Surat Pembaca

Bank Mega Menagih Tunggakan Kartu Kredit ke Kantor Baru Saya

Salam hangat dari saya,

Saya Dedi sebagai nasabah kartu kredit Bank Mega. Saya tercatat memiliki hutang yang belum terselesaikan selama 4 tahun ini. Saya seperti ini karena keadaan. Sebelumnya masa corona dan saya baru saja kerja 3 bulan ini. Bank Mega telah mengutus debt collector-nya ke kantor saya yang baru saja ini. Saya tidak tahu Bank Mega bisa tahu dari mana?

Kemarin waktu saya menganggur karena corona tidak ada yang datang ke rumah. Sekarang setelah saya ada gaji lewat bank lain baru data saya terbuka kembali dan Bank Mega mendatangi saya di kantor baru. Hal ini dapat menyebabkan risiko pemecatan atas saya. Yang saya tahu peraturan Bank Indonesia tentang penagihan harus sesuai alamat rumah.

Hal itu diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP tanggal 13 April 2009 Perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu. Pada salah satu poin, terdapat aturan tentang tempat penagihan utang oleh debt collector.

“Penagihan hanya dapat dilakukan di tempat alamat penagihan atau domisili pemegang kartu kredit”.

Apa aturan itu sudah tidak ada lagi?

Maaf alamat rumah saya tidak berubah. Tapi kenapa hal ini mengancam saya akan pemutusan kerja saya. Mohon kiranya Bank Mega bisa ada keterangan.

Dedi Supriyatno
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan “Bank Mega Menagih Tunggakan Kartu Kredit ke Kantor Baru Saya”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Bapak Dedi Supriyatno di mediakonsumen.com (14/03), “Bank Mega Menagih Tunggakan Kartu Kredit ke...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Solusinya sebenernya simple kalau mau kerjaan yg baru mau aman. Cari pinjeman baru atau jual barang berharga yg punya untuk nutup tu utang. Empat taun lo itu, giliran ditagih mencak mencak? ???

    • Hei... yg benar itu lapor polisi. Tdk ada yg bole sok jago di negara ini.

      Kalau nasabah bersalah, gunakan jalur hukum, gugat nasabah ke pengadilan. Bukan main hakim sendiri dgn cara preman. Kenapa bank tdk berani gugat nasabah ke pengadilan ? Apakah takut kalah ? .

      Premanisme semakin byk di Indonesia gara2 org spt anda yg tdk menghormati hukum

  • Hadeuh gak bayar 4thn, ya wajar lah pihak DC mau nagih ke kantorpun soalnya anda gak kooperatif.

    DC 3 tahun gak datang ke rumah sepertinya anda malah melunjak gak bayar sama sekali merasa uda bebas dari hutang.

    Sok bahas aturan tapi anda sendiri pun sudah melanggar aturan.

    Jangan cari pembenaran, stop playing victim.

  • bener dugaan sy.
    dr seluruh komen disini.
    80% itu botol semua.
    15% netral
    5% cerdas macam saya dan pak joseph dan pak lawan secara hukum???

    tlg baca ulang yg ditanya sama penulis.
    pahami apa yg dia keluhkan.
    lalu kasih tanggapan sesuai keluhan dia.

    apa ini forum bebas macam fesbuk jd boleh ngalor ngidul seenaknya?

    pantesan pemimpin yg demen ngalor ngidul, banyak retorika, masih laku di indonesia.
    pemimpin yg jelasm tegas lugas malah dimusuhin??.

    sy jg ngalor ngidul nih. sekalian aja ya.

    nanya sm penulis.. km pk uang kartu kredit buat apa? buat kebutuhan keluarga, atau main slot?
    kamu ada gestun gak? klo gestun, km ada sisihkan sebagian buat fakir miskin ga?
    km dilingkungan gmn? sombonh atau baik? anak keberapa dr brp sodara?
    asuwwww ????

  • 4 tahun boy ???, makanya mending gausah ngikutin gaya pake kredit² segala, apa sih yg dikredit juga?. Pantesan greget DCnya, bayangin 4 tahun itu sempat bisa keliling dunia dulu ???

  • Para DC yg ngebuli TS disini emang mayoritas tdk mgerti hukum & konsekuensi hukum atas tindakan mereka.

