Surat Pembaca

Hati-hati Data Dicuri oleh Pinjol Ilegal!

Melalui Media Konsumen ini, saya menghimbau kepada segenap masyarakat, baik yang sudah terlanjur mengajukan pinjaman di pinjol ilegal maupun yang punya niat mengajukan, mending gak usah. Ada 2 kejadian yang menimpa saya:

Kejadian Pertama

Sekitar 2 minggu yang lalu, sekitar pukul 10.30 malam saya di-wa oleh salah satu DC yang mengaku dari pinjol ilegal dengan nama PINJAMAN SAHABAT. Tanpa ada basa-basi, langsung mengancam sebar data karena saya dianggap tidak mau bayar hutang. Karena saya memang tidak punya hutang di pinjol ilegal tersebut, saya minta link aplikasinya. Ternyata link aplikasi yang diberikan tidak bisa diakses. Si DC berdalih bahwa sistem sedang maintenance (kecurigaan pertama).

Lalu saya tanya, pinjaman saya ditransfer tanggal berapa dan sejumlah berapa biar saya cek di mutasi rekening saya. Dengan ngotot si DC memaksa buat bayar malam ini juga, gak ada banyak tanya-tanya (kecurigaan kedua), dan selang beberapa menit si DC share data saya ke beberapa kontak, dengan maksud agar saya yakin bahwa saya punya hutang di pinjol ilegal tersebut.

Untuk memancing, saya tanya bisa nego gak? Dijawab oleh DC tersebut kalau mau bayar full dia akan membuatkan nomor VA, tetapi tidak bisa tranfer dari bank, hanya bisa via Alfamart saja (kecurigaan ke-3). Dan si DC tersebut bilang kalau mau membayar pokoknya saja bisa transfer ke pemilik aplikasi (kecurigaan ke-4). Fix ini penipuan! Yang membuat saya curiga lagi, saya ingat foto pengajuan yang di-share tersebut merupakan foto pengajuan aplikasi saya di pinjol ilegal 1 tahun yang lalu, namun saya lupa nama pinjol-nya.

Kejadian Kedua

Hari ini (6 Oktober 20) saya dapat reminder voice phone dari salah satu pinjol ilegal MODAL CASH. Kalau pinjol ini saya ingat, saya pernah mengajukan di aplikasi ini pada tanggal 21 Agustus 2020 dan statusnya sampai dengan hari ini masih verifikasi. Saya sudah cek mutasi rekening saya dari awal bulan Agustus sampai dengan Oktober ini, tidak ada transfer dari produk pinjaman online tersebut. Sebagai informasi saya mengajukan pinjaman MODAL CASH tersebut dari aplikasi DANA NOW, dimana di DANA NOW tersebut terdapat beberapa produk pinjol, salah satunya MODAL CASH tersebut.

Untuk kejadian pertama, yang bisa saya lakukan adalah dengan memblokir kontak tersebut. Untuk kejadian yang kedua saya belum tahu harus bagaimana, karena pinjol tersebut tidak bisa dihubungi. Mungkin ada bapak/ibu yang bisa memberikan pencerahan terhadap kejadian yang kedua?

Terima kasih.

Syarief Hidayat
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Halo pak syarif
    Kalo boleh saya tau gmn kelanjutan kasus modal cash nya pak?krna saya jg mengalami hal yg sama..boleh di share pak?

  • Hallo ibu Wulan, statusnya sy diamkan saja bu, krn saya memang tidak meminjam di modal cash.
    Kl boleh tahu ibu apply modal cash via aplikasi apa ya bu? Lgs diaplikasi modal cashnya atau via aplikasi dana now?

  • Asslm.pam syarif nama saya eka.
    Saya malam ini mendapatkan sms penagihan dari dana pintar pembayaran tgal 14-20 februari tp saya tidak merasa meminjam saya donlot apk.a krn penasaran tp di apk ada tagihan.
    Masalahnya di mutasi rekening saya di tgal 14 tidak ada transaksi apapun.
    Dan itu pun sudah telat bayar 7 hari...seharusnya sebelum keterlambatan bisa sms dong tp ini sudah 7 hari baru ada sms...
    Ada masukan ga pak saya harus gmn dan saya juga sudah lapor ke ojk.
    Terima kasih

  • Waalaikumsalam.
    Harusnya jangan di download mba, krn mereka bisa scam data2,lain kali lgs blokir dan laporkan saja. Kl ga merasa pinjam ga usah takut.
    Dana pintar juga sudah banyak yg melaporkan, salah satunya saya. laporkan saja mba ke satgas
    Waspada investasi ojk biar ditindak. Makin banyak yg lapor semakin baik untuk ditindak.
    Saran saya kl ga merasa pinjam abaikan saja

  • Pak saya juga pernah minjem di dana now. Terus waktu saya lunasi pinjaman saya disana dan sudah lunas tiba2 dihari itu juga sm lp skr ada peneror dengan mengirim foto saya yang pernah saya ajukan di aplikasi dana now juga daftar kontak saya. Katanya saya ada tagihan sebesar 2.4 juta. Saya tanya iya tapi dr aplikasi apa. Dia ga mau jawab malah muter2 pokoknya saya harus bayar. Tapi yang saya heran kok pas saya liat va saya yang diberikan sama dia kok ada bisa nama saya muncul disitu tulisannya depannya ob by nama saya. Saya bingung harus gimana. Saya sudah melunasi semua nya di dana now padahal. Dan dana now ini ga bisa dihubungi.

    • Foto saya dan contact2 yang dia capture itu akan disebar atau tidak? Karena saya tidak merasa pinjam apapun lagi dr dana now ini. Ini aneh sekali yang bikin bingung va nya kenapa ada nama saya nya. Tapi setiap kali saya tanya ini dari aplikasi apa dia tidak mau kasih tau malah ngancem2 mulu.

      • kemungkinan sudah ada penjualan data yang lalu digunakan di dana now. untuk tujuan penipuan. pastinya semua atau sebagian kontak di wain. dengan narasi di cari belum melunaskan tagihan iming" foto ktp dan selfi yg lalu digunakan di dana now. drpd rugi, mending malu sesaat. kondisiin kontak" yg ada kalau data anda sdh di salah gunakan untuk menipu.

  • Jika memang merasa ga ada hutang di aplikasi tersebut :
    1. Klik di wa "Blokir dan Laporkan" no tsb
    2. Screen shoot dan kirim ke email satgas waspada investasi ojk (alamat email bisa di browse di google)

  • Klau saya bilang sih klau sudah sebar data ya itu anggap saja utang lunas jadi tidak usah dibayarkan. Karena mereka pun ilegal, banyak berdoa dan tetap semngat.... Biar dilancarkan rezekinya...