Surat Pembaca

Penipuan Mengatasnamakan Amar Bank

Terima kasih untuk layanan Media Konsumen yang sudah memfasilitasi ruangan ini. Saya mau menyampaikan kasus penipuan yang saya alami oleh pelaku yang mengatasnamakan Amar Bank, agar tidak ada korban lagi. Sebelumnya saya adalah nasabah Amar Bank dan cicilan saya di bank tersebut sudah selesai.

Pada tanggal 12 April 2024 pukul 14:54, saya mengalami penipuan dari pelaku yang mengatasnamakan Amar Bank. Awalnya sudah hampir 2 mingguan ada yang mengirim pesan WA kepada saya, untuk mengajukan pinjaman kembali. Namun saya tidak mau dan terus menolak. Hingga pada tanggal 12 April 2024, ada WA masuk yang menyatakan bahwa pinjaman saya sudah masuk ke OJK dan harus dilanjutkan.

Pelaku bilang mau membatalkan pinjaman secara otomatis. Saya pun percaya, lalu pelaku mengirimkan kode OTP dan saya kirimkan. Namun bukannya pemblokiran/pembatalan pinjaman, malah pencairan yang terjadi senilai Rp13.900.000, dengan pengajuan pinjaman Rp15 juta untuk tenor 15 bulan.

Saya pun langsung menghubungi pihak CS Amar Bank. Namun CS bilang dana sudah cair dan tetap menjadi tanggung jawab saya. Dana tersebut cair memang ke rekening Amar Bank saya, kemudian setelah dana masuk langsung ditarik oleh pelaku. Seolah-olah saya yang mengirimkan uang tersebut, padahal bukan saya yang melakukannya.

Poin terpentingnya, berarti akun/rekening saya bisa diakses oleh pelaku (di-hack). Kenapa bisa seperti itu? Kenapa proteksi keamanan Amar Bank seperti itu? Saya merasa dirugikan, karena nanti pada saat jatuh tempo saya disuruh bayar dan nama baik saya pun menjadi taruhannya.

Tolong kepada pihak Amar Bank untuk sistem keamanannya diperbaiki, supaya tidak ada korban lagi seperti yang saya alami. Terima kasih.

Nurul Anggraini
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: