Saldo BukaDompet Bukalapak Hilang Melalui Transaksi Pulsa XL yang Tidak Saya Lakukan

Nama saya Tommy Kurniansyah. Saya cukup lama menggunakan media jual beli, khususnya Bukalapak, dan sebelumnya lancar dan aman. Pada tanggal 02 Oktober 2018 saya melakukan transaksi pembelian dengan nomor transaksi 181195502526 sebesar Rp663.957, dan karena dari pihak penjual terkendala jasa pengiriman, maka uang transaksi saya dikembalikan (refund) penuh sebesar Rp663.957.

Pada tanggal 04 Oktober 2018, sehubungan dana yang di-refund dikembalikan ke BukaDompet, saya berinisiatif untuk mentransfer ke rekening BCA saya. Tanggal 05 oktober saya cek kembali sambil mencari panduan cara transfer. Namun saya kaget, ternyata saldo di BukaDompet telah hilang, hanya disisakan 1.200 rupiah. Sedangkan uang refund sebesar Rp663.957 raib. Setelah saya cek di notifikasi, terjadi transaksi pembelian pulsa XL pada tanggal 5 Oktober 2018 pukul 02.40 sampai 02.42 WIB. Dalam durasi 2-3 menit saldo BukaDompet saya ludes, hanya menyisakan Rp1.200. Nominal pembeliannya Rp500.000, Rp100.000, Rp50.000 dan Rp25.000 ke nomor XL yang sama: 087810250495. Saya cek setelah kejadian, nomor telepon pada akun saya pun berubah menjadi nomor XL tersebut.

Mungkin nominal dan kerugian saya kecil, tetapi bagi saya sebagai konsumen dari kelas menengah ke bawah, itu cukup besar. Saya sebagai konsumen Bukalapak, berharap pihak Bukalapak menanggapi dan bisa mengembalikan dana saya yang hilang. Saya percaya Bukalapak sebagai perusahaan besar punya tim dan sistem yang baik, dan menjaga reputasi perusahaan. Dengan kebesaran dan profesionalismenya, saya berharap Bukalapak bisa menyelesaikan persoalan tersebut dan mampu mengembalikan dana saya yang hilang.

Saya tidak mungkin melakukan transaksi dengan nominal besar untuk pembelian pulsa dalam kurun waktu yang singkat. Saya juga sudah coba telepon nomor yang mencuri saldo BukaDompet saya, tapi tidak terhubung. Semoga ini menjadi perhatian Bukalapak untuk mengatasi penipuan, apalagi kasus hilangnya saldo BukaDompet dengan modus transaksi pulsa XL cukup banyak, dan seharusnya ini menjadi perhatian Bukalapak agar meningkatkan keamanan dan pelayanannya.

Saya sudah komplain melalui menu komplain dan lewat FB Bukalapak, tapi tanggapannya harus menunggu maksimal 5 x 24 jam, dan saran untuk mengganti password email dan media sosial yang digunakan untuk login di Bukalapak. Saya sudah ganti dan berharap dana yang kecil bagi Bukalapak (besar menurut saya) bisa secepatnya dikembalikan.

Terima kasih bagi Media Konsumen yang memberi tempat untuk menuliskan keluhan konsumen seperti saya. Semoga Media Konsumen semakin maju dan berkembang. Bagi Bukalapak semoga tidak terjadi kasus seperti ini lagi, dan keamanannya semakin ditingkatkan. Pelayanan dan kenyamanan serta keamanan adalah pondasi menjaga hubungan konsumen dengan perusahaan tersebut.

Tommy Kurniansyah
Bojonegoro – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Tommy Kurniansyah

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar