Surat Pembaca

Arogansi Tarif IndiHome yang Tidak Sesuai dengan Janji Sales

Pada sekitar pertengahan bulan Maret 2024, saya dan suami berencana memasang WIFI untuk menunjang kebutuhan pekerjaan dan entertainment kami. Akhirnya setelah mencari di Facebook Marketplace, suami saya tertarik dengan iklan yang dipasang oleh Ri** Da*** dengan nomor 0881-3594-***.

Oleh Ri** ini, saya ditawari beberapa paket Wi-Fi dengan rincian biaya pasang dan bulanan flat seperti pada screenshot gambar berikut.

Saya dan suami sepakat untuk mengambil paket 30 Mbps, dengan biaya pasang Rp110 ribu dan bulanan Rp110 ribu. Singkat cerita, suami saya (a.n. Mustofah) diminta mengisi data formulir segala macam untuk keperluan registrasi Wi-Fi, hingga tibalah hari-H Wi-Fi dipasang oleh teknisi IndiHome. Saat pemasangan tidak ada kendala, sampai kemudian oleh teknisi diberikan nomor aktivasi, yang ternyata setelah dibayar di Alfamart kena biaya sekitar Rp50 ribuan.

Saya sempat curiga, karena biaya pasang tidak seperti yang dijanjikan oleh si Ri**. Setelah saya cek paket IndiHome, saya curiga kalau kami dikenakan paket 30 Mbps yang bulanannya kena Rp220 ribu seperti gambar paket berikut:

Namun si Ri** berdalih kalau itu harga promo dan jika tagihan bulan berikutnya tidak sesuai, bisa komplain ke dia. Akhirnya kami menunggu sampai bulan April 2024 (untuk membayar tagihan bulan Maret). Ternyata tagihan WIFI sebesar Rp221.284, seperti yang tertera pada setruk berikut:

Suami saya berusaha menghubungi Ri** untuk mengkonfirmasi hal tersebut. Namun dia sudah tidak bisa dihubungi dari tanggal 8 April 2024 sampai dengan sekarang. Sepertinya dia memang penipu yang sengaja memasang harga tarif murah untuk membohongi customer, dan setelah customer tertarik dan memasang Wi-Fi, dia akan kabur.

Saya tidak tahu apakah kebanyakan seller Wi-Fi IndiHome memakai modus seperti ini? Mengiklankan harga murah untuk menjebak konsumen agar dia mendapat profit/keuntungan karena berhasil mencapai target penjualan?

Saya dan suami kesal, tapi mau bagaimana lagi karena Wi-Fi sudah dipasang dan kami memang membutuhkannya untuk menunjang pekerjaan? Namun yang lebih parahnya adalah arogansi dari IndiHome itu sendiri. Pada tanggal 6 Mei 2024, saya mengecek tagihan WIFI untuk bulan April 2024. Alangkah terkejutnya saya, karena tagihan bulan April 2024 menjadi Rp310.800. Sangat tidak wajar, karena IndiHome mengiklankan tarif bulanan flat.

Kami masih terima dibohongi oleh seller IndiHome, yang menyatakan paket 30 Mbps yang awalnya dikatakan Rp110 ribu tapi ternyata tagihannya Rp220 ribu. Namun kami tidak bisa terima arogansi IndiHome yang seenaknya menaikkan tagihan, yang awalnya Rp220 ribu menjadi Rp310.800.

Sangat tidak profesional dan terkesan seenaknya. Padahal perusahaan besar, tapi kredibilitasnya sangat tidak memuaskan. Saya mohon untuk tim HR atau manajer IndiHome berkenan menanggapi keluhan saya ini.

Asri Anggun
Sidoarjo, Jawa Timur


Update (14 Mei 2024): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak IndiHome sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “Arogansi Tarif IndiHome yang Tidak Sesuai dengan Janji Sales”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 8 Mei 2024 oleh Ibu Asri Anggun mengenai tarif IndiHome yang tidak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Udah jangan dibayar.
    Pasang wifi lain.
    Saya 3 tahun pake first media 166rb/ bulan speed 50mb kuota unlimited

    • pasang gampang, berhentinya yang ribet, kagak dibayar dapet surat cinta dari telkom, dibayar mahal.
      misalpun ada trouble, komplain senin, mas tekhnisi datengnya jum'at.
      ah syudahlah.