    Ini fakta soal kartu kredit dan gagal bayar

    1. Belum pernah ada bank dan atau penerbit kartu kredit menuntut secara pidana dan atau perdata seorang pemilik kartu kredit, TERUTAMA apabila kartu tersebut diperoleh dengan cara yang sah bukan dengan data tipuan. Tunjukkan bukti kalo ada hahahahaha...

    2. Sudah ada beberapa bukti nyata Bank dan segala afiliasi DC rekanan dituntut & divonis bersalah secara pidana dan atau perdata karena kesalahan prosedur penagihan utang. Silahkan cari di google atau tanya LBH setempat.

    3. Lapor OJK, BI, Polisi dan atau pihak manapun tidak menghilangkan atau menghapuskan utang dan atau denda, biaya yang ada secara otomatis.

    4. Jalan keluar dari masalah kartu kredit/KTA (pokoknya yg tanpa jaminan resmi, bukan kredit rumah, mobil atau motor) hanya bisa melalui :
    A. Bayar hutang sampai lunas
    B. Kabur tanpa meninggalkan jejak sama sekali kalau bisa ya...
    C. Ini yang menarik... Sabar, sabar dan sabar tunggu sampai pihak Bank dan atau afiliasi DC berbuat kesalahan, setelah itu anda harus berani menuntut balik. Kejam dan curang rasanya tapi inilah kejamnya dunia perkreditan.
    Hasil dari tuntutan anda mungkin bisa mengurangi bahkan melunaskan utang anda.

    Terus cara menghadapi DC itu sebenarnya cuma 1, jangan dihadapi... Sekali lagi jangan dan jangan pernah mau berurusan dengan DC. Tidak ada untungnya urusan dengan DC, mereka itu semua cuma anjingnya Bank. Mau marah... Marah aja lu semua DC... Ngapain urusan dengan DC tdk akan selesaikan urusan anda dengan Bank.
    Anda berutang dengan bank, kenapa mau menyelesaikan via pihak lain.

    Ini fakta anda kalau mau urusan dengan DC :

    1. Anda bisa mati, mati benaran
    2. Anda bisa babak belur dikeroyok
    3. Anda bisa ditipu, uang pembayaran dibawa lari
    4. Anda bisa emosi, malah runyam masalah dituntut balik
    5. Kemungkinan paling kecil, anda bisa atur damai dengan DC demi kenyamanan hidup sesaat, tapi ini kemungkinan terkecil...

    Jangan pernah mau urusan dan atau menemui DC dengan alasan apapun. Abaikan dan abaikan mereka. Kalau mereka berbuat salah jangan takut tuntut balik mereka. Tidak usah temui mereka bicara solusi apapun. Tidak ada solusi via DC.

    Kalau anda mau solusi, datang langsung kekantor resmi bank, tanya via call center resmi jangan melalui pihak lain. Baik anda mau melunasi atau mau mencicil, minta keringanan intinya langsung ke bank. Percayalah bank akan selalu mau bernegosiasi demi kebaikan bersama, karena bank butuh juga penyelesaian. Tidak mudah bagi bank menghapus buku utang anda, panjang jalannya dan sulit secara aturan.

    Jadi bagi semua yg mengalami sulit bayar dan atau gagal bayar dan atau mau niat ngemplang intinya jangan pernah mau urusan dengan DC. Hindari saja dan hindari saja biarkan mereka emosi jiwa dan biarkan mereka melakukan kesalahan. Selanjutnya terserah, kalo anda berani tuntut balik... Percayalah banyak pihak yang akan membantu anda membumi hanguskan para DC dari NKRI.

    Saya berbicara dan menulis ini terutama untuk para DC preman, bergaya preman, preman benaran, preman jadi2an, kalian bertobatlah lebih dulu, yang kalian lakukan sekarang itu BUKAN PEKERJAAN. kalian hanya gerombolan perompak dan perusuh yang sangat amat sangat pantas dibumihanguskan.

    JANGAN TAKUT DC
    JANGAN TEMUI DC
    LAWAN SEMUA DC

    INI UNTUK KASUS KARTU KREDIT DAN KTA TANPA JAMINAN SAJA.

