Surat Pembaca

Kerasnya Hidup di Era Digital

Salam. Saya ingin bercerita tentang yang saya alami di aplikasi pinjaman online Akulaku. Singkat cerita, saya download aplikasi Akulaku untuk mengajukan pinjaman, dengan verifikasi data pribadi saya yang ditentukan oleh aplikasi pinjaman tersebut. Saya lolos verifikasi dan diberikan pinjaman awal dengan limit Rp300 ribu.

Tidak berselang waktu, saya langsung bayarkan lagi dengan menginginkan limit pinjaman saya dinaikkan. Benar, limit pinjaman saya naik ke Rp900 ribu. Tidak berselang waktu lama, saya bayarkan dengan cepat lagi, supaya bisa menaikkan limit pinjaman. Saya berpikir biarlah saya rugi bayar bunga. Lalu proses verifikasi lagi, lolos dengan tenor diberikan Rp1.200.000, dalam jangka waktu 30 hari.

Tidak lama kemudian saya bayarkan lagi, ingin menaikkan limit. Namun limit pinjaman saya tidak berubah, saya pikir mungkin saya bayarkan ini baru bisa dinaikkan. Sekitar 2 mingguan saya membayar pinjaman saya lagi, yang masih jauh dari jatuh tempo. Saya bermaksud mengajukan pinjaman sesuai dengan tawaran iklan di aplikasi, dengan limit Rp3.000.000 dan tenor tiga bulan. Saya lalu mengajukan pinjaman dengan limit Rp3.000.000 sesuai di aplikasi, tapi ternyata saya hanya bisa mengajukan Rp300 ribu.??

Saya tetap mengajukan pinjaman Rp300 ribu lagi, tapi dari aplikasi pinjaman Akulaku menyebut tidak lolos verifikasi. Saya hubungi pihak aplikasi dengan layanan yang tercantum di aplikasi dan meminta kebijakan, malah disarankan untuk menaikkan kredibilitas kredit saya, diharuskan untuk membeli produk di aplikasi Akulaku dengan cara membayar cash. Ketentuan yang tidak jelas, dengan limit PayLater Rp900 ribu yang diberikan, tapi tidak bisa untuk digunakan.

Kebijakan sistem aplikasi pinjaman online Akulaku, sangat membuat saya kecewa atas suku bunga yang telah saya bayarkan sebagai konsumen.

Ibrahim
Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara Ibrahim

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara/i Ibrahim pada tanggal 11 April...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sy juga pemakai AKULAKU sudah lebih dari 4thn cuman kasih saran untuk anda sering²lah belanja barang di akulaku minimal 1bulan 2x belanja jenis barang itu paling lama 4bulan pinjaman DANACICIL di akulaku yg berjangka 12 bulan bisa di pakai, coz pengalaman saya sejak 4thn ini seperti itu dan sudah melakukan pinjaman DANACICIL di akulaku dngn tenor 12bulan yaa lancar² az tidak pernah ada keterangan kredit belum memenuhi syarat. Silakan dicoba kalo mau

  • Solusinya adalah anda juga harus belanja
    Online dlu kkaa...
    Sering sering belanja barang apa saja
    Bayar pakai cicilan
    Otomatis ketika kka mau pinjam
    Playlatr atau pinjem duit bisa di setujui
    Dengan limit besar..
    Tapi klo cuma pinjam pinjam doang .
    Tanpa belanja seperti nya akan susah dapat limit besar
    Coba sekali buat beli barang elektronik atau apa saja dengan cara cicilan

    • Maaf bos, judulnya diperbaiki,
      Drama sekali, bangga banget hidup bergantung sama fintech, sejatinya itu digunakan untuk kebutuhan yang produktif bukan konsumtif, dilihat dari gaya tulisannya udah ketebak lah anda ini fintech nya digunakan untuk apa yang pasti jauh dari kata produktif, niat cari simpati malah dibully,
      Saran, lebih bijak lah menggunakan fintech

  • nanti giliran macet koar2 d tagih dc arogan lah dll duh ada2 saja ga kapok2 urusan ma pinjol

    • Nggak dikasih pinjam bgslah terhindar dari hutang dan riba.. knp hrs komplain di media konsumen.. nanti klw gagal byr dan dikejar2 DC komplain lagi di mediakonsumen.. hidup tanpa hutang lbh tenang dan tentram.

      • Yaaa emang sudah parah kok aku laku byk promo di playleter tapi tidak ada yg bisa di gunakan terus buat apa promo itu jujur akulaku yg sekarang sungguh mengecewakan

  • Klo sy selalu bayar jauh sebelum jatuh tempo justru krn takut GalBay. Emang limit jadi turun tp ada rasa plong bisa lunas lebih awal Tp bbrp minggu kemudian limitnya naik lagi dan belum ada minat utk meminjam lagi

  • suatu hari akan mengalami=
    1. tdk bisa login, mau bayar jadi tdk bisa dan diteror dc.
    2. sudah dibayar lunas tapi di sistem belum terferivikasi, hingga dianggap blm masuk uangnya, akhirnya jadi bulan2an dc.
    3. ketika ada masalah di aplikasi eror, lapor cs tdk ditanggapi atau cuma lempar sana sini, hingga suruh menunggu berminggu2 dan masalah mulai dr awal lagi (blunder).
    4. ketika mau bayar lupa, duit tdk ada atau kepakai buat keperluan lain

  • Wkwkwk
    Naikin limit hutang buat apa?
    Kalau buat mobilitas dan travel dsb, lebih baik cc ajah. Pinjol mah ga guna.