Surat Pembaca

Bank Mega Menagih Tunggakan Kartu Kredit ke Kantor Baru Saya

Salam hangat dari saya,

Saya Dedi sebagai nasabah kartu kredit Bank Mega. Saya tercatat memiliki hutang yang belum terselesaikan selama 4 tahun ini. Saya seperti ini karena keadaan. Sebelumnya masa corona dan saya baru saja kerja 3 bulan ini. Bank Mega telah mengutus debt collector-nya ke kantor saya yang baru saja ini. Saya tidak tahu Bank Mega bisa tahu dari mana?

Kemarin waktu saya menganggur karena corona tidak ada yang datang ke rumah. Sekarang setelah saya ada gaji lewat bank lain baru data saya terbuka kembali dan Bank Mega mendatangi saya di kantor baru. Hal ini dapat menyebabkan risiko pemecatan atas saya. Yang saya tahu peraturan Bank Indonesia tentang penagihan harus sesuai alamat rumah.

Hal itu diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP tanggal 13 April 2009 Perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu. Pada salah satu poin, terdapat aturan tentang tempat penagihan utang oleh debt collector.

“Penagihan hanya dapat dilakukan di tempat alamat penagihan atau domisili pemegang kartu kredit”.

Apa aturan itu sudah tidak ada lagi?

Maaf alamat rumah saya tidak berubah. Tapi kenapa hal ini mengancam saya akan pemutusan kerja saya. Mohon kiranya Bank Mega bisa ada keterangan.

Dedi Supriyatno
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan “Bank Mega Menagih Tunggakan Kartu Kredit ke Kantor Baru Saya”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Bapak Dedi Supriyatno di mediakonsumen.com (14/03), “Bank Mega Menagih Tunggakan Kartu Kredit ke...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kartu kredit kan sama dengan pinjaman tanpa agunan, santai aja pa, mereka tidak bisa merampas barang bapak. Saran saya cicil hutang pokonya aja, bunga nya abaikan dulu.
    Jangan kuatir pa utang piutang bukan ranah pidana tapi perdata.
    Atau bilang ke DC nya suruh bank Mega ajukan gugatan ke pengadilan atas hutang teraebut. Kecuali kalau DC bertindak aneh aneh umpama mencemarkan nama baik, merampas barang nah baru kita lapor ke polisi.
    Jadi saran saya cicil aja dulu pokok hutangnya.

  • kalo udah ga bisa bayar bilangnya keadaan. ya semua juga keadaan. sy minjemin temen 3jt udah 12 tahun ga bayar, satu lagi temen ngutang 3jt udah setahun ga bayar. pdhl dipinjemin karena alesan buat bayar sekolah anak. udah cape nagihnya ahirnya dibiarin. dan sy ga tau lagi gimana supaya tuh org mau bayar.

  • Dulu waktu bapak ngak kerja ngak ditagih udah baik loh Bank Mega.. Sekarang bapak kerja lagi kan.. Mending datengin kantor collection bank Mega selesaikan.. Minta keringanan dibuat cicilan 1-2 tahun biar gak berat pak.. Tunjukkan kalo bapak ada itikad baik mau bayar.. Tunjukkan bukti ke atasan anda Kalo anda ada niat mau selesaikan.. Harusnya dia mengerti..Kalo bank Mega gak mau kasih keringanan yaudah galbay aja sekalian..

  • maaf pa dedi itu kalau tidak salah baca 4 tahun menunggak ya? artinya jauh sebelum pandemi sudah menunggak dong, jd pandemi tidak bisa pa dedi jadikan alasan. dapat pekerjaan baru 3 bulan, kalau ada itikad baik jauh sebelum ada penagihan dibayar lah

    • Sudahlah putri, ini namanya warna kehidupan, ts dan org2 yg galbay sudah membuka lapangan pekerjaan buat org2 yg berprofesi sbg dc. Kalau ga ada yg nunggak, dc mau kerja apa. Justru dc berharap semakin byk yg galbay semakin baik, artinya mereka punya byk calon korban buat di teror2, dibentak2, syukur2 ada yg ga tahan lalu melakukan pelunasan, bonus nya bisa mereka bawa pulang buat hidupin keluarganya. Kalau kamu bkn dc buat apa kamu bully terus ts, kecuali kamu juga dc dan punya kepentingan supaya cair bonus saya maklum.

      • Bisa dibilang mayoritas yg membully ts disini ada DC & koleganya, padahal mayoritas DC itu tukang utang yg sering juga gak jelas juga kapan bayarnya, maklum penghasilan DC itu ga jelas. Kalo sy akan lawan DC melalui jalur hukum yg benar. Udah banyak kok DC yg ngibrit raib ditelan buaya krn dikejar polisi akibat salah prosedur.
        Hutang memang harus dibayar, sama saja kalo pegawai curi uang bos, emangnya boleh si bos hajar pegawai seenaknya?
        Kalo bosnya mau hajar pegawai yg mencuri karena salah ya boleh2 saja tapi ada konsekuensi hukum yg bos itu harus tanggung.
        Inilah definisi NKRI itu negara hukum.
        Justru kalian para DC yg sering bekerja diluar aturan yg harus malu, uang penghasilan yg kalian dapat itu HALAL ya utk dimakan istri & anak???
        Kalo kalian merasa benar jgn lari kalo dicari polisi.
        Saran saya pak carilah bantuan hukum & lawan si DC
        Utk langkah awal cobalah dekati bos & org kantor, jelaskan masalah anda. Kemudian jelaskan pada mereka yg paling bisa menuntut si DC, bank & segala afiliasinya adalah bos anda & kantor anda. Kalo bos & kantor anda tegas menolak terlibat dalam urusan utang yg timbul sebelum anda bekerja dikantor baru itu, maka pihak DC & bank tidak bisa berbuat apapun selain mundur, apalagi kalo anda mau mencari bantuan hukum yg akan membackup bos & kantor anda utk menyelesaikan urusan dengan DC yg offside ini... Percayalah pihak DC & bank akan ngibrit duluan.