    • Pinter ngomongin soal hukum tp ga pinter nyari solusi tuk bayar utang anda. Itu namanya tong kosong nyaring bunyinya

  • saya bukan DC, cuma bacanya gimana ya, selama 4 tahun ini bapak ada usaha untuk membayar kah? ya kita semua kena pandemi, kesulitan juga. dalam 4 tahun ya minimal bapak pergi ke kantornya, minta keringanan atau cari solusi lain. bukan berharap hutang di hapuskan sama bank terus bapak hidup tenang juga. sekua orang disini mungkin punya hutang juga. tapi ya cari solusi bayarnya juga. kalau memang benar benar tidak mampu ya ke bank, bilang saya sudah tidak mampu bayar. mesti gimana. media konsumen ini bukan tempat mengeluh orang yang lari dari tanggung jawab. atasan bapak juga dengar cerita bapak gak bayar hutang 4 tahun pasti takut lah. ini orang kok gak ada tanggung jawabnya kesannya. setiap saat orang menyalahkan DC padahal dari personalnya kadang ada yang memang mau lepas tanggung jawab. ya susah juga kalau begini.

  • Para penulis komentar yg budiman...

    Mau si TS utang tidak bayar selama 4 th atau 400 th x 400 th sekalipun kenapa harus dihujat...

    Setiap orang punya masalah, si TS sadar, masih sadar ada hutang. Belum dan atau tidak mau dibayar biar menjadi urusan pribadinya.

    Tanpa perlu dihina atau dibully... Hutang TS tidak akan selesai dengan sendirinya tanpa dia menyelesaikan. Selamanya dia akan blacklist tapi bukan berarti PASTI TIDAK BISA mendapatkan kredit dari pihak lain. Tidak ada satu pihak pun berhak melarang satu pihak berhutang ke pihak lain. Blacklist dari BI itu catatan bahwa dia memiliki masalah, beresiko tinggi, tapi BI tidak bisa melarang dia meminjam lagi dan menerima kredit lagi.

    Saat ini para komentator lagi sejahtera semua, tidak punya hutang mungkin, atau hutangnya lancar semua... Ingat ketika anda membully si TS apalagi dengan keterlaluan... Penghakiman itu bukan porsi manusia, itu urusan si TS dengan yang diatas dan dengan bank... Kalo memang musibah, kesulitan hidup bukan krn niat tdk baik utk tdk membayar utang... Pantaskah dipersalahkan sampai keterlaluan?

    Ingat meminta itu bukan dosa, jadi peminta, pengemis bukan DOSA...
    Semua kreditur itu sama saja pengemis...
    Riba itu yang dosa, semua dosa ada konsekuensinya... Jadi pihak2 yang menikmati riba jangan kaget kalo dapat konsekuensi buruk.

    Bank itu kasih kredit dengan riba, mereka itu sudah siap kalo kreditur akan macet, bukan berarti mereka mau macet... Tetapi mereka sudah persiapan dan ada backup plan untuk yg macet krn memang harus begitu itulah sebabnya ada syarat GWM, NPL & lain sebagainya

    Jadi buat TS tetap tenang, lebih baik dekati pihak kantor dan bos jelaskan semua dan minta mereka dengan tegas menolak teror DC, kalo terus di teror, maka lakukan perlawanan hukum.

    Anjing itu sedikit yang tahu aturan. Anjing itu hanya bisa menggonggong, kalo sdh mulai menggigit, jangan dibiarkan. Anjing itu perlu diajar dan dihajar juga agar tahu aturan.

    Jangan takut pak, segera kunjungi LBH terdekat banyak layanan pro bono utk kasus ini. Dunia sudah gerah dengan preman berdasi preman berkedok semua...

  • 4 thn gak ditagih gak bayar dan tenang2 aja. Giliran ditagih kebakaran jenggot?? Tagih ke kantor itu cara efek psikologis spy debitur sgra kooperatif. Karna macet bisa minta keringanan diskon 50% biasanya. Manfaatkan itu

    • "Karna macet bisa minta keringanan diskon 50% biasanya. Manfaatkan itu"

      Kebelet uda pengen cair bonus ya bos ??? wkwkwk

      • Kenyataan itu. Kalo macet daripada bank gak dapat duit karna macet ya dikasih solusi. Kalo gak ditrima ya efeknya lu gak bakal dapat kredit seumur idup

        • Emang kalo udh blacklist BI pasti ga bisa dapat kredit? Kata siapa itu... Emang BI yg punya uang???
          Terserah yg punya uang mau kasih pinjaman kredit lagi atau tidak...
          Tidak mungkin dikasih? Salah besar banyak orang udah blacklist BI tetap bisa dapat kredit, dapat kartu kredit lagi, dapat pinjol legal, dapat pinjol ilegal apalagi... Banyak skali yg begitu...

