Surat Pembaca

Terjerat Pinjol Ilegal yang Ada di Google Playstore

Salam untuk semua. Perkenalkan, saya Zulkifli. Saya meminta bantuan kepada rekan-rekan, saya terjerat pinjol ilegal. Pada hari Jumat tanggal 29 Desember 2023, saya download aplikasi pinjol di Playstore. Saya berpikir karena ini aplikasi dari Playstore, pasti legal. Di aplikasi tersebut ada logo OJK dan APFI.

Pinjol Ilegal

Lalu saya isi data, nama, rekening, foto selfie, foto KTP. Tiba-tiba ada 2 kali saldo masuk ke rekening saya. Setelah saya cek legalitasnya, ternyata pinjol tersebut itu ilegal. Batas pengembaliannya seminggu, tapi saya sudah diteror sampai hari ini. Berikut nama aplikasi pinjol di Playstore: Pinjam Mudah, dana yang ditransfer total Rp2.016.000 dan harus dikembalikan Rp3.600.000.

Mohon bantuannya, karena saya sudah tidak kuat diteror terus. Sekadar tambahan info, di dalam aplikasi Pinjam Mudah itu ada 2 pemberi pinjaman, yaitu Rupiah Cash dan New Kredit. Saya sudah tidak kuat diteror terus, lebih baik saya bunuh diri saya kalau seperti ini.

Jujur saya tahu di sini saya salah. Saya berpikir karena ini pinjol adanya di Playstore jadi saya main isi data saja. Baru isi data rekening, foto selfie, dan foto diri, dana sudah masuk 2x. Tolong bantuannya teman teman, saya sudah sampaikan kepada OJK dan polisi, tapi tanggapan mereka hanya bilang abaikan saja.

Zulkifli
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Masa cuma karena duit 3,6jt bunuh diri, ngga kasian ama ortu dan keluarga laen?! Ganti nomor aja biar ngga diterror.

    • Masih aja kaku beginian aja smpe bunuh dikur. Ga usah takut tonk cuma WA doank ajakin aja ketemuan. Tos2an udah kl ga ada uang. Kl ilegal ga usah bayar, kl didatengin siapin aja barang

    • isi data, nama, rekening, foto selfie, foto KTP buat apa?
      Butuh pinjaman kan?
      Duit masuk ke rekening trs duit nya kmn?
      Kl tidak mau di tagih jangan berhutang
      Kl sudah berhutang ya di bayar
      Jangan kebanyakan alesan,
      Smngt KK semoga cepat lunas

    • Debt colector itu cm berani telp aja, datang jg gak sesangar ketika di telp, ciut nyali mereka, saya pernah spt anda :
      1. Spt yg disampaikan temen temen, abaikan saja, itu cm gertakan
      2. Sampaikan ke kontak telp anda klo no dan data anda di hack orang disalahgunakan untuk pinjol
      3. Hub kontak darurat seperti no 2
      4. Klo perlu ganti no hp.
      5. Klo ada yg datang kerumah bilang aja ngotot kmu gak pinjam. Gak ada aturan utang pinjol harus dibayar

      • Ini sepertinya anda, komariyah, suka banget ngemplang pinjol. Harus dibedakan mana pinjol legal dan ilegal. Nah si ts ini ilegal, sesuai arahan pemerintah memang tidak usah dibayar. Kalau legal ya bayar, kl tdk bayar ya slik jelek tdk bisa utang lagi, utang sama teman atau sodara paling juga sudah pd muak.

      • Duh komariyah ini ngajarin sesat dosa jariyah setiap orang baca dan ngikutin arahan anda

        Namanya utang ya bayar khusus legal, ilegal abaikan. Kalo dc dateng ke rumah berarti ya utang anda legal ya bayar. OJK harus tindak orang begini, kasian penyedia jasa niatnya bantu orang kepepet jadi malah dimanfaatin. Galbay mah sama aja maling bu, inget utang bawa mati bu komariyah

  • Tidak perlu dibayar karena illegal, pemerintah sudah menyarankan. Ganti nomer HP supaya tidak diteror. Kirim pesan ke semua kontak untuk mengabaikan jika ada tagihan, bilang data kena hack.

  • Mau legal ataupun ilegal,pihak aplikasi pasti bakal menghubungi kontak darurat.Lalu melacak alamat ektp punya nasabah.

    • Saya pernah ada di posisi anda, percuma juga lapor polisi. Abaikan saja dan kuatkan mental anda karena terornya cuma sebentar kalo pinjol ilegal paling semingguan abis itu mereka ngilang...yg paling utama adalah msendekatkan diri kpd tuhan YME.

    • Jangan bunuh diri, sebenarnya anda beruntung. Abaikan apapun teror itu. Pinjol illegal tidak perlu bayar.

  • Jangan dibayar dulu lah .. masih bnyak yg lebih gede dari elu ratusan juta santai aja mereka .. teror kaya gtu cuma 3 bulan juga berenti .. mnding fokus nabung aja .. klo ada rezeki baru dibayar .. klo blom ada yah jngn dipaksaain gali lobang tutup lobang.. slow bro lu nggk sendiri ..