      • setahu sy sih biaya pemasangan tidak dibayarkan cash tp ikut dimasukkan tagihan bulan berikutnya jd menurut sy benar saja tagihan bulan berikutnya Rp 220.000. Terkait dgn biaya bulan berikutnya lg yg bengkak menjadi Rp 310.000, hendaknya coba cek dulu di aplikasi my indihome atau langsung datang kekantor indihome terdekat, siapa tahu tanpa kesengajaan membeli paket lain diluar pemakaian internet.

        Sy pemakai indihome juga tp iklan salesnya saat itu sesuai dgn realitanya, pasang 50 mbps Rp 350.000, gratis biaya pasang......dan utk tagihan bln berikutnya sampai skrng (hampir 1 thn langganan) tetap sama (flat) Rp 385.000 (termasuk ppn)

        Semoga sedikit membantu 🙏

    • Harga segitu masih standart coba seadainya di dlm rumah ada 5 orang pengguan internet ..jika di kalikan bisa lebih dari 300 rb dalam sebulan

    • Bulan pertama itu ga full pemakaian 30 hari
      Sistem dia tuh
      Yang bulan ke 2 itu nanti yg flat
      Berarti lihat aja paket nya yg 300 an itu apa.
      Btw koq ga kena pajak ya
      Indihome saya koq tagihan plus pajak 10%

  • jikalo itu sudah kebutuhan urgent
    1. cek ketersediaan jaringan internet lain dirumah adakah selain indihome
    2. jika masa kontrak setahun sudah habis, langsung ganti provider (kalo ada)
    3. mudahan selama 1 tahun itu jika ada keluhan langsung ditangani, jadi ongkos yang dikeluarkan sesuai dengan service, kadang ada bbrpa yang komplain error lama baru bbrp hari ditangani, konsumen dirugikan karena membayar bulanan.
    4. telp cs dulu untuk tanya perihal biaya diatas kenapa tidak flat.
    5. jika ada keluhan semisal loss, pakai app indhimome agar cepet tertangani.
    6. saya adalah mantan pengguna indihome jadi sharing pengalaman aja semoga berguna

    • Setau sayapun utk 30 mbps d angka 349k (dri nov 2022 smp skrg flat d sgtu) bahkan sy dpt kuota jd 50.mbps tanpa kenaikan harga.

    • Bu Asri, coba bawa struk pembayaran bulan April 2024, ke kantor cabang telkom terdekat, untuk tanyakan ke CS, "apakah ada perubahan status paket indihome hanya internet saja 30mbps dengan kuota 550GB, Rp. 221ribu berubah ke paket lain atau ada tambahan seperti add-on TV chanel? Yang di bulan Mei 2024, harga Rp. 310ribu, termasuk pajak ? Kalau bisa, Minta print out perincian bulan April dan bulan Mei.
      Jadi bisa di ketahui sebenarnya ibu Asri langganan paket apa. Demikian Sarannya.

      • Itu kenapa 220rb di awal bulan karna masih kena pro rate masang di tengah bulan

    • Sama seperti saya persis...baru bbrpa bulan sudah naik 2x lipat.... Mw diputus kena pinalti klo ga salah sekitar 1 jt an... Akhirnya dilanjut.... Sampai batas kontrak 12 bulan lanjut pindah alamat... Kena cas juga lumayan seharga bayar 1 bkn... Pindah lagi alamat pun tidak direspon sudah bolak balik telp cs dan nunggu satu minggu sampai akhirnya saya putuskan pindah provider dan kebetulan sudah selesai promo 12 bln... Kapok bener saya pakai IndiHome

      • Terima kasih atas sharing nya kak. Ternyata mau putus Wifi pun dikenai denda ya ? Padahal dulu saya pakai merk lain tidak ada denda. Putus ya tinggal putus karena memang pindah tempat tinggal

  • Paket anda adalah paket Jitu 1P 30mbps dengan harga 280.000 (belum ppn 11%). Bulan pertama anda membayar biaya pasang 50rb. Karena indihome pascabayar maka tagihan keluar bulan berikutnya.
    Bulan April anda membayar tagihan maret prorata yaitu tagihan dihitung harian mulai tanggal anda pasang sampai 31 maret, maka nominalnya tidak sampai 280rb + ppn,
    Bulan Mei anda membayar full 1 bulan (pemakaian April), maka tagihannya 280.000 + 11% = 310.800
    Tagihan ini flat selama anda tidak ganti paket sebesar 310.800.
    Paket anda dan pilihan paket lainnya bisa dilihat di website Indihome.co.id lengkap beserta harganya.
    Saya pelanggan Indihome/speedy sejak jaman kecepatan masih 128kbps, tarif indihome selalu flat sesuai paket yang dipilih.

