Status Pengiriman Tidak Jelas, J&T Express Mengabaikan Keluhan Konsumen dan Bukalapak Membatalkan Transaksi Sepihak

Berawal dari transaksi Bukalapak dengan nomor transaksi 181097437872, kemudian saya sebagai seller memproses pesanan tersebut. Berikut ini kronologi pengalaman saya:

  • Tanggal 02 September 2018: Paket saya antar ke J&T Tomang dengan nomor resi JB0006504728.
  • Tanggal 03 September 2018: Paket telah sampai JKT_Gateway.
  • Tanggal 07 September 2018: Paket masih stuck di JKT_Gateway, kemudian saya coba telepon CS J&T. Infonya sedang ada kendala di gateway dan akan memberikan kabar secepatnya dengan meminta nomor telepon saya.
  • Tanggal 09 September 2018: Karena paket masih stuck di JKT_Gateway dan saya juga belum dikabari juga, kemudian saya telepon kembali ke CS J&T untuk menanyakan status paket ane. Namun jawabannya sama seperti awal saya telepon, bahwa saya harus menunggu dengan meninggalkan nomor telepon.
  • Tanggal 10 dan juga tanggal 15 September 2018: Jawaban yang sama dengan di atas.
  • Tanggal 13 September 2018: Saya coba email ke mereka namun sampai saat ini belum ada balasan dari mereka.
  • Tanggal 15 September 2018: Saya coba telepon, lagi-lagi jawaban yang sama dan tidak ada kejelasan. Lalu saya coba ke J&T Tomang tempat saya kirim paket. Setelah lapor, mereka langsung kirim laporan ke J&T pusat untuk follow up beserta foto paket saya dari CCTV.
  • Tanggal 18 September 2018: Masih belum ada kabar dari mereka juga, kemudian saya lapor ke pihak Bukalapak untuk batu follow up ke pihak J&T.
  • Tanggal 24 September 2018: Transaksi saya tiba-tiba di-cancel oleh pihak Bukalapak dengan alasan saya mengabaikan surat notifikasi yang ‘katanya’ mereka sudah kirimkan surat dengan nomor 7102019. Padahal saya tidak pernah menerima email tersebut, saya sudah cek di inbox, spam dan trash juga tidak ada.

Bagaimana cara kalian bertanggung jawab? Saya selalu disuruh menunggu dan menunggu? Sampai surat ini dibuat tidak ada tanggapan sama sekali dari pihak J&T sampai transaksi saya dibatalkan pula oleh pihak Bukalapak (sepihak). Percuma ada customer service tapi tidak berguna.

Saya cuma pedagang kecil, tapi saya tidak terima jika kalian memperlakukan saya dengan cara-cara kalian yang seperti ini.

Sekian, terima kasih.

Sinar Surya (laris manis)
Jakarta Utara


Update: Terkait keluhan di atas, penulis kembali mengirimkan surat pembaca sbb:

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Sinar Surya

Dengan hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Mereka seperti mengabaikan semua keluhan2 pelanggan mereka (main salah2an)

      dan kemarin ada salah satu paket ane yg dikirim lewat JNE yg hilang.. itu status hilang mereka (JNE) yg khabari ke ane lewat tlp. Padahal tu paket baru semingguan aja.

      Kesimpulannya JNE jauh lebih bagus dari sisi kualitas pelayanan kepada customer dan dari sisi kecepatan pengiriman.

      Dan untuk J&T.. ane ga bakal berhenti menulis dan menyebarkan berita ini kemana saja.. sebelum ANDA bertanggung jawab!

  • Kalo memang hilang, seharusnya J&T declare aja biar jelas pertanggungjawabannya. Kalo gantung gini kasian juga pembeli dan penjual nunggu2, nama penjual jg jadi jelek di mata pembeli.

    • Harusnya mereka rubah statusnya jd hilang. Tapi mereka hanya diam saja.. tlp bahkan email mereka abaikan.. parah sekali J&T ini.. bisa dilihat jawaban mereka diatas yg gitu doang tdk ada kelanjutannya lg.. miris

      Klo ada yg bisa bantu bawa kejalur hukum atau media pasti ane senang sekali...

  • inilah indo, d mana2 gak mau rugi, klo serius kerja....bantu dong customer setia anda, sbb klo ada customer yg kecewa, anda2 juga yg kehilangan pelanggan dan lama kelamaan, akan d tinggalakn sama pelanggan, d dunia ini gak ada yg gak mustahil.

    • Benar kata agan ini.. padahal ane pelanggan setia J&T namun disaat ada kasus seperti ini mereka buang muka..
      J&T sadis..

      • Sehubungan dengan surat pembaca Bapak Sinar Surya (laris manis) dengan judul “Status Pengiriman Tidak Jelas, J&T Express Mengabaikan Keluhan Konsumen dan Bukalapak Membatalkan Transaksi Sepihak” , kami ingin meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi terkait hal ini.
        Kami telah menindaklanjuti keluhan Bapak dan pihak kami telah menghubungi Bapak secara langsung untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

        Untuk kritik dan saran lainnya, Bapak dapat mengirimkan email ke kami: jntcallcenter@jet.co.id atau di hotline 021 8066 1888
        Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

        Salam,

        Elena
        Public Relations Officer
        J&T Express
        http://www.jet.co.id

  • Terima kasih atas responnya dari J&T Express meski masih mengunakan kata2 yang sama, pada akhirnya saya memutuskan untuk mengakhiri kasus ini dengan ikhlas..

    Sekali lagi terima kasih untuk Tim Bukalapak, media konsumen dan teman2 twiter yang mau memberikan waktu dan nasehatnya kepada saya :)

    Dengan ini kasus saya tutup.. :)

    Terima kasih,
    Sinar surya
    (Laris Manis)

    • Selamat Sore,

      Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami dan keterlambatan merespon surat pembaca Bapak. Kami telah memproses permasalahan bapak dan melakukan pengecekkan yang memang memerlukan waktu agak lama.
      Pihak kami telah menghubungi Bapak secara pribadi dan telah menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan memberikan ganti rugi pada hari ini.

      Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

      Salam,

      Elena
      Public Relations Officer
      J&T Express
      http://www.jet.co.id