Surat Pembaca

Saldo Rekening BRI Berkurang karena Pembayaran Premi Chubb Care tanpa Sepengetahuan Nasabah

Saldo dari Bank BRI Britama saya berkurang setiap bulan sebesar Rp522.000 sejak bulan Maret sampai November 2023 karena asuransi Chubb Care, perkiraan total Rp4.698.000. Sudah mengajukan pembatalan di bulan November 2023, namun dana yang dikembalikan hanya sebesar Rp522.000 pada bulan Desember. Perkiraan sisa kekurangan dana yang belum dikembalikan sebesar Rp4.176.000.

Kejadian bermula pada bulan Maret 2023. Saya dihubungi oleh orang yang mengaku dari BRI Pusat melalui telepon ke nomor pribadinya. Karena merasa memiliki akun rekening BRI, saya menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan. Namun, seingat saya, saya tidak pernah merasa menyetujui untuk mendaftar asuransi.

Di luar itu, tidak merasa menyetujui pendaftaran maupun kontrak asuransi karena saya sudah memiliki asuransi BPJS Kesehatan, sehingga tidak ada niatan untuk memiliki asuransi lain.

Gambar di atas diambil dari e-statement.

Kemudian, pada bulan November 2023, saya menerima uang sebesar Rp10 juta. Saat akan melakukan penarikan uang, saya mengetahui bahwa saldo rekening tidak sesuai dengan perkiraan, yaitu Rp10 juta. Akhirnya, setelah dicek, ternyata ada transaksi keluar sebesar Rp522.000 yang ternyata transaksi serupa sudah terjadi sejak bulan Maret 2023.

Saya langsung diberitahu pihak Bank BRI Cabang Universitas Negeri Semarang dan bertanya perihal transaksi tersebut. Ternyata, kejadian tersebut sudah terjadi beberapa kali (dibaca: sering).  Transaksi tersebut adalah autodebit untuk pembayaran asuransi dari Chubb Care dengan produk TELEPRO SEHAT OPTIMA dan nomor polis RG000000322407X. Dari situ, saya mengajukan pembatalan dengan dibantu pihak bank, yang akhirnya dana berhasil dikembalikan namun hanya sebesar Rp522.000.

Sampai asuransi dibatalkan, saya tidak pernah menerima manfaat atau melakukan klaim apapun dari asuransi tersebut (ya karena memang tidak tahu menahu bahwa selama itu mengikuti asuransi).

Dengan surat ini, saya bersedia dihubungi oleh pihak BRI dan/atau pihak Chubb Life Insurance untuk menyampaikan klarifikasi dan pengembalian dana atas transaksi yang tidak didasari dengan kesadaran dari nasabah Bank BRI.

Salam,

Arifin
Kota Semarang, Jawa Tengah


Update (18 Maret 2024): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Chubb Life Insurance sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “Saldo Rekening BRI Berkurang karena Pembayaran Premi Chubb Care tanpa Sepengetahuan Nasabah”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak Arifin...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Update terbaru:

    Dari pihak asuransi Chubb sudah memenuhi tuntutan dengan mengembalikan dana secara utuh dan dana tersebut sudah kami terima. Terima kasih kepada Redaksi Media Konsumen telah menerbitkan keluhan saya sehingga permasalahannya bisa terselesaikan dengan baik.

    Salam

    • buat laporan ke pihak Chubb dan minta pengembalian dana penuh, buat surat/berita disini Media Konsumen