    • Saya kira paket 30 Mbps dengan biaya 220 ribu per bulan (seperti screen shot yg saya sertakan). Terlepas dari semua itu, seller IndiHome memberikan informasi yang menyimpang dan menjebak konsumen.

      • Coba dtg aja ke plasa nya. Lalu tanyakan apakah benar ada sales bernama orang tsb ? Kalo memang ada dan benar , pasti langsung di berhentikan , krna penipuan sekarang menghalalkan segala cara , coba di cari infonya dgn pasti dlu

    • ya bener sih indihome tarif flat juga saya rasakan sejak namanya speedy sampai ganti indihome dari belasan tahun yll. dari dulu 265k gak naik2, malah sesekali turun sepuluh ribuan ga tau knp.

      • Intinya si di tipu sales bang.

        Indihome kan kelas nasional udah pasti di website nya tertera harga bulanan + pasang dll. Klo ada promo pun pasti ada di web.

        Zaman sekarang PT kelas nasional sales hanya berperan sebagai jembatan. Klo nawarin ini itu dibawah harga normal indikasi nipu.

        Gue pake Indihome yang 40mbps perbulan 288 rb dengan harga segitu cuma internet sama stb android aja.

  • Anda tertipu sales? Ya benar. Cari info kok lewat medos, ya ketipu. Datang langsung ke grapari atau buka web telkomsel dll yg kredibel.

  • Kirain cuma tiket. Ternyata pasang internet juga ada calonya. Jaman ponsel udah smart pakai AI kok ya masih aja ada yang kena beginian.

  • Jelas tidak beres itu dr awal. Mana ada 30 Mbps cm 110.000? Wifi abal² aja yg kecepatannya 2 - 5 Mbps tarifnya 100.000 - 150.000

    • Saya pernah pasang Wifi merk lain 100ribu per bulan. Itu wktu saya masih ngontrak tahun 2022. Waktu bangun rumah di kota sekarang, karena merk lain tsb tidak ada jaringanx jadi nyoba pake ind*home

  • Kalo menurut saya , itu orang penipu , dia mengatasnamakan sales indihome pdhal orang biasa. Krna setiap kita kasih ke sales orang yang mau psang , itu kita dpat fee (uang) dari salesnya , jadi dia pura² aja jdi sales , d psangnya la harga murah agar orang tertarik , lalu saat anda kasih data² sma dia , dia kasih lagi data anda ke sales yang aslinya , dia input data anda dgn paket yg hargga 280 rb + ppn 11% = 310.800 , krna dia hanya ingin fee nya saja , dia kasih data anda ke sales yang asli ya se mau dia aja , yang penting terpasang dan dia dapat fee dri sales yg asli , yakinla kalo sales resmi gak bakal berani mereka membodohi orang seperti itu , krna gampangnya tinggal anda datang aja ke kantor plaza terdekat , lalu laporkan salesnya atas penipuan jika memang benar itu sales asli indihome

  • Harap maklum, berati org yg pasang wifi gak paham, yg 20mbps aja gak mungkin cuma 110ribu, la ini 30mbps ya gak mgknlah dgn harga segitu.. sales mah bacotnya gak bisa di pegang org dia yg penting dpt target. 1000 sales mgkn hanya 1yg bener.

    • Iya benar saya baru pertama kali ini pasang Indihome. Jadi pembelajaran buat saya tentang profesionalisme Indihome. Sudah seller nya nggak bisa di pegang omongan nya. Teknisi nya juga asal main pasang tanpa konfirmasi lagi paket dan harga bulananx. Call center GraPARI nya di kota terdekat juga sangat sulit untuk dihubungi.

    • Indihome msh bisa toleransi kalau ditengah jalan belum 1 tahun gak di bayar karena sengaja mau stop langganan gak di denda..ada provider lain belum 1 tahun stop langganan di denda 1 jt.

  • Masih mending tu,, dulu pernah saya bayar tagiahan 3 bulan padahal internet ga bisa di gunakan sama biaya pemutusan berapa rupiah,, ehh setelah 4 bulan berikutnya saya ada tagihan lagi kalo yg dulu belum di bayar, padahal ada kuitansinya,, trus lagi kalo ada eror susah bgt di hubungi pihak indihome nyaa,, mending pikir2 1000x untuk pasang indihome d rumah,,