Maintenance Bukalapak Lama dan Pelayanan CS Tidak Memuaskan

Sebelumnya saya sering bertransaksi di Bukalapak, terutama untuk BukaReksa. Namun pada tanggal 20 April 2020, sekitar pukul 20.00 WIB, sistem Bukalapak error dan maintenance server. Saya tanya ke CS, hanya disuruh menunggu dan dilakukan pengecekan berulang.

Sekitar pukul 02.50 WIB tanggal 21 April 2020, saya berhasil melakukan transaksi di BukaReksa dan sudah dibayar via virtual account BCA. Tapi, pembayaran belum terverifikasi sistem. Selang beberapa menit kemudian, sistem kembali error dan tidak bisa diakses.

Saya kembali bertanya kepada CS tapi jawabannya tetap sama. Menunggu dan dilakukan pengecekan berkala. Apapun yang saya tanyakan termasuk dana yang sudah terbayar, tetap jawabannya menunggu. Dan parahnya, CS pun tidak bisa melakukan pengecekan transaksi dengan alasan pemeliharaan sistem.

Pertanyaan saya, pemeliharaan sistem seperti apa yang memakan waktu hingga berjam-jam? Jika memang pemeliharaan sistem, kenapa sistem sempat bisa menerima pembayaran virtual account? Dan setelah terbayar malah kembali tidak bisa diakses dan dilakukan pengecekan. Jawaban dan pelayanan dari CS pun tidak memuaskan, seakan saya bertanya kepada mesin penjawab yang sudah diatur jawabannya secara otomatis.

Harusnya jika ada pemeliharaan sistem yang cukup memakan waktu lama, diinfokan terlebih dahulu dan diberikan estimasi waktu agar pengguna tidak melakukan transaksi jual beli di periode pemeliharaan sistem. Hingga surat ini dibuat, per tanggal 21 April 2020 saya masih belum bisa melakukan pengecekan transaksi BukaReksa yang sudah saya bayar.

Tony Trisno
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Tony Trisno

Jakarta, 23/04/2020 Kepada Yth: Pengelola Rubrik Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal: Tanggapan Surat Pembaca tanggal 22 April 2020 yang berjudul “Maintenance...
Baca Selengkapnya