Surat Pembaca

JNE Lambat Update Status Pengiriman

Singkat cerita pembeli memesan barang yang saya jual melalui marketplace dan pada tanggal 9 Januari 2019 (pukul 11.24 WIB) saya langsung mengirim paket tersebut sesuai pilihan pembeli yaitu JNE. Esok paginya saya cek resi (300370002263219) dan statusnya sudah menjadi “DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY JAKARTA]” dan saya anggap pengiriman tersebut berjalan normal.

Namun sampai 15 Januari 2019 statusnya belum update juga. Saya melakukan komplain beberapa kali via email dan Twitter. Setelah diinvestigasi pihak JNE ternyata paket saya sudah diterima pada tanggal 10 Januari (10:05 WIB) kemudian barulah status no resi saya diupdate pada tanggal 15 Januari 2019 (14:23 WIB) dan itupun seakan-akan barangnya baru dikirim hari itu juga yang padahal pada tanggal 10 Januari pembeli sudah terima.

Bagi yang sering belanja di marketplace pasti tahu apabila status belum “DELIVERED” sama pihak kurir pembeli tidak bisa melakukan konfirmasi terima, sudah pasti dana akan ditahan oleh marketplace demi keamanan dan penjual pun menjadi rugi karena dana seharusnya bisa diputar untuk penjualan kembali. Dan lagi-lagi penjual harus menunggu 48 jam (peraturan marketplace) untuk dana cair apabila menemui pembeli yang malas melakukan konfirmasi terima barang.

Dalam hal ini jelas pihak JNE lambat dalam update status pengiriman dan merugikan penjual di marketplace. Mengapa JNE tidak ada supervisor dalam hal ini? Apakah pengguna harus komplain dahulu baru dicek? Ayolah JNE, sudah ketinggalan sama pesaingnya karena mereka sudah menerapkan scan via smartphone dan dalam hitungan menit status pengiriman langsung terupdate.

Donovan
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE atas Surat Bapak Donovan

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 15 Januari 2019 berjudul “JNE Lambat Update Status Pengiriman”...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya dari metro kirim barang dari tanggal 12 oktober 2020 ini udah tanggal 18 oktober 2020 dan sampai sekarang barang belum dikirim cek resi barangnya masih di bandar lampung, pusing saya ini gimana sih kok kurang profesional bikij kapok JNE

  • JNE sepertinya lalai dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya, pengalaman ini sudah saya rasakan dari sekitar tahun 2011an sampai hari saya coba untuk menggunakannya kembali dan mengalami hal yang sama barang tidak kunjung datang statusnya berhenti disini DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY , JAKARTA]
    GATEWAY , JAKARTA dari penjual sebenarnya sudah melakukan pengiriman dari tanggal 4 januari 2022, dan di tanggal 6 ada update terakhir yaitu seperti diatas, dan hingga saya tulis saat ini tanggal 9 januari 2022 barang belum juga kunjung datang dan statusnya pun masih sama seperti diatas. lambat laun kepercayaan konsumen bisa hilang dan JNE besar kemungkinan bisa saja ditinggalkan, terlebih sekarang pesaing JNE banyak bermunculan dan sangant baik dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. semoga saja tulisan ini bisa menjadi pesan dan masukan yang membangun agar JNE kedepan dapat lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, Terima kasih.

Penulis
Donovan .