Surat Pembaca

Bank Mega Menagih Tunggakan Kartu Kredit ke Kantor Baru Saya

Salam hangat dari saya,

Saya Dedi sebagai nasabah kartu kredit Bank Mega. Saya tercatat memiliki hutang yang belum terselesaikan selama 4 tahun ini. Saya seperti ini karena keadaan. Sebelumnya masa corona dan saya baru saja kerja 3 bulan ini. Bank Mega telah mengutus debt collector-nya ke kantor saya yang baru saja ini. Saya tidak tahu Bank Mega bisa tahu dari mana?

Kemarin waktu saya menganggur karena corona tidak ada yang datang ke rumah. Sekarang setelah saya ada gaji lewat bank lain baru data saya terbuka kembali dan Bank Mega mendatangi saya di kantor baru. Hal ini dapat menyebabkan risiko pemecatan atas saya. Yang saya tahu peraturan Bank Indonesia tentang penagihan harus sesuai alamat rumah.

Hal itu diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP tanggal 13 April 2009 Perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu. Pada salah satu poin, terdapat aturan tentang tempat penagihan utang oleh debt collector.

“Penagihan hanya dapat dilakukan di tempat alamat penagihan atau domisili pemegang kartu kredit”.

Apa aturan itu sudah tidak ada lagi?

Maaf alamat rumah saya tidak berubah. Tapi kenapa hal ini mengancam saya akan pemutusan kerja saya. Mohon kiranya Bank Mega bisa ada keterangan.

Dedi Supriyatno
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan “Bank Mega Menagih Tunggakan Kartu Kredit ke Kantor Baru Saya”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Bapak Dedi Supriyatno di mediakonsumen.com (14/03), “Bank Mega Menagih Tunggakan Kartu Kredit ke...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saran Saya.
    Usut sampai tuntas ke Pengadilan, bisa tuntut balik karena mengganggu masa depan Anda, jangan dibiarkan.
    Bank Mega sudah sejak lama main kasar kalo saya simak diberita.
    Karena kalo hutang sudah lama, alasan kuat karena dana belum mencukupi tidak bisa dipaksa atau mengganggu pekerjaan Nasabah, tapi Anda harus tanggungjawab dgn hutangnya minta solusi keringanan cicilan terbaik, jangan menghindar.
    Kalo solusi yg diajukan tidak ditanggapi Bank Mega, lapor ke OJK saja, walau proses pengadilan Nasabah telah dirugikan kehilangan pekerjaan, pihak Bank Mega harus tanggungjawab juga.

    Saran saya, semua masyarakat Indonesia segera hindari hutang, jangan memakmurkan Debt Collectorp spt itu, saatnya masyarakat bangkit jangan memakmurkan usaha perkeriditan karena Dampak buat masyarakat sangat buruk.
    Legal atau iLegal sama saja, prakteknya Rentenir Lintah Darat

    • Hebat ya,yg punya utang,yg punya masalah gak ada niat selesaikan malah lebih galak...

  • Minsent anda jgn di balik balikin. Anda itu pelaku utama bukan korban.wkwkwk

    Btw klo duit bapak di org 4 tahun blm dibalikin apa respon bapak?
    1.Upaya mediasi dan melakukan penagihan?
    2. Ikhlas tdk menagih?

    • Sepertinya masalah kenapa sampai mengganggu mata pencaharian Nasabah, hutang bisa ditagih dengan baik2 tidak timbul masalah baru.
      Hutang harus bayar tapi pekerjaannya diganggu, ya mikir, Debt Collector cari makan dari Nasabah yg kesulitan, tp kerjaan diganggu, itu sama saja main kasar, identik premanisme

      • Masalah nya selama 4 tahun loh...apa dc gak pernah tagih ke alamat penagihan?...dgn alasan covid...berarti jauh hari sebelum covid,org ini uda berniat gak bayar,terbukti..saat ini yg menurut curhatan nya..uda mulai kerja ,uda berjalan 3 bualan...apakah ada niat bayar ?,kl bayar,tdk mgkn sc tagih ke tempat,tdk mgkn dc tagih ke kantor kl rumah alamat penagihan bisa dihubungi(tertagih )

      • Klo utang gk bayar 4 tahun indikasi penggelapan dana Bank. Yg merusak piring makan dia ya dia sendiri. Kenapa 4 tahun gk bayar? Sdh lumpuh total? Jgn beranggapan jadi korban. Anda itu pelaku utama.

