Surat Pembaca

Dapat Orderan Fiktif Grab & Uang Driver Hilang Begitu Saja Tidak Dapat Penggantian

Perkenalkan saya adalah driver Grab. Pada hari Senin, tepatnya tanggal 15 April 2024, saya dapat orderan dengan ongkos kirim Rp 10.700 di daerah Jakarta Timur tepatnya di resto Mie Bakso Kocok Bandung (4 porsi bakso) dengan nominal belanja Rp 150.000, dan itu tagihan cash ke pembeli (saya talangin dulu pakai uang pribadi/saldo) pengantaran ke daerah Duren Sawit.

Namun, pada saat sampai di alamat pengantaran, customer tidak bisa dihubungi, dan alamatnya yang dituju adalah sekolah TK dan posisinya kosong+terkunci tidak ada penghuninya. Saya mencoba menghubungi berkali-kali tidak ada jawaban, kurang lebih 1 jam saya menunggu.

Tidak lama kemudian ada telepon WhatsApp yang mengaku dari call center Grab memberi info bahwa orderan tersebut fiktif dan menawarkan bantuan, namun minta sejumlah data dan uang. Saya semakin yakin bahwa itu percobaan penipuan.

Akhirnya saya mencoba chat ke Grab karena nomor call center Grab tidak bisa dihubungi dan dibalas oleh robot chat otomatis.

Saya pun ikuti cara klaim apabila dapat orderan fiktif, dan yang paling menyakitkan hati ternyata klaim saya ditolak padahal semua prosedurnya sudah saya ikuti.

Berikut saya lampirkan bukti chat dan juga beberapa screenshot orderan saya.

Saya harap Grab bisa lebih peduli terhadap driver-driver-nya karena uang segitu sangat berharga buat saya dan keluarga, panas hujan diterjang demi uang receh dan hanya mengumpulkan uang segitu malah hilang begitu saja 🥹.

Haryanto
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya juga curiga itu yg bikin orderan fiktif adalah restonya sendiri karna saya tidak di kasih nota malah di suruh foto barangnya aja saat pengambilan 🥹

    • Resto tanpa nota bukan indikasi resto nakal, saya juga jualan di Grabfood sudah 6 tahun. Cuma tahun pertama aja pakai nota, selanjutnya ya foto makanan/spanduk resto. Ratusan ribu order ga pernah ada masalah selama ini.
      Yang tidak mau nota juga driver, saya jual makanan siap saji. Makanan sudah siap saat dtiver datang, driver datang juga tinggal ambil. Dikasih nota pada lari ga mau.
      Tapi memang ada resto yang order palsu biar laku, biasanya harga ga masuk akal. Dan sudah punya nama jelek dr driver area situ,tanya aja ke driver yg nongkrong dkt resto situ. Nakal atau ga itu resto.

      • Iya saya juga sering dapat resto tanpa nota dan ini pengalaman pertama dapat orderan fiktif seperti ini

  • Lain kali order cod mending ditolak dr uang kita jd jaminan hasil juga gak seberapa dibanding ketipunya

    • Iya bang tadinya ga prnh terpikirkan ini bakal dapet orderan fiktif, karna saya ga prnh pilih2 orderan dan ga prnh cancel malah dapat pelajaran berharga seperti ini.
      Semoga di beri keselamatan aja ke depannya dan bisa dapat ganti yg lbh baik buat keluarga 🥹

  • Sudah didonaturkan ke tempat bla bla bla?

    Biasanya saya menggunakan fitur Pusat Bantuan untuk check akun pembeli, apa terindikasi opik atau tidak.

Penulis
Haryanto