Surat Pembaca

Bank Mega Menagih Tunggakan Kartu Kredit ke Kantor Baru Saya

Salam hangat dari saya,

Saya Dedi sebagai nasabah kartu kredit Bank Mega. Saya tercatat memiliki hutang yang belum terselesaikan selama 4 tahun ini. Saya seperti ini karena keadaan. Sebelumnya masa corona dan saya baru saja kerja 3 bulan ini. Bank Mega telah mengutus debt collector-nya ke kantor saya yang baru saja ini. Saya tidak tahu Bank Mega bisa tahu dari mana?

Kemarin waktu saya menganggur karena corona tidak ada yang datang ke rumah. Sekarang setelah saya ada gaji lewat bank lain baru data saya terbuka kembali dan Bank Mega mendatangi saya di kantor baru. Hal ini dapat menyebabkan risiko pemecatan atas saya. Yang saya tahu peraturan Bank Indonesia tentang penagihan harus sesuai alamat rumah.

Hal itu diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP tanggal 13 April 2009 Perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu. Pada salah satu poin, terdapat aturan tentang tempat penagihan utang oleh debt collector.

“Penagihan hanya dapat dilakukan di tempat alamat penagihan atau domisili pemegang kartu kredit”.

Apa aturan itu sudah tidak ada lagi?

Maaf alamat rumah saya tidak berubah. Tapi kenapa hal ini mengancam saya akan pemutusan kerja saya. Mohon kiranya Bank Mega bisa ada keterangan.

Dedi Supriyatno
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan “Bank Mega Menagih Tunggakan Kartu Kredit ke Kantor Baru Saya”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Bapak Dedi Supriyatno di mediakonsumen.com (14/03), “Bank Mega Menagih Tunggakan Kartu Kredit ke...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dear penulis,
    Jangankan DC yg gak kenal Anda.
    Sayapun kalo ada temen deket sekalipun 4 taun ngutang ga dibayar juga muak.

    Semua tukang ngutang pasti bakal berdalih 'karna keadaan'.
    Soalnya alasan itu yg paling gampang dipake untuk menarik simpati dan membuat penagih merasa serba salah untuk menagih.

    Ingat Anda pelaku,
    Bukan korban.

    *Kabur ah, pasti abis ini dituduh DC

  • Sepertinya ada beda bahasan, kalo hutang ya hutang, kalo mengganggu pekerjaan orang lain perbuatan tidak menyenangkan.
    Tagih dulu baik2 jaga privacy, jangan mengancam berakibat Fatal.

    Kalo pihak Bank merasa perbuatan Debt Collector Benar, Lebih baik semua masyarakat Indonesia tidak memanfaatkan Perkreditan apapun, tinggalkan semua jangan kasih makan mereka, Legal dan iLegal sama saja dampaknya Lintah Darat, prilaku perbankan spt ini main gaya premanisne.

  • Posisi saya :
    1. Benci penghutang gak bayar.
    2. Benci perlakuan kasar sama Nasabah, apalagi sampai berdampak kehilangan pekerjaan, itu perbuatan melanggar HAM.

    Harusnya pihak perbankan jaga nama baik Nasabah, kalo udah kerja, jaga, agar bisa cicil dengan keringanan, jangan dirusak masa depannya.

    Gara2 peristiwa ini, kita sebagai masyarakat Indonesia, segera tinggalkan Hutang2 ke bank dan Leasing, perlakuan tidak benar terhadap Nasabah sudah tercium buruknya.

    Jangan kasih makan mereka kalo caranya seperti Lintah Darat.

    • Halah, lo kan akun2 pembela penghutang. Pake ngeles dgn blg benci penghutang ga bayar. Bau sampah mulut lo

  • Hutang kudu bayar lunas.
    Gak mau bayar, jgn ngutang.

    Wajar debt collector ngejar kemanapun.
    Makanya dibayar dong.

  • Setau sy kartu kredit Uda di asuransi deh sama bank.sesuai arahan BI / OJK, Seandai nya nasabah ga bisa bayar kan dr pihak asuransi yg bayar ke bank. Kog bisa2 nya DC nagih ke customer lagi.

    • Coba aturan dr mana itu? Ada UU nya ga? Jgn asal ngebacot tp ga tau dasar hukum. Yg asuransi itu gunanya bukan bayar utang elu. Tp itu asuransi apabila si penghutang atau nasabah MATI. baru deh asuransi dtg

      • nah ini baru bener. kalau orangnya meninggal, atau kecelakaan yang buat lumpuh total baru asuransi cover. tapi sudah lewat 4 tahun, asuransinya juga sudah gak ada hitungannya.

  • Mega memang gitu, gw pernah langsung di wa sama orang internal mega (bukan DC) tapi dapet keringanan 50% dari total pokok hutang. Bagus nya pas lg gw duit jd lgsg gw lunasin tagihan dan lgsg minta di tutup/blokir permanen CC nya

  • Utang ya dibayar pak. Mau 4th atau lebih jg ga berubah namanya dr UTANG. Lu heran knp DC tau alamat kantor lu? Harusnya lu mikir disaat ada perubahan alamat rumah kantor HP dan lu hrus lapor Callcenter bukan kabur. Skrg wajarlah bank nagih elu. Dibayar makanya

  • Ga tau malu bgt, seolah2 jd korban, skrg di balik lo di hutangin org, 4th g bayar. Gimana coba, playing victim.

    • Anda 4 tahun di tagih kaget . Saya yg rutin byr nya tdk prnh telat bank mega gara2 telat 1 hari uang saya blm turun saya di wa mau di krm kolektor ke rumah saya sedangkan di bank lain saja tdk smp begitu amat .saya komplain ke bank mega cuma di catat jam org nya tlp dan minta maaf .wkt pembuatan dia maksa kita.sedangkan di bank lain yg limit nya lbh besar tdk smp bgtu nangih ke saya .

  • Mungkin dpt alamat perusahaan baru dari bpjstenagakerja online. Dan bagaimanapun juga sharusnya bank mega gak mendatangi kantor kl masih tertera alamat rumah. Itu bisa merusak kerjaan orang dan akhirnya gak kebayar juga. Biasanya sdh pihak k3 itu yg nagih. Bank mega hrs evaluasi lg kerjasama dg pihak k3 tsbt.

  • Harusnya kalau tidak mau diganggu terus menerus. Anda datangi pihak bank dan diskusikan dengan baik-baik. Minta keringanan. Ini anda sudah 4 tahun menghindar berarti memang tidak ada niat untuk membayar. Ya jelas pasti akan ditagih terus. Bank biasanya lebih mudah diajak diskusi asalkan ada keinginan buat melunasi walaupun dicicil. Bahkan anda bisa meminta penghapusan denda dan bunga pokok.

    Tapi mengingat udah 4 tahun anda menunggak sepertinya bank sudah kehilangan kepercayaan. Coba anda datang ke kantor cabang terdekat dan minta keringanan lagi. Ini untuk ketenangan anda sendiri. Jadi anda tak perlu lagi cemas kalau didatangi DC ke rumah atau kantor.