      • kalau telat 1 bulan ok lah salah debt collector karena ke kantor, tapi ini 4 tahun, coba ente kalau yang dihutangin tmn 4 tahun, gak ada kabar, mampir ke rumah juga gak ada, terus tau tmn ente kerja dikantor mana, bakal samperin gak?

        jelas-jelas utang ampe 4 tahun itu bukan waktu yang kecil 48 bulan, utang 1 bln aja udah ditlpin apalagi 48 bulan?

        • Kagak bang, temen ane 4 taon ngutang 3 juta juga ane ikhlasin, ada yg ngutang 500, ada yg ngutang 2 jt, semua ada karmanya sendiri. Bila anda niat meminjamkan, berarti anda harus siap kehilangan uang tersebut.

  • Hutang udah 4 tahun.
    Berarti asumsi dari tahun 2019.
    Kenapa jadi bawa masa corona?
    Corona aja muncul 2020.
    Itu mah ente aja yang emang udah nunggak.
    Segala bawa corona.
    4 tahun ente kabur mulu kali, dirumah kagak ada orang terus. Ya tau sendiri, kalau nagih utang di dunia nyata aja orang yang ditagih pasti lebih "cerdas" buat menghindar.
    Emang ada aja akalnya kalau para muka tembok mah, sekalinya dipermalukan playing victim jadi korban.
    Basi banget.

    • Disana ada dampak, sudah jatuh tertimpa tangga pula, dengan corona yg susah tambah boncos, semua dapat keringanan setahu saya dari beberapa yg punya masalah hutang.
      Jadi, cara menagih seperti itu sampai pekerjaan nasabah adalah Kriminal, perbuatan tidak menyenangkan tidak beradab.
      Tagihlah langsung baik2 jangan bertindak semena2.
      Kehilangan pekerjaan karena ulah Debt Collector spt itu, bisa dilaporkan karena ada unsur mengganggu mata pencaharian org lain, spt pemalak premanisme

      • Lah udah nunggak dari 2019 ngapain aja? Bertapa dalam gua?
        Berenang dalam kolam?
        Terbang diatas awan?
        Atau pasrah nungguin duit jatoh dari langit?
        Keringanan hutang juga ada usaha bos. Rekstrukturisasi juga mesti tetap bayar bunga, gue ikut soalnya waktu masih ada pinjaman KUR di 2020, itu gak gratis dan lepas tanggung jawab gitu aja. Tetap harus bayar beban bunga tiap bulan, dan cuma berlangsung 1 tahun.
        Nah sekarang usaha ts buat lunasin hutangnya apaan?
        Udah minta rekstrukturisasi?
        Udah minta keringanan hutang?
        Udah minta bunganya dihapus dan bayar pokoknya aja? Kan gak dijelasin juga di artikel dia, coba baca lagi.
        Kalau dia "ngilang" selama 4 tahun, menghindar terus-terusan ya jangan playing victim jadi korban lah.
        Kecuali dia udah ada usaha, dia udah bayar beban bunga, dia udah minta bunga dihapus, dia udah minta keringanan atau dia udah berusaha nyicil hutangnya masih diteror debt collector juga baru dah dia pantas memposisikan diri jadi korban.
        Tapi kalau selama 4 tahun dia cuma bertapa dalam goa, menghindari kerumunan, dan berharap duit jatoh dari langit, ya jangan memposisikan diri jadi korban. Orang ngutang di dunia nyata aja banyak yang kabur kok, dan itu emang penyakit orang sini. Minjemnya rajin, bayarnya ogah, giliran ditagih, jadi korban dah cerita sana-sini. Ga usah jauh ke bank, minjem ke tetangga aja banyak orang yang begini kelakuannya.

        • Mau nasabah bener atau engga, Mau berapa Tahuan ga bayar juga bank punya SOP punya peraturan sendiri bos dalam penagihan, mereka bukan pinjol ilegal yg bisa seenaknya. Diluar kelakuan nasabah bener atau engga kalau nasabah gagal bayar ya resiko yg memberi pinjaman lah. Yang dosa juga yg hutang kalau memang ga niat bayar

          • Lah enak bener jadi penghutang. Gak ada usaha buat lunasin pas ditagih playing victim jadi korban. Lalu bilang "itu udah resiko pemberi pinjaman".
            Ya dibalik itu juga udah resiko orang nunggak hutang kalau dibuat malu.
            Simpel.

