Tumor pada Gondok (Mengenal Struma, Bagian 3)

Oleh dr. Fathul Djannah, Sp.PA.

Pada artikel mengenai struma bagian 1 dan bagian 2 sudah kita bahas tentang gondok/struma yang hypothyroid dan hyperthyroid. Pembesaran kelenjar thyroid yang menyebabkan kekurangan dan kelebihan hormon thyroid. Selain kedua jenis tadi, gondok/struma dapat juga akibat tumor baik tumor jinak maupun ganas. Tumor jinak thyroid biasanya sampai bertahun-tahun dengan pertumbuhan yang lambat sebaliknya tumor ganas tumbuh membesar sangat cepat.

Penyebab tumor pada thyroid tidak diketahui dengan pasti, namun multifaktor dapat memicu pertumbuhannya seperti genetika/keturunan, efek radiasi pada tumor tempat lain seperti di dada atau saluran nafas, anak-anak yang terpapar radiasi di Hiroshima dan Nagasaki serta Chernobyl dan setelah 20 tahun kemudian muncul keganasan. Tumor jinak adalah adenoma thyroid sedangkan tumor ganas mencapai 80 persen adalah keganasan papiler, follicular mencapai 10 persen.

Gejala tumor jinak adalah struma dengan single nodul/benjolan, konsistensi padat kenyal dan tidak ada perlekatan pada pada daerah sekitar yang merupakan khas dari tumor ganas. Konsistensi keras dan tampak benjolan benjolan di daerah leher sekitar thyroid (anak sebar dari tumor ganas thyroid). Gejala serak dan sulit bernafas bisa terjadi pada tumor jinak maupun ganas bila terjadi penekanan di daerah leher.

Untuk menegakkan diagnosis, dilakukan anamnesa, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang antara lain USG, FNAB/aspirasi biopsi jarum halus untuk menentukan keganasannya namun untuk jenis tertentu seperti follicular neoplasma dibutuhkan Frozen Section/Vries Coup atau potong beku yang dilakukan durante/selama operasi dan pemeriksaan histopatologi dari sediaan operasi.

Secara kasat mata penderita struma (gondok) tidak bisa ditentukan jenisnya, kecuali setelah dilakukan pemeriksaan penunjang. (foto dok. Pribadi)

Terapi untuk tumor jinak adalah operasi yang mengangkat tumor dan namun untuk tumor ganas tergantung ukuran tumor. Bila ukuran tumor cukup besar maka harus dilakukan pengangkatan kedua lobus thyroid kanan kiri dan dilanjutkan radiasi untuk mencegah kekambuhan dan menyebarnya tumor ke organ yang lain.

Tumor ganas thyroid paling sering menyebar ke kelenjar getah bening leher sekitar dan tulang. Bahkan beberapa kasus penderita datang dengan benjolan di kepala yang ternyata kemudian setelah dilakukan pemeriksaan adalah penyebaran dari tumor ganas thyroid.

Deteksi dini pada tumor dan waspada pada diri sendiri adalah tindakan preventif pada semua kasus tumor termasuk pada tumor thyroid. Tidak membiarkan atau mengabaikan semua benjolan sekecil apapun. Segera periksa ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat untuk periksa.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:18    Rata-Rata: 2.6/5]
Loading...

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Tumor pada Gondok (Mengenal Struma, Bagian 3)

oleh Fathul Djannah dibaca dalam: 2 min
0