          Makanya para pemberi utang itulah yg goblok semua... Yg berhasil dapat utang itulah org pintar genius smua...
          Yang paling bodoh dari semua ya para penagih utang, apalagi para DC kayak kalian inilah rantai paling puncak kebodohan... Mau maunya disuruh melakukan sesuatu yg merugikan, mempermalukan, merendahkan diri sendiri, keluarga juga...

          Siapa yg bangga diumumkan ke seluruh dunia ini Bapak/Ibu saya pekerjaan DEBT COLLECTOR
          Ini om/tante saya DC terhebat diseluruh dunia
          Ini adik/kakak saya DC terlihai diseluruh dunia

          Elu pikir anak/cucu elu bangga dengan kerjaan DC elu, bahagia mereka makan uang komisi DC elu...
          Udah kalian DC tobat aja, apalagi DC gaya preman yg sering ternyata preman benaran... Tobat sblm terlambat...

          Orang kecil blm tentu tdk berteman atau berkerabat dgn orang besar... Emang kalian yakin dia hanya org kecil krn punya hutang ga bayar? Trus kalian bisa perlakukan seenaknya slama blm bayar utang? Ntar kena batunya mewek dah...

          Ingat sulit sekali membawa kasus utang piutang ke meja hijau, dibandingkan membawa kasus penghinaan, pencemaran nama baik, harkat & martabat seseorang ke meja hijau... Tinggal korban mau melaporkan atau tidak

          Kalian para DC ini sebenarnya TO polisi lho, biar kata kalian teman main, teman ngopi warkop... Polisi itu cuman tunggu laporan resmi utk proses kalian... Jadi bertobatlah sebelum terlambat.........

          • pak.
            aku pengen nya sih stop anda jgn terlalu kasar ???

            tp dlm hati ku kok mendukung ya ????

            skrg jd tau ya. org2 lebih suka mengulik2 masa lalu, lalu mencari2 sndiri alasan untuk menghakimi org lain, agar khayalannya terpuaskan.

            ts nanya , aturan ini diperbolehkan apa gak? masih berlaku ga aturannya??

            jawabannya rata2
            "4 tahun kemana aja bos?
            utang dibayar bos? "
            ???

            membaca itu mudah.
            memahami isinya yg sulit.
            percaya kata2 mutiara ini pak? aku yang buat barusan ??

          • menyinggung topik yg bpk bahas.
            aku mau curcol sdikit ya. maaf jd ngalor ngidul juga, ikutan botol seperti mayoritas komen2 disini jg??
            bi ceking ttep dpt kredit? 100% betul.
            cth kasus,
            ada suami status colect 5, istri bersih.
            istri kerja di perusahaan bonafid.
            istri dpt fasilitas mbl, cicilan 5 thn dibayarin kantor. uang cicilan nanti dikirim ke rek istri dr kantor, diteruskan ke leasing.
            sales leasing sdh tau , status si suami colect 5. tp ttep diloloskan. knp? krn penjaminnya perusahaam besar, dan yg ptg cuan donk ?.
            jd trgntg kondisi dan situasi, bi ceking gk seluruhnya mutlak.

            soal kasus org kecil berteman dgn org besar.
            ini aku sndiri ?. org besar nya ga besar2 amat sih, cm masih lumayan lah klo nanganin kasus2 dc doank.
            di 2 kota, sy infokan kenkorban2 pinjol, ada penegak hukum kepolisian yg secara pribadi mensupport saya, utk melaporkan tindakan intimidasi dan kekerasan dr dc.
            yg pntng bukti hrs kuat.. yaiturekaman video.

            selain lg menunggu mangsa (dc) "terpeleset", sy jg terus mencari korban2 pinjol yg depresi karena ulah dc. dan terus mencari agar jgn lg ada korban2 stress atau bundir.
            susahnya , jrgada org maubterbuka soal pinjol. mereka nganggap utang itu aib. pdhl yg komen2 disini menghujat ,sy yakin pasti ada aibnya yg lebih memalukan ??

            sekian terimakasih. ???