  • Semoga yang ditagih dimudahkan dan dilancarkan rejekinya untuk bisa membayar hutangnya, dan yang menagihnyapun diberikan kesabaran dan kemudahan dalam penagihannya, aamiin

    • @Muhammad. Doa anda sangat baik pak, sesuai dgn nama akun anda. Tetapi yg sangat disayangkan, ada akun lain yg menggunakan nama yg sangat mulia ini tetapi komentar nya hujatan semua. Semoga org itu bisa segera sadar dan kembali ke jalan yg benar

  • Lapor ke polisi pak. Tidak boleh ada DC menagih ke kantor. Yg bisa itu bank harus menyurati peminjamnya utk diskusi penyelesaian hutang (mis nya dgn cicilan lbh rendah, hapus bunga dll) dan klo peminjam tdk datang ya silahkan bank jg selesaikan lewat jalur hukum yaitu dgn lapor polisi spy penghutang ditangkap, bukan dgn menyewa DC dan menagih ke tempat peminjam bekerja. Itu malah bikin bank bisa dituntut kerugian.

    • DC juga punya anak istri yg harus dikasih makan. Kalo kamu jd DC dan ada yg utang sampe 4th ga niat bayar pake kabur pindah kantor ga lapor update data.. Apa yg bakal kamu lakukan? Padahal ini org bisa saja jual rumahnya buat bayar hutang drpd kabur2 sampe 4th nunggak. Jgn karena anda juga tukang ngutang kasih solusi tapi bikin susah pihak yg benar dong.

    • Dengan ini saya pastikan, bahwa yang punya utang lebih galak daripada yang ngasih utang. Wkwkwkwkwkwk mau gayanya nagihnya gimana bang... lha 4 tahun... wajarlah diuber2. Kirain telat 1 atau 2 bulan. Mau konflikin ke pengadilan? Silahkan. Ada duitnya? Mending bayar utangnya dulu ya. Hehehehe salam damai

  • Jaman sekarang makin ga tahu malu aja. Utang 4th bukannya dibayar malah ngarep viral biar didukung trus ga perlu bayar utang. Ga tahu malu.. SOLUSINYA JUAL TUH RUMAHMU DAN BAYAR UTANGNYA BUKAN NGELUH DI MEDIA.

  • Kalau sudah 4 tahun dan DC yg ga tau diri itu pasti dari pihak ke 3, mereka dikasih kuasa sama bank tapi melakukan segala cara agar nasabah bayar, kalau mereka melakukan penagihan ga sesuai SOP bank juga ga mau disalahin dan jangan pernah mau nego sama mereka mending langsng ke bank nya. Kalau tau dari mana anda kerja dimana banyak cara lah cari di sosial media atau LinkedIn.

    • Kalo orang sok gaya pake kartu kredit tak terkontrol sesuai kemampuan ya hasilnya seperti ini. Kartu hanya metode bayar dan kita hrs sadar diri kemampuan kita seperti apa
      Kalo sekedar nunggak iuran tahunan itu bukan hutang, hutang itu hak bank yg kita pakai.
      Kalo ditagih cara ini salah, cara itu salah terus kapan bayarnya? Bank jg punya karyawan yg perlu digaji
      Kita aja gajian telat teriak².. Mereka jg sama

      • Kalau mau diputer2 yang Salah banyak, dari dulu marketing CC banyak blunder ngasih sembarang orang, ngasih limit yg besar ga sesuai pendapatan yg penting target tercapai, nasabah ada yg bener dan ada yg engga makanya bank juga jgn asal setujuin aja semua data dari marketing. Nasabah kabur menanggung dosa, bank rugi ya resiko bank.

      • Namanya hutang ya harus dibayar, dengan itikad baik, win win solution, krn bank juga punya kebijakan, minta keringanan, itu pun juga sesuai SOP. Takutlah akan hutang, jgn meninggal dlm keadaan berhutang, karena akan sengsara di akhirat

  • Jadi Kalau sudah 4 tahun dan DC yg ga tau diri itu pasti dari pihak ke 3, mereka dikasih kuasa sama bank tapi melakukan segala cara agar nasabah bayar, kalau mereka melakukan penagihan ga sesuai SOP bank juga ga mau disalahin dan jangan pernah mau nego sama mereka mending langsng ke bank nya. Kalau tau dari mana anda kerja dimana banyak cara lah cari di sosial media atau LinkedIn.

  • Menurutku bank mega sudah sangat baik itu. Bayangkan macet 4 tahun baru ditagih sekarang, meskipun nagihnya konon tidak sesuai aturan. Jadi selama 4 tahun menurut keterangan ts, sama sekali tidak ada penagihan, padahal tidak pindah rumah, katanya, baik sekali kan bank mega. Teror lewat hp juga tdk ada, kurang baik apalagi coba :D :D :D mendustakan nikmat itu namanya

    • Kalau sudah 4 tahun macet biasanya sudah hapus buku dan bank akan ngasih kuasa dan data nasabah ke pihak ke 3 yg akan melakukan penagihan ga sesuai SOP penagihan bank.