JNE Lambat Update Status Pengiriman

Singkat cerita pembeli memesan barang yang saya jual melalui marketplace dan pada tanggal 9 Januari 2019 (pukul 11.24 WIB) saya langsung mengirim paket tersebut sesuai pilihan pembeli yaitu JNE. Esok paginya saya cek resi (300370002263219) dan statusnya sudah menjadi “DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY JAKARTA]” dan saya anggap pengiriman tersebut berjalan normal.

Namun sampai 15 Januari 2019 statusnya belum update juga. Saya melakukan komplain beberapa kali via email dan Twitter. Setelah diinvestigasi pihak JNE ternyata paket saya sudah diterima pada tanggal 10 Januari (10:05 WIB) kemudian barulah status no resi saya diupdate pada tanggal 15 Januari 2019 (14:23 WIB) dan itupun seakan-akan barangnya baru dikirim hari itu juga yang padahal pada tanggal 10 Januari pembeli sudah terima.

Bagi yang sering belanja di marketplace pasti tahu apabila status belum “DELIVERED” sama pihak kurir pembeli tidak bisa melakukan konfirmasi terima, sudah pasti dana akan ditahan oleh marketplace demi keamanan dan penjual pun menjadi rugi karena dana seharusnya bisa diputar untuk penjualan kembali. Dan lagi-lagi penjual harus menunggu 48 jam (peraturan marketplace) untuk dana cair apabila menemui pembeli yang malas melakukan konfirmasi terima barang.

Dalam hal ini jelas pihak JNE lambat dalam update status pengiriman dan merugikan penjual di marketplace. Mengapa JNE tidak ada supervisor dalam hal ini? Apakah pengguna harus komplain dahulu baru dicek? Ayolah JNE, sudah ketinggalan sama pesaingnya karena mereka sudah menerapkan scan via smartphone dan dalam hitungan menit status pengiriman langsung terupdate.

Donovan
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE atas Surat Bapak Donovan

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 15 Januari 2019 berjudul “JNE Lambat Update Status Pengiriman”...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

JNE Lambat Update Status Pengiriman

oleh Donovan . dibaca dalam: 1 menit
17