Hati-hati Data Dicuri oleh Pinjol Ilegal!

Melalui Media Konsumen ini, saya menghimbau kepada segenap masyarakat, baik yang sudah terlanjur mengajukan pinjaman di pinjol ilegal maupun yang punya niat mengajukan, mending gak usah. Ada 2 kejadian yang menimpa saya:

Kejadian Pertama

Sekitar 2 minggu yang lalu, sekitar pukul 10.30 malam saya di-wa oleh salah satu DC yang mengaku dari pinjol ilegal dengan nama PINJAMAN SAHABAT. Tanpa ada basa-basi, langsung mengancam sebar data karena saya dianggap tidak mau bayar hutang. Karena saya memang tidak punya hutang di pinjol ilegal tersebut, saya minta link aplikasinya. Ternyata link aplikasi yang diberikan tidak bisa diakses. Si DC berdalih bahwa sistem sedang maintenance (kecurigaan pertama).

Lalu saya tanya, pinjaman saya ditransfer tanggal berapa dan sejumlah berapa biar saya cek di mutasi rekening saya. Dengan ngotot si DC memaksa buat bayar malam ini juga, gak ada banyak tanya-tanya (kecurigaan kedua), dan selang beberapa menit si DC share data saya ke beberapa kontak, dengan maksud agar saya yakin bahwa saya punya hutang di pinjol ilegal tersebut.

Untuk memancing, saya tanya bisa nego gak? Dijawab oleh DC tersebut kalau mau bayar full dia akan membuatkan nomor VA, tetapi tidak bisa tranfer dari bank, hanya bisa via Alfamart saja (kecurigaan ke-3). Dan si DC tersebut bilang kalau mau membayar pokoknya saja bisa transfer ke pemilik aplikasi (kecurigaan ke-4). Fix ini penipuan! Yang membuat saya curiga lagi, saya ingat foto pengajuan yang di-share tersebut merupakan foto pengajuan aplikasi saya di pinjol ilegal 1 tahun yang lalu, namun saya lupa nama pinjol-nya.

Kejadian Kedua

Hari ini (6 Oktober 20) saya dapat reminder voice phone dari salah satu pinjol ilegal MODAL CASH. Kalau pinjol ini saya ingat, saya pernah mengajukan di aplikasi ini pada tanggal 21 Agustus 2020 dan statusnya sampai dengan hari ini masih verifikasi. Saya sudah cek mutasi rekening saya dari awal bulan Agustus sampai dengan Oktober ini, tidak ada transfer dari produk pinjaman online tersebut. Sebagai informasi saya mengajukan pinjaman MODAL CASH tersebut dari aplikasi DANA NOW, dimana di DANA NOW tersebut terdapat beberapa produk pinjol, salah satunya MODAL CASH tersebut.

Untuk kejadian pertama, yang bisa saya lakukan adalah dengan memblokir kontak tersebut. Untuk kejadian yang kedua saya belum tahu harus bagaimana, karena pinjol tersebut tidak bisa dihubungi. Mungkin ada bapak/ibu yang bisa memberikan pencerahan terhadap kejadian yang kedua?

Terima kasih.

Syarief Hidayat
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Hati-hati Data Dicuri oleh Pinjol Ilegal!

oleh Syarief dibaca dalam: 1 menit
31