Yellow Box Junction Solusi Kemacetan di Jakarta dan Kota-kota Besar di Indonesia

Kemacetan di Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota-kota besar lainnya di Indonesia selama ini selalu berusaha diatasi dengan terus-menerus membangun infrastruktur sarana fisik seperti pembangunan jalan tol dalam kota, pengadaan jalur khusus bus dll (hardware). Solusi ini tentunya membutuhkan biaya tinggi, belum lagi keterbatasan lahan yang menjadi kendala utama. Namun sayangnya solusi pemecahan masalah kemacetan dengan pendekatan sarana non-fisik (software) justru jarang sekali dilakukan (atau paling tidak jarang terdengar). Yang dimaksud dengan pendekatan sarana non-fisik ini adalah peningkatan kedisiplinan pengguna jalan dan juga penyediaan alat-alat pengatur lalu lintas yang tidak membutuhkan investasi besar. Salah satu solusi mengurangi kemacetan dengan pendekatan ini adalah Yellow Box Junction (YBJ).

Yellow Box Junction (YBJ) menurut wikipedia adalah alat kontrol lalu lintas jalan yang dirancang untuk mencegah kemacetan dan lalulintas yg terkunci di persimpangan jalan. Permukaan persimpangan ditandai Biasanya dengan grid silang dengan garis dicat diagonal (atau hanya dua baris melintasi satu sama lain di dalam kotak), dan kendaraan tidak boleh masuk ke area tersebut kecuali jalur keluar dari Yellow Box Junction (YBJ) di persimpangan tidak terhalan (atau , jika hendak berbelok, bisa untuk menunggu celah dalam arus lalu lintas).

Yellow Box Junction (YBJ) pertama kali diperkenalkan di Inggris pada tahun 1967 Setelah uji coba yang sukses di London. Di Irlandia dan Inggris (di mana mobil berkendara di sebelah kiri), pengemudi hanya boleh berhenti di Yellow Box Junction (YBJ) ketika menunggu saat akan berbelok ke kanan dan atau saat mempersilahkan kendaraan lain yang menunggu untuk berbelok ke kanan.

Yellow Box Junction (YBJ) bisa juga dibuat di tempat lain di jalan yang harus bebas dari antrian lalu lintas, seperti keluar dari depot kendaraan darurat atau penyeberangan atau persimpangan keluar masuk jalan tol.

Yellow Box Junction (YBJ) saat ini digunakan di banyak negara Eropa seperti Siprus, Irlandia, Malta, Portugal, Serbia dan Inggris; di bagian Amerika Serikat seperti New York dan Colorado; dan negara-negara lain, termasuk Kanada, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Afrika Selatan, Taiwan, dan Brazil.

Dengan Yellow Box Junction (YBJ) ini kendaraan yang berhenti di dalam kotak kuning akan kena tilang meskipun lampu lalulintas saat itu menyala hijau. Selama ini kemacetan di satu jalur bisa berimbas kepada kemacetan di jalur lainnya yang seharusnya tidak macet diakibatkan oleh kendaraan yang terhenti di persimpangan. Hal ini bisa dilihat dalam ilustrasi berikut ini:

Tanpa Yellow Box Junction

Lalulintas dari titik A ke titik B mengalami kemacetan setelah persimpangan 1. Kendaraan dari titik A ke titik B terhenti di persimpangan 1. Akibatnya arus lalulintas dari titik C menuju titik D ikut terhambat di persimpangan 1. Padahal sebenarnya setelah persimpangan 1 arus ke titik D lancar. Efek berantai berikutnya adalah karena arus lalulintas dari titik C ke D terhambat di persimpangan 1, maka arus lalulintas C ke D terkunci di persimpangan 2 akibatnya lalulintas dari titik E ke titik F ikut terhambat padahal setelah persimpangan 2 arus lalulintas ke titik F sebenarnya lancar.

Dalam skenario 2 dimana Yellow Box Junction (YBJ) diterapkan di persimpangan.

Dengan Yellow Box Junction

Lalulintas dari titik A ke titik B mengalami kemacetan setelah persimpangan 1. Tetapi kendaraan yang menuju ke titik B berhenti sebelum kotak kuning (YBJ) meskipun lampu pengatur lalulintas berwarna hijau. Sehingga persimpangan 1 tidak mengalami kuncian dan arus lalu lintas dari titik C ke titik D tidak terhambat. Karena arus lalulintas dari titik C ke titik D tidak terhambat maka arus lalulintas dari titik E ke titik F juga mengalir lancar tanpa hambatan.

Solusi yang murah namun dampaknya cukup besar untuk membantu mengurangi kemacetan di kota-kota besar. Tentu saja dibutuhkan sosialisasi terus menerus secara konsisten kepada semua pengguna jalan, tetapi ini jauh lebih murah daripada terus menerus membangun jalan tol.

Di Indonesia Polda Metro Jaya sudah membuat uji coba Yellow Box Junction ini namun belum begitu gencar disosialisasikan dan belum diterapkan di banyak persimpangan. Salah satu persimpangan yang memakai Yellow Box Junction adalah di Jl. Sarinah Jakarta Pusat.


Yellow Box Junction

Berikut video tentang bagaimana menggunakan Yellow Box Junction di Inggris

https://www.youtube.com/watch?v=VNgDxKiEwpU

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 5/5]
Loading...

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Yellow Box Junction Solusi Kemacetan di Jakarta dan Kota-kota Besar di…

oleh Dadang Syahid dibaca dalam: 3 min
0