        Saya mau lihat DC & bank mana yg berani meneror, menagih, merepotkan pihak luar yg tidak tahu apapun juga masalah DAN merasa keberatan dengan perbuatan para DC itu. Saya mau lihat seberapa kuat si DC & bank itu kalo dituntut balik oleh pihak luar itu.

        Jadi lawan pak, lawan jangan takut, lawan dengan jalur yang benar. Si DC itu cuma bacot aja yg gede, beraninya juga gerombolan.

        Selama hutang anda cuma kartu kredit dan atau KTA jangan takut dengan DC dan Bank. Kalo hutang anda kredit dengan jaminan itu waktunya anda hati2 dengan mereka pak.

  • DC tau darimana kantor barumu?
    ada 1001 cara kok.
    salah satu yg umum adalah dgn aplikasi getcontact atau sejenisnya.
    biasanya ada hashtag #nama_pt apa
    kalo udah jelas nama pt, tinggal cari di google/google maps.
    dan datanglah yg tak diundang

  • Sebentar2 agak bingung nih.. DC dateng ke Kantor yg Baru.. ? Trus Penerimaan nya gmana.. Lari ? Atau temuin ? Klo Lari yah wajar DC akan acak2 teriak2 di kantor Baru.. ?
    yg bener itu temuin.. obrol baik2.. melas2 aja.. ini baru kerja saya Pak.. sabar yah Pak.. jelaskan knapa 4 th lari.. DC juga manusia kok.. Ajak ngopi bareng di warung deket2 kantor situ.. gampang kan..

      • Yoa bener.. kasih lah 50rb.. kasian buat bensin udah jauh2 ke kantor kita buat nagih.. ?

      • Giliran di tagih ngomongin undang2 ini lah, itu lah. Peraturan Bank Indonesia segala macam di keluarin..

        Kalau di pecat juga wajar... Bos bisa menilai karakter orang dari Hal ini.

        • Uda bang. Ane sering pesan teman2. Dc yg dtg baik2 ajak ngopi, yg datang gaya preman ajak ke kantor polisi wkwkw

    • Sharing pengalaman aja.
      Saya sempat macet cc mega dari 2020
      Sebelum dc mega datang saya sampikan kondisi utang macet saya ke atasan dan management kantor, yakinkan dulu internal kantor kalau niat memang menyelesaikan ketika kondisi ekonomi menbaik.
      April 2022 saya di datangin 4 dc mega, saya seleksi dulu dengan id card dan surat tugas. Ternyata 2 orang yg membawa id card dan surat tugas. Diskusi masih kondusif.

      Selang bbrapa hari. Datang 3 orang dan nekat masuk tanpa mau nunjukin id dan surat tugas. Karena keterbatasan tempat cuma bisa masuk 2 orang. Diskusi mulai panas, salah satu dc gebrak meja, dan sesuai aturan ngga boleh ada kekerasan. Jadi saya persilahkan keluar ruangan dan saya ngga bersedia untuk ngobrol di dalam ruangan. Karena atasan dan management sudah yakin dengan saya, mereka ngga masalah dengan kunjungan dc mega yg bikin rusuh di kantor. Saya bawa ke parkiran kantor, ribut di luar.
      Dalam hal ini, pastikan bbrapa hal sbb
      Usahakan terpantau cctv,
      Rekam keributan dengan hp,
      Hindari anda memulai keributan, jaga emosi dan tenang
      Hindari sentuhan fisik.

      Posisi dc kurang diuntungkan kalau sampai ribut atau sampai ada kekerasan fisik karena masuk dalam ranah pidana, sementara piutan ranahnya perdata.

      Cerita berlanjut, Bulan desember 2022 dc mega datang lagi, tp posisi saya sedang berobat ke rs, info dr rekan kantor mereka memaksa ketemu dengan atasan dan management tp ditolak karena ada aturan di larang menagih selain ke nasabah. Saya cek di cctv yg datang 5 orang, 2 cowok dan 3 cewek. Karena ngga ketemu ada pembicaraan yg arahnya ke mengancam, saya diancam untuk dilaporkan ke atasan dan hrd supaya di pecat.
      Dc mega pandai memanfaarkan situasi dan kondisi untuk menekan nasabah yg macet. Selama ancaman dr dc mega bisa di kondisikan aman koq. Mereka cuma galak aja dan berisik. Saya sampai 3 jam ladenin dc mega koar koar ngga jelas di parkiran.

      Dan sampai awal januari 2023 kondisi saya baik baik saja, ancaman dari dc mega ya cuma sebatas yg keluar dr mulut aja. Puji tuhan saat ini sudah lunas, sudah selesai dengan mega

  • Emang ada yg aneh dengan nagih ke kantor? Saya aja pernah kabur 4 tahunan juga kok. Tapi pas ada yg nelpon ke kantor baru ya hadapi. Minta keringanan yg akhirnya sekarang udah selesai semua perblacklist-an nama saya.

    Ga usah digeser ke hal lain, intinya tetap hadapi apapun kondisi dan resikonya

  • kenapa jasa DC/Matel masih ada sampai sekarang ini. ya karena masih ada org yg ngutang tapi bayarnya masih gak tertib. kl yg ngutang pada tertib, itu nanti jg pada ilang jasa DC/Matel

  • 4th kemana aja pak, kenapa gak minta keringanan dari dulu , mohon maaf pak saya bukan DC