 - (21:41 WIB)
    Permalink

    Saran Saya untuk kedepannya, jangan terlalu nurut/percaya satpam.
    Pengalaman saya dulu waktu buka rekening bca di jogja, sedangkan saya asalnya dari ngawi. Katanya satpamnya gak bisa, harus ktp jogja. Lalu saya gak jadi buka rekening hari itu.
    Karena gak yakin sama satpamnya, besok datang lagi, langsung ke CS nya.
    Dan kata CS nya bisa rekening di jogja gak perlu ktp jogja, cuma ditanya SIM dan dicocokan data ktp & sim.
    Urusan beres….

  • 6 Maret 2023 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah kalau satpam bank yang hampir semuanya merasa paling pintar sedunia. Pendidikan juga masih setingkat sma sudah merasa paling pintar.

 Apa Komentar Anda?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Apakah Buka Rekening BNI Harus Punya HP Android?

oleh kakak dibaca dalam: 1 menit
33